Finally...TUGAS AKHIR!!!

08:42:00



Perjalanan gua di kuliah sudah mulai mendekati titik akhir. Kemaren gua ikut briefing di kampus soal Tugas Akhir DKV (atau mulai sekarang akan gua singkat TA). TA mahasiswa DKV tuh kurang lebih sama kayak skripsi, kita harus cari tema/masalah, kemudian kita bikin makalah/laporan yg isinya hasil analisis, survey, dll. Bedanya adalah kalo skripsi biasa masalahnya cukup dipecahkan hanya melalui analisis dan kesimpulan, kalo gua, sebagai mahasiswa Desain Komunikasi Visual, tentunya harus menyelesaikan masalah tersebut lewat suatu desain. Jadi memang yg namanya TA tuh lebih berat ke arah desain daripada skripsinya.

Jadi kalo di Marnat tuh kita akan ngalamin sidang tuh 4 kali :
Preview 1 - membahas soal bab 1, 2, dan 3 nya makalah...mengenai masalah, konsep, pemecahannya, dll
Preview 2 - membahas soal bab 4 (kesimpulan, pemecahan apa yg akan diambil) dan juga gaya desain untuk karya yg akan kita buat
Preview 3 - sering disebut uji kelayakan, di mana semua karya yg sudah kita buat (90% jadi), di print dan di-display, kayak pameran gitu
Dan setelah kita melewati 3 tahap di atas (dan lulus ketiganya, tentu), baru kita bakal ngalamin yg namanya Sidang Akhir
 
Yg membedakan TA DKV di Marnat dengan universitas lain adalah...temanya ditentuin sama tim dosen, dan tiap semester beda temanya! o_0  Ini dia yg bikin mahasiswa ga bisa curang, curi start, dll. Ada satu orang temen gua yg udah punya ide nanti TA mau bikin apa sejak semester 1 dan sedikit demi sedikit, dia udah mulai nyusun makalah dan ngerjain visualnya, niatnya pas TA mau tinggal santai aja gitu. Eh ga taunya pas dia TA, temanya adalah Kesehatan, ga cocok sama yg selama ini yg udah dia siapin yg temanya lebih ke arah Pendidikan. JEGERRR...akhirnya dia terpaksa ngulang bikin sesuatu dari awal. Niat dan harapan yg telah dipendam selama 3,5 tahun pun pupus...

Gua sendiri, kalo dibebasin, agak cenderung suka sesuatu yg temanya pendidikan atau sosial gitu. Tapi malang tak dapat ditolak dan Untung adalah sodaranya Donal, setelah 2 semester yg telah berlalu temanya berturut2 Kesehatan dan Gaya Hidup, untuk TA gua kali ini temanya adalah BANDUNG.


Bandung, yup, Bandung...ibukota Jawa Barat, kota tempat gua numpang boker dan bernafas selama 24 tahun hidup gua di dunia. Jadi intinya kita harus mencari suatu masalah atau fenomena yg ada di Bandung dan kita meresponnya melalui sebuah desain. Intinya, TA yg kita buat, nantinya harus berguna untuk membuat Bandung menjadi tempat yg lebih baik.

Dannnn....sementara pada semester2 lalu tuh mahasiswa dikasih waktu untuk mikirin tema selama kurang lebih 3-4 minggu...kali ini gua dikasih waktu mikir hanya 6 hari... Yup, ENAM HARI... Kemaren sore gua briefing, dan tanggal 9 gua udah harus ngumpulin 3 alternatif judul! AJEGILE...

Karena itulah, sekarang gua curhat di sini...sekalian minta wangsit dari temen2 pembaca semua, ada ga yg kira2 punya sumbangsih ide untuk judul TA gua? Mungkin kalian pernah denger tentang suatu masalah atau fenomena di Bandung yg menarik untuk diangkat? Misalnya soal kemacetan, jalanan rusak, bangunan2 bersejarah, kuliner, budaya, tourism, dll. Tapi itu kan masih tema besarnya, gua butuh tema yg lebih dipersempit misalnya "Kampanye Go-Green Kota Bandung Lewat Social Media dan Blog" Tapi ga melulu harus berbau Internet juga ya, misal "Rebranding dan Promosi Kebun Binatang Bandung"

Temen2 yg bukan orang Bandung juga boleh nyumbang ide, karena meskipun ga tinggal di Bandung, kalian pasti pernah tinggal di Bandung. Ide apapun, dari siapapun, apapun profesi atau tingkat pendidikan kalian, akan gua terima dengan senang hati. Gua ga akan ngejudge ide kalian ga masuk akal atau absurd, ga akan, namanya juga lagi brainstorming. (Malah, sebenernya gua seneng ide yg agak gila, hehehe). Semua ide yg nantinya berguna ataupun tidak berguna, tetep akan gua hargai.

So, buat temen2 yg ada ide, mohon sumbangannya ya. Mau sudah berupa judul lengkap atau hanya berupa sekalimat info mengenai topik yg kira2 menarik untuk diangkat, apapun deh.

Thanks before
Curahan hati seorang mahasiswa calon peserta TA galau dan stress



PS : JANGAN LUPA IKUTAN GIVEAWAY 200th POST EMOTIONAL FLUTTER =)
(WAKTU DITAMBAH SEMINGGU SAMPAI DENGAN 8 DESEMBER 2011)



Everything that has a beginning has an end, yet what really matter is our choice when we get there

~ Zhen Zhu Nai Cha - Part 4 ~

COMING SOON : 5 Dec 2011

You Might Also Like

33 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. selamat datang di dunia TA yang njelimet dan butuh kesabaran...

    hehehhehe, Keven, lu adalah seseorang yang kreatif, dan mengikuti perkembangan, lu enggak pernah kenal malu dan pantang menyerah,
    gua yakin, TA lu akan lebih brilian daripada TA temen temen lu yang laen.

    Maaf nih saya engga bisa kasih ide, atau apa gitu, saya cuman bisa bantu doa, supaya semuanya berjalan lancar..

    Ergh, maaf, saya mau nanya, bukan, bukan soal TA.
    waktu saya di Bandung dulu, saya sering diajak makan perkedel B**don di St.Hall, masih adakah itu Kev?? biasanya buka diatas jam 12 malam. masih adakah itu sekarang Kev?

    Hehhehe sorry ya, nannyanya engga nyambung...

    Semangat Kev.

    ReplyDelete
  2. Perkedel B*****? Masih ada, hehehe... Catet dulu ah, siapa tau bisa jadi ide... Thanks komennya mbak Meilya...komen sekecil apapun bisa jadi sumber ide kalo buat gua, hehehe

    ReplyDelete
  3. wah kalo aku yang usul tar malah bermasalah bro
    yang berkesan tentang bandung buatku hanya soal mojang priangannya doang
    kalo lain-lainnya sih sama aja dengan kota lain
    apalagi macetnya...

    ReplyDelete
  4. berhubung baru lepas dari TA, aku mengerti betapa galau dan stressnyad dirimu, sodaraku. :D.

    ini sapa tahu bisa jadi ide:

    - kemacetan di buah batu
    buset ini tiap pulang/berangkat kerja, kayaknya deket, dari terusan buah batu ke karapitan bisa setengah jam lebih kadang2. pa lagi hari senin.

    - genangan air kalau ujan
    kalau ujan deres dikit, lewat jalan banteng atau jalan pelajar pejuang 45 itu lumayan tergenang air

    - tiap weekend makin parah macetnya.
    u know lah penyebabnya, ga akan saya tulis di sini. daripada tar pada tersinggung. :)

    ReplyDelete
  5. Wah, selama mencari ide ya.... biar cepet lulusnya.

    Karena blm pernah kesana, jadi gak tau gimana suasan Bandungnya. Maaf ya...

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah aku udah lulus setahun yg lalu hee


    btw kamu lulus SMA tahun berapa sih? aku 2003 apakah kita seangkatan?? 0__o

    ReplyDelete
  7. yah sedikit mirip2 sama gue lah ko, gue juga sampe sekarang belom ngumpulin judul karya tulis padahal udah lewat tanggalnya astaganagaaa...
    -___-

    gue juga masih belom punya ide mau bikin judul karya tulis apa.

    kalo soal Bandung, yang cuma tau masalahnya adalah --> kalo liburan orang Jakarta pada naik gunung ke Bandung terus Bandung jadi macet.

    ReplyDelete
  8. Maaf Bang..aku udah tiga hari tiga malem mantengin tulisan ini..diem berpikir ide apa gitu. Tapi enggak nemu-nemu ya?
    *keliatan boongnya nggak?he..he*

    ReplyDelete
  9. Rawins : sip2, gpp kok Bang Rawins, hehehe

    Kevin : thanks idenya, hehe...cuma ketiga masalah itu gua sendiri bingung apa solusinya

    Riu : gpp Riu, hehe

    Rana : lulus SMA taun 2006...cuma karena banyak ini itu, akhirnya baru bisa TA sekarang

    Ubi : hahaha, itu masalah gua juga bingung apa solusinya...batesin jumlah mobil Jakarta yg masuk ke Bandung? Ga mungkin. Pembangun infrastruktur yg memadai? Terlalu klise.

    Itik : berarti lu udah bisa baca tulisan ini meskipun belom gua post...wow, mistissss...hehehe

    ReplyDelete
  10. Paling nggak bisa bikin judul TA. :(
    Ini aja abis bikin judul TA virtual tapi ngawur abis. Ya, mungkin bisa ttg sampah, mengingat kota bandung malah bukan penuh 'kembang', tapi sampah. #sotoy
    Semoga segera ketemu judulnya. :D

    ReplyDelete
  11. Hahahah.
    saya belum tahu rasanya.
    Good luck aja bro :)
    kayaknya segitu nyeseknya yah skripsi itu.
    :D

    ReplyDelete
  12. Hohoho.. tapi tapi, aku tetep doakan yg terbaik buatmu mas ^_^

    ReplyDelete
  13. diingetin terus nih giveawaynya modag2 bisa ikutan

    ReplyDelete
  14. banyak banget ujiannyaaaa -____-"

    Bandung? desain? apa ya??? belum pernah ke Bandung sama sekali...

    ReplyDelete
  15. asikkk.. pantengin terus blog ini ah siapa tau gw dapet ilham juga..hihi

    ReplyDelete
  16. aduh aku salah tulis

    aku lulus tahun 2006, kenapa malah 2003 nulisnya -___-'

    hey kita seangkatan :)

    semangat ya :)

    ReplyDelete
  17. hahahaha.. dan kita pun sama Ven.. TA membuatku ingin sedikit berlari dari Palembang, hahahahaha #curhat :))

    saran tema : betapa dinginnya bandung (berdasarkan curhatan temen2 anak bandung).. nah, silahkaan diteruskan sendiri.. :D

    ReplyDelete
  18. bandung mulai macet dan byk fo. coba tema itu deh. gimana supya bandung gak macet dan fo fo nya dibatasi. terlalu banyak jadi malah puyeng.

    ReplyDelete
  19. kya.. belom pernah ke bandung.. g bisa ngasi ide T_T

    Btw semoga sukses aja deh, aku aja yg masi proposal udah keblinger duluann..

    ReplyDelete
  20. umm... skripsi itu kaya api ya sepertinya ._.

    ReplyDelete
  21. Desain Komunikasi Visul itu konkritnya seperti apa Kev? *maaf aku sama sekali buta neh masalah macam2 jurusan* hehe..

    jd mgkn maaf nggak bisa kasih ide.

    hmm.. tapi pengen tau... masalah anak jalanan di Bandung gmana? biasa nih, emak2 concern banget masalah anak2... di Jakarta udah segitu banyak dan brutalnya... berasa diri nggak mampu berbuat apa2 buat mereka :-(

    semoga sukses TA-nya ya.. :-)
    good luck!

    ReplyDelete
  22. tetap semangat ya mbak.. :)
    bersusah-susah dahulu baru bahagia kemudian.,

    ReplyDelete
  23. kalo tentang Geng Motor di Bandung gimana ?! wakakaka.. *ga nolong pisan yah*

    ReplyDelete
  24. Ven, Zhen Zhu Nai Cha artinya apa sih ven? nama orang ya?

    wah, Bandung??apa ya, aku belom pernah ke sana. Eh tapi topik soal kerajinan tangan gitu gimana? menarik nggak? entah itu tas jahitan, trus poket2 hp, dompet, kalung, tempat pensil, kayak2nya lagi booming di Bandung-tapi buat mereka yang kreatip sih.


    sukses buat garapan TAnya, semoga nggak galau2 amat lah :p

    ReplyDelete
  25. huwaaa, selamat atas kerjaan TA, ane masi SMK udah dicekcokin gini aja juga belibet
    tapi soal ide banyak tuh bandung
    walau gak pernah kesana yah

    1. orang dagang pakaian bagus disana
    2. ceweknya amoy xixixi
    3. udaranya sejuk, kan dataran tinggi

    sory dah kalau salah cuman bisa gitu aja

    oke met berjudul moga diterima dan kerjain nya gak susah

    ReplyDelete
  26. Semangat bro!!! siapkan mental... siapin banyak2 multivitamin... siapin uang juga... ^^ dan yang paling gak penting tuh siapin tisu buat nangis... hahahahaha

    good luck yah!!! perjuangan terakhir nih...

    banyak2 doa biar dapetin dosen pembimbing n dosen penguji yang "bener"...

    hehehe...

    ReplyDelete
  27. Aku dulu udah pernah bikin TA alhamdulillah saat detik-detik membuat TA aku deketin aja pembimbing jadinya cepet kelar udah gitu dapat A :D

    ReplyDelete
  28. peuyeum - makanan khas bandung tp banyak yg ga tau ato tampilan ga menarik..

    bahasa sunda? ga tau sih mau dikembangin gmn..haha

    kesulitan orang jakarta inget2 jalanan bandung soalnya bentuknya ga jelas..

    haha...gw nulis apa yg sekelewatnya aja....met ngerjain TA!

    ReplyDelete
  29. Wah soal TA ttg Bandung yah? Kebetulan gak ada ide. Tapi ttg kuliner bagus deh, Mas.Oke semoga tugas akhirnya selesÀi dan lulus dengan nilai terbaik


    Follow my twitter: @elloaris

    ReplyDelete
  30. Wah soal TA ttg Bandung yah? Kebetulan gak ada ide. Tapi ttg kuliner bagus deh, Mas.Oke semoga tugas akhirnya selesÀi dan lulus dengan nilai terbaik


    Follow my twitter: @elloaris

    ReplyDelete
  31. Kalau aku lebih ke pariwisatanya, soale masih banyak tempat yang kudu dieksplor, selian itu, KEMACETAN. Fyuhhhh

    ReplyDelete
  32. nahs soal geng motor. setau gw, di sana masih marak kan ya? :p

    ReplyDelete
  33. Cepet banget ya Bang, udah TA aja... :D Eh, belom ya? Haha...

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe