Storm Warriors

00:50:00


Seperti dulu Bangsa Indonesia dijajah Belanda, Bangsa Cina juga dulu pernah mengalami masa penuh penderitaan pada saat dijajah Jepang. Dari cerita yg gua denger dari kakek dan nenek, katanya dulu Jepang kejam banget ke bangsa Cina. Banyak orang2 Cina yg mati mengenas akibat dijadikan bahan percobaan obat2an kimia.

Ada satu cerita dari temen gua. Waktu itu kan di kampus ada murid2 pertukaran pelajar dari Cina. Nah, waktu mereka2 lagi maen ke kost temen gua, iseng2, tanpa maksud buruk, temen gua nyuruh mereka pake kimono ala Jepang gitu buat foto2. Eh, ternyata murid Cinanya langsung ngambek. Selidik punya selidik, ternyata mereka memang masih agak antipati sama Jepang sampai sekarang, sampe pake barang2 yg berbau Jepang pun ogah. Segitu besarnya kah rasa nasionalisme mereka terhadap bangsa dan negaranya?

Maka dari itu, kini banyak bermunculan film2 Cina yg bercerita mengenai perjuangan Cina melawan Jepang. Film "Storm Warriors" (2009) yg mau gua bahas di post ini pun adalah salah satunya.

Film ini bercerita mengenai Negeri Cina yg pada saat itu dikuasai oleh pasukan Jepang. Mereka menggunakan racun dan berhasil menawan kaisar dan para ahli bela diri. Hanya sedikit ahli bela diri yg berhasil melarikan diri, termasuk dua sekawan Cloud (Aaron Kwok) dan Wind (Ekin Cheng). Atas pertolongan dan pengorbanan teman2nya, Wind dan Cloud berhasil melarikan diri dari cengkraman Jepang dan bersembunyi di gunung.

Pada saat bersembunyi di gunung, Wind dan Cloud bertemu dengan seorang pertapa sakti. Pertapa itu mengatakan bahwa tidak ada jalan lain untuk bisa mengalahkan kekuatan pertahanan sempurna milik pemimpin pasukan Jepang, Jendral Godless, selain menggunakan ilmu silat terlarang. Pertapa itu menerima Wind sebagai muridnya, namun Cloud ditolak, karena dianggap terlalu emosional dan impulsif. Sementara Wind berlatih ilmu silat terlarang tersebut, Cloud berguru pada seorang ahli pedang yg mengajarkannya bagaimana cara membentuk teknik pedang miliknya sendiri.

Akibat serangan mendadak dari pasukan pembunuh Jepang, pertapaan Wind terganggu sehingga ia berhenti bertapa sebelum ilmunya selesai. Hal ini berakibat ia menjadi kehilangan kesadaran dan tubuhnya dikuasai oleh hawa iblis. Akhirnya Cloud bertarung melawan Jendral Godless sendirian demi melindungi kaisar. Namun pada saat terdesak, Wind pun datang dan dengan gabungan tenaga mereka berdua, Jendral Godless berhasil dikalahkan.

Namun masalah belum selesai, Wind kini kehilangan kesadarannya 100% dan mulai menyerang Cloud dan kawan2nya dengan membabi-buta. Akankah Cloud berhasil menemukan cara untuk menyelamatkan Wind, ataukah ia terpaksa harus membunuh sahabat baiknya sendiri?

Kurang lebih itulah plot cerita dari film ini. Standar, sederhana, mudah dipahami, ga perlu banyak mikir. Yg jadi daya tarik utama film ini adalah adegan aksinya yg diwarnai dengan pertarungan pedang yg indah sekaligus heboh dan penuh dengan special efek yg keren dan juga dramatis. Seru banget, penuh adegan slow motion (ala film 300) dan keren abis koreografi bertarungnya.


Menurut gua, kunci keberhasilan film ini adalah screenplaynya di mana frame dan angle yg diambil sangat menarik dan mendukung film yg penuh adegan dramatis ini. Slow motion yg bener2 pas momentnya sehingga tercipta sebuah adegan yg sangat indah dan membuat penonton menahan nafas. Dan ditambah dengan sound effect yg jernih dan tepat sasaran, membuat film ini sama sekali tidak terkesan lebay walaupun penuh dengan special effect super heboh.


Akhir kata, menurut gua film yg satu ini bener2 layak buat ditonton, terutama buat temen2 pembaca yg suka menikmati film aksi dan laga.

Rating : 8.5/10

You Might Also Like

15 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. emng bener sy pernah lihat film tentang penjajahan jepang di cina,,cuma lupa film apa sadis dech lihatnya,,

    ReplyDelete
  2. dohh.. kenny ho disini gantang sekaliii dah! padahal dulu pas jamanya Judge Bao g enggak demen, makin tua malah makin keren wakakaka :)

    ReplyDelete
  3. kayaknya seru nih.. udah lama gak liat film laga setelah ninja assasin X)

    ReplyDelete
  4. film versi ini makananku tiap hari. Hehe
    aksinya emang top dan sering ikut terbawa alur cerita.

    Tp di hk bnyk produk jepang dijual dan anehnya ada yg made in china lho. Sebagian orang emang anti jepang. Sm se x ga pake produk jepang. Pdhl udah merdeka ya hehe

    ReplyDelete
  5. Biasanya saya suka nonton film karena bintangnya. Kalo bintangnya keren dan ngetop biasanya filmnya juga ngetop
    Karena ulasannya ada Aaron Kwok, saya percaya kalo film ini bagus

    ReplyDelete
  6. Hah? Jenderal Godless?
    Tak bertuhan? :D

    ReplyDelete
  7. heee :O dikasih rate tinggi gitu rame berarti ya.
    coba nyari ah :)

    ReplyDelete
  8. film IP Man juga kalo ga salah temanya sama kaya gitu, China lawan penjajah Jepang. Saya lebih suka IP Man, martial art nya keren banget..

    ReplyDelete
  9. wah, ngga pernah ngerti film itu :/

    coba ah nyari, thanks thanks ^^

    ReplyDelete
  10. masa, general jepangnya bernama Godles, koq pake nama inggris, seharusnya kan namanya Oshin, atau kotaro minami

    ReplyDelete
  11. baru tahu saya Vin kalo orang Cina sampe segitunya dengan Jepang.. filmya keren tuh kayaknya, full action.. tonton ah..

    ReplyDelete
  12. berarti semacam film kolosal gitu ya.. sukak film jenis ini, tapi belum pernah nonton yang dari jepang/china

    ReplyDelete
  13. sama sama berlatar belakang kepahlawanan
    tapi kalo film china aku kok kurang suka ya
    khusus film china aku cuma suka filmnya jackie chan sama jetlee doang
    jadinya ga tergantung tema, melainkan pemainnya

    ReplyDelete
  14. lah kok mirip ama Pendekar Awand dan Angin ? ni film yang sama gitu?

    ReplyDelete
  15. Al kahfi : Banyak kok film2 yg temanya serupa, tapi dikemas dengan berbeda. Nah yg ini seru banget.

    Pitshu : Bukan Kenny Ho, itu Aaron Kwok

    Ramy : Cobain cari deh, hehe

    Tarry : Ya, ga semua orang pikiran sekolot itu, tapi tetep aja Cina tuh berusaha nyaingan Jepang dalam berbagai hal. Pride mereka tinggi banget.

    Itik Bali : Walopun fi;mnya sucks, tapi kalo aktornya cakep...ya udahlah, dimaafin, hahaha

    Asop : Maybe? ;p

    Tiara & Ladida ; Download di IDWS mungkin ada

    Mbah Dukun : Ga tau tuh, terjemahan dari Bhs Mandarin kali ya?

    Armae : Cobain deh, pasti ketagihan haha

    Rawins : Banyak yg lebih bagus. Film Jet Lee ma Jacky Chan akhir2 ini menurun kok kualitasnya. Kalo lagi iseng, cobain deh cari.

    KEvin : Yup, sama

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe