Lost in Jakarta (Part 4)

16:40:00



Di post kali ini gua mau cerita soal barang2 yg diperlukan untuk "survive" saat terdampar jauh dari rumah ala seorang Keven. Gua ga akan cerita soal barang yg sehari2 juga lu bawa such as HP, dompet, kunci, dll. Yg gua ceritain cuma benda yg cukup penting (dan cukup lucu) untuk diceritain. Ok, here we go.

SURVIVAL GUIDE FOR DUMMIES (Things you'll need to survive in a faraway place from home)

1. KARTU ATM

Oke, ga usah muluk2 deh. Asal lu punya duit, apa juga bisa lu lakuin. Laper, mau makan, butuh duit. Bosen, mau maen, butuh duit. Transport butuh duit, beli barang2 kebutuhan butuh duit, bayar kost juga butuh duit. Waktu awal2 pergi ke Jakarta, gua belom punya kartu ATM, jadi gua cuma dibekelin sekitar 700rb untuk 2 minggu. Cukup sih, mestinya. Tapi mesti extra hati2 aja ngatur duitnya. Gua ampe pecah2, 200rb di dompet, 200rb di koper, 200rb lagi di dalem kaleng biskuit, dan 100rb lagi gua masukin ke bawah sol sepatu buat jaga2 kalo2 gua keabisan duit, at least gua masih ada duit buat naek travel pulang ke Bandung.

Semenjak ada kartu ATM, hidup gua jauh lebih tenang. Bawa duit ga usah banyak2 di dompet, kalo lagi pergi ke mall dan lupa bawa duit padahal ada barang yg mau dibeli tinggal cari ATM, dan yg paling penting, kalo sampe darurat dan kita kehabisan duit, masih bisa minta tolong orang rumah untuk kirim. Sayang sekali kartu ATM ini tidak berlaku saat kita perginya ke luar negeri. Kita butuh kartu Platinum yg bisa dipakai di ATM internasional.

Gua penasaran, kalo gua lagi butuh tatih tayang, gua gesek ke cewe cantik yg lewat, bisa ga ya? Hahaha

2. MACBOOK PRO

Satu2nya barang berharga yg gua miliki, hasil nabung dan mohon2 selama bertahun2. Berkat dia, gua ga pernah bosen di kost. Lagi suntuk, tinggal nonton film atau main game. Lagi sepi, tinggal setel lagu. Kalo di tempat wifi bisa internetan. Ada kerjaan, bisa dikerjain langsung (emang fungsi utamanya untuk ini sebenernya mah, hehe) Ga ada temen ngobrol, bisa diajak ngobrol (wadoh o_0) Bener2 teman terbaik gua selama di kost lah.

Cuma saking berharganya dia, gua ampe jadi parno. Lemari kostan ampe gua rantai + gembok saking takutnya dia dicuri, terus kunci lemarinya gua sembunyiin di tempat2 berbeda tiap harinya. Kalo lagi naek travel dan gua terpaksa bawa2 dia, gua jadi parno banget. Tas gua pelukin terus, plus gua gembok pula. Lebih mending posisi duduk ga nyaman daripada tas macbook ditaro di bagasi. Lebih baik putus cinta daripada hilang Macbook. Percayalah.

3. iPOD

Di saat Macbook tidak bisa diandalkan, misalnya di travel atau di busway atau kalo lagi jalan kaki, iPod lah yg jadi penyelamat jiwa gua. Dengan kapasitas 2GB, gua bisa masukin sekitar 300 lagu di dalemnya. Di kantor lagi sepi juga tinggal colok iPod ke iMac dan voila! Gua bisa setel lagu2 favorit gua, hehe. Bisa juga berfungsi jadi USB darurat kalo dibutuhkan. Dan lagi dibandingkan Macbook, iPod lebih mudah dibawa2 dan gua lebih ga repot bawanya gara2 ukurannya kecil.

Kejelekan iPod gua ini cuma satu...ga ada layar. Jadi gua ga bisa ngatur lagu2 apa yg bakal muncul, semuanya bener2 di-shuffle sesuai namanya juga iPod Shuffle. Yg parah tuh kalo pas gua lagi ada di tempat sepi, sendiri, perasaan ga enak, terus lagu yg keluar tuh lagu Rintihan Kuntilanak by The Panas Dalam. Huaaaaaaaa. Ngapain pula gua masukin lagu kayak gituan ke dalam iPod ya? Tolol pisan, hahaha. Btw buat yg pengen lagunya silakan klik di sini. Resiko tanggung sendiri ya!

4. PILUS dan ABON

Berguna sebagai teman makan nasi di saat duit terbatas. Beli nasi pake ayam goreng sepotong, terus sebagai pemanisnya tinggal kasih abon dan pilus, nyammm. Kalo darurat malahan gua sering makan nasi polos tambah abon/pilus doank. Makanan ga enak pun jadi bisa di makan, hehe. Damn, poor me. Gua belom pernah sih nyobain makan sendal jepit atau kertas koran pake abon/pilus. Nanti deh kapan2 gua cobain kalo memang lagi melarat, haha.

5. NUTRI SARI

Dari jamannya kemping bareng anak2 Pramuka, Nutri Sari udah sering berjasa jadi penyelamat jiwa. Waktu itu misalnya, gua pernah masak aer sumur, dan rasanya agak pahit2 gitu. Langsung kasih Nutri Sari, dan airnya pun jadi bisa diminum, haha. Kasus lain misalnya, di Jakarta tuh gua susah banget cari buah2an karena buah2an yg dijual di supermarket biasanya kualitasnya tuh buruk. Jadi deh kemaren gua beli Nata de Coco polos (6 ribu dapat 2 bungkus besar) terus kasih air dan Nutri Sari deh! Sim sala bim! Langsung deh jati Nata de Coco rasa jeruk dan kaya akan vitamin C, hehe. Berkat Nutri Sari, air kencing pun jadi rasa jeruk! Ga percaya? Cobain sana sendiri, hehe
Nata de coco polos yg udah gua sulap jadi rasa jeruk, haha

6. RANSEL

Buat bawa2 barang, ke kantor maupun kuliah, haha. Gua prefer ransel yg agak besar dan banyak kantongnya, supaya gampang milah2 barangnya, hehe. Terus ransel besar juga berguna buat jadi alas duduk atau bantal kalo lagi kecapean di tengah jalan. Bisa juga buat gebuk kepala orang kalo lagi keabisan duit (aliasnya ngerampok, hahaha)

7. SANDAL CROCS

Di saat sepatu gua dengan tololnya rusak dan bikin kaki sakit, sandal Crocs ini masih setia menemani gua. Bisa digunakan saat santai maupun resmi, bener2 temen setia yg menemani gua jalan2 di Jakarta, hehe. Empuk di kaki, lembut di hati (halah)

8. PAYUNG LIPAT

Kecil, mudah dibawa2, berguna pada saat hujan dan juga bisa dipake gebuk orang. Bisa juga buat maen pedang2an lawan orang kalo lagi stress nunggu busway di halte. Siapa tau orang2 di sekitar jadi terhibur dan kita jadi dilemparin uang. Uang kertas, jangan uang logam, sakit.

9. MODEM USB
Berkat kebaikan mama gua, gua dikasih pinjem modem USB jadi gua bisa browsing, chatting, dan juga ngeblog di kost. Kalo ga ada internet di kost, terutama waktu hari libur, rasanya menderita banget. Terputus dari dunia luar gitu, wew. Memang susah jadi orang gaul, sehari aja ga update status fb rasanya kayak udah seminggu ga boker...

10. HAND CLEANER FLUID (ANTIS)

Kalo abis naek jembatan penyebrangan, busway, atau apapun, gua selalu rajin cuci tangan pake Antis untuk menghindari bakteri dan kuman2 geje masuk ke dalam tubuh gua kalo gua keceplosan makan pake tangan nanti. Berguna juga kalo abis makan di warung dan ga ada sabun cuci tangan. Tinggal siram tangan pake teh/air minum, terus kasih Antis dan gosok2, hehe. Kalo ketemu cewe cantik di tengah jalan, tuangkan antis ke tangan sebanyak2nya, terus tutup matanya dari belakang. "Siapa hayooo??? Coba tebaaakkk..." Dijamin si cewe bakal meraung2 kesakitan dengan mesra dan lu digebukin orang sekampung...

Sekian Survival Guide for Dummies (orang begow) bikinan gua. Kalo ada yg punya ide tentang benda apa yg harus gua masukin, silakan tinggalkan komentar di post ini, hehe.

You Might Also Like

7 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. hwihihi,,,ada payung juga....saya paling males bawa payung,,,
    kalo buat saya, gak bisa hidup tanpa hape...hehe

    ReplyDelete
  2. Gua sih lebih ga bisa hidup tanpa komputer...;p

    ReplyDelete
  3. waduh, aku ga punya Ipod nih, pegimana donk???hahhaa
    kalo aku asal dikasih laptop+modem aja langsung bisa diam berhari-hari. hahhaha:D

    ReplyDelete
  4. Masalahnya kehidupan tuh jalan terus, diem aja terus ga bisa bikin kita kenyang, hahaha. Eating is such a big issue when you live alone =)

    ReplyDelete
  5. @Claude : setuju bro, terutama yang nomor 2 yang MacBook Pro, saya masih berjuang ni buat nabung biar bisa beli itu. Masalahnya temen2 di kantor banyak jugayang pada make :D

    ReplyDelete
  6. Kevin : Selamat menabung! Btw gua mau beli film Pedang Pembunuh Naga. Tar kalo gua udah beres magang, gua sms deh.

    ReplyDelete
  7. It's true man.. dengan catatan mac book pro = laptop.. Hoho~

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe