Yang Akan Selalu Gua Rindukan...

14:43:00

Kuliah akhir2 ini udah ga seseru dulu rasanya. Salah satu alesannya adalah sebagian besar temen2 seangkatan gua tuh udah lulus, tinggal pada nunggu wisuda, dan sisanya sekarang lagi Tugas Akhir (TA), jadi jarang ke kampus. Paling hanya segelintir yg masih tinggal dan baru akan TA semester depan, itu pun gua ga deket dan jarang ketemu.

Gua rindu saat2 bahagia di awal kuliah dulu. Pulang kuliah nongkrong di kampus/kost-an temen sampe malem. Makan, ngobrol, ngegosipin orang, keketawaan. Memang sih gua dan sahabat2 gua di kampus masih sering melakukan hal itu, walaupun udah ga sesering dulu, tapi semester depan, kalo lancar, sahabat2 gua itu udah lulus, dan mungkin gua bakal menghadapi TA gua sendirian bersama mahasiswa angkatan bawah yg ga gitu gua kenal.

Gua bener2 bersyukur, bisa kuliah di DKV Marnat. Walaupun perjalanan gua panjang dan berliku, tapi ga ada yg gua sesalin. Dulu waktu gua masih kuliah di UNAB (baca kisah lengkap tentang perjalanan gua jadi mahasiswa DKV di sini dan di sini), gua kuliah rasanya ga seenjoy sekarang. Salah satunya mungkin karena gua ngerasa jadi minoritas di sana. Budayanya berbeda, pergaulannya berbeda. Mungkin gua yg terlalu menutup diri, atau mungkin memang suasana di sana ga comfortable buat gua.

Waktu gua ga keterima di jurusan DKV UNAB, dunia rasanya runtuh buat gua. Buat gua yang selalu berprestasi dan bisa lulus tes masuk SMP dan SMA favorit dengan mudah, baru kali ini gua ngerasain yg namanya putus asa dan kekhawatiran akan masa depan gua. Begitu gua denger kalo gua ga keterima di jurusan yg gua inginkan, rasanya masa depan gua makin blur aja. Impian gua jauuuuhhh banget rasanya. Apalagi kemudian gua dipingpong antar jurusan. Gua menjalani hari2 gua di jurusan yg tidak gua inginkan tuh dengan sangat berat dan pedih.

Di satu sisi gua ngerasa kalo gua buang2 waktu kuliah di jurusan yg bahkan gua interest aja ngga, tapi di satu sisi juga gua ga tau mau ngapain kalo ga masuk kuliah. Ortu gua waktu itu mencoba membesarkan hati gua dengan bilang kalo tahun depan mereka bakal cariin tempat kuliah laen buat gua, bahwa gua cuma harus bertahan dan mencoba di sana untuk satu tahun aja. Tapi jangankan satu tahun, dua minggu rasanya udah kayak bertahun2. Selama 2 minggu gua maksain diri kuliah di jurusan tersebut, gua cuma bisa menghitung menit, menunggu kuliah beres.

Untungnya Tuhan tidak membiarkan gua membusuk di Jurusan Cium Singkong UNAB selama satu tahun. Gua cuma 2 minggu di sana karena kemudian gua dibantu oleh seorang dosen untuk bisa masuk ke Marnat melalui jalur khusus. Walaupun terlambat 2 minggu, tapi pada tanggal 27 Agustus 2007, gua resmi jadi mahasiswa Marnat. Dan pada 27 July 2011 kemarin, akhirnya gua resmi jadi mahasiswa S1 jurusan DKV.

Walaupun melewati banyak rintangan tapi akhirnya gua bisa ngerasain hari2 bahagia (dan penuh penderitaan) sebagai mahasiswa normal. Nongkrong sepulang kuliah, ngeceng, bikin tugas bareng, rusuhnya dikejar deadline, serunya bolos kuliah, dan masih banyak lagi. Kampus (dan kost-an temen) dah kayak rumah kedua. Bahkan harus diakui, kadang kost temen tuh lebih nyaman daripada rumah sendiri, hehehe.

Gua bener2 bersyukur Tuhan kasih gua jalan melalui pertolongan dari dosen tersebut. Dan setiap kali gua ngerasa suntuk dan males bikin tugas, gua memejamkan mata dan mengingat hari2 penuh neraka yg gua alami selama 2 minggu di Jurusan Cium Singkong UNAB...dan seketika, semangat gua akan bangkit kembali. Yup, ada pembuktian yg harus gua wujudkan bahwa kesuksesan tidak ditentukan oleh tempat kuliah atau almamater, tapi oleh USAHA.

Bukan bakat, tapi kegigihan. Bukan orang2 yg duduk di fakultas yg menentukan masa depan kita dengan mengkotak2an kita ke dalam jurusan tertentu, tapi oleh sebuah hal kecil bernama "kesempatan" Gua punya banyak kenangan indah, temen2, dosen2, almamater, keluarga, dan juga orang tua, yg selama ini udah banyak mendukung gua, yg namanya akan gua harumkan melalui kesuksesan gua di masa depan. Dan tidak lupa juga, Dia, yg telah menunjukkan terang-Nya di masa2 kegelapan itu.

Semester depan gua bakal TA dan moga2 Oktober tahun depan, gua udah bisa bangga menyandang gelar S.Sn atau S.Ds di belakang nama gua. Dan yg pasti, gua bisa dengan bangga bilang kalo gua lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Universitas Kristen Maranatha. Dan pada saat itu, gua yakin gua bakal rindu banget sama kuliah...

Oke, sekarang waktunya bikin tugas lagi....aaarrrghhhh *pingsan


Friends and their laughters, precious and kind...

Let them shine like diamonds in my heart...

You Might Also Like

19 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. akhirnya pertamax, hahaha.

    sama, gw juga lagi nunggu wisuda tar november. baca postingan lu ini, gw jadi kepikiran lagi masa2 kuliah dulu, jadi kangen ma masa2 itu :D

    ReplyDelete
  2. sukses bray ...
    anjrit gara2 postingan lu gw kangen masa2 kuliah T_T apalagi smester awal. hikz jadi kangen temen2 lama

    ReplyDelete
  3. saya juga beruntung masuk sesuai pilihan, tapi ga beruntungnya, ternyata setelah satu tahun ini, saya ngerasa pilihan saya salah. :D

    ReplyDelete
  4. ih Keven suka ngerumpiiiii..

    tuh foto paling bawah lagi pada ngapain?? maen kartu? udah gitu yang kalah di contreng pake bedak gituu???

    ReplyDelete
  5. eseeeh yang tahun depan mulai TA..!!
    saya kapan ? #mulai tanya diri sendiri -.-"
    semangaaaaattt !!! ^^

    ReplyDelete
  6. gapapa deh kak. keven , ntar lama2 kakak pasti akrab sama temen2 barunya kakak , percaya deh :) sama kayaa tmn2 kakak dulu, awalnya kan ga kenal tp lama2 pasti jadi akrab:)

    ReplyDelete
  7. Bentar lagi aku wisuda, sekarang udah berasa kangennya. hiks

    ReplyDelete
  8. Kuliah, mau dijalani di mana aja dan saat umur berapapun, tetap mengasyikkan. :D

    ReplyDelete
  9. gimana mau bikin tugaskalo pingsan? hehe

    ReplyDelete
  10. hahaha, gua juga nih, temen-temen angkatan gua bahkan ada yang angkatan dibawah gua udah lulus, tinggal gua aja sendirian mengurusi skripsi, wuakakakak...

    ReplyDelete
  11. walaupun udah lulus, walaupun udah ga bisa nongkrong di kost2an, tapi masih bisa ketawa ketiwi ngumpul, janjian ketemuan di mana kek :)
    pas kuliah rasanya pengen buruan gawe, pas udah gawe, pengen balik kuliah lagi ^^
    suskes yah~

    ReplyDelete
  12. beneeer veeen.. gw juga ngerasa hal yang sama kayak lu... ke kampus tuh rasanya ada yang kurang dan ilang aja.. palagi semenjak temen2 seangkatan dah pada lulus... hiksss.... :(

    #ehkoqmalahcurhat?

    ReplyDelete
  13. singkong unab kaya apa rasanya? :)
    semangat yuk supaya cepet wisuda

    ReplyDelete
  14. bener banget sih Kev, kalo udah mau lulus, apalagi pas jamannya TA dulu udah kerasaa banget ego dan individualisnya tinggi.. ngumpulnya jarang karena kesibukan masing2... dan emang kangen di masa awal, pas bareng2an gitu..

    apalagi sekarang.. udah dunia krja.. lebih susah lagi ngumpulnya.

    laah koq malah curcol.

    hahaha..

    sorry ya kev, lama nggak mampir dimari.. sibuuk >.<

    ReplyDelete
  15. iyaaa.. berasa kayak gitu juga...
    setuju sama mas gaphe, kalau udah masa-masa kayak gini, udah menghilang sendiri2 dan terpercik sendiri2... XD

    Semangaaat TA-nya bang Kevin!!!

    salam kenal

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe