My Name is Keven, and Im AWESOMEEE!!!!! =)

14:04:00

Terinspirasi dari post Nyla soal arti sebuah nama, gua juga jadi kepikiran buat nulis arti dari nama gua.

24 tahun yg lalu, saat seorang bayi ganteng lahir ke dunia, orangtuanya memilih untuk menamakan bayi itu "Keven". Dari mana sih asalnya nama "Keven" itu?

Pada tahun 1960-1980an, nama "Kevin" masuk ke dalam top 20 favorit first name untuk anak laki-laki di Inggris. "Kevin" berasal dari bahasa Irish kuno, "Cóemgein" yg artinya handsomely beloved. Sementara nama "Kevin" sendiri pada saat itu sering diasosiasikan kepada Saint Kevin yg kemudian mengandung arti kind, honest, and handsome.

"Keven" adalah "Kevin" dalam bahasa/aksen Belanda. Kata mama gua, waktu gua lahir, nama "Kevin" dan "Stephanie" adalah dua nama yg paling populer untuk bayi. Nah supaya gua ga jadi just another Kevin di dunia, mama gua memilih untuk kasih gua nama "Keven" Memang bukan nama yg lazim di Indonesia, tapi berkat mama gua, sepanjang gua sekolah dari TK sampe kuliah, Im the only Keven around, hahaha. Bangga banget gua.

Gua denger tadinya mama gua mau kasih gua nama Keven Kirby, tapi akhirnya ga jadi dan jadi pake Alberto. Nama tengah gua yaitu "Alberto" juga mengandung arti yg ga kalah keren. "Alberto" berasal dari bahasa latin "Albertus" yg artinya bright, noble, famous. Sementara Kirby akhirnya jadi nama anjing Schnauzer gua yg di awal tahun ini sempet gua populerkan di blog (yg mau baca kisahnya, klik di sini, sini, atau sini) Abee tuh nama kecilnya, nama aslinya Kirby.

Sementara nama belakang gua "Yoesuf" berasal dari marga keluarga bokap gua "Yoe"
Kenapa Yoe harus dijadikan Yoesuf? Kenapa ga jadi Keven Alberto Yoe aja namanya? Ceritanya panjang dan ada hubungan dengan sejarah kelam kehidupan Tionghoa di Indonesia. Buat yg pengen tau kisahnya, klik aja di sini.


Orang tua ga sembarangan kasih kita nama lho, karena menurut kepercayaan di Barat dan di Timur, nama mengandung doa, berkat, dan harapan orang tua terhadap anaknya. Dan percaya ga percaya, it's true. Waktu gua playgroup dulu, gua pernah ditonjok satu orang anak dan pas gua disuruh nonjok balik, gua ga mau. Gua ga inget kenapa, tapi mama gua bilang, itu karena nama gua mengandung doa dan harapan dia agar gua jadi seseorang yg ramah, baik hati, dan penuh kasih. Yah didikan orang tua juga berpengaruh sih.

Jadi boleh dibilang melalui post ini gua mau menyatakan ketidaksetujuan gua atas pernyataan Shakespeare "Apalah arti sebuah nama?" Nama tuh banyak artinya lagi. Bayangin aja kalo dulu orang tuanya Shakespeare ngasih dia nama "Semprit", bukan "Shakespeare", mungkin hal itu akan berpengaruh terhadap gaya dia memberi nama tokoh dalam dramanya. Mungkin kita ga akan mengenal Romeo and Juliet tapi malah jadi Rama dan Juleha...hahaha. Atau mungkin dia malah galau karena dibully orang seumur hidup akibat namanya, akhirnya dia bunuh diri sebelum sempet nulis karya. Anything can happen right?

Waktu kuliah di UNAB dulu, gua punya temen namanya Kagumi. Pertama kali gua denger namanya Kagumi, gua pikir dia orang Jepang. Eh ga taunya, nama aslinya tuh Kagumi Parasnya. UNTUNG CANTIK! Seriusan! Coba kalo jelek mukanya, bisa2 seumur hidup dia menanggung beban. Namanya bukan menjadi berkat, tapi menjadi kutukan! >_< (buat Kagumi kalo baca post gua ini, maaf ya pake namanya tanpa ijin...tapi beneran, gua ga ada maksud buruk)

Ada juga orang yg saking ngefansnya sama suatu hal, lantas ngasih nama anaknya berdasarkan hal tersebut. Gua pernah denger ada anak namanya Google, Nokia, atau Pentium, malah dulu waktu gua lagi kunjungan ke panti asuhan, gua pernah ketemu anak yg namanya Marlboro. Seriusan. Jadi tu anak ditinggalin di pintu panti asuhan sama orang tuanya beserta selembar kertas kumal yg bertulisankan "Tolong titip Marlboro" Wah, itu artinya nama anak itu yg memang Marlboro atau orang tuanya nitip dibeliin Marlboro sama anak bayinya? Nah lho, bingung kan? Gua cuma berharap ga ada yg tega ngasih nama anaknya "Tori-tori", hahaha...

Nama anak kembar juga ga kalah kontroversialnya. Gua sering liat anak kembar namanya sengaja dibikin berima. Tini-Tono, Niko-Niki, Asri-Usro, Asep-Usop. Nah masalahnya gua pernah ketemu anak kembar namanya Asep dan Usop, Asepnya cowo, Usopnya cewe. Nama lengkapnya Usop Fitrimah bin Mamad kalo ga salah. Edan, ga kasian tuh??? Yg bener aja anak cewe manis gitu dikasih nama Usop, mirip tokoh di komik One Piece yg hidungnya kayak timun. Haduhhhh...


Jadi buat kalian, wahai para calon2 orang tua, tolong pikirin bener2 nama anak kalian. Jangan sampe kalian asal2an ngasih nama dan nama itu akhirnya jadi beban seumur hidup buat anak kalian. Ga cuma arti secara filosofis, tapi juga arti secara harafiah di lingkungan tempat mereka tinggal. Gua yakin ga ada satupun anak yg bangga dikasih nama Jamban atau Jembut di Indonesia, walaupun artinya dalam bahasa Yahudi adalah Ganteng dan Cantik.

Jangan percaya kata2 si William Semprit bahwa nama tuh ga ada artinya. BOHONG itu!!! Nama itu PENTING!!! Ini kasus hidup atau mati!!! Cateeet!!! PENTING!!! P-E-N-T-I-N-G!!!
Dan jangan sekali2 mencoba kasih nama anak kalian Keven. Why? Karena anak kalian akan selalu jadi nomer 2 dalam segala hal. Kenapa bisa begitu? Sudah jelas kan? Because Im the only man who will handsomely stand at the top of everything. My name is Keven and Im AWESOMEEE!!!!! =)


PS : Selamat menjalankan ibadah puasa buat temen2 yg muslim, mohon maaf lahir dan batin. Dan gua juga mau pesen ke temen2 semua untuk banyak berdoa dan waspada di bulan puasa ini karena tiap tahun, menjelang bulan puasa, tingkat kriminalitas meningkat. Kemaren ini gua baru kecurian helm dan tahun lalu, temen gua rumahnya kerampokan dan kehilangan satu set komputer. Lebih baik mencegah daripada menyesal, betul? ;p

PS2 : Oya, mau ngingetin, event GIVEAWAY 1st Anniversary nya Emotional Flutter, waktunya tinggal kurang dari 3 minggu lagi. Buat yg belum ikutan, ayo buruan, jangan ketinggalan. Dapatkan hadiah2 menarik dari Cina, GRATIS! =) ---> klik di sini

Ps3 : Ada di toko, beli aja sendiri...

You Might Also Like

38 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Hahahahaa... ngakak berat di bagian nama-nama kembar, ckckck setuju deh arti dari sebuah nama itu emang penting... oke awesomeee -_-"

    :p~

    ReplyDelete
  2. Haha finally! Nyokap lo bener banget tuh ngasih nama keven. I found too many kevins already >.<

    ReplyDelete
  3. Haha finally! Nyokap lo bener banget tuh ngasih nama keven. I found too many kevins already >.<

    ReplyDelete
  4. pertama, nama Kevin itu emang SUPER DUPER BUANYAK gue nemuin di mana-mana. temen blogger 1, sodara gue 1, di angkatan gue bahkan sampe ada 6 Kevin. dan cara manggilnya adalah dengan kebanyakan dengan dipanggil inisialnya. di kelas gue sendiri Kevin sampe ada 3 biji nangkring berurutan di deret absen, sampe guru suka bingung sendiri.

    kedua, Stephanie juga lumayan buanyak gue temuin. dan sebenernya masih banyak nama orang-orang yang banyak gue temuin setau gue. contohnya dari anak-anak sekolah gue gampang ditemukan nama : Kevin, Stephanie, Jessica, Michelle, Michael, Nico dll.

    ketiga, gue jadi meragukan diri gue sendiri. dulu emak gue pernah gue tanyain kenapa ngasih gue nama 'Audrey' dia cuma bilang namanya bagus dan ga pernah mau cari tau artinya, taunya bagus aja.... #eaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  5. kalau ga salah, kalimat "apalah arti sebuah nama" itu ada terusannya. tapi aku lupa terusannya. --"...

    tapi nama memang penting. penguasaan bahasa bagi para orang tua juga sangat penting. sebagai korban saya mengakui hal ini. kenapa? soalnya, nama (asli) saya mengandung "kutukan". aku lebih memilih nama belakang "tula" yang dari bahasa sanskrit berarti "balance". ketimbang nama pemberian orang tua yang "itu"...

    ReplyDelete
  6. Dari dulu gw pengen nanya ke lu, kok Keven, bukan Kevin.. Sekarang ngerti gw.. Si Tante keren.. Tp nyokap gw jg ga kalah keren, karena gw satu2nya Inezwandita di dunia ini! HUAHAHAHAHA! My name is Inezwandita and I'm way more awesome than Keven! Muhahaha! *dilemparsendal*

    ReplyDelete
  7. apalah arti sebuah nama yang ditulis oleh shakespeare itu sebenarnya bukan merendahkan nama yang dimiliki oleh orang atau nama itu tidak penting tapi karena kisah cinta yang terhalang oleh nama keluarga yang disandang oleh juliet dan romeo sehingga juliet pun bilang: apalah arti sebuah nama ... (bla bla bla) sambungannya panjang, coba deh cek di blognya HoedaManis.Blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Lah jadi claude c kenni tuh nama apa?

    ReplyDelete
  9. Keren, pantesan gue mikir dulu kenapa nama lo gak kevin aja bang sekalian, kenapa harus keven, ternyata eh ternyata.. kreatif ortu lo bang.. :)

    ReplyDelete
  10. Lah, aku kira namamu yang bener entu kevin. Trus kevennya cuma buat plesetan aja. Wala dala, yang bener keven toh. Maap ye bang hehehehe...

    Yup. Emang iye. Orangtua musti ati2 noh kalo ngasih nama anak. Nama adalah doa. Coba kalo aku namanya jadi Tuni. Bisa2 orang2 kalo manggil aku jadi, "TUN...TUNN..!!"

    Untungnya kaga :D

    ReplyDelete
  11. hahaha.bisa aja nih orang..oh ya baru kuperhatikan ya. ternyata keven bukan kevin. selama ini kupikir kevin. sedangkan keven itu cuma plesetan aja biar lucu.

    ReplyDelete
  12. wkwkwk, hadeh pagi2 dah baca yang kocak2 gini...
    Btw, makasih Keven buat ucapannya. Maaf juga kalau saya ada salah. Temen kuliahku juga mengalami hal yang sama kayak si Usop, namanya Putri Eko Adrian P. nah gimana2? cakep kan namanya? kadang dosen tuh sempet kecelek dikira yang punya nama cowok, padahal cewek :D

    ReplyDelete
  13. iyaloh "Keven" emang unik ditengah2 banyaknya Kevin :)
    namaku pasaran :( but whatever sih maknanya kan cuma satu hhehhe

    apaaa ? ada anak cewek dikasih nama Usop ? Usop di One Piece kan terinspirasi dari pengarang cerita sih #jadi hubungannya ? hhohho

    ReplyDelete
  14. Retno : nama gua Keven, bukan awesome, hahaha

    Venus : yup, dare to be different, hehehe

    Ubi : nama lu Audrey toh? gua pikir Ubi, hahaha

    Huda & Honey : What's in a name, that which we call a rose. Gua tau artinya kok, di post kali ini memang gua sengaja mau ngambil sebagian untuk comedic purpose, ga ada maksud menjelek2an Shakespeare. Sori kalo ada kata2 yg salah.

    Inez : ga boleh ikut2an awesome, original dikit napa? hehehe

    Inggit : Claude C Kenni tuh nama tokoh favorit gua di Star Ocean 2 (game), yg gua jadiin nickname di dunia maya sejak tahun 2000. Cobain deh tanya orang2 yg dulu seneng forum2an ato maen game online, pasti kenal nama Claude C Kenni, hehehe

    Feby : makasih, hahaha

    Riska : Tun..tu...tuntunan...hahaha

    Fanny : makanya gua bikin post ini

    Ajeng : waduh kasian banget tu cowo

    Fiction : Usop yg ini terinspirasi dari Asep, hahaha

    ReplyDelete
  15. percaya ga, waktu kontes idol tahun berapa, ada kontestan namanya komputer.... :D

    seriusan!

    ReplyDelete
  16. sudah ada pengumuman http://puteriamirillis.blogspot.com/2011/08/edisi-ramadhan-1-juara-poetry-hujan.html

    nama adalah pemberian orangtua kita yang merupakan doa..karena itu nama hrs dijaga baik2 dengan cara kita berperilaku sesuai doa dari nama itu..salam saya kevin...

    ReplyDelete
  17. Emang bingung ya bikin nama, lagian kayanya stok nama yg cocok buat orang asli Indonesia juga udah dikit banget. hahaa

    ReplyDelete
  18. wahh panjang sekali sejarahnya haha
    iya bener banget, orang tua kita nggak sembarangan kasih nama,,

    ReplyDelete
  19. Wow, kreatif juga ya nyokap lo "ngegubah" nama Kevin jad Keven, hehehe.Gue rasa calon orang tua mesti tau banyak bahasa biar ntar tau mau namain anaknya siapa. Oiya, nama Kagumi Parasnya itu sangat eksotis! :DD

    ReplyDelete
  20. baru tau gue klo nama asli lo emang keven.. :D
    setuju.. nama itu PENTING, bayangin kalo kite gak punye name bingung manggilnye...!!

    ReplyDelete
  21. Apalah arti sebuah nama kadang ada benernya jg. Soale jaman skrg pelaku kriminal namanya justru bagus2 (nama nabi) jd ga bs disalahkan jg sich. Hehe

    ReplyDelete
  22. ia juga yah, nama Keven itu unik loh yah, cuma atu , tapi kalo nyebut nama itu, mulut aku jadi datar gini. cobain deh ! hehe :P

    ReplyDelete
  23. kirain keven itu plesetan dari kevin.
    Nama itu memang harus ada artinya.Bikin nama juga susah, misal mau bikin nama buat nama pena pasti mikirnya juga lama, apalgi buat anak

    ReplyDelete
  24. seperti biasa,ngakak dulu waktu baca postingan mu. wkwkwkwkwk.

    btw, sy juga berterima kasih karena sudah membahas arti nama saya => jadi saya tahu ternyata arti nama saya itu. :D

    ReplyDelete
  25. Nama, memang bukan perkara gampangan tetapi mengandung do'a yang dengannya harapan itu dilambungkan.

    Nama seharusnya adalah harapan bukan copas dr artis2, atau dr teman sebaya,,tetapi betul2 dtg dr nurani orang tua mau mengharapkan si boy menjadi seperti apa..

    salam kenal sobat

    ReplyDelete
  26. nama saya termasuk langka: SANCHIA. orang yang nyebut nama saya sering kepleset lidahnya jadi SINCHAN atau SHANCAI . "kamu keturunan china ya?"
    tapi gak papa lah nama saya rada aneh toh orang jadi nginget saya heheh :D

    ReplyDelete
  27. yupp nama adalah do'a dari ortu,

    ReplyDelete
  28. Kirby? kayak nama tokoj kartun ya?

    ReplyDelete
  29. Ooooh, gitu tho!
    bagus ya artinya..
    nah aku mah masih bingung ini namaku artinya apa >_< aku cuma tau kalo namaku artinya cewe, ahhaaa..

    Btw Kirby itu nama film kartun kan? :p

    ReplyDelete
  30. Sip sipp. Kalo nama gw banyak menimbulkan kebingungan. Nama Agam tuh maksudnya panggilan anak laki-laki di Aceh yang keren [maksa] adalah Agam. tapi masih banyak yang nyagka gw orang Minang karena diasosiasikan dengan kabupaten Agam di SumBar. tapi gapapa yang penting gw juga keren.. Pis Love and Gaulll!

    ReplyDelete
  31. Oke deh, Bang Kevin, euh, Keven. :D

    ReplyDelete
  32. wihiww...

    tetanggaku ada loh yg namanya kevin, bang.

    tapi keven baru denger sekali ini.
    Orisinill!!

    hehehe

    P.S.
    Howler itu orisinil gak sih..?
    ternyata gak setelah aku liat google. hahaha

    ReplyDelete
  33. kabayang ga kalo ada ortu ngasi nama anaknya "jenis kelamin"

    ReplyDelete
  34. Nice name Keven :D

    nama lo unik banget sumpe! emang iya biasanya ortu namain anak Kevin, nah ini elo Keven. Bagus :D smart choice!

    anw, ngomongin tentang naman nih, temen kakak sepupu gue ada yang nama belakangnya Granatwati. Gara-gara bokapnya tentara. mwahahahaha... freak banget kan? :p

    ReplyDelete
  35. bagus. Lu harus bangga sama nama pemberian ortu, jangan kaya gua.

    dari sekarang gu audah nyiapin nama anak yang pastinya keren dan nggak bakal malu-maluin. Ngandung doa yang bagus juga pastinya. Amin.

    ReplyDelete
  36. heheh nama dah kayak semacam doa ya mas ^_^

    ReplyDelete
  37. hwahahahahaa.. ngakak abis baca nih postingan. terutama yang bagian nama orang yg aneh2.. hwahahaha

    ReplyDelete
  38. keren bangeeeett, suka deh sama



    Postingannya

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe