The Most Electrifying Man in Sports Entertainment : THE ROCK

03:10:00


Jaman sekarang, siapa sih yg ga kenal The Rock? Laki-laki yg lahir dengan nama Dwayne Johnson ini adalah seorang aktor yg sedang naik daun di Hollywood, dan juga seorang icon internasional yg mewakili dunia sports entertainment. Dia punya banyak sebutan : The Most Electrifying Man in Sports Entertainment, The Great One, The People's Champion. Seluruh dunia mengenal dia, tetapi hanya segelintir saja yg tahu bagaimana kerasnya perjuangan Dwayne hingga ia bisa menjadi seorang The Rock yg kita kenal hari ini.


Semenjak duduk di bangku SMA, Dwayne menekuni olahraga football. Dan di bangku universitas, ia pun menjadi seorang pemain handal yg membawa timnya ke ajang bergengsi, NFL. Tapi lama kelamaan, Dwayne merasa terpanggil oleh dunia gulat yg telah membesarkan nama kakek dan ayahnya, dan pada usia 24 tahun, Dwayne memutuskan untuk menjadi seorang pegulat.

Setelah menjalani latihan dan menekuni karir di liga2 minor, pada tahun 1997 Dwayne dikontrak oleh WWE (WWF, pada waktu itu) dan ia pun memulai debutnya di kancah internasional dengan ringname "Rocky Maivia" yg diambil dari nama kakeknya, Peter Maivia dan ayahnya, Rocky Johnson. WWE menjagokan Dwayne sebagai first third-generation superstar dan ia dipush sebagai seorang clean-cut face (fan favorite). Meskipun saat itu teknik gulat dan mic skill Dwayne masih sangat buruk, ia sudah berhasil memenangkan beberapa gelar kejuaraan.

Hal ini ternyata membuat fans jengah terhadap Dwayne karena persona nya yg seolah2 terlalu lurus dan satu dimensi sangatlah tidak menarik, sehingga seringkali saat Dwayne sedang bertanding, terdengar teriakan2 penuh kemarahan dari para fans seperti "Rocky Sucks!" atau "Die Rocky Die!"

Namun hal ini ternyata tidak membuat Dwayne putus aja. Setelah vakum 3 bulan akibat cedera, Dwayne kembali ke WWE sebagai The Rock, seorang heel (tokoh antagonis) yang personality nya 180 derajat terbalik dari karakter Rocky Maivia yg selalu positif. The Rock mulai sering menghina2 fans dan kota yg menjadi tempat diselenggarakannya pertandingan dalam promo2nya, dan ia juga mulai menyebut dirinya dengan sebutan orang ketiga (The Rock says...) Ternyata fans menyukai The Rock sebagai seorang antagonis yg karismatik, promo2nya di era 1999-2000 dikenal sebagai promo2 terbaik WWE hingga saat ini.


Lambat laun karakter The Rock mulai bertransisi, kembali menjadi seorang face (protagonis) yg kelakuannya seperti antagonis, dan pada tahun 2000, untuk pertama kalinya The Rock berhasil memenangkan WWE Title. Sejak saat itulah The Rock menjadi icon bagi WWE di era 1999-2003. "If you smell what The Rock is cooking!", dan kalimat2 The Rock lainnya, menjadi sebuah fenomena, sebuah trend, sebuah paradigma, yg tidak hanya menjamur bagi para fans WWE, tapi di seluruh dunia.


Pada tahun 2001, The Rock memulai debutnya di dunia perfilman sebagai peran pembantu pada film "The Mummy Returns", dan pada tahun 2002 ia memulai debutnya di Hollywood lewat film The Scorpion King di mana ia menjadi tokoh utama dan film tersebut memecahkan rekor dunia sebagai film debut yg pendapatan internasionalnya tertinggi, bahkan mengalahkan debut Daniel Radcliffe dalam film Harry Potter and The Sorcerer's Stone di tahun 2000.


Tapi meskipun sibuk di Hollywood, The Rock masih berusaha membagi waktunya untuk WWE. Puncak karirnya mungkin adalah pertandingannya melawan Hulk Hogan di bulan April 2002 di mana dalam pertandingan tersebut, The Rock, icon WWE di masa kini, harus melawan Hogan yg adalah icon WWE di era 80an. Pertandingan mereka berdua, dikenal dengan nama Icon vs Icon. Sungguh pertandingan yg spektakuler di mana sorak sorai puluhan ribu fans memenuhi stadion tempat mereka bertanding sehingga menurut saksi mata yg berada di situ, seolah2 seluruh bangunan bergetar terkena gempa.



Namun semakin lama kesibukannya di Hollywood membuat The Rock harus memilih. Menekuni karir sebagai The People's Champ di WWE, atau mencoba mengadu nasib di Hollywood. The Rock memilih pilihan yg kedua. Pada tahun 2003, The Rock resmi pensiun dari WWE pada saat ia masih berada di puncak karirnya. Dalam pertandingan terakhirnya di WWE, The Rock diperlihatkan kalah dari Goldberg, seorang pegulat yg sedang dipush besar2an oleh WWE menjadi juara di tahun 2003-2004. The torch has been passed...

Dwayne membuktikan pada dunia bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Sebuah usaha yg gigih dan pantang menyerah, pada akhirnya akan membawa hasil yg setimpal. Dari seorang Rocky Maivia yg dibenci oleh fans menjadi seorang The Rock yg karismatik dan dapat memancing sorak sorai dan gegap gempita hanya melalui tatapan matanya. From zero, to hero.

The Rock mengajarkan makna dari sebuah loyalitas dan kerendahan hati. Meskipun saat itu ia sedang berada di puncak kejayaannya, The Rock tidak keberatan untuk kalah, demi menaikkan pamor pegulat muda yg kelak akan menjadi penggantinya di WWE. Hal ini sungguh berbeda dengan pegulat2 terkenal lainnya yg hingga pensiun pun, mereka ingin pensiun dengan penuh kejayaan dan kemenangan yg gemilang. Di penghujung karirnya, The Rock merendahkan dirinya demi meneruskan panji kejayaan miliknya ke generasi2 muda penerusnya.


Dan 7 tahun kemudian, di tahun 2011 ini, The Rock membuktikan kesetiaannya. Ia kembali ke WWE. Bukan untuk promosi film, bukan karena uang, tetapi demi para fansnya. Ia berhenti sejenak dari kesibukannya untuk kembali dan menghibur para fans yg selama bertahun2 ini tetap setia mendukungnya. Pada penampilan pertamanya di WWE setelah pergi selama 7 tahun, The Rock berhenti sejenak dan mengucapkan terima kasih kepada para fans sebagai seorang Dwayne Johnson. Ia menunjukkan kerendahan hatinya, walau kini ia sudah sukses sebagai seorang aktor, tapi ia tidak pernah melupakan WWE Universe yg membesarkan namanya. Dan walaupun ia tidak bisa rutin kembali ke WWE seperti dulu, tapi he's never EVER going away...





Kalimat pertamanya saat ia kembali ke WWE adalah :
"Finally, The Rock has come back...HOME..."
And you know what? You can feel the ELECTRICITY in the air.

IF YOU SMEEEELLLL...WHAT THE ROCK IS COOKIN'???

---

BONUS

Here's some of The Rock's greatest promo, watch at your own risks! ;p





You Might Also Like

7 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Ya iyalah, secara dia tuh pegulat gitu lho, hehehe

    ReplyDelete
  2. wow...idola ane tuh...

    having fun dg visit my web;
    http://letsplaygame.tk

    ReplyDelete
  3. wow..idola ane tuh..
    having fun visit my web:
    http://letsplaygame.tk

    ReplyDelete
  4. wah idola saya ka pas pertama kali nonton WWF (sekarang wwe) masih inget pas pertama kali nonton tuh disiarin di rcti jam set.12 malem :D

    ReplyDelete
  5. misi gan, Ane juga penggemar The Rock dan Smackdown / Raw
    nah yang pengen download ane punya nih ada di blog ane, numpang promo boleh ya gan :D

    http://www.bali-share.com/2012/06/wwe-raw-25062012.html

    makasih .

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe