Byousoku 5 Centimetres (5 Centimetres per Second)

21:58:00

How much more will I have to lose, before my heart is forgiven?
How many more pain will I have to suffer, to meet you once
again?




Byousoku 5 Centimetres
A Chain Short Stories About Their Distance
Takaki Tohno dan Akari Shinohara, adalah dua orang sahabat sejak kecil. Sejak bangku sekolah dasar, mereka selalu bersama. Mereka berdua mempunyai banyak sekali kesamaan yang membuat mereka sangat cocok dengan satu sama lain. Hingga saat mereka SMP, Akari harus pindah ke kota lain. Walau jarak memisahkan keduanya, mereka masih saling berkirim surat. Rasa rindu selalu membayangi keduanya.
“Hey… They say it’s five centimeters per second.”
“What do you mean?”
“The speed at which the sakura blossom petals fall… Five centimeters per
second.”

Setahun berlalu sejak kepindahan Akari, kini giliran Takaki yang harus pindah ke kota lain, membuat jarak keduanya semakin jauh. Mereka memutuskan untuk bertemu untuk yang terakhir kalinya. Walaupun kereta yang dinaiki Takaki terlambat sekitar 5-6 jam akibat badai salju, Akari tetap menunggunya di stasiun. Mereka menghabiskan waktu semalam itu bersama, berpelukan dan berciuman di bawah pohon sakura yang masih terselimut salju, tidur berdua meringkuk di bawah sebuah selimut hingga fajar menyingsing. Takaki takkan melupakan hari itu, Akari mengajarinya bagaimana mencintai dan dicintai, bagaimana merindukan seseorang, bagaimana berbagi dengan seseorang.. Takdir benar-benar kejam namun, life must go on..


Ceritanya terbagi ke dalam 3 chapter. Oukashou (Cherry Blossom) yang mengisahkan tentang pertemuan awal Takaki dan Akari. Cosmonaut yang menceritakan kehidupan SMA Takaki di kota yang baru dan Kanae, seorang gadis, teman sekelas Takaki, yang diam-diam menyukainya. Dan Byousoku 5 Centimetres, chapter terakhir yang merupakan konklusi dari kisah Takaki dan Akari. Yang paling mantap memang endingnya, di mana kisah ini ditutup dengan manis berbalut pahit, bittersweet romance. Di mana penonton yang seolah-olah telah terhanyut dalam dua chapter pertama, dibanting kembali ke dalam a harsh reality. Anime paling berkesan yang pernah gua tonton, must watch bagi penggemar film drama dan anime yang berkualitas.
Oukashou
Cosmonaut
Byousoku 5 Centimetres


Film yang bener-bener menyentuh hati. Visualisasi yang sangat berkualitas dengan penuturan cerita yang tidak kacangan dan realitis. Pencahayaannya sangat detail, sinematografi digarap dengan menawan, bener-bener Masterpiece dari seorang Makoto Shinkai. Dan tidak lupa, alunan music score yang keren abis yang membuat kita semakin teranyut dalam menikmati film ini.

Original Soundtrack yang mengiringi kepergian film ini, menambah haru biru suasana. One More Time, One More Chance yang ditulis, dinyanyikan dan diproduseri oleh Yamazaki Masayoshi. Enjoy!






You Might Also Like

1 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. ini anime sekaligus film paling nyesek yg pernah gw tonton...

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe