我喜欢学习汉语 (Part 2)

22:44:00

老师给我一个汉语词典

我很高兴!

Hari ini, hari terakhir les Mandarin. Laoshi bawain kita banyak cemilan dari Cina, enak banget, terutama yg asem2nya. Kita juga maen tebak2an kata, jadi kita gantian maju, ambil kertas yg ada tulisan Han Zi nya, terus kita harus peragain kata yg tertulis di situ supaya temen2 laen bisa nebak isinya. Kalo kita berhasil meragain kata, atau berhasil nebak kata, kita dapet poin. Secara beruntung, gua paling tinggi poinnya dan dapet hadiah. Horeee!!!

Tapi dipikir2 tadi masih banyak kata yg gua ga bisa bacanya. Masih harus belajar dan belajar lebih keras lagi. Practice makes perfect. Selaen hadiah, gua juga dikasih 4 buah pembatas buku yg ada beberapa kalimat percakapan sehari2 Bahasa Mandarinnya. Suka banget sama pembatas bukunya, karena pasti akan membantu gua untuk mengingat kalimat2 yg tertulis tersebut.



Setelah itu juga kita dibacain nilai hasil ujian minggu lalu, dan ternyata gua nilainya paling bagus sekelas! Yayyy!!! Ternyata usaha belajar penuh darah dan air mata gua akhirnya berbuah manis *terharu. Dan gua dikasih kado lagi...hore lagiii!!!


Sampe rumah, langsung aja gua buka kadonya saking penasaran. Sebelum gua buka, dalem hati gua berdoa semoga kadonya tuh sesuatu yg bisa membantu gua belajar Mandarin, dan ternyata bener!!! Dari permainan tebak kata, gua dapet buku latihan nulis Han Zi dan kado yg satu lagi isinya tuh barang yg selama ini selalu gua dambakan, tapi belom sempet beli akibat bokek karena tugas. Barang itu adalah...ENG ING ENG...KAMUS BAHASA MANDARIN!!! (中文英文词典)


Waw, rasanya bener2 dream come true. Mimpi apa gua semalem?
Semoga dengan adanya kamus tersebut, gua jadi semakin semangat belajar Mandarinnya.

Dipikir2, sedih juga nih rasanya begitu tau bahwa les nya udahan. Les Mandarin tuh udah kayak jadi bagian dari rutinitas gua, semacam refreshing yg selalu menghibur gua di sela2 kepenatan tugas selama beberapa bulan terakhir. Dan di les kali ini, kita belajar Mandarin dengan cara yg menyenangkan, tidak membebani sama sekali.

Gua inget waktu SD gua pernah dipaksa les Mandarin sama bokap. Nah gua tuh di-les-in di sebuah gereja Kristen, yg ngajarnya tuh ibu2 tua yg mayoritas selalu cemberut, beda ma laoshi di Marnat yg muda, gaul, dan cantik ;p

Dulu waktu SD, gua sempet benci banget sama seorang laoshi gendut yg tampaknya tuh sentimen banget sama gua. Oke, gua akui, mungkin gua bukan murid yg paling cemerlang di kelas dia, tapi tetep aja, mestinya dia ngajar dengan lebih sabar dan telaten, bukannya malah marah2. Saking bencinya ma dia, gua dan temen2 ngejelukin dia laoshi "Cu Kiok" (kaki Babi yg biasa dimakan pake saos kecap dan rasanya nikmat banget)  Thanks to her, gua jadi antipati sama yg namanya belajar bahasa Mandarin. Beneran, mending gua pura2 tidur daripada disuruh les >_<

Penampilan si Cu Kiok, kurang lebih...

Di les kali ini (dan juga mungkin efek baru pulang dari Cina), gua bener2 semangat belajar Mandarinnya. Cara mengajarnya menyenangkan, tidak membebani, cocok banget buat kita2 mahasiswa yg sehari2nya selalu dihantui tugas. Ngapain les kalo ujung2nya malah nambah kerjaan di rumah? Dan berkat les kali ini, gua seriusan jadi pengen bisa beasiswa dan ngelanjutin sekolah ke sana.

Hari ini, rasanya impian gua buat lanjutin sekolah ke sana menjadi selangkah lebih dekat...

Xie xie, Liu Laoshi
Xie xie, Hao Laoshi
=)

You Might Also Like

11 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. aduh bossku yg dulu juga ndutnya spt itu. tapi dia sih baik. btw, pembatas bukunya bagus ya..buatannya halus gitu.

    ReplyDelete
  2. ajarin mandarin juga dong?
    pengen belajar nih.
    sekarang lagi belajar otodidak dengan menonton film Pendekar Pemanah Rajawali

    #tapi lebih fokus ke filmnya daripada mandarinnya :hammer:

    eh, kalau kamus Hokkien-Mandarin punya gak?
    belinya dimana yah?

    #oot : margamu apa?

    ReplyDelete
  3. aduh enggak deeh belajar mandarin lagi. gue udah nyerah. cukup mandarin semasa sma. gue lebih suka memperlancar inggris gue dan nyoba belajar bahasa belanda/italia. :))

    ReplyDelete
  4. 我 喜 欢 学 习 汉 语
    Wǒ xǐ huan xué xí hàn yǔ

    Saya suka belajar Bahasa Mandarin

    I like to learn Chinese

    ReplyDelete
  5. jadi pengen bisa bahasa mandarin, ajarin donk bang :)

    ReplyDelete
  6. Hohoho, nice, Bang, saya ikut senang dengan keinginan Bang Keven yang bener2 niat belajar ke Tiongkok. ^^
    Semoga cepat terlaksana, Bang! :)

    ReplyDelete
  7. yang gw tahu tentang bahasa mandarin, cuma xie xie dan angka 1-10 dan itupun dapet dari lu Ven, di postingan lu yang dulu.. hahahaha

    ayoo, bagi2 ilmu tentang mandarinnya..

    ReplyDelete
  8. ven, kok guru = laoshi sih?
    ni lagi nonton Pendekar Pemanah Rajawali, si Kwee Ceng manggil Ang Cit Kong pakai sebutan "Shi Fu"

    terus si Zhou Zhi Ruo di Pedang Pembunuh Naga juga manggil gurunya "Shi Fu"

    lebih pas "Shi Fu" apa "Laoshi" ?

    ReplyDelete
  9. waduh masa sih gendutnya sampe segitunya :O

    emang ya kalau belajar sesuatu yang kita sukai, terlebih lingkungan belajar kondusif dan gurunya asik, enak banget gitu rasanya, seneng ngejalaninya dan gg rela udahannya :D

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe