CHOICE

18:25:00


Temen2 di sini ada yg pernah maen game RPG?

RPG atau Role Playing Game adalah sebuah jenis game di mana kita bermain sebuah peran. Biasanya game2 seperti ini ceritanya seru dan panjang, banyak puzzlenya, dan bertarungnya tipe turn-based (gantian nyerangnya). Tapi yg menjadi ciri khas utama dari sebuah game RPG adalah...kita diberikan kesempatan untuk memilih, dan pilihan yg kita lakukan akan mempengaruhi jalannya cerita. Banyak banget deh game2 RPG yg terkenal, misalnya Final Fantasy, Suikoden, dan Persona.

Sebuah pelajaran hidup yg gua dapet dari bermain game RPG adalah...kita harus mensyukuri hidup kita karena di dalam hidup kita diberikan kesempatan untuk memilih...dengan pilihan yg tidak terbatas pula. Kalo di dalam matematika, 1 + 1 = 2, tapi tidak demikian dengan yg namanya hidup. Kita bisa saja menjawab 1 + 1 = 999, selama kita bisa mempertanggung jawabkan pilihan tersebut. Bayangkan, kalo dalam hidup, pilihan kita dibatasi, seperti di bawah ini :


Mungkin ada yg bilang : enak kok, jadi jelas kita harus ngapain. Yeah gua setuju, kadang2 dalam hidup kita menemukan pilihan yg membingungkan, tapi kalo dikasih pilihan seperti di atas juga kayaknya hidup tuh jadi kurang seru ya? Apalagi, kalo ternyata pilihan yg disediakan cukup terbatas dan tidak sesuai dengan keinginan kita. Misalnya seperti ini :


Bayangkan kalo temen2 pembaca (terutama para cowo) dihadapkan dengan situasi di atas dan hidup hanya memberi kita SATU buah pilihan yg menurut kita sangat absurd, pasti kita ngamuk lah! UEDAN! Orang tolol mana yg mau pergi begitu saja saat menghadapi situasi di atas??? Ini yg bikin gamenya idiot banget, kasih pilihan yg masuk akal donk? KISS HER? TAKE HER HOME AND MAKE LOVE ALL NIGHT? Arrrghhhh, EMOSIIIIII!!!!!! Hehehe...

Oke, jadi gua harap temen2 pembaca semua setuju dengan pernyataan : salah satu anugerah terindah di dalam hidup kita adalah kemampuan untuk memilih (dari jumlah pilihan yg tidak terbatas). Tapi hal itu juga seringkali menimbulkan pertanyaan...

Atas dasar apakah kita menentukan pilihan kita?

Buat mereka2 yg udah pernah belajar soal ETIKA di kuliah pasti menjawab : berdasarkan MORAL. Tapi bagaimana jika nilai moral setiap orang berbeda2? Bagi seorang pencopet misalnya, tindakan yg ia lakukan tuh tidak salah, karena ia melakukannya untuk bertahan hidup. Sementara bagi kita yg berada di pihak korban, tentu saja perbuatan dia itu salah. Masalah moral ini ga akan ada habisnya jika diperdebatkan.

Yg paling gampang, kalo menurut gua, adalah dengan bercermin terhadap hati nurani kita. Sebelum melakukan sebuah tindakan, tanyalah pada hati kita, apakah kita ingin orang lain juga melakukan tindakan tersebut terhadap kita? Jika jawabannya adalah tidak, atau ragu2, lebih baik kita jangan melakukan hal tersebut. Kalo kita tidak mau disakiti, janganlah kita menyakiti orang lain. As simple as that.

Bicara soal pilihan, kadang yg namanya pilihan itu bukanlah sesuatu yg mudah untuk diambil, I know. Tapi terkadang ada situasi di mana kita harus berani memilih, salah satunya adalah apabila hal tersebut berkaitan dengan sesuatu yg sangat manusiawi...nyawa orang, misalnya.

Ada yg tau kisah Yue Yue, seorang anak umur 2 tahun yg tertabrak mobil dan dibiarkan begitu saja oleh orang2 di sekitarnya? Buat yg belum pernah nonton, bisa nonton videonya di sini :



Gua ga habis pikir, bagaimana orang2 itu bisa lewat begitu saja sementara Yue Yue terkapar di jalan bersimbah darah. Apa mereka ga mau repot? Ataukah karena di Cina saking banyak penduduknya, maka nyawa seorang anak dianggap tidak berharga? Memang sih waktu ke Cina kemaren tuh gua udah ngerasa kalo orang2 sana tuh cueknya keterlaluan, tercermin dari bau dan kotornya WC mereka...tapi ini menyangkut masalah nyawa WOOOYYYY!!!!!

Malah kemudian gua baca, ada sebuah kasus tabrakan di mana sang penabrak memundurkan mobilnya dan menggilas korbannya sekali lagi dengan alasan bahwa biaya penguburan jauh lebih murah daripada biaya pengobatan. What kind of twisted mind is that???
Baca sendiri deh : http://id.berita.yahoo.com/sadis-truk-tabrak-bocah-dua-kali-agar-mati-062341960.html

Oke, cukup emosinya. Sekarang mari kita bahas dengan kepala dingin.
Memang, pada saat kita dihadapkan pada situasi tersebut, pilihan yg ada tidaklah semudah menjawab pelajaran PPKN :
Misalnya saat melihat sebuah tabrakan di jalan raya, seringkali kita berpikir "Ah, nanti gua tolong, gua kebawa2 lagi...disuruh bawa ke rumah sakit lah, bayarin obat lah... Udahlah, nanti juga ada orang laen yg nolong." Gua ngerti kok, karena gua juga pernah mikir gitu. Tapi yg harus kita ingat, saat itu kita punya pilihan : menolong atau tidak menolong. Apa yg seharusnya kita lakukan? Bayangkan suatu kali giliran kita yg mengalami kecelakaan, pasti kita juga ingin orang2 yg ada di sekitar menolong kita, bukan cuma lewat tanpa peduli atau malah menggilas kita sekali lagi kan?

Dengan kemajuan jaman dan teknologi, manusia memang bertambah cerdas otaknya. Namun seringkali hal itu tidak disertai dengan perkembangan moral dan hati nurani yg sepadan. Dua kasus yg gua angkat di atas tuh adalah bukti nyata bahwa makin hari manusia makin cuek. Kita hidup untuk diri kita sendiri, kita sibuk dengan kepentingan kita sendiri, dan kita menjadi tidak peka dengan hal2 yg terjadi di sekeliling kita. Ironis banget.

Gua bukan mau ngejelek2in Cina lho, di seluruh dunia, hal yg serupa juga terjadi. Bahkan di Indonesia sekalipun. Berapa banyak, orang yg buang sampah dan limbah sembarangan? Berapa banyak pejabat yg menerima suap? Berapa banyak orang yg hanya diam berpangku tangan saat melihat adanya ketidakadilan? Ga usah nyalahin Cina, ga usah nyalahin orang laen, liat aja ke diri kita sendiri...
Every day, we had a choice...one that can help make this world a better place =)


Sudahkah kamu membuat orang lain tersenyum hari ini?



"Kasihilah sesamamu seperti engkau mengasihi dirimu sendiri" - Jesus Christ

You Might Also Like

30 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. kep, masuk akal... but today, i choose to ignore. today i choose to say: knp g musti bantuin org mlulu? skali2 pengen dong g yg di bantu!

    jir, ga ngerti knp org bs bloon bgt... (ref to what happened to me today lho!)

    ReplyDelete
  2. Saya udah nggak tahu lagi mau ngomong apa. Dunia semakin kejam, tapi sebenernya (ngutip Kak Keven) we live in a world where good people STILL exist. Dan (ngutip orang lagi) yang menentukan baik dan buruknya kita sendiri adalah jalan yang kita pilih... :)

    ReplyDelete
  3. itu gambar cewek game dating simulation ya ? ada juga ya yang pake bahasa inggris, setahuku yang bahasa jepang aja.

    iya ya hati nurani gg bakalan bohong, tapi kdang suka mengabaikan hati nurani dan mengikuti rasa pengecut padahal itu berbuat baik :(

    ReplyDelete
  4. udah gak suka ngegame :) jadi kuper dunia pergame-an

    ReplyDelete
  5. game?udah jera..takut ketagihan...

    hmm..ione juga ngeri baca ceritanya,apalagi alasan melindas ulang...ahhh...ngela nafas..

    ReplyDelete
  6. Udah lama banget gak nge-game. Lupa gimana cara mainainnya. hehehe

    Nice post, bro.

    ReplyDelete
  7. makin repot ya kalo bicara soal moral di jaman kayak gini...

    ReplyDelete
  8. Kreatif banget kep, bisa mengaitkan dgn game online. Nice writing :"")

    ReplyDelete
  9. yang si Yue" itu akhirnya anak na meninggal juga, bagus lah dari pada idup pun kasian, mending klo bisa idup normal lagi!
    katanya sih orang2 yah lewat dan acuh dapet hukuman penjara walaupun ga lama, dan mobil ke-2 yg ngelindes katanya ketangkep, cuma yang ke-1 yg ke tangkep, padahal yg parah yang ke-1
    dan si Ibu tukang pulung yg mau dikasih duit ama keluarganya Yue2 pun menolak lho~
    ampe nangis2 g liat tuh video

    ReplyDelete
  10. wuih, BIJAK.. tapi itu videonya di banned ya? jadi gak bisa liat..

    denger-denger sih di china tuh kaya gtu orangnya, karena orang2 pada takut nolongin. takut ditindak lanjuti sama pemerintah. entah kenapa alasanya..

    ya tau lah, china kan negara yang memperjualbelikan anak n prostitusi anak sering terjadi juga, anak kecil aja ada yang dijadiin makanan.. jadi ya mungkin ada ketakutan saat menolong di negara tersebut.

    tapi sih menurut gw, BERBUAT BAIK DAN BENAR itu pasti ada imbalannya. entah sekarang atau nanti..

    cheers,

    ReplyDelete
  11. wah game utk cowok cocoknya. gambarnya sexy amat

    ReplyDelete
  12. kadang orang terlalu mementingkan Intelektualnya ketimbang spiritualnya...padahal hal2 sekecil apapun kalau nurani kita mempunyai sisi spiritual pasti peduli ama sekitar. aku pernah lho ngerasa egois banget nggak mau ini-itu, tapi balik lagi aku mikir ini buat siapa sih? dampaknya kek gimana sih...makanya seberat apapun sekarang aku harus tetep jalan

    ReplyDelete
  13. saya benar2 miris melihat video di cina trsebut, jaman di mana manusia menjadi buas dan sanagat mementingkan ego sudah di depan mata.
    pendidikan moral harusnya lebih di tingkatkan...

    ReplyDelete
  14. kalo cewenya kayak gitu sih, langsung gw ajakin ke rumah. wakakaka.... :D

    ReplyDelete
  15. "Kasihilah sesamamu seperti engkau mengasihi dirimu sendiri" - Jesus Christ

    => hukum utama dan harus dilakukan :D

    ReplyDelete
  16. kirain mau bahas game RPG, taunya -___-
    padahal gua udah semanget ngobrol erogame -,,,,-

    makjan...kejem amat tu bocah dilindes sampe berdarah-darah. Koplak!

    ReplyDelete
  17. Ya ampun. yang pilihannya cuma satu itu bener-bener...

    (anak baik pastinya bakal klik leave her alone)
    (and run)

    hihi....

    Yap.
    hidup itu penuh pilihan.
    kita yang menentukan menginginkan apa, dan memilih apa untuk mencapainya.

    yay!

    inspiring banget bang kenn..

    ReplyDelete
  18. Wah keterlaluan tuh yang truk, gue juga jadi esmosi. Hidup memang pilihan dan pastinya dalam setiap pilihan itu pasti ada yang bener ada juga yg salah. Tinggal gimana caranya kita belajar untuk membenarkan yang salah dan mempertahankan yg benar. :)

    ReplyDelete
  19. mhm.. *manggut-manggut*

    bener bgt koko^^
    kadang moral dan rasa kasihan jaman sekarang tuh sering dipakai sebagai mata pencarian jadinya makin kesini manusia2nya makin ga punya rasa peduli terhadap kesulitan orang lain.. :(

    ReplyDelete
  20. pas prtama x ngeliat video itu....hmmm GERAM!! MARAH!!! BETE JADINYA!!!!
    ITU MOBIL MINTA DIBAKAR KAYAKNYA....PASTI KELIATAN DONK KALO ADA ANAK KECIL LEWAT,,,EH MALAH MAEN TUBRUK...kecuali klo tu sopir merem!!

    *cukup esmosinya*

    ReplyDelete
  21. gue sih pas jaman SD maen nya harvest moon hehe:D

    udah liat tuh video anak kecil di lindes 2 kali di metro TV , pas udah lama banget baru ada yg nolong , sumpah miris banget:(

    ReplyDelete
  22. saya sering memikirkan ungkapan hidup itu pilihan, saya pikir itu masalah, karena berdasar ungkapan itu seakan kita bisa memilih berbuat jahat atau tak bersikap yang padahal sesungguhnya kita ingin ambil. dari segala yang ada di depan kita, yang kita ingini itu pasti ada sesuatu yang lebih utama. jadi mestinya kita pasrah saja jalani sesuatu yang memang harus dilakukan.

    ReplyDelete
  23. masalah si yue2 itu ven...

    TK juga syok banget nonton tuh video pas lagi rame2nya.. gila aje anak kecil tergeletak disana tapi ga da yang nolongin...

    tapi setelah TK denger cerita dari papa TK... TK baru engeh... klo di cina kenapa orang-orang jadi lebih cuek, karena mereka sebisa mungkin gak ikut campur urusan orang lain... lebih individual... terlebih klo ada kasus kecelakaan kaya gitu...

    katanya sih kalau nolongin orang yang kecelakaan gitu... malah yang nolongin bisa kena masalah sama polisi.. malah lebih repot urusannya... mangkanya orang2 cuman pada lewat gitu aja... dari pada mereka yang kena masalah...

    fiuhh... untung di indo ga sebegitunya yah.. masih ada orang2 yang peduli... TT__TT

    ReplyDelete
  24. kasihan bget tuh bocah.
    jaman sekrg memang semakin individual, kalau ditempatku nyebutnya usdek aka urusan dewek dewek

    ReplyDelete
  25. Ada yah orang yg setega itu, huaaaah kasian.

    ReplyDelete
  26. kasian sama Yue Yue..
    ga ngerti sama pikiran orang2 di sana, klo cuma alasan akan ketakutan nolong orang, takut kena salah itu mah cemen banget ya. ngeri liat videonya.. :((
    memang sih hidup itu pilihan, mau nolong apa engga..
    oh iya, ga ngerti sama game2 begituan, hihii..

    ReplyDelete
  27. kadang hidup memang tak sekedar mengisi soal PPKN dulu ven.. i'mn absolutely agree... :)

    ReplyDelete
  28. Yaa.. Qta punya banyak pilihan dlm hidup ya.. Terkadang pilihan itu hanya dua.. Good or bad.. :-D

    Ternyata dari game jg bnyk pelajaran yg bisa diambil ya.. :)

    ReplyDelete
  29. Mindset itu penting, mau jadi manusia ato mw jadi bebek, masalahnya jadi bebek jauh lebih gampang dan manusia lebih seneng yg gampangan, wkwkwkw

    ReplyDelete
  30. bukan cuek lagi, tapi mereka udah gak punya hati tuh sampai gak mo nolongin anak yg tertabrak...duh duh dunia makin kejam ya.

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe