Blocked...in China

14:55:00


Akhirnyaaa...setelah melalui perjuangan keras, gua bisa buka blogger juga di Cina. Thanks to Herry and Astria, dua orang temen gua yg lagi menjalani studi di negeri tirai bambu tersebut. Mereka berdua juga sama2 blogger lho btw, monggo di-klik aja linknya buat yg pengen kenalan. Btw apa kabarnya nih semua? Gua di Cina baek2 aja, well not too good sebenernya, karena gua udah 4 hari tepar gara2 keracunan makanan, hahaha. Baru hari ini aja gua bisa dibilang sembuh, walopun belom sembuh2 amat sebenernya. Tapi kata temen gua, kalo belom keracunan makanan, berarti gua belom ke Cina...so yeah, berarti gua harus bangga gitu? ;p

Kok mau buka blogger aja repot banget? Buat yg ga tau, sejak tahun 2003, Cina melakukan blokade informasi terhadap rakyatnya. Pemblokiran dilakukan terhadap surat kabar dan majalah, siaran radio, tayangan televisi, bahkan situs2 di dunia maya yg dianggap mengandung informasi yg dapat membahayakan "kesejahteraan dan ketentraman" Well gua kasih tanda kutip karena ada maksudnya, you know what I mean? Jangan lupa, Cina adalah negara komunis, after all... Situs2 yg kena blok tuh seperti Facebook, Blogger, Twitter, 4shared, Youtube, dll. Jadi buat orang Indo seperti gua, datang ke Cina, walaupun ada internet, tapi serasa tidak ada internet karena situs2 yg kita butuhkan kebanyakan di-blok oleh pemerintah, hahaha XD

Dan ga seperti blokiran internet Indonesia yg gampang banget dibobolnya, The Great Firewall of China ini bener2 setengah mampus dibobolnya karena dia menerapkan pertahanan berlapis2 seperti IP Filtering, DNS Filtering, URL Filtering, sampe Connection Reset (ini yg paling sering gua alamin...grrrr...halamannya udah kebuka sepersekian detik, terus langsung ketutup lagi...sial) Ada banyak cara sih buat ngebobolnya, pake Personal VPN, proxy, dan macem2...tapi sialnya, beda tempat (hotel, dalam kasus gua), beda internetnya, beda OS (Windows, Mac), beda browser, beda lagi cara ngebobolnya. Oalah repot banget. So yeah, googling aja, gua ga akan bahas caranya di sini, terlalu banyak.

Dan ga cuma pemblokiran, pemerintah juga bahkan mempekerjakan para hacker untuk mengawasi kegiatan rakyatnya melalui situs2 jejaring sosial (selain facebook dan twitter tentunya, karena mereka diblok, hehe) dan juga melalui jaringan internet itu sendiri. Hiii~serem ya. Bayangin aja kayak gambar di bawah ini...


Bayangkan, teman2 kita di Cina tidak mengalami betapa asiknya bersosialisasi menggunakan facebook dll, mereka juga tidak bisa nonton youtube, download lagu dari 4shared, atau bahkan bikin blog di blogspot (bersyukur ga temen2 tinggal di Indo? ;p) Tapi mereka punya sebuah jejaring sosial sendiri yg mencakup semua itu yaitu QQ. QQ adalah sebuah program untuk chatting ala YM dan MSN yg memungkinkan usernya juga untuk membuat sebuah homepage untuk sharing data seperti foto dan lagu. Hanya saja QQ menggunakan Bahasa Mandarin dan homepage milik QQ tidak bisa ditranslate menggunakan Google Translate. Hal ini tampaknya adalah bentuk proteksi dari pemerintah Cina agar QQ hanya menjadi milik rakyatnya saja, dengan asumsi orang asing tidak akan bisa baca tulis Hanzi Mandarin.


Anyway, dalam perjalanan ini, gua mengalami banyak sekali, datang ke tempat2 baru, ketemu orang2 baru, menemukan hal2 baru. Pertama kali pergi ke luar negeri, naik pesawat, sendirian. Pertama kali, bahasa inggris gua, diuji dalam praktek langsung karena gua perginya bareng bule2. Pertama kali pergi ke suatu negara di mana gua ga bisa baca atau ngomong apa2, bener2 out of place banget. Bayangin mau beli makanan aja antara gua harus nunjuk2 gambar (karena ga bisa baca tulisan2 ala cacing), ato gua harus googling dulu, cari gambar nasi, potret pake hp/kamera, kemudian tunjukkin gambarnya ke si penjual (credit to my friend, Mario, for this clever way ;p)

All I can say is...this journey is the best thing that ever happened in my life, so far...
Bukan cuma karena ke Cinanya, bukan, semua orang juga bisa pergi ke Cina. Tapi karena perjalanannya, karena orang2nya, karena petualangannya, karena pengalamannya, yg mungkin cuma akan kita alami sekali seumur hidup.

"It's not the destination, but the journey that counts. Joy is found not in a finished paintings, but in the whole process of making it." ~Jackson Pollock~

Dan sesuai dengan judul blog ini, di tengah hingar bingarnya kehidupan Cina, di tengah hiruk pikuknya perjalanan, there's a hint of love, peeking from every corner...=)

Penasaran? Nantikan kisah selengkapnya, ikutin kisah perjalanan seorang Chinese yg ga bisa bahasa Chinese di China, hahaha.

Stay tuned! (Next post dalam 24 jam ;p)

You Might Also Like

12 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. ga kebayang sehari tanpa ngetweet, nulis blog, dan ngeliat video di youtube.

    ReplyDelete
  2. emang deh, ketempat baru pasti nemu banyak hal baru. Iya, cina kan ketat soal internetnya.. yang sabar aja deh yaa..

    ReplyDelete
  3. duh2 baru tahu yang beginian..

    ReplyDelete
  4. duh...gak kebayang kalo aku hidup di cina...hampa rasanya tanpa fb en blogger...

    ReplyDelete
  5. susah amat ya jadi orang cina..semuanya diawasin. Kaya idup di dalem penjara. Sampe twitter juga =,=

    ReplyDelete
  6. ngiikk..gilak, baru tau gue kalo di sonoh internet security nya ketat banget.. ga bisa fb, ga bisa ngetwit, ga bisa ngeblog..farah..farah..

    ReplyDelete
  7. wah ga ngebayang deh kalau diindonesia juga di block pak SBY bisa turun kali ya hehehe

    ReplyDelete
  8. Wahahah! keracunan makanan lo kep?
    kayanya asa "kurang" berguna punya internet dan hape jenis BB, Android ato IPhone.... ga bisa dipake Twit , FB dkk... suram lah....

    ReplyDelete
  9. Orang jawa aja banyak yang belajar bahasa mandarin... Jangan kalah ya....

    ReplyDelete
  10. anindita : sehari sih bisa, kalo sibuk traveling sana sini juga pasti lupa internetan, hehe...

    gaphe : iya, harus susah payah cuma demi buka ni blog...huffff

    warsito : wah dijamin itu jutaan rakyat turun ke jalan...wakakakak

    ReplyDelete
  11. Wah, saya hanya bisa mendukung blogger di cina. Berjuang!

    ReplyDelete
  12. untung di Indonesia ga segitunya blockingnya, ganti DNS juga udah kebobol block nya. btw salut dah, ntar kalau saya mau ke Tiongkok kayaknya harus belajar jadi hacker dulu ni

    Salam
    VinShop
    www.vinshop.us
    Google Talk : kevin@vinshop.us

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe