3 Hari di Pantai Pamengpeuk

16:10:00

Halo semuaaa...pasti pada bingung nyariin gua ya? Ni anak ke mana aja sih, 3 hari kaga nongol? Tumben banget ga cerewet menuh2in timeline blogspot gua? Hehehe.

Hari Senin kemaren ceritanya gua pergi kemping bareng anak2 pramuka. Kemaren kita kemping ke Pameungpeuk, tepatnya ke Pantai Sayangheulang. Pantai ini letaknya tuh di daerah selatannya Garut. Sebenernya ide kemping ini bukan ide gua, berhubung gua baru balik dari Cina dan masih sibuk ini itu. Yg mencetuskan dan mempersiapkan acara ini tuh temen2 pembina yg laen, salah satunya tuh Inez dan Retta. (Mereka berdua juga blogger lho, klik aja namanya kalo mau berkunjung ke blognya) Sayang pada hari H nya Inez ga bisa ikutan gara2 sakit.

Senin 11 July, kita kumpul di sanggar pramuka jam 5 pagi, kemudian kita berangkat ke terminal Cicaheum, Bandung. Anak pramukanya ada 7 orang (kebanyakan lagi liburan dengan keluarga sih) dan pembina ada 4 orang : gua, adik gua, Retta, dan Timmy. Di sana kita nyariin bus ke Garut, tapi ternyata waktu itu kita lumayan kesiangan, jadinya akhirnya kita mutusin buat berangkat naik Elf (Elp, Elep, Omprengan, apapun deh istilahnya) Buat yg ga tau, Elf tuh semacem minibus aka angkot antar kota. Elf biasanya dikendarai oleh 2 orang, 1 supir dan 1 kenek. Kita disuruh masuk sementara ransel kemping kita yg besar2 itu diikat ke atap Elf orang sang kenek. Sampe kini gua masih santai2 aja, maklum pertama kali naek Elf. Gua ga tau kalo sebuah malapetaka akan menanti di perjalanan...

Masih segar, belum tau akan terjadi kesialan...

Buat temen2 yg belum pernah naek Elf, gua mau kasih gambaran dulu nih. Elf tu tempat duduknya ada 4 baris, masing2 baris bisa diisi 3-4 orang ala mobil2 berjenis Espass gitu deh. Namun kadang dengan biadapnya, satu baris suka dipaksain diisi 5-7 orang, dan itulah yg kita alami kemaren. Sambil menuju Garut, kenek Elf yg kita tumpangin itu terus menerus narikin penumpang masuk, dan tiba2 aja Elf yg tadinya cuma berisi 13 orang (dan udah penuh sesak), kini sudah dengan biadapnya dijejali 19 orang. DASAR SAKID!!!

Gua sih sebenernya ga keberatan duduk berdesak2an, tapi gua sebagai pembina tentunya mikirin keselamatan anak2 didik gua yg beberapa orang ada yg mabok darat. Eh, sampe daerah Garut, kenek malah tambah biadap terus nambahin penumpang, sampe ada 2 orang penumpang yg terpaksa duduk di atap. Ada juga seorang ibu2 gendut pake seragam pegawai negeri yg masuknya belakangan tapi dia malah ngomel2 dan nyuruh Retta pindah ke belakang padahal di belakang tuh udah ga ada tempat, jadi Retta terpaksa saling pangku dengan anak2 gitu. Waktu itu gua sempet kesel dan pengen protes ke keneknya, tapi kemudian dicegah sama Timmy.

Ketawa buat nahan sakit...itu ibu2 gendut ga mikir apa?

Setelah perjalanan yg sangat tidak menyenangkan selama 7 jam, akhirnya sekitar jam 3 sore kita sampai di Pamengpeuk. Anak2 turun di Pantai Santolo, sementara gua dan Retta lanjut naek Elf sampe Pantai Sayangheulang. Rencananya, sementara gua ma Retta nge-tag tempat, Timmy dan adik gua akan ajak anak2 untuk main di Pantai Santolo (naik rakit, main air, makan dawegan aka kelapa muda) baru nyusul kita ke Sayangheulang.

Beruntung banget waktu gua dan Retta sampai di Sayangheulang, pantainya kosong, ga ada yg kemping, jadi kita bebas nyari tempat yg enak buat masang tenda. Tempatnya bagus banget, luas, sejuk, dekat WC umum dan pantai, tapi sayang banget, penuh sampah. Inilah yg membedakan Indonesia dan Cina, sama2 punya tempat wisata yg indah dan panoramik, tapi Indonesia cenderung jorok dan tidak merawat tempat wisatanya. Sementara waktu gua ke Cina kemaren, walaupun orang2 Cina terkenal jorok, tempat wisatanya sangat bersih dan terawat, tidak ada sampah sama sekali.


Banyak sampah >_<


WC Umum, tempat mandi pula

Makan siang, bekal dari rumah


Beautiful view of Sayangheulang Beach

Pantainya bagus banget, ada sebuah laguna/dangkalan yg memisahkan pantai di dekat tempat kemping kita dengan batas pasang di mana terdapat ombak, dan terutama, pantai Sayangheulang ini punya banyak batu karang yg bentuknya bagus banget. Bener2 keindahannya tidak bisa diungkapkan dengan kata2, biar lebih jelas, temen2 liat aja sendiri fotonya. Hari pertama kita belum main ke laut, karena waktunya habis untuk bikin tenda, masak makan malam, dan api unggun.

Bikin tenda

Pagi hari kedua, setelah upacara, kita jalan sedikit ke arah timur, dan kita sampe di pantai di mana anak2 bisa main air. Ombaknya lumayan besar, dan juga bergulung2, jadi anak2 gua larang main terlalu jauh. Pantainya sepi, ga ada orang lain selain kita, jadi rasanya kayak pantai punya pribadi gitu, asik banget. Karena jarang didatangi orang, pantai nya masih asri banget, Pasirnya bersih, ga ada sampah, dan juga kita nemuin banyak binatang seperti kepiting, kumang, dan ubur2 (yg udha mati, jadi ga beracun) Selain main air, kita juga lomba bikin istana pasir, ngubur orang, main trackball dan juga foto2 narsis. Ga lupa, gua juga foto bareng tulisan "Emotional Flutter". Check this out! =)

Sunrise

Setelah upacara pagi


Pantai pribadi


Ombaknya besar banget


Trackball



Gua ganteng kan? Hehehe


Main pasir


Nemu ubur2...


Kumang yg masih hidup...langka banget!

Pulang dari main di pantai, kita masak makan siang dan juga makan MATA LEMBU, sejenis siput/keong gitu. Cara makannya agak unik : diketok2 ke kayu hingga isinya melorot keluar, baru kemudian dicocol saus dan dimakan. Yummy, rasanya enak banget!!! Anak2 juga suka. Siang itu angin bertiup dengan kencang sekali, sampe kita kesulitan mau nyalain api di kompor. Akhirnya kita terpaksa cari kayu dan penghalang lainnya untuk nutupin kompor dari segala arah.

Mata Lembu

Cara makan yg unik, diketok2 ke papan, hingga isinya keluar


Dicocol pake sambel, baru dimakan


Anak2 suka makan Mata Lembu


Ini nih sebabnya kenapa keong ini disebut "Mata Lembu"

Sorenya kita main lagi di pantai, maen mecahin semangka dan maen games sambil berkubang di dangkalan di deket base camp. Kemudian kita mandi, beres2, kemudian drama api unggun, main kembang api, dilanjut dengan bakar marshmallow di api unggun. Gua ngobrol ma anak2 sampe subuh, menikmati malam terakhir di sana. Langit juga cerah, bulan bersinar terang dan bintang2 sedikit terlihat di langit. Suatu hal yg langka di jaman ini, di mana sulit sekali untuk bisa melihat bintang di langit malam dengan jelas akibat polusi kimia dan polusi cahaya.

Watermelon smashin'...gua berhasil!!!


Menikmati semangka

Tangan jadi belang akibat seharian maen di pantai


Fireworks!

Bakar marshmallow

Besok paginya kita upacara, kebetulan ada 3 orang anak yg dilantik, dilanjut dengan beres2 tenda dan kira2 jam 11 siang kita berangkat pulang ke Bandung, naik Elf lagi, hahaha. Sebelum sampe ke jalan raya kita harus jalan kaki kira2 45 menit dan kita jalan melalui areal persawahan yg luas dan indah banget. Perjalanan pulang ga kalah ngebetein dengan perjalanan datang, tapi bedanya, kali ini kita sedikit lebih ceria akibat rasa senang yg kita bawa setelah bermain dengan puas di pantai, dan juga di perjalanan kita lebih banyak tidur karena cape banget, hehehe.

Our last sunrise at Sayangheulang Beach

A very beautiful farewell

Pelantikan


Our journey home


Situasi di dalam Elf (sebelum akhirnya penuh sesak)

Buat gua sendiri, kemping kali ini tuh adalah dalam rangka mewujudkan salah satu Bucket List gua, yaitu ngerasain kemping di pantai. No 14, Camp on The Beach, checked!

You Might Also Like

24 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. foto lu ababil sekali ko hahahaa. btw mau sekalian nanya, kenapa kasih watermarknya kalo pas fotonya lagi posisi potrait dibikin miring 45'? kalo gue sih menduga2 biar pas masuk google diambil orang ga bisa dicrop *sotoi*

    mendingan bikin watermarknya sekalian 90', ada beberapa foto yang bagus pas posisi potrait tapi kehalangan watermark.

    ReplyDelete
  2. kirain ngomongin kemping bareng anak pramuka itu becanda doang, ga taunya beneran ya? kaka pembina pula, sumpah ga keliatan banget lho :p

    itu yg megang ubur2 ga kesengat apa ya? waktu kecil gw pernah lo megang itu dan rasanya nyetrum ampe kejang2 :[

    main kembang api di pantai, plus semangka, plus marshmallow. hmmm summer banget ya. keren!

    ReplyDelete
  3. wow...
    salut dah...angkat topi :)
    ga nyangka banget kalo um tuh pembina pramuka. jaman sekarang gitu.
    padahal kalo inget pramuka tuh selalu menyenangkan.
    bener2 ancungin jempol yang banyak
    #ngumpulin jempol si ayah sama dina :D

    btw foto2nya keren :)

    ReplyDelete
  4. WAAAH SERUUU!! ah gue ngileeer -_-

    btw gue hampir tiap hari naek Elep dr sekolah buat pulang ke rumah. Emang yak bangkunya sedikit tp kadang penumpangnya sk dipaksain msk gt, sampe badan gue yg kecil gini kegencet gencet -_- tambahan lg elep kalo penumpangnya blm duduk tuh suka lgsg tancap duluan. Duh!

    ReplyDelete
  5. Satu pertanyaan gue nih, kok lo bisa jadi pembinanya? Maksud gue, ada hubungan apa lo sama pramuka tsb sampe2 lo yg jd pembinanya...

    ReplyDelete
  6. Ubi : yoi, sengaja biar ga diambil orang di google, kalo cuma di sudut tar suka di crop ma orang...ada beberapa foto bagus tapi kehalangan watermark, yup sengaja...yg versi bagusnya kan punya gua seorang, hahaha

    Anindita : yup, pengen ngerasain kayak di anime2 gitu...hahaha...ga kesengat, soalnya ubur2nya udah mati

    Ita : wah, thanks banget buat jempolnya =)

    Inggit : gua kan ikut ekskul pramuka dari kelas 6 SD, jadi ya wajar2 aja kalo setelah naek tingkat, gua jadi pembinanya kan?

    ReplyDelete
  7. wah, itu matta lembu nya matang gak? apa mentah2 dimakan? rasanya kayak kerang ya?

    btw, narsisnya gak ilang2 ya. hehehe...foto di pasirnya itu lho...hehehee

    ReplyDelete
  8. Subhanallah..pantainya indah banget..bikin mupeeengg.. kok gak ngajak2 aku siih kk pembina?aku kan juga mau dilantik sekalian liat pantai #ngarepdiajak :D

    ReplyDelete
  9. Fanny : mateng lah, enak kok rasanya kayak kerang saus tiram gitu...iya donk, bukan gua namanya kalo belom narsis *lirik Gaphe*

    Belo : makanya gua cerita di sini, supaya pembaca jadi tertarik buat pergi ke sana...ga susah kok, kalo lu di Jawa Barat sih

    ReplyDelete
  10. kakak pembina tho ternyata..?

    pengelolaan obyek wisata kita memang payah
    terutama soal pengelolaan kebersihan
    tapi kalo nonton di blog ini tetep asik...
    foto fotonya selalu kereeen...

    ReplyDelete
  11. Pen, dimane-mane elp yang mengendarai cuman 1, kenek mah nangkring aje, kagak nyupir :D Delman istimewa aja pengendaranya cuman Pak Kusir :D
    Hmm,kok gw gak tahu ya di Garut ada yang endah kayak gini?

    ReplyDelete
  12. Ngomongin pramuka jd ingat jaman muda. Ampe ga ulih2an gr2 pramuka. Tp ga pernah di pantai ky gt hikz.

    ReplyDelete
  13. Rawins : thanks =)
    memang gua berusaha motret bagian yg bagus2nya, yg jelek2nya ga usah diekspos, hehehe

    Dokter : gua juga baru tau, 2 orang temen gua yg pertama kali tau, terus ngajakin gua buat ngadain kemping ini

    Tarry : di HK juga ada pulau terpencil yg pantainya bagus kayak gini kan? kemaren ini gua ke sana kok

    ReplyDelete
  14. woooowww, ceritanya panjang, wkwkwkwk, mata lembunya kliatan enakk, mirip2 cacing gt bntuknya, hahaha

    nice story as usual bro!

    ReplyDelete
  15. wuuaaah,seru banget! baru tau kalo pramuka campingnya seru begini :D kalo disekolahku pramukanya setiap camping,selalu terjadi 'keisengan' oleh kakak2 pembinanya,wuhehehe:D

    ReplyDelete
  16. elf kayaknya semua gitu ya, suka liat di terminal ledeng soalnya, elf yg ke arah subang, penumpangnya penuh sesak .. belum lagi cara menngendarainya, wuihhh ...

    Pembina pramuka di sekolah mana ? Keren ih sampe skr masih aktif di pramuka ...

    ReplyDelete
  17. Brainless : kayak cacing??? >_<

    Puteri : kemaren dalam rangka seneng2 soalnya, jadi ga gua isengin lah

    Dey : di SMA gua yg dulu, hehehe...iya donk, seneng, refreshing gitu dari kesibukan kuliah

    ReplyDelete
  18. pantainya bagus , cuma yg buat jelek itu sampah-sampahnya . sayang bgt ,, padahal kan bisa di manpaatin tuh buat jadi objek wisata.

    heem pramuka yaah , kalo di smp ku dulu, pramuka blon aktif , jadi gatauh dah rasanya pramuka-pramukaan gitu hehe :)

    ReplyDelete
  19. seru banget acrnya :) mas mata lembu itu beli dipenduduk setempat ato nyari dipantai ya? cara makannya kalo pake tusuk gigi bwt nyabutnya bs mkn ya? dr pada diketok pake kayu gitu he..he..

    ReplyDelete
  20. kakak pembina toh.
    pantainya indah. namanya elf udah pasti penumpangnya dijejelin terus

    ReplyDelete
  21. wah ane kok kgk diajak :D
    indah mamen cuy kk, pantainya namanya juga indo, tapi tetap sampahnya :(
    tentang fotonya, norak abiz sih,,, tapi mantep gambar2nya haha

    ReplyDelete
  22. indah sekali jadi pengen nyoba kesana

    terimaksih ats infonya

    ReplyDelete
  23. aku mau kemah di sana gak jadi,,,padahal enaj banget tempatnya ya

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe