The Bucket List

17:38:00


Buat yg ngikutin blog ini dari berbulan2 yg lalu, pasti udah pernah baca Bucket List gua.

Apa sih Bucket List itu? Bucket List singkatnya adalah daftar mengenai hal2 yg ingin kita lakukan dalam hidup ("before we kick the bucket" atau meninggal).

Ternyata Bucket List ini sempat dipopulerkan oleh sebuah film yg rilis tahun 2007. Gua nulis duluan Bucket Listnya, baru nonton filmnya, hehehe. Agak kebalik, tapi gpp lah. Nonton film ini, memberikan gua pandangan lebih dalam mengenai apa yg namanya Bucket List itu.


Film "The Bucket List" ini bercerita mengenai Carter (Morgan Freeman), seorang pria paruh baya yg sangat cerdas yg bekerja sebagai mekanik seumur hidupnya, walaupun sebenarnya dia bercita2 menjadi guru sejarah. Suatu hari, ia didiagnosis menderita kanker paru2, dan saat dirawat di rumah sakit, ia bertemu dengan Edward (Jack Nicholson), seorang pengusaha besar yg licik dan sangat suka minum "Kopi Luwak" (Sumatra disebut2 di film ini sebagai daerah tempat asal Kopi Luwak kesukaan Edward) yg menderita penyakit yg sama.

Mulanya sebagai roomate di rumah sakit, mereka tidak saling menyukai satu sama lain akibat sifat mereka yg berbeda jauh. Namun saat mereka berdua sama2 divonis hanya hidup kurang dari 6 bulan lagi, mereka menemukan persamaan dari diri satu sama lain. Berawal dari ide mengenai "Bucket List" yg dicetuskan Carter dan didukung oleh Edward, mereka berdua memutuskan untuk pergi keliling dunia, meninggalkan hidup dan keluarga mereka, untuk mewujudkan Bucket List yg mereka buat berdua.

Kurang lebih itulah inti utama dari cerita film ini. Perjalanan dua orang yg berbeda jauh, namun mempunyai tujuan yg sama, memberi makna bagi hidup mereka yg hanya tinggal hitungan bulan tersebut. Carter yg terlalu pintar penuh pertimbangan, belajar mengenai keberanian dan spontanitas dari Edward, sementara Edward yg sepanjang hidupnya selalu menutup diri dan sibuk mencari keuntungan pribadi, merasa sisi kemanusiaannya disentuh oleh pengetahuan dan persahabatan yg ditawarkan Carter.


Scene paling memorable buat gua adalah saat Carter dan Edward duduk di puncak Giant Pyramid Giza, sambil berbicara soal hidup setelah kematian. Carter bercerita, bahwa orang Mesir percaya, saat mereka mati nanti, sebelum masuk ke surga mereka akan ditanya 2 pertanyaan oleh Tuhan.
1. Have you find joy in life?
2. Have your life brought joy to others?

JLEB, dua pertanyaan itu nancep banget kalo buat gua.
Apa sih tujuan kita hidup di dunia ini? Mungkin temen2 semua setuju kalo gua bilang kita hidup untuk menemukan kebahagiaan. Tapi apakah kehadiran kita di dalam hidup ini juga membawa kebahagiaan bagi orang2 di sekitar kita? Sebuah pertanyaan introspektif yg layak kita tanyakan kepada diri kita masing2.

Cerita yg indah ini ditutup oleh sebuah ending yg sangat menyentuh hati. Gua ga akan ceritain endingnya di sini karena gua berharap kalo temen2 tertarik, temen2 mau berusaha untuk cari filmnya dan nonton sendiri. Karena banyak banget arti kehidupan yg dapat kita pelajari dari menonton langsung film ini, dan rasanya akan jauh lebih membekas saat kita menghayati sendiri adegan per adegan daripada gua ceritain di sini.

Akhir kata, menurut gua, ini adalah salah satu film terbaik yg pernah gua tonton. Very recommended! (Rating : 10/10)


Melalui post ini juga gua mau mengajak temen2 pembaca semua untuk mencoba menulis "Bucket List" Kenapa? Bukan cuma gara2 terpengaruh film, tapi gua sendiri merasakan saat gua nulis Bucket List gua, gua tuh banyak berkontemplasi mengenai hidup gua selama ini. Apa saja yg sudah gua lakukan, apa saja yg ingin gua raih di dalam hidup, dan masih banyak lagi.

Memang ga gampang nulis Bucket List, gua ngabisin 3 bulan untuk nulis dan sampe sekarang gua baru berhasil nulis 80 nomor. Awalnya gua bikin target 100 nomor, tapi setelah gua nulis, gua merasa kalo 100 nomor terlalu sedikit. List yg gua bikin, gua yakin akan terus dan terus berkembang sepanjang perjalanan hidup gua.
Dari 60 nomor yg sudah gua publish di blog, gua udah berhasil menuhin 10 nomor. Dan 7 di antaranya, gua lakukan selama 2 tahun terakhir. Tahun ini gua udah berhasil accomplish 4 nomor, yg paling terakhir gua lakukan adalah di awal bulan ini yaitu no 14, Camp on the Beach.

Bucket list isinya ga selalu harus hal yg muluk2 seperti mengunjungi 7 Keajaiban Dunia atau travel keliling dunia. Isinya bisa yg simpel2 kok, kayak ingin memelihara anjing, ingin melihat kunang2 (sampe sekarang gua belom pernah liat, ada yg mau bantu gua?), atau menerbitkan buku sendiri. Jumlahnya juga bebas, boleh 10, 100, atau 200 kalo sanggup. Yg penting adalah hal2 tersebut adalah kita memaknai kembali hidup kita dengan target atau tujuan yg ingin kita capai.

Hanya dalam waktu 3 bulan, Carter dan Edward berhasil mewujudkan kurang lebih 20 nomor dari Bucket List mereka. Kita yg masih punya waktu puluhan tahun, gua yakin, pasti bisa mewujudkan lebih banyak lagi! =)

Ada yg pernah bertanya ma gua : Apakah Bucket List hanya boleh kita lakukan sekali?
Oh tentu saja tidak.
Ada pepatah yg bilang, "We only live once, so do everything twice!"
Yup, lakukan sesering mungkin, kalau kalian bisa =)

Ada satu hal yg gua tawarkan untuk temen2 pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam Bucket List kalian.
"Help a complete stranger for good"
Dan jangan lakukan sekali, lakukan sesering mungkin di dalam hidup kita.
Percaya ga percaya, you can help to make this world a better place, for the next generations to come =)

Seperti yg pernah gua tulis di post sebelumnya
"Not everyone can be great, but you can always be kind!"

Jadi tunggu apa lagi?
Buatlah hidupmu jadi lebih bermakna, kawan!

Start your Bucket List, NOW... =)


You Might Also Like

46 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. bagusa banget eritanya...uah bikin80,itupun masihkurang..HEBAT...

    ionebersyukursemuakeinginan uahbanyakkesampaian,tinggalduacita2 yang akandiwujukan..lanjutin s2 iamerka(bisa gakya?) an bikin novel

    ReplyDelete
  2. Well, nice post, Kep! Gw juga sering sih bertanya2 sendiri: apa sih tujuan gw hadir di dunia ini? Trus apakah emang gw dapat meninggalkan sesuatu di dunia ini ato cuman numpang lewat aja... Tapi anyway, emang kayanya bucket list ini menarik banget, jadi seperti wish2 kita, walaupun mungkin sulit dilakukan. Mungkin gw juga bakal nulis nanti, dan saran dr lu itu juga gw rasa emang harus dimasukkan, dan dilakukan sesering mungkin...

    Ferdian (yg sedang pusing karena dikasih tugas macem2 sama profesor...)

    ReplyDelete
  3. Ah gila tuh pertanyaan bikin gue bertanya tanya.

    Eh jd gak kt naek gondola? Hahaha gondola kan namanya? O.o

    akhirnya di box komen lo kgk ada kode verifikasi!!

    ReplyDelete
  4. wah sepertinya menarik banget ini film :)

    ReplyDelete
  5. Heemm..hemmm, denger review lu, gue jadi lumayan tertarik nonton nih film, hehe :)

    ReplyDelete
  6. hmm..masih main gak di bioskop?

    oot : lagu kiss the rain nya emang hilang tuh. entah kenapa. dari servernya kali

    ReplyDelete
  7. Bucket List saya:

    1. Bikin stasiun tv sendiri yang film dan sinetron nya adalah semua film dan sinetron yang pernah diputer di layar kaca di tahun 90an.


    2. Kembali ke masa 90an (mustahil??)

    ReplyDelete
  8. wah yang main Morgan Freeman :D
    saya juga jadi terinspirasi untuk bikin bucket list B)

    ReplyDelete
  9. i-one : semoga berhasil ya

    Ferdian : semoga post ini bisa menghibur lu

    Inggit : iya, tadi gua ilangin...yayyy...semoga banyak spam

    John & iam : yup, cobain deh download

    Fanny : akhirnya gua tau judul lagunya apa, heheh...love it so much

    Kevin : ...tampaknya sulit, hahaha

    ReplyDelete
  10. saya sering buat kyak gini, tpi biasanya pas tahun baru, lebih ke hal2 yg pengen saya capai, tpi kyaknya isinya serius semua, hoho..

    eh di kampung saya bnyak kunang2, keren lho.. :p

    *pengen donlot pelemnya!tengs por de ripiuuu

    ReplyDelete
  11. Rekomendasi film yg oke, dan untuk 80 Bucket List hebaaaat banget Mas!

    ReplyDelete
  12. kayaknya inspiratif sekali filmmya! saya juga suka menulis kayak semacam bucket list juga, tetapi belum terlalu banyak sih..

    ReplyDelete
  13. aku sih gak punya banyak target cuman berdoa minta rejeki yang banyak dan barokah supaya bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain...

    ReplyDelete
  14. Itu dua aktor, Jack Nicholson dan Morgan Freeman, menurut saya aktor legendaris yang masih hidup... luar biasa. :)

    ReplyDelete
  15. Halo bang kep..

    Oke juga. Nyari pilemnya ahh~ :D

    ReplyDelete
  16. Yes! It's one of the best movie i've ever watched!

    Inti ceritanya dalem bgt, aq jg bnyk trpengaruh dr film ini, judul blogku contohnya, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  17. bucket list yah kaka , waktu aku SMP dulu aku disuruh buat begituan sama guru aku , tp cuma semangat di awalnya aja , siapa itu di tinggalin deh, jadi begini, hidup tanpa tujuan huuhu *nelen sendok*

    ReplyDelete
  18. heheh, emang bagus ceritanya :D

    ReplyDelete
  19. Mantap gan, kalo tujuan hidup gue sih adalah membahagiakan orang lain dan menjadi orang yang berhasil, gak muluk2 banget. hidup itu untuk hidup.. :)

    ReplyDelete
  20. Pengen juga nulis bucket list, tapi males ngetik. Hahaha.
    Yang jelas aku nggak mau terlalu 'wah' di dunia ini. Dunia bukan satu2nya kehidupan. :)

    ReplyDelete
  21. wah .. menarik tuh ... pengen bikin tapi 10 aja rencana jangka pendek

    ReplyDelete
  22. lebih dari sekedar review film, postingan ini inspiring banget :)

    mungkin kita perlu bikin semacaem bucket list ini sbg 'target' ke depannya. otomatis, ngisinya yg positif2 :)

    ReplyDelete
  23. selama kita hidup, kayaknya bucket list itu akan terus bertambah jumlahnya. percayalah, kawan! :)

    ReplyDelete
  24. gw belum nonton jadi penasaran filmnya walaupun dah rada jadul.

    ReplyDelete
  25. gue kira lo mau ngomongin plankton! hahaha

    ReplyDelete
  26. wah kayaknya emang harus nyari ini pilm deh.. searching searching...

    ReplyDelete
  27. nice post....
    kayanya bagus filmnya..
    cari ah..

    ReplyDelete
  28. mau coba ah,,salam love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  29. Filmnya sepertinya keren sebagaimana yang kamu resensikan. Dan idemu untuk membuat hal serupa sebagaimana yang dilakukan oleh 2 aktor tsb menarik juga. Sepertinya akupun tertarik untuk melakukan hal yang sama dengan membuat daftar keinginan yg pengen diwujudkan :)

    ReplyDelete
  30. Koskakiungu : ajak gua ke kampung lu donk kalo gitu, hehehe

    Retno : ayo bikin juga

    Presticilla : ayo terusin listnya ;p

    Ami : aminnn

    Asop : setuju, hampir semua film yg mereka bintangi selalu berkualitas, hahaha

    Riska : sip, cari dulu di toko DVD sebelum googling

    Brainless : enjoy laiff?

    Irra : nah itu nelen sendok bisa jadi bucket list nomer 1, hehehe

    Eko : yup

    Feby : betul, but still, u gotta have something for yourself =)

    Alvi : betul, tapi selama kita hidup di dunia, kenapa ga dinikmati?

    Hoedz : selamat menulis! ;p

    Felicia : thanks, ayo mulai nulis dari sekarang!

    Nuel : setujuuu...sekarang gua udah 102, hahaha

    Andes : dijamin ga nyesel kalo nonton

    Tukang colong : apa hubungannya? ;p

    Akane, Hendra, Sarya : cari di toko DVD, mestinya ada

    ReplyDelete
  31. Coretan : yeah, bikin hidup jadi lebih punya orientasi dan ambisi...gua nulis daftarnya dulu, baru kemudian nonton filmnya, hahaha...idenya dulu dikasih sama temen baek gua =)

    ReplyDelete
  32. Pernah dpt pelajaran ini dr ikut MLM. Bahkan disediakan paket "DREAM BOOK" (tp beli) buat nulis bucketlist disertai gambar. Tp aq bandel ga manut aturan xixixi

    ReplyDelete
  33. bnr jg ya sob, alangkah baiknya kita tulis semua itu diatas kertas, apa2 saja yg menjadi impian2 kita dimasa dpn.
    sangat menarik....

    BTW, masa sih blm pernah ngliat kunang2?
    dulu wkt usiaku msh skitar 6 tahun, tepat didpn rumahku yg bernomor 60 itu seringkali aku temukan kunang2, malah pernah aku tangkep 1 kunang2, lalu aku bawa masuk ke dlm kamarku.. wah aku bnr2 takjub ngliat tubuh mreka yg menyala sperti lampu. :)

    mungkin kalo aku tulis, 1 yg gak akan mungkin pernah tercapai, yaitu terbang ke angkasa, menjadi astronot... hehe

    seru kali ya...

    ReplyDelete
  34. baru denger sob...
    selama ini taunya wishlist doang...
    boleh juga tuh istilahnya...

    ReplyDelete
  35. gua pengen bikin bucket list.. tapi gak se-niche sama blog..tar orang bingung.. apa gw bikin blog baru aja ya, biar bisa nulis soal bucket list ini? :berpikir keras:

    ReplyDelete
  36. Hehe pengen sih download, tapi ini koneksinya... ah, sudahlah..
    *getok modem*

    ReplyDelete
  37. aww.. inspirasi buat bikin bucket list juga nih kev.. saya belom pernah liat filemnya sih, tapi kalo baca resensi kamu meskipun filem lama patut ditonton juga rasanya.
    hemm.. pengen nyoba bikin juga deh, seru juga kali yaa kalo liat satu persatu daftar yang kita bikin terpenuhi.

    nggak harus mahal, nggak harus keluar negeri.. dan yang penting, nggak biasa aja

    ReplyDelete
  38. aku pernah nonton waktu kira2 awal kuliah. filmnya bagus dan sederhana. kalau suka film serupa boleh coba "around the bend" dan "inside i'm dancing". dua2nya film banjir award juga, lho. tapi dari 3 film yg aku sebut, aku paling suka "inside i'm dancing". simple, deep but touchy :)

    ReplyDelete
  39. Tarry : ya, itu sih gimana tiap orang aja, haha

    Penghuni 60 : rumah gua di daerah kota, makanya gua belom pernah liat >_< pengeeeeeeeen

    Rawins : wishlist beda ma bucket list

    Dokter : kata gua sih gpp kali, dokter juga manusia, hahaha

    Iam : sabar ya, sabar...hehe

    Gaphe : yup, seru banget rasanya, ngeliatin impian kita terwujud satu persatu

    Indi : thanks buat rekomendasinya, tar gua cari deh =)

    ReplyDelete
  40. coba nyari fimnya aaahhh... :)

    ReplyDelete
  41. penasaran sama filmnya. cari dehh..

    pengen liat kunang-kunang? di gunung banyak kev. keren bangetttt, sekilas kayak bintang yang kerlip2 trus turun ke bumi. hahahaha *imajinasi tingkat tinggi.

    ayok maen ke Gunung, ntar pasti nemu :)

    ReplyDelete
  42. met hari minggu dulu deh. lagi melototin foto2 peserta yg masuk nih. besok pengumumannya ya.

    ReplyDelete
  43. Gue juga udah nonton film itu.. Ceritanya sih udah lupa2 inget. hehe. Tapi emang, film ini keren banget. Gua suka Morgan Freeman-nya di film itu. :)

    Quote yg paling gue inget banget ampe skrg dari film itu adalah: "I'm not everyone." So cool! :)

    ReplyDelete
  44. inspiring!

    i'll create mine, soon :) thanks for sharing, keep posting! :D

    ReplyDelete
  45. Semacam wishlist gitu kali yah?
    Iseng2 gue bikin ah, sekalian nyari pilm nya :p

    ReplyDelete
  46. inspiratif sekali, thanks ya

    sepertinya filmnya highly recommended ya, mau nonton ah

    dan aku juga mo ikutan bikin bucket list, karena seringnya kita lupa apa sih yang sungguh2 kita inginkan dan ingin lakukan, tapi kalau ada listnya, setidaknya ada yang silent reminder buat kita.

    thanks Kevin, God bless you :)

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe