Why Does Christmas So Special For Me?

02:33:00


Natal, adalah hari yg gua nanti2kan sepanjang tahun. Buat gua, Natal maknanya lebih special daripada Valentine, atau bahkan ulang tahun gua sendiri. Kenapa bisa begitu? Ikutin aja cerita di bawah ini...

Sejak kecil, Natal tuh udah jadi sesuatu yg special buat gua. Penyebabnya adalah setiap Natal, di mana2 selalu penuh dengan pohon natal yg berkelap-kelip, dekorasi2 yg indah, dan musik yg membuat hati kita gembira. Buat seorang Keven kecil, Natal adalah saat di mana dunia terlihat paling indah. 



Dan waktu kecil, setiap malam Natal gua selalu taruh kaus kaki di bawah bantal (waktu dulu, belum jaman kaos kaki besar yg digantung), berharap Santa Claus kasih gua hadiah. Malah saking excitednya, gua suka maksain diri begadang sambil terus2an ngeliat jendela, berharap bisa melihat kereta Santa yg ditarik oleh rusa2 yg bisa terbang. Tapi sialnya, gua selalu jatuh tertidur di tengah jalan. Yup, buat seorang anak kecil yg terbiasa tidur jam 8 malam, begadang sampai jam 10 malam saja sudah membutuhkan perjuangan yg luar biasa.

Dan besok paginya, gua akan bangun dengan sangat excited, mencari hadiah apa yg ada di dalam kaus kaki gua, biasanya sih permen2 gitu. Seiring gua bertambah besar, hadiahnya mulai berubah, bukan dimasukkin di kaus kaki, melainkan terbungkus dengan manis dan diletakkan di bawah pohon natal. Gua inget hadiah paling berkesan yg pernah Santa kasih ke gua, sebuah permainan Scrabble, waktu gua umur 3 tahun. Jadi waktu itu gua lagi seneng2nya belajar baca melalui buku, dan Santa kasih gua sebuah mainan yg bisa membantu gua belajar baca dengan cara yg menyenangkan. Bener2 hadiah yg sangat berkesan.

Gua percaya akan yg namanya Santa Claus sampai kelas 5 SD, hahaha. Bener2 polos banget ya? Sampe gua inget, waktu first love gua, Alice, pergi ke Australia, gua ngirim surat ke Santa minta dia balikin Alice ke Indo satu hariiii aja waktu tanggal 24 Des. Kenapa ga pas 25 Des aja? Jangan, biarkan dia menghabiskan waktu dengan keluarganya waktu tanggal 25 sih. Hey, walaupun masih anak2, tapi diem2 cara berpikir gua udah termasuk pengertian ya? Hehehe...

Oya, surat buat Santanya gua kirim ke kantor pos lewat pertolongan mama gua. Di depan alamatnya gua tulis : "Untuk Santa Claus, Kutub Utara, Planet Bumi" hehehe... Kayaknya tu surat ga pernah dikirim deh sama mama gua, lagian walaupun dikirim juga ga mungkin nyampe, hehehe.


Apa lagi sih yg bikin Natal berkesan buat gua? Waktu gua remaja, gua sering baca komik dan nonton film di mana adegan klimaksnya tuh terjadi saat Natal. Misalnya film Home Alone, film Love Actually, novel A Walk To Remember, komik I'S, komik Salad Days, komik Love Hina, dll. Makanya secara tidak langsung, gua agak memimpikan sebuah Natal yg indah seperti di film2 dan komik2 tersebut. Gara2 komik2 dan film2 tersebut, image Natal yg terpatri di otak gua adalah suatu momen yg indah, hangat, dan penuh kasih.

Kenapa coba film2 dan buku2 itu mengambil Natal sebagai setting adegan klimaksnya? Karena Natal adalah momen di mana keajaiban mungkin terjadi/miracle most likely to happen. Yup, suasana Natal yg hangat, ceria, dan penuh kasih, kadang membuat kita mau melakukan hal2 yg biasanya tidak suka kita lakukan (dalam konotasi positif lho ya). Misalnya membuat pesta bagi anak2 panti asuhan, memaafkan orang yg kita benci, dan juga keberanian untuk saling menyatakan perasaan satu sama lain =)

Sayangnya, seumur hidup, gua baru satu kali ngalamin yg namanya "Natal Yg Berkesan", itu juga sama dd angkat gua, bukan sama pacar. Pacar gua dulu orang luar kota dan waktu Natal dia malah pulang kampung, hiks. Sampai hari ini, gua masih berusaha untuk bisa membuat Natal gua jadi special, bagaimana pun caranya. Well, sementara pasangan2 sibuk mencari tempat dinner romantis berdua, gua sibuk nyari temen yg bisa diajak jalan waktu Natal.

Gua ga pernah galau gara2 ga punya pacar pada waktu ultah maupun Valentine, tapi menjelang Natal, biasanya gua kalang kabut sendiri, hehehe. Dan tahun ini adalah yg paling sulit karena saat ini di hati gua lagi ga ada someone special yg pengen gua ajak ngedate bareng di Malam Natal. Gua bener2 berharap temen2 gua pada mau diajak jalan (dan sampe post ini gua tulis, masih belom ada rencana yg jelas padahal Natal udah kurang dari 24 jam lagi, hiks).


Secara religius, gua juga punya ritual sendiri setiap hari Natal yg udah gua jalanin dengan rutin selama 7 tahun berturut2. Tiap malem Natal, gua suka ikut misa/kebaktian jam 12 malam di gereja gua. Karena misa tengah malam itu biasanya jauh lebih special (lagunya, khotbahnya) daripada misa2 siang/sore. Kayaknya ga lengkap aja kalo Malam Natal tuh ga ikut yg jam 12 malem. Apalagi, misanya juga ditujukan untuk anak muda, jadi materi yg dibahas juga disesuaikan dengan anak muda.

Impian gua adalah suatu hari nanti gua bisa ngalamin yg namanya White Christmas. Pengen banget kali2 ngerasain kehangatan Natal di tengah dinginnya badai saljut, hehehe. Christmas paling indah yg pernah gua rasain tuh waktu tahun 2001 di Hong Kong, meskipun ga sampe bersalju tapi udah lumayan dingin lah, beberapa derajat di bawah nol. Tapi meskipun dingin, perayaan Natal di sana meriah banget. Gua inget waktu itu gua liat orang2 berkumpul di taman yg ada pohon natal raksasanya, terus nyanyi lagu Natal bareng2, dan areal pertokoan disulap jadi indah banget bagaikan Disneyland. Bener2 meriah, sayang waktu itu gua masin kecil jadi ga foto2.

Dan terutama, gua juga berharap semoga di Natal yg akan datang, gua udah punya someone special yg bisa gua ajak berbagi kehangatan kasih Natal bersama. Pengen cobain kissing under the mistletoe, katanya ada hadiah doorprize dari Santa Claus buat yg ciumannya paling mesra, hehehe...

Merry Christmas, everyone! =)


You Might Also Like

15 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. semangat natal bagus untuk berbagi kasih
    seneng banget tadi seharian bisa melihat keakraban temen temen di kantor bikin pohon natal tanpa melihat sapa lu sapa gue

    selamat natal bro...

    ReplyDelete
  2. Selamat natal bang! Semoga membawa berkah baru diawal tahun baru :D

    ReplyDelete
  3. Happy long weekend kaak
    ┌(◦^⌣^◦)┘

    ReplyDelete
  4. Merry hristmas ya..

    Header bogku itu juga demi menyambut perayaan ini. aku gak yau, yg bulet itu namnaa apa. tapi suka banget dekorasi yg itu. :)

    Eh, lagunya aku suka banget tuh!

    ReplyDelete
  5. happy christmas for you ya ,happy holidayz

    ReplyDelete
  6. aku ngakak baca bagian yg kamu tulis surat buat santa.hahaha..

    semoga semua wishnya pas Natal tercapai yah Kev :)

    ReplyDelete
  7. Natal itu emang lucu, menarik, meriah, disamping nilai religiusnya (karna saya nggak ngerayain Natal, hehe). korban film-film dan komik-komik juga sih sebenernya, pandangan Natal jadi kaya pesta buat anak-anak, warna-warni, banyak permen, cake, hadiah, dll.

    kemaren tetangga saya yang emang Natalan kasih cupcake banyak ;) lucu-lucuuuuu.

    semoga kak keven bisa rayain natal yang paling istimewa yaaaa :) hihihi

    ReplyDelete
  8. Hi Keven, I read your post about Christmas and loveee it!!! It brings me to the good old times when we were still so naive and believed in Santa Claus. And it's so amazing how we believed a miracles when we were small. I hope now that we're an adults, we still believe those miracles. Coz It'll happen when we believe, right? =)

    Merry Christmas to you and if you're still free for tonight, you may fly here and join me and my friends for the Christmas dinner. :)

    Cheers! And may all our wishes come true! :)

    - Miss Sanguine -

    ReplyDelete
  9. natal itu identik dengan liburan ya bang keven jadi happy holidays

    ReplyDelete
  10. kalo aku sih biasa aja natalan. gak ada yg berkesan. krn ortu ku kan gak rayain natal. cuma aku dan adik2 aja.

    ReplyDelete
  11. sesuatu yang hilang waktu natal .....

    banyak TV udah gak nayangin lagi acara2 berbau natal

    :(

    btw merry christmas, ven

    oh yah berhubung project gw yang ini http://immanuels-notes.blogspot.com/2011/12/sorry-guys-gue-baru-sempet-sekarang.html udah mau kelar dan siap dibawa ke penerbit, gw mnta alamat email lo dong. nantinya tiap kontributornya mau gw kirimin dulu draft projectnya. siapa tau ada masukan dari kalian2. hehehe... jadi mohon kerjasamanya yah. :))

    ReplyDelete
  12. Semoga natalnya tahun ini indah ya bang,. hip hip hore.. :D

    ReplyDelete
  13. astaga.. kakak percaya sama Santa Claus ? -____-
    itu pasti karna kaus kaki kakak selalu diisiin hadiah2, tapi siapa yang ngisiin kak ? #kemudianNanyaKeKakSeto

    btw, MERRY CHRISTMAS kak !!!!!!!
    :)

    ReplyDelete
  14. hahahaha... met natal ven...

    iyah TK juga sama mendambakan white christmas juga... yah mungkin tahun2 kedepan bisa terwujud... amin..

    dulu juga pas winter 2009, TK natalan di Cina tapi gak bersalju... cuman yah itu sepanjang kota hiasan natalnya ciamik semua... terus orang2 kan pakeannya ala winter smua... jadi berkesan gimana gitu... hahahaha

    kalau ciuman di bawah mistletoe... boleh dicoba tuh!!!! hahahaha... kayanya hadiah dari santa berupa tiket menginap di hotel selama 1 malam... LOL... wakakakakkaa

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe