Remembering Sifu Lam Chin-Ying

00:07:00


Buat yg sering nongkrongin Indosiar dan RCTI di era 1990-an, pasti wajah di atas udah ga asing lagi. Yup, beliau adalah Lam Chin-Ying, yg sering bermain sebagai Pendeta Tao Beralis Satu di seri film horor-komedi Hong Kong.

Lam memulai karirnya di umur 19 tahun, di mana aktor yg lulus dari universitas yg sama dengan Jacky Chan dan Sammo Hung ini disewa oleh Bruce Lee sebagai stuntman di dalam filmnya. Sejak saat itulah, Lam dan Lee, yg umurnya hanya terpisah 8 tahun, menjadi sahabat dekat hingga maut memisahkan mereka.

 
Foto Lam bersama Bruce Lee

Di Indonesia mungkin Lam terkenal karena sering bermain di dalam film horor-komedi, yg sebagian besar bertema mengenai Jiang Shi (Stiff Corpse/Hopping Vampire). Lam seringkali digambarkan sebagai seorang Pendeta Tao dengan kesaktian tinggi yg ahli dalam memberantas makhluk2 gaib. Seri film vampire nya yg paling terkenal adalah "Mr Vampire" yg dibuat sekuelnya hingga ketujuh.

Link download : http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=15330&pagenumber=

 Jiang Shi aka Stiff Corpse / Hopping Vampire

Lam memulai karirnya dalam film horor-komedi setelah ia bermain dalam film "Encounters of The Spooky Kinds" bersama Sammo Hung, teman sekelasnya pada saat ia masih kuliah dulu. Sejak itulah nama Lam melejit dan ia mendapatkan berbagai tawaran untuk bermain di film bergenre serupa. Namun kesuksesan tidak membuat Lam lantas berhenti berkarya, ia banyak menyumbangkan ide2 baru yg segar untuk membuat inovasi dalam film2 horor-komedi yg ia bintangi. Mulai dari vampire anak2, unsur2 fengshui dalam ilmu exorcism, sampai integrasinya terhadap dunia modern.

Salah satu film karya Lam yg paling gua sukai adalah Magic Cop (aka Mr. Vampire 5), di mana Lam berperan sebagai seorang polisi yg bertugas menyelidiki sebuah kasus penyelundupan narkoba menggunakan mayat hidup yg didalangi seorang penyihir dari Jepang. Film ini mengkombinasikan adegan drama, laga, dan komedi dengan sangat baik, dan tidak lupa juga, integrasi antara budaya tradisional Cina dengan setting Hong Kong jaman modern.

 
 
 Lam sebagai One Eyebrow Priest dalam Mr.Vampire series

Meskipun nama Lam lebih dikenal akibat peran komedinya, namun sebenarnya kemampuan akting dan bela dirinya jauh melebihi itu. Lihat saja film2 laga yg ia perankan di awal karirnya, seperti Painted Skin, Prodigal Son, Eternal Combat, School on Fire, The Dead and Deadly; kemampuan Lam tidak kalah dengan aktor2 laga seperti Donnie Yen dan Jet Lee.

Lam dalam film "Prodigal Son"

Lam sendiri dikenal sebagai seorang sosok yg sangat rendah hati, di mana dikatakan ia tidak pernah menolak peran dalam film, sekecil dan se-sepele apapun. Ia melakukannya setiap gerakan bela diri dengan lincah dan indah, seolah2 seperti sedang menari, bahkan gerakan yg kompleks sekalipun. Dalam film2nya, ia juga senang mengkompilasikan unsur2 bela diri dengan seni, sejarah, budaya, dan keindahan, sesuatu yg sudah sangat jarang kita temui di film2 laga masa kini yg cenderung hanya mementingkan special effect dan adegan stunt yg WAH.

Sayang sekali, kita sudah tidak bisa lagi menikmati film2 baru karya Lam. Lam meninggal pada tahun 1997, pada usia 44 tahun, karena penyakit kanker liver turunan yg ia derita. Namun walaupun demikian, nama Lam akan selalu dikenang sebagai seseorang yg telah mendedikasikan hidupnya bagi dunia perfilman dan puluhan masterpiece yg ia tinggalkan dapat terus dinikmati oleh generasi2 yg akan datang.


Rest in peace, Sifu...you'll always be missed...

(Btw liat video di bawah deh, kompilasi adegan2 film Lam Chin-Ying, lucu banget)


You Might Also Like

23 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. waahh film vampire itu yg bikin gue kangen >.<

    ReplyDelete
  2. Soal filmnya nanti akan gua bahas di post2 yg akan datang...

    ReplyDelete
  3. kalau ingat tokohnya, yang pertama kali saya ingat memang vampire. karena saya sering sekali melihat tokoh ini main film yang tidak jauh2 dari tema vampire.

    ReplyDelete
  4. Wah, lama banget gak nonton film vampirchina. Dulu suka banget ama nih film. :D

    ReplyDelete
  5. sampe sekarang lom ada yg bisa gantiin dia jadi penangkap hantu klasik, kmrn kek na ada pelem beginian lagi, cuma orang na kurang cocok ^^

    ReplyDelete
  6. Classic! :D

    berkat dia karakter Vampire a la China jadi karakter yang sangat memorable. :)

    ReplyDelete
  7. ohh, jangan2 ini yang lu tanyain di facebook yah? kalau pendeta Tao itu gw familiar banget. ini lagi nyari2 link downloadnya di IDWS. :D

    ReplyDelete
  8. wah vampirenya imut. tapi muka nih aktor kayaknya emang gak asing.

    ReplyDelete
  9. wah iya nih film vampire yang suka diputer di RCTI siang2 ya, huwaaa kangen, lucuuu gg ada serem2nya :D
    malah menurutku vampir ala china ini nih vampir yang sebenarnya :D bukan ala barat yang sekarang lagi booming :D

    ReplyDelete
  10. Baru tau namanya..:) padahal dulu sering banget liat aksinya doi ngusir vampire ^^

    ReplyDelete
  11. eh ngomong2 sifu = guru kan?

    ReplyDelete
  12. gue gak tau nama pemain yg suka jadi pendeta itu tapi gue suka ngeluiat dia kalo nonton film vampir :D
    sebenernya gak ada horror horrornya tuh vampir2 , tapi ada sesuatu kali yaa yg bikin gue gak bosen:p

    ReplyDelete
  13. dulu suka banget liat film nya Lam
    saat itu aku masih SD

    ReplyDelete
  14. Aq masih sering liat film nya di tv channel. Semua filmnya mulai era 80an. Aktingnya emang oke punya

    ReplyDelete
  15. film magic cop emang lucu. kalo gak salah, dulu gw pernah nonton di tv. di anteve kalo gak salah

    eh biar semakin semarak hidupnya, ada tugas dari saya buat anda >> http://immanuels-notes.blogspot.com/2011/11/masa-masa-sd.html

    wakakaka

    ReplyDelete
  16. suka rebutan tv sama adik yg cowo nih, dia sukanya nonton film ginian, aku gak :-D

    ReplyDelete
  17. waaah jadi tau nama aslinya yang sering jadi pawang vampir di pelem-pelem horror komedi cina tu :D thanks infonya

    ReplyDelete
  18. baru tahu namanya. Suka nonton film vampir cina, ma shaolin tp jarang tahu nama pemainnya. Minggu2 kemaren filmnya ditayangin lho di antv

    ReplyDelete
  19. Udah meninggal kena kanker ya?
    kasihan.

    ReplyDelete
  20. Aku salah satu penggemarnya...
    Film film vampirenya bagus2...

    ReplyDelete
  21. wah.. jadi kangen nonton film jadul lagi. jujur aja dulu waktu kecil pas nonton filmnya aku takut banget sama vampir cina begitu. serem aja. aku juga pernah kebawa gak nafas pas nonton filmnya gara2 muncul vampir-nya (biasanya kalau kita gak bernafas, vampir tidak menghamipiri kita). benar2 konyol. :D

    ReplyDelete
  22. aku juga dulu juga suka nonton film2 vampire nih... emang wajahnya pendeta Tao satu ini familiar banget... tp aku nggak pernah mengenalnya lebih jauh... baru tau nama aslinya disini dan baru tau jg kalau beliau udah nggak ada dari thn 97... actionnya beliau memang bagus ya...

    ReplyDelete
  23. saya suka film vampire ituuuuuu.. jadi kangen masa kanak2, pasti nongkrongin RCTI buat nonton. film horror tp bener2 lucu :D

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe