My Favourite Singer (Japanese Version)

09:52:00

Di post kali ini, gua mau ngebahas tentang penyanyi/band favorit gua yg asalnya dari Jepang. FYI, dari kecil gua hobi maen game dan nonton anime, dan sebagian besar anime dan anime tuh asalnya dari Jepang, makanya gua punya lumayan banyak pengetahuan soal lagu2 Jepang. Menurut gua, kelebihan lagu2 Jepang dibandingkan dengan negara2 lain tuh adalah ke-khas-annya, baik dari segi musik maupun vokalnya. Hampir setiap penyanyi/band punya ciri khas original tersendiri, jadi kalo kita denger suatu lagu di radio tuh, walopun pertama kali denger, kita bisa langsung tau siapa yg nyanyinya. Selain itu makna lagunya pun dalem, ga melulu tentang cinta yg cengeng2, apalagi perselingkuhan.

Mungkin di post2 berikutnya gua bakal bahas yg dari Indo, Barat, Mandarin, dll, but for now, let's get it on!!!

Oke, inilah penyanyi/band Jepang favorit gua, berdasarkan ranking...

10. V6

Band ini terdiri dari 6 orang penyanyi cowo. Mereka debut tahun 1995 dimana salah satu singlenya, Music For The People, digunakan sebagai theme song World Cup Volleyball tahun 1995. Di Indonesia, lagu mereka yg paling terkenal mungkin adalah Change The World yg dijadikan opening anime Inuyasha. Alesan gua suka V6 adalah karena kalo mereka nyanyi, suaranya khas banget. Harmoni suara mereka ber6 tuh bagus banget, ga semua boyband nyanyinya bisa sekompak mereka. Denger2 ada boyband Indonesia yg niruin gayanya V6 dalam video music mereka, namanya SM*SH. Go figures...



9. Aya Matsuura

Cewe Jepang yg satu ini bener2 multitalented. Sepanjang 10 tahun karirnya sejak umur 15, dia udah nyobain segala macem profesi, misalnya : pembawa acara, foto model, dancer, artis film, dan penyanyi. Alesan gua suka Aya Matsuura, soalnya suara dia bagus, khas, and she reminds me of someone I know. Gua lebih suka dia kalo pas nyanyi lagu slow sih...



8. Ai Otsuka

Sama kayak Aya Matsuura, cewe yg satu ini juga cantik dan multitalented. Tapi dari segi suara, Ai Otsuka lebih unggul. Gua ngefans ma dia sejak tahun 2000 sejak pertama kali liat dia di MTV. Satu hal yg bikin gua suka ma Ai Otsuka yaitu video klipnya yg bagus banget. Konsepnya dalem dan artistik, bikin kita jadi lebih enjoy dengerin lagunya.



7. Kawada Mami

Cewe yg satu ini, kalo dibandingin sama artis2 Jepang laen, mukanya ga gitu cantik. Tapi suaranya itu lho, keren banget. Memang bener kata orang, suara cewe Jepang suka ga sesuai sama mukanya. Lagu2 yg dia buat sebagian besar masuk peringkat atas di music chart Jepang, dan juga dipake buat soundtrack anime kayak Hayate no Gotoku dan Shakugan no Shana



6. Uverworld

Band yg satu ini terdiri dari 5 orang, dan dalam waktu 5 taun sejak debut, mereka udah jadi salah satu band rock papan atas yg berpengaruh di Jepang dan dikenal di seluruh dunia. Mereka punya style yg unik, vokal yg khas, dan musik yg fantastis. Video klip mereka juga keren banget. Lagu2 mereka banyak dipakai jadi soundtrack anime seperti Bleach dan Gundam OO.



5. Deen

Nah band yg satu ini udah cukup oldies. Mereka berdiri tahun 1993, dan pada tahun 2000, lagu mereka tercatat telah terjual 15 juta keping. Lagu mereka digunakan sebagai soundtrack anime (Dragon Ball, Detective Conan) dan juga game (Tales of Destiny).



4. YUI

Siapa sih yg ga kenal YUI? Cewe cantik yg satu ini selaen pinter nyanyi, juga sering maen film. YUI punya suara khas yg membuat lagu dia bener2 mudah dikenali. Oya, katanya YUI mengaransemen sendiri semua lagu2nya. Two thumbs up for YUI! Lagu2 YUI banyak dipake sebagai soundtrack anime, seperti Bleach dan Full Metal Alchemist. Lagu di bawah ini adalah soundtrack film Taiyou no Uta di mana YUI sendiri jadi tokoh utamanya.



3. Younha

Cewe yg satu ini sebenernya berasal dari Korea, tapi dia pernah sekolah di Jepang jadi dia cukup fasih berbahasa Jepang. Kebalikan ma YUI yg mukanya cantik tapi suaranya imut, Younha mukanya imut tapi suaranya kuat dan berkarakter. Single pertamanya yg masuk Jepang tuh Houki Boshi yg langsung jadi soundtrack anime Bleach. Selaen suaranya bagus, dia juga pinter nyanyi. Lagu2 Younha sebagian besar maknanya dalem banget, cobain aja dengerin. Very recommended!

Younha nyanyi lagu Jepang


Younha nyanyi lagu Korea



2. Round Table feat Nino

Band ini awalnya hanya terdiri dari Katsutoshi Kitagawa dan Rieko Ito yg sudah berkarya sejak duduk di bangku SMA. Hingga akhirnya pada tahun 2002, Nino bergabung menjadi vokalis. Sejak saat itu mereka selalu berkarya bertiga. Single pertama mereka yg menjadi hit adalah Let Me Be With You yg jadi soundtrack anime Chobits dan kemudian Rainbow yg menjadi soundtrack anime Aria The Animation. Mereka memang bukan band aliran "mainstream" sehingga video musik mereka agak sulit ditemukan di internet. Namun demikian, vokal Nino yg khas dan aransemen musik Kitagawa dan Ito yg apik membuat lagu2 mereka menjadi mempunyai soul dan disukai banyak orang di seluruh dunia. That's why I love them so much!





1. Shimokawa Mikuni

Kenapa cewe yg satu ini menduduki peringkat satu dalam daftar gua? Jawabannya simpel : SOUL. Yup, cewe yg satu ini adalah penyanyi favorit gua di mana hampir semua lagunya mempunyai soul dan juga ciri khas tersendiri. Sama seperti Round Table, Shimokawa Mikuni juga bukan penyanyi aliran "mainstream" (seperti Boa, Laruku, dll) yg membuat ia kurang dikenal oleh orang2. Tapi dari segi kualitas lagu, dia tetep yg terbaik hingga saat ini, kalo menurut gua. Liriknya indah, penuh makna, dan musiknya digarap dengan manis. Udah banyak banget anime yg soundtracknya dinyanyikan oleh dia, sebut saja Full Metal Panic, Gensoumaden Saiyuki, Fairy Tail, dll. Karena gua ga berhasil nemu video klip fullnya, di blog ini gua bakal cantumin video klip animenya. Kalo pembaca sekalian tertarik buat dengerin versi fullnya, cari sendiri di gendou.com ya. Hehe. Anyway, enjoy!

Sore Ga Ai Deshou - Full Metal Panic Fumoffu


Karenai Hana - Full Metal Panic


Tomorrow - Full Metal Panic

You Might Also Like

5 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Wow.. Seneng nih peringkat satunya sama dengan penyanyi favorit saya.. Siip

    ReplyDelete
  2. Saya setuju banget kalo musik Jepang punya kekhasan dan feel yang kayaknya ga akan bisa ditemuin di musik2 dari negara lain, apalagi mereka punya genre Visual Kei yang rumit. Btw thanx juga nih info tentang penyanyi dan musisi2 pop Jepangnya, soalnya saya lagi mulai dengerin lagu2 popnya, setelah sekian lama melanglang buana di dunia J-rock, hehe

    ReplyDelete
  3. wah, aku gak kenal semua. btw, cakep2 ya.mulus gitu kulitnya. apa karena hawa di sana dingin ya? kan empat musim gitu. hiks...jadi pengen punya wajah mulus kayak gitu. halaah..kok jadi bicara soal kulit wajah sih. hi hihi

    ReplyDelete
  4. aku kenal round table feat nino dari lagu mereka yang dipake di endingnya anime .hack loh! :D

    ReplyDelete
  5. Setuju gan... Ranking pertamanya sama... :shy
    Suka ma lagunya full metal panic.. dalem bgt.. top lah..

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe