Anti-Hero

17:46:00


Buat temen2 yg suka baca buku atau nonton film mungkin istilah di atas sudah tidak asing lagi.
Apa itu Anti-Hero? Ada dua definisi mengenai Anti-Hero
1) Karakter Protagonis yg mempunyai sifat yg kontras terhadap sifat2 umum yg biasa dimiliki seorang tokoh utama.
2) Karakter Antagonis yg dapat membuat pembaca/penonton kagum dan simpati terhadapnya.

Di mana2 tuh yg namanya Protagonis biasanya digambarkan memiliki kualitas seorang yg "lurus". Jujur, menjunjung tinggi kebajikan, atau pantang menyerah. Sementara Antagonis biasanya digambarkan memiliki kepribadian yg "bengkok", misalnya licik, kejam, atau pengecut. Nah konsep Anti-Hero ini adalah konsep yg memutarbalikkan kedua stereotype di atas. Bisa saja seorang tokoh protagonis digambarkan kejam, licik, dan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya, atau seorang tokoh antagonis digambarkan mempunyai sisi kebaikan di dalam dirinya.

Ada beberapa tokoh Anti-Hero favorit yg pernah gua temui dalam buku maupun film : (SPOILER ALERT!)

5) Kamen Rider Chalice from Kamen Rider Blade Series

"Feeling of pain and sadness, where do you feel these things?"

2000 tahun yg lalu, Human Undead memenangkan Battle Royale, dan sejak itulah, bumi dikuasai oleh manusia sebagai spesies nomer satu. Namun tanpa sengaja, seorang ilmuwan melepaskan segel para Undead dan mereka pun kembali ke bumi untuk bertarung dalam sebuah Battle Royale di mana pemenangnya akan menjadi penguasa bumi untuk 2000 tahun ke depan dan juga memusnahkan umat manusia yg telah menjadi pemenang pada Battle Royale sebelumnya.

Sebagai seorang Undead tingkat tinggi, seharusnya Hajime menggunakan kekuatannya untuk menghancurkan dunia dan mengklaim dirinya sebagai pemenang Battle Royale berikutnya, namun hatinya tertambat kepada sebuah keluarga kecil tempat di mana ia menumpang tinggal. Akhirnya, ia malah menggunakan kekuatannya untuk melindungi manusia dan membasmi para Undead, meskipun pada akhirnya, ia akan ikut musnah pada saat Battle Royale berakhir.

Anti-Hero Meter : 8 of 10


4) Severus Snape from Harry Potter Series

"...you were named for two headmasters of Hogwarts.
One of them [Snape] was a Slytherin and he was probably the bravest man I ever knew."
~ Harry Potter to his son, Albus Severus~

Dari buku pertama, tokoh Snape digambarkan sebagai seseorang yg sangat menyebalkan dan sentimen berat terhadap Harry dan kawan2nya. Dalam berbagai cerita pula digambarkan bahwa Harry curiga bahwa Snape adalah kaki tangan Voldemort, dan klimaksnya adalah saat di akhir buku keenam, Snape membunuh Dumbledore di depan mata Harry. Tapi siapa yg sangka bahwa di akhir buku ketujuh, ternyata diceritakan bahwa Snape berperan sebagai agen ganda yg ternyata selama ini secara diam2 telah banyak menyelamatkan nyawa Harry dan teman2nya.

Pembaca dibuat terhenyak saat Harry melihat masa lalu Snape melalui Pensieve dan menyadari bahwa selama ini alasan Snape bersifat keras terhadapnya adalah karena ia mencintai Lily, Ibu Harry. Harry memang mengingatkan Snape akan James, ayah Harry, yg telah mencuri Lily darinya. Namun di sisi lain, Snape juga memegang teguh cintanya terhadap Lily dengan cara melindungi Harry dengan segenap jiwa raganya, bahkan sampai mengorbankan nyawanya. Ternyata Patronus berbentuk rusa yg seringkali muncul menyelamatkan Harry, bukan milik ayahnya, melainkan milik Snape...

Anti-Hero Meter : 8,3 of 10


3) CM Punk from WWE

" In your hands it is a microphone. In my hands it's a pipebomb!!!"

Sebagai seseorang yg menganut prinsip Straight Edge; no drugs dan drinking; Punk dapat dengan sukses menjadi seorang protagonis. Namun ternyata ia jauh lebih sukses sebagai seorang antagonis di mata para penonton di mana ia melecehkan para protagonis yg dianggap lebih rendah dari dirinya yg "bersih" dan "lurus".

Namun segalanya berubah di pertengahan tahun 2011 ini di mana dalam sebuah promonya, ia mengkritik WWE terang2an (tentunya sudah termasuk dalam script) di mana wrestler2 lain tidak berani melakukannya. Image Punk pun berubah dari seorang antagonis yg licik dan banyak omong menjadi seorang hero yg berani mengkritik sistem yg telah ada, The Voice of The Voiceless.

Dengan gaya bertarungnya yg unik, perpaduan antara wrestling dan martial arts, dan juga kemampuan mic skillnya yg sangat luar biasa, Punk menjadi sebuah sosok yg sangat dinanti-nantikan penonton akibat kemampuannya dalam hal "meng-entertain", hingga dikatakan bahwa sebuah mic, apabila berada di tangan Punk, dapat berubah menjadi sebuah "Pipe Bomb" yg dapat membuat emosi massa naik turun. Punk menjadi seorang panutan, A Cult of Personality. (coba aja Googling, kalian ga akan nemu istilah "Pipe Bomb" dan "Cult of Personality" yg tidak berhubungan dengan CM Punk).

Hanya dalam beberapa bulan saja nama Punk melejit menjadi salah satu icon dan top star di WWE. Bahkan dalam segmen remaja pria dan dewasa, kepopuleran Punk melebihi John Cena dan Randy Orton yg dalam beberapa tahun terakhir ini adalah top icon bagi segmen wanita dan anak2. CM Punk, is simply, The Best In The World.

Anti-Hero Meter : 8,7 of 10


2) Archer from Fate Stay Night : Unlimited Blade Works

"I am the bone of my sword.
Steel is my body, and fire is my blood."

Holy Grail War adalah sebuah peristiwa yg terjadi 60 tahun sekali di mana 7 orang Master akan bertarung menggunakan 7 orang Servant untuk memperebutkan Holy Grail yg diyakini dapat mengabulkan permintaan pemiliknya. Servant yg dipanggil adalah jiwa dari para pahlawan dari masa lalu, seperti King Arthur, Hercules, dan lain2, yg bertarung demi kemenangan Master mereka dan juga keinginan pribadi yg ingin mereka penuhi. Sementara para Master bertarung demi Holy Grail, Emiya Shirou, yg tidak sengaja terseret ke dalam pertarungan ini, bertarung demi menghancurkan Holy Grail dan menghapuskan Holy Grail War yg telah memakan banyak korban tersebut.

Archer adalah salah satu Servant yg terpanggil dalam Holy Grail War kali ini, yg ternyata adalah jiwa dari Emiya Shirou di masa depan di mana ia telah menjadi seorang pahlawan. Namun ternyata, menjadi seorang pahlawan tidaklah berarti ia selalu jadi penyelamat. Kadang demi menyelamatkan nyawa orang banyak, ia juga harus membunuh banyak orang. Hal ini sangat bertentangan dengan prinsip dan idealis yg ia pegang dan akhirnya ia mati dalam sebuah penyesalan. Secara kebetulan, ia terpanggil ke dalam sebuah dunia paralel di mana ia bertemu dengan dirinya di masa lalu.

Karena itulah, sepanjang Holy Grail War ini, Archer menghalalkan segala cara untuk membunuh Shirou, dirinya di masa lalu, demi mencegahnya menjadi seorang pahlawan yg kelak menderita akibat prinsipnya sendiri. Namun ternyata tekad Shirou sangatlah kuat. Segala upaya Archer untuk menghabisi dirinya, malah membuatnya semakin kuat, dan Archer pun kalah dalam sebuah duel mempertaruhkan nyawa. Archer kemudian menggunakan kekuatan terakhirnya untuk menyelamatkan Shirou yg nyawanya sedang dalam bahaya. Dan pada saat Holy Grail hancur, Archer pun menghilang dengan senyum tersungging di bibirnya...

Anti-Hero Meter : 9 of 10


1) Lelouch Lamperouge from Code Geass

"I destroy the world...create the world..."

Lelouch adalah seorang pelajar yg secara tidak sengaja mendapatkan Geass, sebuah kekuatan yg dapat membuatnya memanipulasi orang lain dengan sebuah tatapan mata. Menggunakan kekuatan tersebut dan menyembunyikan identitas dirinya sebagai seorang ksatria misterius bernama Zero, Lelouch berusaha menghancurkan Britannia Empire yg saat itu menguasai dunia, demi menciptakan sebuah kehidupan yg lebih baik bagi adiknya yg lumpuh. Dan demi mewujudkan impiannya itu, Lelouch rela mengorbankan apa saja, termasuk menggunakan cara kotor dan licik, mengkhianati orang2 terdekatnya, ataupun membuat seluruh dunia menjadikannya sebagai musuh.

Setelah melewati berbagai kesulitan dan rintangan yg nyaris merenggut nyawa dan juga berperang dengan sahabat baiknya sendiri, di akhir cerita Lelouch dihadapkan pada sebuah pilihan sulit, di mana ia harus melawan adiknya sendiri, yg selama ini menjadi alasannya untuk berperang. Tapi demi segala yg telah ia perjuangkan selama ini, dengan berat hati, Lelouch memilih untuk melawan adiknya sendiri (yg saat itu dimanipulasi oleh musuh) dan membuat seluruh dunia bertekuk lutut di hadapannya.

Pada sedang arak2an penobatan dirinya menjadi Kaisar, Lelouch meminta sahabat baiknya untuk memakai topeng Zero dan membunuh dirinya. Lelouch tewas ditusuk pedang di depan mata adiknya dan seluruh dunia. Lelouch yg "jahat" mati, diiringi gegap gempita sorak sorai suka cita miliaran rakyat, dan meninggalkan sebuah dunia yg lebih baik bagi adiknya...

ALL HAIL LELOUCH!!!

Anti-Hero Meter : 10 of 1o

---

Masih banyak Anti-Hero lainnya yg mungkin ga gua sebutin di sini. Kalo temen2 pengen, temen2 juga boleh bahas mengenai hal ini di blog disertai dengan list Anti-Hero milik kalian sendiri...

Secara pribadi, gua suka banget sama konsep Anti-Hero ini. Mengapa? Karena konsep ini mengajarkan gua bahwa hidup ini lebih dari sekedar hitam putih. Tidak ada orang yg benar2 baik, dan tidak ada juga orang yg benar2 jahat. Tidak ada solusi yg benar2 sempurna terhadap berbagai permasalahan dalam hidup. Setiap pilihan, punya downsidenya masing2. Satu pihak diuntungkan, dan pihak lain dirugikan. Ga ada yg namanya win-win solution, yg ada hanyalah pilihan berdasarkan pertimbangan situasional terhadap kondisi yg dihadapi.

Everything happened for a reason, that's why, we need to try to understand each other. Jangan ngejudge secara sepihak. Selalu berpikir di area abu2, terapkan konsep praduga tak bersalah. Nobody's perfect, and that's why God give us each other...

You Might Also Like

20 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Cuma tau Severus Snape aj Kev he he, dan emang salut sama Rowling, yg beneran bs bikin anti-hero sekuat Snape, baru terungkap pas mo tamat pula, ugh...keren sangaaat

    ReplyDelete
  2. baru tau istilah beginian.... wah geassnya amat sangat berspoiler sekali kep =_=

    ReplyDelete
  3. suer baru denger istilah anti hero
    soal film kartun juga gaptek banget neh
    banyak yang baru tahu sekarang
    heheh katrok...

    ReplyDelete
  4. haha Lelouch emang d best!~
    Archer jg ga kalah

    btw... kog cowo semua ya? ga ada anti-hero cw?

    ReplyDelete
  5. Snape kereen tapi Lelouch itu a true anti-hero, aah klimaks banget nih pas di Lelouch :D di dunia manga ada asumsi mangaka/kreator yang membunuh karakter utamanya biasanya melejit dan Code Geass salah satunya ya :D

    ReplyDelete
  6. uchiha itachi (naruto) masuk ga bang kev?

    sama Amagi Miroku (psyren)?

    ReplyDelete
  7. Widih gue suka kata2 di 2 paragraf terakhir lo bang, ngomong2 mata Lelouch Lamperouge itu lawan sasuuke uciha menang siapa ya? haha

    ReplyDelete
  8. sedih banget pas Severus hrus mati, soalnya baru tahu kalo ternyata Severus itu sebenarnya baek.. hmm, mendadak jadi pengen nonton HarPot lagi..

    ReplyDelete
  9. koresi dikit, definisi paling atas tentang antagonis dan protagonis apa gak kebalik kev?

    duh, lama nggak mampir sini. berasa kena efek sering nonton filem atau baca komik deh.

    beberapa kenal, beberapa lagi enggak.

    ReplyDelete
  10. sama kaya orin, kalau Snape aku kenal :) sok kenal hihihi
    yang lain siapa tuh?

    ReplyDelete
  11. Lelouch nya juara Ken, sumpah bikin terharu adegan pas dia ditusuk Kururu terus Nunaly tahu yang sebenarnya waktu gunain "Geass" punyanya

    ReplyDelete
  12. dari keempatnya aku cuma tau Snape saja.. hehehe... i just love harry potter... and snape.. :-P

    ReplyDelete
  13. eh gw taunya cuman snape aja... kurang suka manga soalnya. :D

    ReplyDelete
  14. sejak baca harpot, aku langsung tau kalau dia "baik". he's too cute to be a bad guy, hehehehe. apalagi di imajinasi aku snape tuh mukanya gak terlalu jauh sama allan rickman :)

    ReplyDelete
  15. Lelouch cakep ;) #salah

    Uchiha Itachi bisa masuk juga kak hehehehe.

    ReplyDelete
  16. Wadah, saya kemana aja ya, gak tahu CM Punk. :D :D Ya iya lah, terakhir kali nonton WWE pas saya SMP! LOL ^^


    Dan... saya sepakat banget untuk Lelouch. Hidupnya tragis. Saya habisnonton dua season Code Geass, rasanya saya terbawa depresi. Serius! :(

    ReplyDelete
  17. AArghh...Lelouch !!!! saya suka banget kerakter ini, tapi di list blog saya malah yang terpilih adalah Kira (Death Note) XO
    saya suka Lelouch, walau belum sempat nonton filmnya (Code Geass). Tapi dengan membaca ini, makin mantep buat donlod anime-nya Y__Y

    ReplyDelete
  18. btw mau nanya nih
    Luffy(One Piece) termasuk Anti-hero juga ga?
    dia tipe orang yang bertindak seenak jidat dan masabodo sama orang banyak, tapi imbasnya justru orang banyak menganggapnya sebagai pahlawan..
    misal saat di Skypiea, dia ngalahin dewa kejam Enel karena pengen membunyikan lonceng emas. gak lebih..
    tapi imbasnya seluruh negeri selamat dari kemusnahan

    ReplyDelete
  19. q juga suka konsep antihero ini, kalo q disuruh pilih jadi hero atau antihero, q pilih jadi antihero aja,that's my style and I'm proud of that : D
    justru antihero lah yang buat storyline jadi dinamis n atraktif, n biasanya karakter macam ini yg jadi idola.
    antihero ini punya unsur lambang yin-yang juga, tidak ada 100% yin murni,pasti ada setitik yang didalamnya,dan sebaliknya.
    karakter antihero yg q suka : grup super sentai Kaizoku Sentai Gokaiger ,keren banget tuh : )

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe