Kenangan Masa SD

20:11:00

 
Sori akhir2 ini agak jarang ngepost, gua lagi sibuk banget. Hari ini akhirnya gua ada sedikit free time, BW sana sini, dan ternyata gua dapet banyak PR >_<
Ada 3 orang (Nuel, Indi, dan Enny) yg ngasih gua PR yg sama, yaitu disuruh nulis tentang masa SD. Well, berhubung gua orangnya baek, rajin menabung, dan selalu mengamalkan butir2 Pancasila (halah, cuh cuh), gua kerjain deh PR nya. Ok, here we go...


Guru Favorit
Selama gua di SD gua punya banyak guru favorit, tapi kalo disuruh milih satu, mungkin guru yg paling berkesan buat gua tuh Pak Carol, guru Bahasa Sunda di SD gua. Kenapa dia berkesan? Bukan karena dia ngajarnya bagus, bukan, karena sejujurnya gua benci banget pelajaran Bahasa Sunda dan Peta Buta. Gua inget sama dia, soalnya dia lucu. Gua udah ga inget dia biasa kasih lelucon apa di kelas, tapi gua inget kalo dia lagi ngajar tuh gua selalu keketawaan. Mungkin memang bener ya kata pepatah : "People may not remember what you say or do, but they'll always remember how you make them feel"


Nilai Merah
Ngomong2 soal Bahasa Sunda dan Peta, gua jadi inget sebuah pengalaman menarik. Sebagai seorang anak yg selalu masuk 5 besar, rata2 nilai gua selalu di atas 8, hehehe. Hanya di dua pelajaran itu aja gua pernah dapet nilai di bawah 8. Bahkan gua inget betapa shocknya gua waktu dapet nilai merah untuk pertama kali. Nilai 59 untuk ulangan Peta Buta. 59 coy! 59! Gua yg biasa selalu ngeliat angka 90 dan 100 (plus stiker yg biasa ditempel oleh guru kalo ada anak yg dapet nilai 100) langsung terkencing2 di celana.

Saking takutnya, gua sampe ga berani pulang ke rumah. Untungnya pas nyokap gua tau tentang hal itu, dia ga marahin gua. Ngga, dia ga bilang, "Oh bagus ya nilai merahnya! Lanjutkan! Kalo bisa sampe ga naek kelas". Bukan, bukan itu. Gua yakin ga ada orangtua yg bakal ngomong gitu sama anaknya. Waktu mama gua liat gua gemetaran waktu nyerahin kertas berisi ulangan Peta yg dapet merah, dia malah senyum, sayang2 kepala gua terus bilang, "Gpp kamu gagal sekali-dua kali. Yg penting terus berjuang ya. Mom percaya sama kamu." Semangat belajar gua langsung meningkat 120%!!! Dan di ulangan2 seterusnya gua berhasil bertahan di angka 60-70.


Ranking
Waktu kelas 1, gua rank 1.
Waktu kelas 2, gua rank 2.
Waktu kelas 3, gua rank 4.
Waktu kelas 4, gua rank 5.
Waktu kelas 5...well, gara2 patah hati (buat yg pengen tau kisahnya, baca ini : First Love - My Days Without You), gua rank 20...
Tapi waktu kelas 6, gua berhasil bangkit dan gua rank 9 di kelas.
Sayang masa2 kejayaan gua ini semakin menyusut setelah gua masuk SMP dan SMA, hehehehe...


Guru Killer
Bu Ella!!! Dari tampangnya aja dia udah keliatan killer banget. Cewe muda, muka jutek, kacamata, make-up tebal. Dia kalo ngajar galak banget, sering marah2 di kelas, dan to make things worse, dia merangkap ngajar Matematika dan Seni Musik! Gua inget banget waktu itu gua bodo banget maen Melodionnya. Dia marahin gua, terus suruh gua maen sambil jongkok di depan kelas. Kurang azaaarrrr!!!!! Tapi berkat dia, gua jadi semangat latihan Melodionnya, dan waktu ujian akhir semester, sementara temen2 gua maenin lagu "Cicak2 Di Dinding", gua udah bisa maenin lagu "Eyes on Me" nya Final Fantasy VIII. Muahahahahahaha!!! Gua inget ekspresi mukanya yg sok cool waktu ngasih gua nilai 87, padahal dalam hati gua yakin sebenernya dia terkencing2, shock, liat anak yg sering dia siksa mendadak jadi jagoan!!!

Melodion...

Selama ngajar matematika juga dia ga kalah galak. Kalo ada anak yg disuruh maju ke depan ngerjain soal dan anak itu ga bisa, dia bakal marahin tu anak dan anak itu disuruh diem di depan kelas sampe pelajaran selesai, kejam banget. Tapi bukan itu yg bikin gua dendam ma dia. Suatu kali, gua tuh sakit pas di sekolah. Wali kelas gua nelp ke rumah minta papa gua jemput. Dan sialnya gua tuh sakitnya pas pelajaran Matematika. Dia ga nyuruh gua ngerjain soal ke depan, tapi suasana kelas yg tegang bikin gua jadi makin pucat dan deg2an. Waktu bokap gua muncul di depan kelas, gua tuh udah bagaikan ngeliat malaikat, spontan gua langsung teriak "Daaaddddyyyyyy!!!!!!!" dan lari, meluk bokap gua.

Yg gua ga tau, perbuatan gua itu malah bikin hidup gua di SD yg sebelumnya udah buruk (korban bully sekelas) jadi tambah buruk (korban bully seangkatan). Jadi, di tiap pelajaran, dia sering ngejek gua mengenai cara gua manggil bokap gua. FYI, memang dari kecil tuh gua diajarin manggil ortu dengan sebutan "Mommy" dan "Daddy". Dan si Bu Ella ini kayaknya sensi banget akan hal itu. Tiap kali ngeliat muka gua, di koridor ATAU di dalam kelas sekalipun, dia akan teriak dengan nada bencong, "Daaadddddyyyyyyy...!!!!" menirukan suara gua dengan nada lebay. Dan hal itu bikin para anak2 nakal makin semangat untuk ngebully gua. AARRRGHHHH!!!! (Kisah tentang itu bisa dibaca di First Love - When There Was You and Me)

Bahkan sampe gua lulus SD dan masuk SMP sekalipun, tiap kali gua mampir ke SD untuk jemput adik gua dan ga sengaja ketemu Bu Ella, dia bakal langsung teriak "Daaaadddyyyyyy...!!!!"
Sialan bener...


Partner In Crime (Teman Bolos)
Gua ga pernah bolos. Tapi ngomong2 soal partner in crime, gua punya satu orang best friend yg sekelas terus sama gua mulai dari TK Kecil sampe kelas 5 SD, Marcel namanya. Marcel tuh penampilannya kontras banget sama gua. Gua putih, dia item. Gua gendut, dia kurus. Gua suka manis, dia suka pedes. Gua pinter, dia sableng. Only God knows why we can get along together. Mungkin, karena gua dan dia sama2 kreatif untuk hal yg salah.


Gua dan Marcel hobi berkhayal. Di sekolah kita suka bikin games sendiri, dengan peraturan yg kita bikin sendiri, membuat jam istirahat jadi medan perang. Orang laen maen ucing sumput, kita maen perang2an versus alien. Orang laen ngumpulin Tazos, kita ngumpulin buah kering yg jatuh dari pohon, dan kita anggap itu sebagai telurnya Cell dari Dragon Ball. Bahkan selama perjalanan pulang di mobil pun kita bikin bermacam2 games gila (dan pernah menyebabkan beberapa orang terluka karenanya, hehehe)

Gua inget dulu gua dan dia bikin komik dengan tokoh utamanya adalah gua dan dia : Super K (Kilo) yg kuat dan Super M (Meter) yg cepat. Dan yg kita jadikan musuh adalah teman2 yg brengsek di sekolah. Biasanya gua yg ngegambar komiknya dan dia yg ngasih ide soal jalan cerita, atau musuh baru yg harus dihadapi oleh Super K dan Super M. Malah di buku terakhir yg kita buat, diceritakan Super K dan Super M bergabung menjadi Super KM yg punya kekuatan sangat dashyat, hehehe.

Super K dan Super M
Trying my best to re-draw them from memory...LOL

Im sure this is what he looks like
I remember, we made him a Super Saiyan...LOL


Kita juga maniak maen game. Kita bisa ngabisin waktu seharian (biasanya di rumah dia) untuk maen Sega dan Playstation. Gua inget beberapa game yg memorable banget, Twisted Metal dan Xenogears. Untuk Twisted Metal, kita sering nyobain hal yg aneh2, sampe2 kita nemuin beberapa glitch dan easter egg dalam game. Misalnya, ternyata patung Liberty kalo ditembak pake rudal, bajunya akan berubah jadi bikini...WOW. Kalo Xenogears...waktu itu gua begadang bareng ma dia untuk namatin bareng gamenya dan kita terbengong2 melihat "adegan bugil" di endingnya...heheheh.


Waktu di SMP gua ma dia mulai punya temen maen masing2, dan waktu SMA, dia pindah ke Kanada. I miss him so much. Beberapa bulan yg lalu dia maen ke Indonesia setelah bertahun2 ga pulang dan waktu ketemu, he's still the same Marcel I know. Orang yg selalu ceria, gila, dan ramah. Kita ngobrol seru banget, soal hidup, soal kecengan, seolah2 kita tuh ga pernah terpisah. Nothing will ever take his place in my heart =)


Teman Berantem
Banyak banget, secara gua tuh memang dibully waktu SD. Tapi dari semua orang yg pernah ribut ma gua, yg paling nyebelin tuh adalah tetangga gua yg dulunya satu sekolah ma gua, namanya Andi. Secara rumah gua dan dia tuh bersebrangan, dan orang tua kita adalah temen baek, kita tuh sering banget bareng. Mulai dari berangkat sekolah, sampe les pelajaran. Nah si Andi ini, gara2 sering bareng gua, jadi tau banyak kekurangan gua, dan hal itu dia sebar2in ke temen2 laen sebagai bahan untuk ngebully.

Gua banyak hutang budi sama papa mama nya Andi, terutama karena gua boleh ikut mereka untuk pergi dan pulang sekolah, jadi gua ga pernah berani untuk cari gara2 sama dia. Tapi waktu itu sebenernya gua sebel banget ma dia, dan walopun dia ga pernah ngebully gua terang2an, tapi gua tuh tau kalo dia tuh mastermind di balik semua kasus bully2 itu. Bahkan dialah yg menciptakan istilah "Pokipen" yg sangat gua benci.

"Mpo" artinya mbak2, tua, renta, loyo dan "Kipen" adalah plesetan nama gua. Kenapa gua benci istilah itu? Karena secara tidak langsung, orang2 yg nyebut gua dengan sebutan itu, mengimplikasikan bahwa gua "bukan cowo". Kelelakian gua diragukan, dan hal itu bukanlah hal yg menyenangkan. Dan ga cuma cowo2, bahkan cewe2 juga ikut ngebully gua dengan sebutan itu. Sampe ujung2nya, ada seorang cewe yg sampe sekarang masih disebut "Kipen" gara2 dulu dia rajin banget ngebully gua. Saking rajinnya, sampe dijodoh2in, hehehe.

But it's all in the past. Gua ga dendam sama sekali sama Andi, ataupun temen2 yg laen. Bahkan gua rasa, kalo seandainya dulu waktu SD gua punya rasa humor yg tinggi seperti sekarang, gua bisa anggap sebutan itu sebagai "panggilan sayang" dan bukannya malah marah dengan mereka, gua malah akan jadikan mereka semua temen gua. Dan hari ini, gua akan punya circle of friends lebih banyak daripada yg gua punya sekarang.

Hehe, dasar anak SD ya. Sekarang malah kalo dipikir2, gua rindu banget sama mereka, temen2 SD gua. Terakhir gua denger ada beberapa orang yg udah married dan bahkan punya anak. Masa2 indah yg gua lalui bersama mereka, udah ga akan bisa terulang lagi. Just in case di antara kalian, temen2 SD gua, ada yg baca tulisan gua ini, gua cuma mau bilang kalo gua rindu sama sekalian semua =)


Jajanan Kesukaan
Ada satu cemilan, namanya Anak Mas, temen2 tau ga? Semacam mie gitu, tapi dimakannya langsung kering2, ga pake dimasak dulu. Nah itu dia cemilan favorit gua semasa SD. Cemilan favorit laen tuh Chiki, Cheetos, dkk. Waktu jaman gua tuh anak2 lagi pada demam Tazos. Semacam potongan puzzle bergambar tokoh2 Looney Toons. Nah waktu itu, dengan pinternya, gua bisa bikin deal sama salah seorang temen gua, bahwa setiap kali beli Chiki dkk, Tazosnya buat dia, dan Chikinya buat gua. Dan dia mau!!! Yayyy!!! Jadilah gua sering dapet makanan gratis waktu jam istirahat, hehehe.

Di bawah ini adalah gambar2 snack favorit gua yg laen :

Chiki, jajanan favorit, cuma 300 perak lho...

Tazos, mainan yg merusak hidup anak2 di tahun 90an...

Bisa dijadiin macem2 bentuk...

Coklat favorit sepanjang masa...

Anak Mas...I love this so much...
Permen karet paling enak sedunia...


Sepatu Kesukaan
La Gear Light, yg tiap kali jalan lampunya nyala, hehehe...


Tas Kesukaan
Sebuah tas butut bergambar Yoko (Return of Condor Heroes), Ksatria Baja Hitam, Power Ranger, Dragon Ball Z atau Smackdown! Yg penting gambarnya, bukan tasnya. LOL

IF YOU SMELLLL!!!!!! WHAT THE ROCK IS COOKIN'!!!!!!!
WINSPECTOR!

AY AY AY AY AY...Zordon! Zordon! Kita dalam bahaya!
Yoko : Bibi!
Bibi Lung : Yoko!
Rajawali :Koakk...koakkk...
PEDANG MATAHARIIII!!!!!!
SUPER SAIYANNN!!!!!!!

Dan PR ini akan gua terusin kepada orang2 beruntung yg ada di bawah ini...
1. Kevin
2. Mpuz
3. Huey
4. Rina
5. Opi
6. Asop
7. Ranie
8. Ajeng
9. Aje
10. Iam
12. Irvina
13. [L]ain
14. Pitshu
15. Honey
17. Feby
18. Orin
20. Aul

Ga ada paksaan, kalo ga mau ngerjain juga gpp, hehehe...

You Might Also Like

37 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Kesukaannya sama jaman SDnya. Jangan2 umurnya emang sama nih....

    ReplyDelete
  2. huahaahah. keeren. tapi waktu esde aku jadi korban bully :(

    ReplyDelete
  3. Tazos :O wah iya ya itu dulu pernah ngetoooop banget, bahkan sampai ada yang punya sekeresek gitu ya :D

    ReplyDelete
  4. Asem gue kena posting lagi, buat gak ya? hehe.. gila lu pinter amat waktu SD bang, tp sm kyak gue, SMP dan SMA adalah masa termalas buat belajar. Terus tajoz sm wafer coklat cap superman terbang itu gue bgt jg dulu.. :D

    ReplyDelete
  5. belom lama ini gw ngumpul sm temen2 SD gw loh. huahaha... mengingat masa SD tuh antara senang dan sedih.. :D

    tuh coklat superman gw masih doyan ampe sekarang.. :D

    ReplyDelete
  6. itu ranknya kok makin parah gitu..hehe..

    tazos..
    saya dulu jadi doyan makan chiki dkk karena tazosnya..dan karena itu juga saya kena radang amandel..n mesti dioperasi ;D

    ReplyDelete
  7. baru baca blognya langsung suka..
    salam kenal yah..

    http://freakishtophia.blogspot.com/

    kalau sempat main2 ya..

    ReplyDelete
  8. ehhh.. siapa yang bersedia bikin perjanjian tentang chiki itu??? sampe segitunya ya.. ckckckck

    ReplyDelete
  9. wew... g kebagian PR, kemarin padahal udah bikin sih! hahaha :), bikin lagi dengan bahasa yang lain klo gitu ^^
    kyaa, SD ga ada yang indah! banget sih ^^

    ReplyDelete
  10. waakakkakka.... tega deh kakak keven... 2tagnya disebar ke 20 orang. wakakakka.... :D

    btw gw dulu juga suka beli chiki buat dikumpulin tazosnya. bahkan dulu sempet dibisnisin. hehehhe... tazosnya yang kekumpul banyak banget dijualin atu2. wkaakaka

    OOT: syaratnya udah dipermudah dan ada satu tambahan hadiahnya yang lebih menarik... ikutan yuk >> http://immanuels-notes.blogspot.com/2011/11/give-away-pertama.html

    ReplyDelete
  11. aku amati dibagian ranking hehehe.. Wahhh kecil2 patah hati hihih. Aku aja smp taunya cuma belajar mas, ahahah

    ReplyDelete
  12. waduh, dapat PR nih.
    oke pak Guru, saya kerjakan dulu :D.
    maklum project lagi pada kejar deadline

    ReplyDelete
  13. pak carol kaya nama cewe ya :) udah mahir belumskr keven bahasa sundanya?

    ReplyDelete
  14. Pak Guru,
    Saya sudah selesai mengerjakan PR nya.
    Ini PR saya pak,silahkan diperiksa.

    Nostalgia-90an : Kenangan Masa SD

    ReplyDelete
  15. untung nilainya ga 69 bro
    hehe katrok...

    ReplyDelete
  16. Wahh mengingatkan masa SD banget sob!,
    Apalagi gambar2nya itu, favorit saya semua, :D

    Salam kenal :)

    Follow & tinggalkan jejak juga diblog saya sob The Ocean

    ReplyDelete
  17. wew..dikasih pr.. saya mah gak..oho

    ReplyDelete
  18. Ngak nguk ngakkkkkkkkkkkkk, pasti angkatan film YOKO...
    angkatan kelahiran 1980-87 deh xD

    ReplyDelete
  19. aaah, membaca tulisanmu ini jadi menerawang inget masa2 indah ala SD.hihi :p

    ReplyDelete
  20. Betul tuh. Buat terus posting tentang masa lalu sampai selesai saat ini. Kalau berhasil itu tandanya Anda betul-betul menghargai perkembangan. :D

    ReplyDelete
  21. masiih suka ketemu bu Ella kaga ven...heheh *kabuurrr

    ReplyDelete
  22. waduh waduh,,jadi ingin masa-masa imut dulu,,,hahaha
    klo diingit2 jadi ketawa sendiri jadinya,,,

    ReplyDelete
  23. wah, dapat PR juga rupanya. dan ternyata pernah SD juga, salut...apalagi pamerannya begini seru

    ReplyDelete
  24. Hahaha langsung pada keinget Tazos gara-gara artikel ini. Anak Mas juga kesukaan saya tuh, sayang sekarang udah jarang dijual nggak kayak dulu di setiap warung ada.

    ReplyDelete
  25. whoaaa, jajanannya ane banget oooom! :D

    ReplyDelete
  26. ketawa geli ngebayangi kamu diledekin gurumu. masa guru spt itu ya.

    terus, kamu juara terus toh di kelas. hebaat hebaat...

    ReplyDelete
  27. hahaha good luck ya buat yang dapet PR! ^^

    ReplyDelete
  28. wah, masih mending bisa nyicipin ranking 1-20. saya mah boro2. paling banter tuh ranking 39 dari 38 siswa. :D

    ReplyDelete
  29. ini saya lagi makan wafer coklat super star

    walaupun kemasan baru,tapi rasanya masih sama.
    salah satu dari warisan tahun 90an yang masih eksis :D

    ReplyDelete
  30. gw ngebayangin dihukum jongkok sambil main melodion. wah gokil juga gurunya.

    ReplyDelete
  31. masih inget permen kinoman gak? :D

    ReplyDelete
  32. kenapa ya guru killer itu rata2 ber-make up tebel.. hihihi...
    ah ya, kalo aku sebelum jamannya Anak Mas ada yg namanya Mami (atau Mimi - lupa), rasanya lebih enak dari anak Mas hehehe...

    ReplyDelete
  33. *langsung terkenang masa lalu*

    Betewe, yang bagian "Daaaaaaaddyy!" bener2 gak nahan. Emang ga lumrah sih bro panggilan daddy. Bule banget kesannya.

    ReplyDelete
  34. Iya ya Bang, itu juga saya lupa nyantumin di posting-an saya, ada snack chiki gitu ya, ada hadiahnya yang pipih gitu, terus bisa digabung jadi bentuk2 aneh. Hahahaha....

    Terus saya sengaja gak nyebutin main PSX, soalnya saya yakin semua anak jaman kita (iya, saya dan Bang Keven) mana ada sih yang gak main PSX/PS One. :D

    Twisted Metal 3 tuh Bang, saya maenin. :D Favorit saya mobil Warthog ama Sweetooth. ^^

    Gak lupa, jaman SD saya udah maenin Resident Evil (meski gak tamat), Final Fantasy VII, VIII, ama Crash Bandicoot. :D

    ReplyDelete
  35. wah baru bacadapet peer..haha, tunggu ya peernya, jgn diminus nilainya!haha

    ReplyDelete
  36. Sipp deh PRnya dah kelar...PRku belum tuh:(

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe