If I Could Turn Back Time

15:59:00


(Post kali ini banyak mengambil referensi dari post2 terdahulu. Buat yg ga ngerti apa yg gua omongin, silakan klik tulisan yg berwarna merah, kalian akan diarahkan ke post yg bersangkutan dengan konteks yg gua bahas pada kalimat tersebut, hehehe)

Hari ini ada satu orang yg ngepost sebuah pertanyaan menarik di status facebooknya
"Kalo kalian bisa memutar waktu 1x, apa yg mau diulang?"

Wah pertanyaan berat nih, gua langsung mikir serius. Apa yg mau gua ulang ya? Banyak sih momen2 bahagia yg mau gua ulang. Tapi kalo gua dikasih kesempatan untuk kembali ke masa lalu, pastinya gua berpikir untuk memperbaiki kesalahan gua di masa lalu. Siapa sih yg ga pengen bisa memutar waktu dan punya kesempatan untuk memperbaiki hal2 yg kita sesali? Kesempatan untuk melepaskan beban yg selama ini ada di pikiran kita untuk selama2nya, why not? Seperti kalo lagi maen game tuh, saat kita melakukan kesalahan, kita bisa ngeload save point sebelumnya dan mengulang lagi, tentunya dengan lebih baik. Alangkah asiknya kalo hidup bisa kayak gitu ya.

Memangnya apa ya hal2 yg pengen gua ubah kalo gua bisa kembali ke masa lalu? Ternyata setelah dipikir2, BANYAK BANGET, misalnya :
- Trip ke China kemaren. Kalo gua tau gua bakal ketemu sama Fen, sebelum berangkat ke Cina gua bakal lebih rajin belajar Bahasa Mandarin, supaya gua bisa ngobrol lebih banyak sama dia.
- Pacaran gua yg terakhir. Andaikan gua bisa jadian lagi sama Lina, this time I'll hold on tighther, I'll never let her go.
- Waktu nembak Bunga...mestinya waktu itu gua ga usah sok keren pake bawa2 cermin segala
- Kisah cinta pertama gua. Kali ini gua akan ngomongin perasaan gua dengan jelas ke Cia supaya gua ga memendam penyesalan di kemudian hari.

Dan ternyata, selain yg berhubungan dengan cinta, banyak juga hal2 lain yg pengen gua ulang, misalnya :
- Gua akan mencegah diri gua dari minum air kencing sendiri ataupun minum air bekas nyuci kuas penuh cat poster. Yaiks.
- Saat mau diludahin sama Puput, gua akan menghindar ala Matrix dan menyelamatkan keperjakaan muka gua. Kalo bisa malah harusnya waktu itu gua bales ludahin. PUEHHH!!!!!!!
- Gua bakal langsung masuk ke Marnat, ga perlu masuk UNAB dulu setaun, buang2 waktu, uang, dan umur >_<
- Gua ga akan milih k0nd0m sebagai objek tugas packaging gua. Gila bener, gua dibikin sengsara 7 turunan sama k0nd0m sampe2 sekarang gua jadi phobia sama k0nd0m...wakakakak...

DAN MASIH BANYAK LAGI...


Tapi setelah dipikir2 yah...kalo misalnya gua mengulang dan mengubah masa lalu, masa depan gua bakal ikut berubah donk?

Misalnya kalo gua jadian sama Alice/Cia, gua ga bakal jadian sama Miaka, pacar gua yg pertama. Kalo gua ga dibackstab sama temen baek gua sampe putus sama Miaka, gua ga bakal jadian ma Lina. Kalo gua ga putus sama Lina, mungkin gua ga bakal suka sama Bunga. Dan kalo gua berhasil jadian sama Bunga, berarti kemaren gua ga akan jatuh cinta pada pandangan pertama sama Fen donk?

Kalo gua belajar Bahasa Mandarin dulu sebelum ke Cina, mungkin kisah pertemuan gua dan Fen ga akan seseru itu donk? Mungkin aja malah diantara gua dan dia ga ada apa2. Atau mungkin malah gua ga pernah ketemu dia, karena gua bakal nanya tempat jualan Zhen Zhu Nai Cha ke resepsionis hotel dan sang resepsionis hotel bakal nunjukkin gua toko yg laen, bukan tokonya Fen. Atau mungkin gua malah ga pernah ke Cina, dan gua ga akan mengalami banyak pengalaman seru yg berhubungan dengan toilet.

Kalo gua ga pernah minum air kencing sendiri, mungkin selamanya gua akan bertanya2 apa rasanya air kencing. Sama halnya kayak air bekas nyuci kuas yg penuh dengan cat poster. Hoekkk. Menjijikan memang, tapi at least sekarang gua tau rasanya cat poster kayak gimana. Kalo gua ga kena ludah sama Puput, mungkin gua bakal terus2an ngeceng dia dan ga pernah jatuh cinta sama Alice. Kisah First Love mungkin ga akan pernah exist di dunia ini.

Kalo gua langsung masuk Marnat, ga ke UNAB dulu, berarti gua ga bakal temenan sama temen2 gua yg sekarang donk? Wong gua jadi beda angkatan sama mereka? Kalo gua ga masuk UNAB, gua juga ga bakal ketemu Bunga dan temen2 gua yg lain. Dan berarti masa2 indah melarikan diri dari senior yg gua alami bersama mereka ga bakal exist donk?

Kalo gua ga milih k0nd0m sebagai tugas mata kuliah packaging gua, mungkin blog Emotional Flutter ini pembacanya ga akan sebanyak sekarang, dan selamanya gua akan bertanya2 apakah k0nd0m rasa strawberry itu beneran manis rasanya atau cuma aroma doank? Dan masih banyak lagi hal yg akan berubah di dalam hidup gua kalo gua memutuskan untuk mengulang atau meniadakan suatu hal yg terjadi di masa lalu.

So, I think everything happened for a reason. Semua rasa sakit, sesal, malu, asinnya air kencing di mulut, semuanya membentuk diri gua menjadi diri gua yg sekarang. Ga ada yg perlu diulang, ga ada yg perlu diubah, ga ada yg perlu disesali. Biarkan hidup ini mengalir apa adanya. Perpisahan dengan satu orang menciptakan pertemuan dengan orang lain. Setiap kesalahan mengajarkan kita untuk jadi bijaksana. Setiap rasa sakit membuat kita menjadi lebih kuat. Setiap kegagalan adalah satu langkah maju menuju keberhasilan. Baik dan buruk, semuanya adalah keseimbangan hidup. Dan suatu saat nanti, kita akan dapat mengenang segalanya dengan senyum. Semua akan indah pada waktunya.

Jadi, kalo gua bisa memutar waktu, apa yg mau gua ulang?
Nothing. Because everything's fine the way it is =)

PS : JANGAN LUPA IKUTAN GIVEAWAY 200th POST EMOTIONAL FLUTTER =)

You Might Also Like

27 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. top!
    padahal q udah mo kasih wejangan dikit, eh baca-baca ternyata di akhir tulisan si kakak sudah nyadar sndiri, kalo emang setiap hal itu ada alasan alias sebab akibatnya
    yaah...seburuk atau sebagus apapun masa lalu. Masa lalu lah yg menjadikan kita di masa kini
    yesterday was history, so enjoy ur present
    *komentar saya kepanjangan y kak?*
    =D

    ReplyDelete
  2. Ga ada kata kepanjangan. Justru komen lu tuh bagus dan bermanfaat, hehehe. Thanks yah

    ReplyDelete
  3. suka ama penutupnya, komplit!
    dan kalau dipikir2 sih emang bener, diulanginya masa lalu sama dengan mengubah masa sekarang...kalau yang dulu2 diualng nggak ada cerita seru2an dong, nggak ada cerita first lovemu yang bikin deuh...isi sendiri hehe

    lagian nggak rela ah kalau masa lalu diulang, karna itu bisa jadi pelajaran, bisa jadi kenangan manis, bisa jadi kepahitan hidup yang nggak ingin diulang dsb.

    ReplyDelete
  4. nggak ada yang perlu disesali dan diulang ko,jika memang dikasih kesempatan buat ngulang waktu kemungkinan kita akan menyesal karena banyak hal yang sekarang kita miliki akan menjadi milik orang lain

    ReplyDelete
  5. kalo gw malah pengen ngulang ke masa2 sebelum spmb. masih pensaran aja kenapa ga pernah nembus masuk UI

    ReplyDelete
  6. jadi ingat sama kotak sinar bulan di film kera sakti buat kembali ke masa lalu.

    kalau saya bisa memutar waktu,saya tidak akan mengubah apapun.
    tapi saya ingin sekali menikmati sekali lagi masa-masa tahun 90an yang indah :D

    ReplyDelete
  7. "think everything happened for a reason"

    yupz,, total agree

    ReplyDelete
  8. kalau waktu bisa diulang, bakalan kacau kali ya

    ReplyDelete
  9. wah keren tuh pas bagian -justru-kalau-bisa-mutar-waktu yang telah dialami sekarang bisa jadi gg teralami ya :)
    kalau ak pengen ngulang ke SD aja, pengen marahin diri sendiri gitu untuk belajar lebih rajin :P

    ReplyDelete
  10. wah kalo diludahin, saya bakal habok tuh perempuan. mesti kasar dikit. karena laki itu superior. hahahahahaha #tidakbolehditiru

    ReplyDelete
  11. Justru itulah mengapa waktu diciptakan untuk terus berjalan (sebelum berhenti). Saya menyadari kalo setiap seseorang bisa menciptakan jalan hidupnya sendiri, jadi saya harus lebih bijaksana dan belajar dari apapun yang terjadi pada hidup kita.

    Nice posting. :)

    ReplyDelete
  12. Keven, gak ah, gak mau memutar waktu. Kamu tau gak, setiap ada yang jahatin aku dosaku diserap olehnya. Setiap aku sakit trus mencoba sabar, dosaku rontok. Tiap kali ada yang menekan aku, aku berusaha nulis hikmah di belakang kejadian itu.

    Gak ada yang sia-sia di dunia ini. Cuman aja aku masih mikir, sayang banget ya ada beberapa teman blogger yang tadinya akrab suka chat belakangan menjauh, karena kok kebongkar sisi gelapnya, dan milih marah-marah ke aku bukannya sama-sama belajar hidup.

    Aku request friend Keven, mungkin daftar yang request panjang yah? Tapi okelah... semoga kita tetap saling berteman baik

    ReplyDelete
  13. Haha.. minum air kencing sendiri gimana bang rasanya? apakah sama rasanya seperti meminum sirup marjan?

    ReplyDelete
  14. setiap kejadian pasti ada hikmahnya :)

    ReplyDelete
  15. kenapa ga buat ngelakuin sesuatu yang bisa mengembalikan waktu berkali-kali..?
    hehe serakah...

    tapi kalo diulang kayaknya ga bakalan seru seperti yang kita bayangin
    dah ga ada surpresnya sama sekali
    kali mirip dengan kita makan baso enak dan ngebayangin enaknya kalo bisa nambah

    ReplyDelete
  16. jadi ingat lagu hidup cuma satu kali...:) waktu juga gak mungkin bisa diputar ya

    ReplyDelete
  17. saya tidak akan melakukan apa2 karena saya sudah bersyukur dengan nikmat yang saya terima sekarang ini. :)

    ReplyDelete
  18. Buat Bung Rawins:

    waduh.
    emang program, dilooping terus :P

    ReplyDelete
  19. I really like the quote... everything happen for a reason... dan ya if i could turn back time, mgkn akan memperbaiki kesalahan2 yg pernah dilakuin... tapi tanpa kesalahan2 itu, kita tak akan belajar apa2 toh.. so... kita berarti dlm kondisi terbaik kita saat ini, bukan? :-)

    ReplyDelete
  20. enak tuh bisa ngulangin waktu..
    seandainya bisa seperti itu mungkin saya akan langsung memperbaiki kesalahan saya, ya terutama kepada "someone"..

    ReplyDelete
  21. enak tuh bisa ngulangin waktu..
    seandainya bisa seperti itu mungkin saya akan langsung memperbaiki kesalahan saya, ya terutama kepada "someone"..

    ReplyDelete
  22. memanfaatkan waktu yang ada~
    penutupannya kerennnn
    salam kenal :-D

    ReplyDelete
  23. yang terakhir : nothing : because its never happened. At least till now. hahaha..

    emang kalo inget yang enak-enak pengen ngulangin lagi.. yang jelas yang udah-udah itulah yang jadi ngebentuk kita seperti sekarang kan?. kalo saja itu nggak terjadi, mana mungkin kita yang baca akan menikmati kegokilanmu minum air kencing dan ngublek-ublekk kondom bekas.#eh

    ReplyDelete
  24. kalau gue bisa memutar waktu , gue akan memperbaiki semua kesalahan gue !

    ReplyDelete
  25. serius lu ko lu minum air pipis sendiri? kok gue baru tau setelah sekian lama gue baca blog lu?

    ReplyDelete
  26. gak kepikiran untuk mengulang waktu kok...tp klo ada mesin waktu bokeh juga, mau minta ttd Gajah mada...xixixii

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe