7 Tahun

20:46:00


7 tahun...perbedaan umur temen gua dan pacar barunya. Yup, mas2 kantoran jadian ma anak SMA. Waow. Dan hal itu bikin dia makin semangat untuk nyari "biaya pacaran" (istilah yg dia pake untuk menggambarkan kata "kerja") Pacaran memang bisa bikin seseorang jadi tambah semangat menjalani hidup ya.

7 tahun...waktu yg gua jalani sendiri semenjak terakhir kali gua putus tahun 2004. Udah lama banget. Seinget gua waktu itu Friendster aja belom ada. Wih, gua sampe udah ga gitu inget, dulu gua pacaran ngapain aja ya? Tapi kalo ditanya, apakah masih inget rasanya gimana waktu pacaran, gua bisa dengan bangga membusungkan dada dan berkata, "Ga akan pernah lupa"

Yup, pacaran itu rasanya "sesuatu banget", kalo diungkapin dengan bahasa gaul jaman sekarang. Gua pernah 2x jadian, yg satu cuma bertahan 1 bulan dan gua kaga sempet ngapa2in, ngedate aja ga pernah, dan akhirnya gua dibackstab sama temen baek sendiri. Tragis.

Yg kedua kali itu yg bener2 berkesan buat gua. Malah bisa dibilang, di jadian kedua inilah gua baru ngerasain yg namanya PACARAN untuk pertama kali. Membagi hidup gua bersama seseorang yg gua sayang tuh rasanya WOW banget. Di mana hal2 kecil jadi besar, dan hal2 besar jadi kerasa kecil. Misalnya, gua jauh lebih deg2an waktu pegangan tangan di bioskop daripada demam berdarah parah, masuk rumah sakit, dan diinfus seminggu. Malah gua inget di rumah sakit tuh gua senyum2 sendiri tiap kali baca sms. Parah.

Intinya, pacaran tuh bisa bikin kita ngerasain hal2 yg ga pernah kita rasain sebelumnya. Tiap malem ada yg ngomong met bobo ke kita, dan tiap pagi ada yg sms met pagi. Ada orang yg bener2 peduli kita udah makan ato belom, sampe kadang2 gua dimasakin bekal di sekolah. Di mana sebuah nasi goreng rasanya bisa jauh lebih lezat daripada Tony Roma's. Hidup tuh rasanya jauh lebih berwarna saat kita merasa diperhatikan, dinomorsatuin, dan dibutuhkan.
Knowing that somewhere, out there, someone's constantly thinking about you...is one of the most wonderful feelings you can experience in life.


Gua sendiri ngalamin banyak banget selama pacaran. Sampe kalo suatu hari gua meninggal dan ditanya sama Sang Pencipta, momen apa yg paling berkesan selama gua hidup, mungkin gua akan jawab, "Waktu pertama kali saya ciuman, Tuhan..." Hehehe...
Hal yg hanya berlangsung selama 2-3 detik, tapi sensasinya tidak terlupakan selama 7 tahun setelahnya.

Tapi ga cuma yg happy2 aja lho, dalam pacaran juga kita dituntut untuk belajar berbagai macam hal. Sabar, menghadapi sifat sang pacar yg kadang over protektif dan over posesif. Pengertian, kapan dia ingin disayang, kapan dia ingin dimanja, kapan dia ingin dibela. Berbagi, waktu, pikiran, tenaga, uang, dan perasaan...terutama sebagai cowo, kita harus rela waktu bermain kita hilang, digantikan jadi berjam2 ngobrol di telepon, dan jadi pendengar yg baik. Dan kebijaksanaan, dalam menghadapi konflik dan pertengkaran yg kadang2 alesannya super konyol. Jangan sampe kita nyesel selama 7 tahun hanya gara2 emosi sesaat, hehehe.

Intinya, pacaran akan mengubah diri kita...entah jadi lebih baik, ato jadi lebih buruk. Jadi lebih baik kalo kita bisa mengimbangi dan juga memegang komitmen. Kapan kita harus ngalah, kapan kita harus ngotot. Apa yg boleh, dan apa yg tidak boleh. Banyak orang yg masa depannya hancur hanya gara2 ga bisa nahan diri waktu lagi berduaan. Yup, gua sendiri pernah ngalamin tuh yg namanya "terbawa suasana", tapi di kala perasaan sayang kita terhadap pacar kita jauh lebih besar daripada dorongan nafsu, kita pasti bisa nahan diri tanpa melanggar batas2 kesusilaan. Pacaran bikin kita jadi tau di mana kelebihan dan kekurangan kita.


Ga tertutup kemungkinan juga pacaran bikin hidup kita hancur. Ada temen gua yg semenjak pacaran jadi anti sosial, menutup diri dari pergaulan, kerjaannya cuma berduaaaa terus. Temen2 dilupakan, dunia seolah2 hanya milik berdua. Nah kayak gitu tuh ga sehat kalo menurut gua. Karena sebagai anak muda yg masih hijau dalam berbagai hal, pergaulan adalah hal yg sangat penting buat kita. Akui deh, pada faktanya, kita jauh lebih bisa jadi diri sendiri pada saat tidak lagi bareng pacar.

Dan saat bareng temen2 tuh sangat penting, terutama buat cowo. Kenapa? Karena cowo2 tuh beda ma cewe2 yg kalo kumpul2 seringnya ngegosip dan ngobrol wara-wiri ga jelas (no offense buat cewe2 ya). Cowo2 tuh kalo ngumpul biasanya ngomongin soal bisnis, kerjaan, dll yg intinya tuh berguna bagi cowo tersebut untuk meniti karir dan "mencari biaya pacaran" Jadi ya kalo cowo yg kerjaannya cuma berduaan melulu ma pacar, biasanya jadi kuper, ga up to date soal ini itu. Gimana mau sukses kalo ga pinter cari relasi?

Cinta ga bisa kasih kita makan, seperti yg udah gua tegasin dalam post gua yg judulnya "Measure of A Man" Kualitas utama seorang cowo adalah kemampuannya untuk jadi seorang kepala keluarga, alias salah satunya adalah cari duit.


Apakah ada yg gua sesalin dari pengalaman pacaran gua 7 tahun yg lalu? Tentu ada. Tapi hal itu tidak bikin gua jatuh berlarut2 dalam penyesalan. Nope. When you lose, don't lose the lesson. 7 tahun ini gua banyak banget belajar dari pengalaman orang2 di sekitar gua, dan juga banyak introspeksi, kesalahan apa aja sih yg gua lakuin dulu. Setiap kegagalan adalah pelajaran berharga, pengalaman yg gua raih, rasakan, dan maknai sendiri. Butuh 7 tahun bagi gua untuk bisa mensyukuri semua itu, tapi semua rasa sakit pada akhirnya meninggalkan kesan manis tersendiri, hehehe.

Gua yakin, 7 tahun ini, sang ulat sudah berubah jadi kupu2. Gua yg dulu labil dan galau, sekarang udah jauh lebih matang dan lebih dapat diandalkan. Kalo suatu hari nanti gua pacaran, gua yakin, I can do better. Gua juga pengen ngerasain asiknya ganti status FB dari "single" menjadi "in a relationship" terus di-LIKE sama orang2 dan banyak yg comment ngasih selamat dan minta traktiran (walopun ga akan gua traktir semudah ituuuu...mwahahahaha)

Im ready, so the question now is when, and who? ;p

You Might Also Like

26 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. hidup koko Keven :D keren banget dah tentang pemikiran kualitas seorang cowok adalah kemampuannya untuk menjadi seorang kepala keluarga d(>.<)b

    when ? pada waktu yang indah dan tepat
    who ? yang terbaik pastinya kan :D

    OOT : gambar angka tujuh diawal itu keren banget :D

    OOT lagi : ayey pertamax :P

    ReplyDelete
  2. mhm.. hahah siiip dah ken..



    moga cepet ketemu jodohnya yak.. :)
    cwo emang tugasnya membiayai keluarga

    tapi kalo masih pacaran 50:50 sii gue mah.. ikutan asas bagi hasil *loh??* hahaha

    ReplyDelete
  3. When? pada waktu yg ga diduga, atau bisa juga sih terduga.
    Who? yg jelas bukan gw. :D

    ReplyDelete
  4. hmmmm... sebagai orang yang amnesia, aku punya memori tapi lupa rasanya #rebornasanewperson

    ReplyDelete
  5. gua kirain gua udah cukup lama ngejomblo selama 4 tahun, ee ternyata lu lebih dahsyat dari gua vin.. hidup JOMBLO!! hahahahahaha :D

    ReplyDelete
  6. ah saya selalu suka postingannya koko ini
    walaupun trkadang gak selesai baca atau gak ninggalin jejak :P

    sedikit curhat
    saya pengen ngerasain cinta monyet lagi
    dimana kita seneng ma cewek, ya seneng gt
    gak usah terbawa nafsu dan embel2 yg bikin pusing pikiran.

    saya lg jomblo. dan saya pengen ketemu wanita yg bisa bikin bener2 jatuh cinta...

    ReplyDelete
  7. 7 tahun, kebetulan banget... angka 'keramat' buat gue sama mantan. kita juga beda 7 taun. temen2 seangkatan gue sampe geger dulu gue jadian pas kelas 10 sama engko2 yang kerjaannya bolak balik jakarta-depok-bandung buat bikin skripsi udah mau lulus hahahah. kalo diinget2 lucu juga. :))

    ReplyDelete
  8. ini yang saya suka dari seorang chinese..

    ReplyDelete
  9. *think*

    7 tahun, kalo misalnya itu uda jadi hbungan pernikahan. kira2 uda bisa punya berapa anak ya? -,-a

    ReplyDelete
  10. *think*

    7 tahun, kalo misalnya itu uda jadi hbungan pernikahan. kira2 uda bisa punya berapa anak ya? -,-a

    ReplyDelete
  11. smoga when dan who-ny cepet ketemu jawabanny yaaa
    =D

    ReplyDelete
  12. baru 7 tahun ini, cici gw beda lebih dari 10 tahun hahaha

    ReplyDelete
  13. kereen ko..! :)
    cewe emang susah dimengerti

    when?
    -> coba aja lu pantengin timeline @yeahmahasiswa malam minggu.. kali aja dapat disono :D

    ReplyDelete
  14. selalu suka ma isi postingan lo ven ^_*

    moga status di fb nya segera berubah.. :)

    ReplyDelete
  15. hahaha...good good..emang pacaran itu kudu bisa menahan diri biar ga terjadi hal2 yg bikin menyesal di kemudian hari. bagus...itu pandangan cowok bertanggung jawab. krn kalo kita beneran cinta ama kekasih kita, tentunya kita harus jaga diri kita dan dirinya biar gak kebablasan.

    ReplyDelete
  16. *sodorin alamat biro jodoh*
    muaahahahaha :P

    ReplyDelete
  17. huh pengalaman pacaran gue kagak ada yg berkesan -_____-
    itu 7 tahun sendiri keren amat kak;D

    ReplyDelete
  18. aku bolak balik pacaran kadang sampai tauan
    eh malah dapat istri yang ga pake pacaran
    hidup emang kadang penuh misteri ya..?

    ReplyDelete
  19. Fiction : Soalnya banyak cewe yg kepincut ma cowo2 kaya, tapi mereka lupa, kalo kekayaan tu cowo tuh bukan hasil jerih payahnya dia, tapi orang tuanya dia. Apakah lantas tu cowo pinter cari duit? Belom tentu...

    Enno : Salut ma cewe yg mikir kayak lu, No...hehehe

    Akmal : Gua juga kagak mau pacaran ma lu, hahaha

    Ami : Hah?

    Ega : Semoga cepet ketemu yaaa... *tos

    Ubi : Wow, lu seleranya sama om2 ya? Sama gua aja hayu cobain, mau? Wkwkwk

    Honey : Apanya?

    Koskakiungu : Dua? Hehehe

    Rezka : Thanks!

    Kevin : Wow

    Kurtnia : Emoh, isinya mahasiswa galau semua kan? Hehehe

    Naya : Sippp

    Ila : Kapan2...haha

    Fanny : Makanya gua muak banget kalo denger ada cowo yg maksa cewenya ML dengan alasan cinta

    Irra : Mana alamatnya? Wakakakaka

    Lidya : Biasanya sama yg seumur, pengen nyoba yg lebih muda deh sekarang hehe

    Rawins : Itu keajaiban alam, hahaha

    ReplyDelete
  20. wi+se nih ;)
    bole ane share gak di fb?

    ReplyDelete
  21. 7 tahun sih masih mending.... coba deh liat beda usianya raffi sama yuni.. hahahaha... kayak tante sama ponakan :p

    ReplyDelete
  22. jawabannya:
    Nanti pada saatnya

    Hehheheeeee

    ReplyDelete
  23. lu ngejomblo 7 taun boy?

    when? Klo udah waktunya
    who? Cewe lah...

    ReplyDelete
  24. haaaaaaa jadi pengin pacaraaan ._.

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe