Being Single and Happy

00:53:00


November 2004, hubungan cinta yg udah gua jalani selama 13 bulan kurang 4 hari pun kandas. Sakit banget rasanya, saat kita terpaksa menyakiti orang yg menyayangi kita. Tapi apa boleh buat, itulah pilihan gua pada saat itu. Memang bukan jalan yg terbaik, tapi pada saat itu, gua rasa itu jalan yg paling "benar" Di tengah hujan deras itu gua melangkah dengan gontai, melawan rasa pedih di dada, menyongsong kehidupan baru gua. Sebuah doa terlontar secara spontan dari mulut gua,
"Tuhan, next time, daripada gua harus nyakitin lagi orang yg gua sayang, mending gua ga usah jadian dari awal kalo memang hubungan itu tidak akan berhasil..."


Dan bertahun2 setelahnya, tidak peduli seberapa keras gua berusaha untuk menggapai cinta, gua selalu gagal. Harapan2 yg gua bangun pun hancur porak poranda berdebam ke tanah yg keras. Gua sempet trauma, putus asa, kehilangan kepercayaan diri, hingga suatu hari di tahun 2008, gua nemu inspirasi melalui sepenggal kisah dari buku Chicken Soup For The Single's Soul (yg waktu itu masih berupa e-book Bahasa Inggris).

Mungkin, Tuhan mendengarkan doa gua 4 tahun silam, dan Ia tidak membiarkan gua jadian kalo memang hubungan itu tidak akan berhasil...atas permintaan gua sendiri. Lalu apa yg harus gua lakukan? Jalan keluarnya, tidak lain dan tidak ada yg lain, selain membuat diri gua LAYAK dan MAMPU untuk mencintai. Gua harus menempa diri gua secara fisik dan mental, dan jadi seseorang yg lebih baik, seseorang yg mampu make a relationship last...

Gua menyusun sebuah daftar sederhana (yg isinya terinspirasi dari buku tersebut) yg berisi hal2 yg akan gua lakukan setiap harinya, sebuah rencana latihan harian yg gua harap dapat membantu gua keluar dari kubangan keputusasaan tersebut dan juga menempa diri gua menjadi pribadi yg lebih baik. Setiap harinya gua memutuskan untuk :

1. Melakukan sesuatu bagi orang lain
2. Melakukan sesuatu bagi diri sendiri
3. Melakukan sesuatu yg tidak ingin dilakukan, tetapi perlu dilakukan
4. Melakukan latihan jasmani
5. Melakukan latihan rohani
6. Menyusun sebuah doa asli yg senantiasa mencantumkan anugerah2 yg diterima pada hari itu

Melakukan sesuatu bagi orang lain
Hal ini yg paling mudah dan paling sering gua lakukan, tidak bermaksud nyombong lho. Misalnya, ada temen yg sakit minta tolong gua anterin makanan ke kostnya, dengerin orang curhat, atau sekedar membuat orang tertawa dengan lelucon2 gua. Ga peduli sekecil apapun hal yg dapat gua lakukan untuk orang2 yg gua kasihi, gua akan melakukannya, karena percaya ga percaya, senyuman bahagia dari orang2 yg kita kasihi itu, bagaikan embun sejuk di pagi hari yg senantiasa membuat hati ini menjadi damai. Karena itulah, setiap hari, gua selalu bertanya pada diri gua sendiri, "Sudahkah gua membuat orang lain tersenyum hari ini?"

Melakukan sesuatu bagi diri sendiri
Ga peduli sesibuk apapun gua selalu meluangkan 2-3 jam setiap hari untuk melakukan hal yg gua sukai : nonton film, maen game, dengerin lagu, nulis, baca, atau sekedar browsing. And it feels good. Bahkan ngebina pramuka pada hari Sabtu pun (meskipun sering diprotes sama orang2 yg menganggap gua sudah terlalu tua untuk melakukan hal tersebut) termasuk sebuah refreshing buat gua. Hanya dengan melihat senyum anak2 didik gua, rasanya semua jerih payah gua dalam mempersiapkan acara, sudah terbayar lunas.

Menabung uang hasil freelance demi bisa membeli barang yg gua inginkan juga termasuk dalam kategori ini. Awal tahun lalu gua beli Macbook setelah nabung 4 tahun, tengah tahun lalu beli BB, dan abis Imlek besok rencananya gua mau beli X-Box. Walaupun tidak semua barang tersebut akan berguna sebagai investasi masa depan, tapi ya gua rasa kalo mau jadi orang sukses harus bisa earn dan harus bisa spend. Dan semenjak tahun 2008, gua selalu merencanakan sebuah acara liburan/travelling minimal satu tahun dua kali. Mulai dari tempat yg deket misalnya Lembang/Pangandaran, sampe ke tempat yg jauh, tahun ini ke Singapore misalnya...

Melakukan sesuatu yg tidak ingin dilakukan, tetapi perlu dilakukan
Gua orangnya paling males beres2 rumah, mungkin jiwa seniman gua yg terbiasa dengan hal yg serba praktis. Walaupun kamar berantakan, tapi gua ga pernah kesulitan mencari barang. Justru kalo kamarnya rapi, kadang gua malah suka pusing gara2 lupa naro barangnya di mana. Tapi ya meskipun ga sempurna, gua berusaha agar tiap hari gua bisa beres2. Mulai dari beres2 kamar, beres2 file di komp, sampai beres2 hidup. Ngerjain proyekan/tugas sebelum deadline juga termasuk beres2 kalo buat gua, hehehe.

Melakukan latihan jasmani
Gua tiap pagi rutin pasti push-up 20-50 kali (tergantung mood). Karena itu, meski perut agak buncit, tapi bahu gua kekar. Sebenernya gua suka fitness n renang, cuma sayangnya kesibukan gua sebagai mahasiswa desain bikin gua jadi ga punya waktu untuk bisa rutin work out. Lah, wong tidur aja kadang ga sempet, boro2 mau fitness. Semoga seabis gua lulus nanti, gua bisa olahraga dengan lebih giat, hehehe.

Melakukan latihan rohani
Baca buku non fiksi termasuk latihan rohani/mental buat gua. Karena itu, semalas/sesibuk apapun gua, gua usahain tiap kali boker (lancar, sehari 2 kali) gua selalu sambil baca buku non-fiksi. Sedikit demi sedikit, tapi akhirnya beres juga, hehehe. Beberapa postingan gua di blog, seperti post yg satu ini, adlaah inspirasi yg gua dapatkan begitu keluar dari kamar mandi, hehehe (jadi apakah judul blog ini seharusnya adalah Toiletal Flutter?) Dan mulai Jan 2012 kemarin, tiap malem gua selalu rutin doa Novena...

Menyusun sebuah doa asli yg senantiasa mencantumkan anugerah2 yg diterima pada hari itu
Percaya ga percaya, walaupun kedengarannya simpel, poin yg satu ini adalah poin yg paling sulit untuk dilakukan. Sulit sekali rasanya untuk bersyukur di saat lu baru saja mengalami hari yg buruk, misalnya. Tapi ya akhirnya gua nemuin cara, setidaknya setiap malam sebelum tidur gua selalu meluangkan waktu 2-3 menit untuk berdoa malam, thanking God for a "great day" and hoping that tomorrow will be a "great day" too. Itu bentuk doa syukur paling sederhana yg gua miliki...

---

Dan apakah 6 poin di atas berhasil membantu gua keluar dari neraka kesepian ini? Well, sampe hari ini gua masih jomblo, tapi secara gradual, perlahan2 gua mulai menikmati kesendirian gua itu. Dan terutama, pengalaman2 introspektif yg gua alami sepanjang perjalanan hidup gua 4 tahun terakhir ini sangat membantu gua dalam "berdamai dengan masa lalu". Gimana gua bisa melangkah maju, kalo gua melangkah sambil menyeret2 beban yg telah lalu?

Setelah gua rutin menjalankan 6 poin di atas dalam kehidupan sehari2, gua merasakan kalo gua jadi lebih dapat "menghayati" hidup ini. Keterlibatan dengan orang lain dan pemahaman terhadap diri sendiri membantu gua keluar dari kurungan diri yg selama ini gua bentuk sebagai excuse untuk melindungi ego gua dari kegagalan2 yg gua alami. Daripada berkubang dalam rasa kasihan terhadap diri sendiri, gua lebih memilih untuk bangkit, menyongsong hari esok dengan penuh harapan dan sukacita.

"Mekarlah di tempat kau ditanam, biarkan hidupmu itu bersinar..."


You Might Also Like

34 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. keren bangeet ka :D goodluck for ur next relationship ;)

    ReplyDelete
  2. yah setidaknya single punya banyak waktunemanjakan diri sendiri ._.

    (menghibur diri)

    ReplyDelete
  3. mhm.. ini udah blog yg ke 7 ngebahas soal beginian...

    hahahaa

    jd kaya peringatan atau apa gtu buat gue kev.. #jleb #jleb bgt inih...

    ciahaha :P

    ReplyDelete
  4. Sama kev...
    Habis putus ma pcr yg terakhir, gue jg berkata "ga pengen lg nyia2in hidup gw ma org yg bukan jodoh gw. Yah simpel nya gw pengen next relationship gw itu ma jodoh gw"

    Dan yah dr saat itu smpe sekarang gw masih single...
    Single loh ya bukan jomblo,hihhi...

    ReplyDelete
  5. wkwwkk, gak s7 gue sama tuh gambar :P
    gue single gak gitu kok :D

    sbnr'a single itu enak kep..bisa liat sana sini,ahahha..
    syukuri aja deh keadaan yang sekarang jadi rasa'a bakal ringan..

    Semangat ya! :)

    ReplyDelete
  6. yeah single happy yeyeye, mau kemana aja, mo ngapain aja ga ada yang ngelarang dan ganggu2 hahahaha :)
    hwaiting~

    ReplyDelete
  7. begini nasib jadi bujangan, kemana mana asalkan suka, tiada orang yang melarang.. hati senang walaupun tak punya uang

    # yang kalimat terakhir gak yakin bener atau engga :P

    ReplyDelete
  8. Mantaaabhh Kev. Lanjutkan ;)

    ReplyDelete
  9. haduuh, kenapa semua tulisan kakak gak jauh" dr kisah galau ngjomblo siih,
    hehe
    smoga cepet dpet pndamping hidup yaaa
    =D

    ReplyDelete
  10. senasib brow hehe mga sobat dapet pendamping hidup ya,jangan jadi bujang lapuk wkwkw

    ReplyDelete
  11. setuju dg semua yg kamu lakukan. memang gak boleh mengasihani diri sendiri. harus tetap semangat

    ReplyDelete
  12. O yeah, I'm inspired after reading your blog. Thanks, man :)

    I gotta do something nih...apaan ya? merit? hehehe

    paling suka bagian akhirnya, I love sunflowers. Representative banget buat ngewakilin semangat hidup.

    #copy gambar paling atas ya, gue banget itu :p

    ReplyDelete
  13. Wow push up setiap hari?
    Keren.

    Been in your position, putus setelah 4 tahun. Pahit, hancur, parah sekali.. eh baca2 buku Chicken Soup itu dulu membantu gue juga. Btw udah baca The Purpose of Driven Life?

    ReplyDelete
  14. single itu memang berat
    apalagi single parent

    ReplyDelete
  15. Taufik : Thank you

    M.Nasihin : Setuju ;p

    Arif : Amat sangat sesuatu sekali

    Enno : Hebat banget sampe dihitungin

    MJ : Ayo semangat, kita berjuang bersama...that right person is somewhere out there ;p

    Enny : Yep, itulah yg gua lakukan

    Pitshu : Happy yayaya, heppy yeyeye, aku senang jadi anak Tuhan *lho kok malah nyanyi?*

    Kevin : Bokek itu pedih, jendral!

    Orin : Lanjutkan apanya? Singlenya? Ato cari pacarnya? Hehehe

    Rezkaocta : Gua kaga galau kok, justru gua mencoba memaknai masa2 single ini dengan sesuatu yg bermakna. Baca deh artikelnya baik2, hehehe...

    Randy : Oh jelasss...gua kan bujang gaul, wakakakak

    Fanny : Thanks fanny ^^

    Rana : Syukurlah kalo tulisan gua ini bisa menginspirasi lu =)

    Ceritaeka : Udah, dikit...hehehe

    John : Seengganya single parent tuh pernah kawin lah, gua belom, hahaha

    Honey : Sukses juga buat lu, Honey =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti syair lagu itu gak sepenuhnya bener ahha

      Delete
  16. ih wow keren! meski single tp ttp menghargai diri sendiri dan orang lain yah hihihi. anyway, semoga kt semua dpt jodoh secepetnya deh ya, yang bisa membahagiakan kita hingga.... ya jenjang pernikahan, mungkin? #eaaaaaa

    ReplyDelete
  17. Single bukan berarti mati langkah... iia Ga??

    ReplyDelete
  18. suka baca tulisan ini.
    Setidaknya, menjadi lebih bersemangat untuk menjadi orang yang bermanfaat. Untuk menjadi orng yang bisa membaikkan diri ^_^

    Makasiih.
    Semangaaaaat!!! ^^

    ReplyDelete
  19. harus tetap happy dong walaupun single

    ReplyDelete
  20. hmm, mungkin dulu sewaktu gw single, gw lebih banyak nge-date sama cowok. ga usah nyakitin dia kan berarti. trus gw jadi banyak kegiatan.

    tp di satu sisi gw kesepian.. suka sirik jg kalo liat orang pada malam mingguan :(

    ReplyDelete
  21. kereeeen kaaaa.. do something for people,ourselves,and our future.. thats what we have to do in this life..

    ReplyDelete
  22. saya lebih suka 6 p0in ini buat jadi resolusi kamu di taun 2012, haha #abaikan :p

    ReplyDelete
  23. tulang rusuk kaga bakal ktuker kawan :)

    moga tetep komit dengan point2 diatas tadi ye.

    ReplyDelete
  24. Single itu enak lagi Bang, tapi kalo kita udah bisa cari duit sendiri wajib tuh cari calon.. :D

    ReplyDelete
  25. Ehhh.. samaa. aku juga kalo kamar rapi makin bingung nyari2 barang. hahaha

    ReplyDelete
  26. Wah, Bang , seandainya Abang rutin renang aja, pasti sempurna... :D

    ReplyDelete
  27. gue malah pengen banget pacaran. huahaha... maklum kelamaan jomblo. :D

    mungkin kokoh keven bisa bantu gue. :P

    ReplyDelete
  28. gue suka artikelil ini kak, saat ini!
    *nangis bahagia*

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe