Blogwalking = SPAM?

13:19:00


Oke, akhir2 ini karena lagi boring di kantor, gua jadi sering blogwalking. Buat yg ga tau artinya, blogwalking tuh maksudnya berkunjung ke blog orang lain. Blogwalking banyak manfaatnya lho, misalnya :

1. Jujur. Paling pertama dan tentu saja tujuan utama semua orang yg blogwalking adalah menambah traffic pengunjung ke blog milik kita sendiri. Dengan ngasih comment di blog orang, secara ga langsung kita juga ninggalin jejak kita yaitu berupa link ke blog kita. Dengan harapan, orang yg blognya kita kunjungi itu akan berkunjung balik ke blog kita dan terciptalah simbiosis mutualisme (halah)

2. Cari inspirasi. Dengan liat blog punya orang, kita menambah wawasan, dan juga mungkin kita bisa dapet ide menarik untuk kemudian dimasukkin ke blog kita. Mungkin templatenya bagus, atau widgetnya ada yg menarik. Banyak deh.

3. Ga cuma di dunia nyata, di internet juga ada komunitas2 tersendiri. Dan dengan sering berkunjung dan meninggalkan comment yg menarik, lama2 kita bisa exist, dapet temen atau komunitas untuk saling mengunjungi dan tukar pendapat seputar blogging dll.

Intinya sih, blogwalking tuh sesuatu yg positif dan bermanfaat...that's what I thought

Tapi ironisnya, dengan semakin banyak blogwalking, gua liat kenyataan yg ada ternyata tidak seindah teori. Malah kalo boleh gua bilang, sebagian besar komentar dari para blogwalker yg gua liat adalah SPAM belaka.

Apa itu SPAM?
SPAM adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik untuk mengirim berita dan keperluan lainnya secara massal dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web.
Kalau dalam konteks blog : KOMENTAR SAMPAH

Jadi banyak banget para blogwalker yg setiap berkunjung ke blog orang nulis komentarnya cuma : "Blogwalking, visit me back" atau "Pertamax". Udah aja. Titik. Ga ada makna, ga ada mutu, ga ada respek sama yg punya blog. WTF. Sampah. Cuma numpang ngiklan doank.

Gua sendiri, setiap blogwalking, gua baca bener2 postingannya dan gua comment yg berbobot dan sesuai konteks. Kalo gua ga bisa kasih comment yg berbobot, ya gua mending ga comment sama sekali. Itu mungkin salah satu tata krama yg sayangnya banyak diabaikan sama para blogwalker.

Tolong ya, walaupun kalian se-desperate itu pengen dapet pengunjung ke blogkalianygmostlyisinyacumacopypasteartikeldariblogorangataukaskus tapi tetep hormatin dikit yg punya blog. Chatbox juga isinya bukan cuma buat satu-dua kata tanpa makna. Apa bedanya blogwalking sama nge-SPAM blog orang coba?

Yg ga kalah nyebelin adalah orang yg tanpa alesan jelas ngefollow blog kita, terus maksa2 kita juga nge-follow blog dia. Seperti yg pembaca liat di bagian kanan atas blog gua, di bawah chatbox, gua udah nulis dengan jelas kalo gua cuma bakal nge-follow blog yg gua anggap menarik. Selain itu, you can go f*ck some silly @$$ somewhere, jangan harap gua bakal ngelacurin blog gua cuma demi dapet follower.

Buat gua pribadi, daripada seribu follower yg tiap kali comment cuma basa basi tanpa arti, gua mending cuma punya belasan follower yg bener2 dedicated dan memang suka ma tulisan2 gua. Gua nulis blog bukan karena gua pengen tenar atau dapet duit, gua nulis cuma karena gua ingin berbagi, that's all, nothing more. Kalopun nanti tiba2 blog gua diterbitin jadi buku, itu cuma bonus.

Kembali ke konteks dasarnya, buat apa sih kalian bikin blog? Buat cari pacar di internet? Mau tenar? Cari duit? Ato kalian memang bener2 cuma pengen berbagi pengalaman dan buah pikiran dengan temen2 sesama blogger? Apapun tujuannya, yg jelas, gua rasa semua itu cuma bakal bisa terwujud dengan cara yg sehat. Lu nge-spam blog orang, yg ada orang laen malah jadi sebel ma lu. Boro2 mau jadi temen, berkunjung balik ke blog lu aja udah males.

Jangan demi bisa update blog tiap hari, terus kalian langsung bersikap bagaikan wartawan alay, misalnya :

Hari ini gua makan nasi padang lho.

(Potret nasinya)

Terus seudahnya gua pergi ke supermarket, beli barang2 keperluan kost.

(Potret keranjang belanjaannya)

Pulangnya naek angkot, ada banci lagi tidur ngangkang.

(Potret bancinya, lagi ngangkang pula)

Pulang kost, mandi deh

(Potret muka lu seabis mandi, badan topless)


Sumpah, gua eneg abis kalo baca blog2 yg isinya kayak gitu, apalagi kalo TIAP HARI update dan isinya cuma yg kayak gituan. Buang2 waktu dan bandwidth internet, kata gua sih.

Jujur aja apa adanya ma diri lu. Ga semua orang bisa nulis, I know, tapi gua lebih ngehargain blog dengan tulisan seadanya yg bener2 mencerminkan pemiliknya daripada yg cuma sekedar copy paste punya orang atau tulisan ala wartawan alay di atas. Jangan cuma ngejar banyak jumlah pengunjung aja. Quality over quantity. Isi blog lu dengan postingan2 yg bermutu. Apa sih tolak ukurnya bermutu? Kalo menurut gua, tulisan yg bermutu adalah apabila setelah membaca tulisan tersebut, sang pembaca mendapatkan sesuatu. Entah ide, entah wawasan, entah emosi atau perasaan, apapun.

Jadi temen2 pembaca semua, ayo kita blogging secara sehat. Ciptakan komunitas blogger yg menyenangkan. =)

You Might Also Like

10 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. setuju buanget! kadang suka males liat blogger yang cuma dateng minta jadi followernya biar banyak.. T3T

    ReplyDelete
  2. beneeer!!!!!
    pada nulis di cbox bilang blogwalking
    ato karena dia uda follow dia minta kita follback dia = =;
    wew..

    ReplyDelete
  3. Itu judulnya : PAMRIH kan? Hehe
    Jujur gua juga kalo comment ke blog orang, berharap orangnya balik berkunjung ke blog gua, tapi at least gua PAMRIH dengan cara yg SOPAN melalui comment2 gua yg bermutu, hehe

    ReplyDelete
  4. sip. *spam*
    meski kata2 kamu di entri ini rada sadis juga kep... ahahahah. saya juga pernah sih dapet satu dua yg minta di add/follow balik. dalem hati saya mikir, 'eits tunggu dulu sapa elu? kalo kenal dan isi akun dia emang sesuai slera saya, okelah saya follow. kalo enggak ya.... punteun ya a', teh', dadah...' XD

    kamu gak sekalian nulis orang2 yg ngamuk2 ga jelas cuma gara2 ditinggal satu dua follower di jejaring sosial? kadang2 thd orang2 kayak gini saya ingin dengan sadisnya ngomong, "hell, kamu lebih percaya temen url dibanding temen irl??"

    begitulah . kalo salah kata mohon maaf ya kep :)

    ReplyDelete
  5. Yup, kalo emang blognya menarik, pasti bakal gua follow sendiri tanpa disuruh. Ga perlu pake maksa ato nyogok pake award2 segala, haha

    ReplyDelete
  6. wow! ini keren banget postingannya :D bener-bener banget! aku kadang suka kesel kalo disuru follback follback,padaal blognya ga begitu menarik :( tapi kadang berasa segan jugaa...

    ReplyDelete
  7. btw blog gw kayak gitu juga ? hahhahaha...

    ReplyDelete
  8. Nuel : gua follow blog lu tanpa lu minta kan? hehehe

    ReplyDelete
  9. @claude C Kenni, wow mantap dan sangat bermanfaat artikelnya....

    terimakasih :-)

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe