Panduan Nulis Blog Ala Emotional Flutter (Part 3)

20:31:00



Lanjutan dari part 2

Oke, tips yg ketiga dan juga yg terakhir adalah...

3. LOVE MORE

Hubungan cinta dengan lawan jenis memang merupakan suatu topik yg menarik untuk diekspos, contohnya di blog ini, post2 yg paling banyak diminati adalah yg temanya adalah cinta, misalnya First Love, Zhen Zhu Nai Cha, Kisah Kasih di Sekolah, serta Bunga, Cinta, dan Cermin. Tapi "LOVE" yg dimaksud di sini tidak hanya sekedar berarti cinta terhadap lawan jenis saja.

Yg gua maksud dengan LOVE MORE di sini maksudnya adalah...

1. LOVE What You Are
Cintailah dirimu sendiri, dengan segala kekurangan dan kelebihanmu. Oke, mungkin memang ga semua orang punya bakat nulis komedi atau tulisan yg mendalam, tapi bukan berarti ga bisa nulis kan? Teruslah berkarya, cari topik tulisan yg cocok dengan style/gaya menulis dirimu masing2.

Setiap orang dilahirkan sebagai seorang seniman, dalam bidangnya masing2. Jangan terlalu banyak membanding2kan dirimu dengan blogger2 yg sudah sukses. A thousand miles journey begin with a single step. Jangan terburu2 pengen tenar dan banyak follower, akhirnya malah ngejunk sana-sini. Santai aja, nikmati prosesnya. Ga ada yg instan di dunia ini, semua butuh ketekunan.


2. LOVE What You Do
Kalo nulis aja udah ga enjoy, gimana caranya tulisan kita bisa disukai sama orang2? Pada saat nulis, ga usah mikirin kira2 nanti orang2 bakal suka ga sama tulisan kita, atau maksain diri nulis tentang berita yg lagi heboh saat ini, padahal kitanya sendiri not really into it. Percuma. Tulisan yg dipaksakan, hanya akan jadi sampah di dunia maya. Tulisan yg baik adalah tulisan yg benar2 mencerminkan diri penulisnya, jiwa/soul sang penulis terasa dalam setiap kata yg ia torehkan di dalam sebuah karya tulis.

Kembangkan hobimu, perluas wawasanmu, dan cintailah proses, hal itulah yg akan bikin kegiatan ngeblog ini jadi lebih menyenangkan, bukan malah jadi beban. Jangan buat blog hanya demi pengen tenar, percuma, ga semudah itu. Tapi buatlah blog karena kalian memang suka nulis dan berbagi. Masalah apresiasi dan ketenaran, itu sih bonus.


Cerita dikit ya, awalnya tuh gua mulai nekunin blog ini juga gara2 lagi bosen di kantor waktu lagi magang di Jakarta. Jadi ceritanya gua tuh magang di sebuah perusahaan advertising besar di mana beberapa pegawainya juga adalah warga negara asing. Saking terlalu besar kantornya (dan pegawainya juga banyak), gua jadi banyak bengong di kantor gara2 jarang dapet kerjaan. Bisa aja satu hari tuh gua murni cuma bengong tanpa tujuan di kantor, hal itu sudah lumrah terjadi. Tapi ga mungkin kan gua juga lantas bolos? Buat apa jauh2 ke ibukota kalo akhir2nya cuma buat nongkrong di kost-an.

Mulailah gua mencari kesibukan. Kalo facebook-an kan ga enak, ya iyalah, masa di kantor malah buka2 facebook? Walaupun ga dilarang, tapi gua rasa hal itu bukanlah hal yg etis. Lantas akhirnya gua mulai rajin nulis, dari yg dulunya paling nulis sebulan sekali, sekarang jadi dua post per hari. Mulai rajin jalan2 ke blog orang, baca, dan komen...eh akhirnya gua nemu banyak temen dan komunitas yg menyenangkan.

Sampe hari ini, walaupun Emotional Flutter ini udah jadi blog yg punya banyak pembaca setia, tapi ga pernah sekalipun gua nulis dengan maksud pengen terkenal, nope, never. Gua nulis 100% murni karena gua ingin berbagi. Gua ga berharap suatu hari gua bisa jadi kayak Raditya Dika. Gara2 blog yg dibukukan, dia jadi artis, maen film, talkshow ke mana2. No, it was never my intention.

Gua memang pengen blog ini diterbitin jadi buku, dan gua lagi berusaha ke arah situ. Buat apa? Karena gua pengen bisa berbagi dengan lebih banyak orang, that's all. Gua pengen lebih banyak orang yg baca tulisan gua dan terinspirasi karenanya. Anggep aja, ini hanyalah sebuah usaha kecil2an, bentuk perjuangan gua dalam berkontribusi membantu menciptakan dunia yg lebih baik bagi generasi yg akan datang. Duit dan nama sih bonus sampingan aja.

Bukannya munafik, atau sok menggurui, tapi dari dulu sampe sekarang, gua punya prinsip.
"I don't wish to be everything for everyone, but I would like to be something for someone."
Jadi gua harap blog gua ini bukan menciptakan fans club fanatik, tapi lebih ke arah pribadi, bagaimana sang pembaca sebagai seorang individu terinspirasi dan kemudian inspirasi itu bisa diteruskan ke arah yg lebih positif lagi.

Dan dengan semakin banyak berbagi, semakin banyak pula yg gua dapatkan. Rasa puas sangat karya kita berhasil menginspirasi orang lain, perasaan bahagia tersebut, sungguh tidak ternilai. And yes, it's all worth it =)




PS : JANGAN LUPA IKUTAN GIVEAWAY 200th POST EMOTIONAL FLUTTER =)
(WAKTU DITAMBAH SEMINGGU SAMPAI DENGAN 8 DESEMBER 2011)



Everything that has a beginning has an end, yet what really matter is our choice when we get there

~ Zhen Zhu Nai Cha - Part 4 ~

COMING SOON : 5 Dec 2011

You Might Also Like

14 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. memang melakukan hal yang disukai itu bakalan jadiin kita nggak ngerasa beban. enjoy aja, dan bahkan saking senangnya.. kadang sampai lupa waktu.

    poin yang saya tangkep : jadikan kegiatan menulis itu menyenangkan.

    ReplyDelete
  2. Sepertinya apa yg mau aku katakan udah terwakili diatas. Betul banget, ketika kita udah menemukan sesuatu yg kita cintai, itu akan selalu menyenangkan ^_^

    ReplyDelete
  3. 'Buatlah blog karena kalian suka nulis dan berbagi', 'apresiasi dan ketenaran cuma bonus', like this! semoga postingan ini membuat blogger semakin mengerti mana yang baik dan yg salah kayak gue juga.. :)

    ReplyDelete
  4. 'Gua pengen lebih banyak orang yg baca tulisan gua dan terinspirasi karenanya. '
    love it di kata" ini
    semoga emang sama dengan apa yang diimpikan abangnya

    ReplyDelete
  5. intinya menceritakan apa yg dicintai, benar?

    ReplyDelete
  6. intinya sih belajar utk bsa menjadi manusia yg bsa bermanfaat bagi banyak orang, dari kegiatan ngeblog kita juga bsa belajar dlm banyak hal, terutama menulis yg saya rasa banyak sekali manfaatnya. nalar menulis juga membuat kita bsa lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan org lain. Semangat bro :D

    ReplyDelete
  7. aku dah kecanduan blog nih... moga aja dengan ngeblog tidak mengganggu kegiatan dunia nyata :)

    ReplyDelete
  8. I love what I do.
    terutama nulis blog nostalgia wkaka

    ReplyDelete
  9. kalo aku sih nulis emang buat diri sendiri aja sob
    sebagai catatan sejarah soalnya aku pelupa
    anak lahir tanggal berapa aja aku susah ngingetnya dan harus liat arsip blog
    hahaha biadab..

    ReplyDelete
  10. "Pada saat nulis, ga usah mikirin kira2 nanti orang2 bakal suka ga sama tulisan kita, atau maksain diri nulis tentang berita yg lagi heboh saat ini, padahal kitanya sendiri not really into it".


    ah itu saya banget.
    saya nulis apa yang saya suka, ga pernah mikir bakal orang lain suka atau ga.
    karena blog saya sebenarnya kurang lebih adalah diary online saya.

    btw, love this entry.

    ReplyDelete
  11. wah. semoga cita2nya bisa cpat tercapai ya, semoga blog ini bisa jadi buku. amin.

    ReplyDelete
  12. I'm just no one to the world, But I hope be the world for some one..nice tips. Menulis untuk berbagi plus kepuasan bathin..selebihnya adalah bonus

    ReplyDelete
  13. waow :D emang ya kalau mencintai sesuatu itu semuanya akan terlihat lebih indah, ikhlas dan semangat dalam melakukannya, yah seperti menulis itu juga :D aaaah nulis di blog bikin pengen pindah ke dunia maya deh :P

    ReplyDelete
  14. postingan yang bagus .. Sebagai pemula, bisalah aku belajar dikit-dikit dari tips yang ada ..
    makasih yaa tips nyaa .. !! :)

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe