Jenuh Nulis Blog?

13:08:00


Terinspirasi dari obrolan dengan seorang sahabat blogger yg curhat soal kejenuhannya nulis blog, gua jadi kepengen nulis post yg satu ini.

Apa sih yg menyebabkan seseorang jenuh nulis blog? Menurut hasil observasi dan obrolan gua dengan beberapa orang blogger selama ini, penyebabnya adalah...


Klik untuk memperbesar

Gua bukan ahli soal dunia tulis menulis blog, jadi gua ga bisa kasih solusi untuk semua masalah di atas. Tapi kalo untuk masalah blog sepi komen atau ga ada ide, mungkin gua bisa bantu. Solusinya adalah : BLOGWALKING. Maen ke blog orang, baca dan tinggalin komen yg bermutu. Gua juga melakukan cara yg sama kok waktu Emotional Flutter awal berdiri.

Dengan maen ke blog orang dan baca tulisan mereka, ide pun akan bermunculan dengan sendirinya. Untuk lengkapnya soal ide nulis, temen2 bisa baca di post gua yg terdahulu (klik di sini), soal bagaimana menulis blog tuh sama dengan menangkap kupu2.

Tapi memang, ga bisa pungkiri, faktor yg paling menentukan suatu blog hidup atau ngga adalah ada/tidaknya feedback dari pembaca. Gua sering liat blog yg tulisannya bagus, tapi sepi pembaca, dan apa yg terjadi? Sang empunya blog jadi ga semangat nulis. Itu wajar, manusiawi, siapa sih yg ga pengen karyanya diapresiasi? Tapi tetep, jangan sampe hal itu membuat kita melupakan esensi sebenarnya dari nulis blog

Untuk apa sih kita nulis blog?
Gua pernah bahasa mengenai hal ini panjang lebar di post terdahulu, tapi intinya adalah...karena gua ingin berbagi.
Gua nulis blog bukan karena gua pengen tenar, bukan karena gua pengen dipuji2 orang, tapi murni, karena gua pengen berbagi pengalaman dan buah pikiran. Karena itu, kepuasan terbesar buat gua adalah pada saat pembaca blog ini merasa terhibur dan terinspirasi oleh tulisan gua, bukan diukur dari banyak/tidaknya jumlah komen =)

Jadi ayo kita berhenti sejenak dan bertanya kepada diri masing2...kenapa kita nulis blog? Target apakah yg ingin kita capai dari nulis blog ini?
Ga bisa dipungkiri, mungkin banyak blogger yg awalnya nulis hanya gara2 pengen ikut2an Raditya Dika atau pengen eksis ngikutin hal yg lagi trend di masa kini. Gua pun waktu tahun 2005 awalnya nulis blog gara2 butuh media buat curhat, hehehe.
Tapi seiring perjalanan waktu, gua nemuin sebuah hasrat, suatu impian, dari kegiatan menulis ini.

Nulis blog buat gua, selain untuk berbagi, adalah sebagai media terapi psikologis bagi gua pribadi. Terapi? Seriusan lu Ven? Yup, gua serius.
Dengan nulis blog, gua jadi bisa lebih memahami diri sendiri. Apa sih yg gua pikirkan, apa sih yg gua mau, seolah2 semua ide2 yg biasa beterbangan tanpa arah di pikiran tuh tertuang dalam sebuah konten yg sistematis.

Nulis kisah2 cinta di masa lalu gua, seperti First Love dan Kisah Kasih di Sekolah misalnya, membantu gua untuk menelaah dan memaknai kembali perjalanan hidup gua di masa lampau. Apa nilai plus yg harus gua pertahankan, dan apa kesalahan yg jangan sampai terulang kembali. Banyak banget yg bisa gua pelajari dengan menuangkan kisah2 tersebut di dalam sebuah tulisan. Dan percaya ga percaya, komentar dan feedback yg masuk seringkali membantu gua untuk berdamai dengan masa lalu tersebut.

Jadi, ayo menulis kawan, menulis dengan KETULUSAN, bukan cuma untuk cari perhatian atau sensasi. Bukan ratusan komentar2 basa-basi yg jadi takaran nilai suatu karya, melainkan "Hati" yg kita tuangkan dalam tiap goresan huruf dan kata lah yg membuat tulisan tersebut jadi memiliki "Jiwa"

Daripada punya ribuan follower yg hanya sekedar numpang lewat, jauh lebih berarti punya segelintir pembaca setia yg bener2 membaca dan mengapresiasi tulisan kita.

I don't wish to be EVERYTHING for EVERYONE, but I would like to be SOMETHING for SOMEONE =)

You Might Also Like

61 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. maknyus maksnyus...
    makasih sob

    ReplyDelete
  2. bener banget tuh, hambar rasanya bikin tulisan bagus-bagus di blog malah gak ada yang comment..

    ReplyDelete
  3. Like this.

    Bener banget, kalau banyak blogger dimanapun yg artikelnya bagus tapi ga ada yg baca. But, gw juga setuju kalau tujuan bikin blog itu ga selamanya bikin tenar. (:

    ReplyDelete
  4. Jadi semangat pingin ngeblog lagi..
    Thanks pencerahnya brader.. :)

    ReplyDelete
  5. bukan jenuh nulis sih. kalau aku gak ada waktu nulis, tapi ya kalau bisa di sempet-sempetin. bikin akun blog untuk apa sih? yah, untuk di tulis lah. sesibuk apapun aku mau nulis. #insyaallah :)thanks semangatnya. yuk, menulis.

    ReplyDelete
  6. Kalo gue sih, gue cuma pengen tulisan gue dibaca dan dihargai oleh orang lain.
    kalo ada komentar yang sejalan atau nyambung sama tulisan gue, ya seneng lah.

    ReplyDelete
  7. hahahahaha .. gue malu kak!! (untung lu ga sebutin nama gue)
    tapi makasih loh ya, kakak uda ngasi nasihat2 briliant :)
    kakak jadi salah satu inspirasi gue saat ini :)

    ReplyDelete
  8. aku juga kadang jenuh karena alesan banyak hal :) tapi tetap balik lagi kok

    ReplyDelete
  9. eh komentar itu segalanya lho ven.. gue suka terhibur baca dari hape komen2 yang masuk ke blog gue, baik itu yang sarkastik maupun yang candaaan. hehhehe

    btw saran buat dia, kalo mau dikomen balik, yah ada baiknya komen juga. pengalaman, gw sering lupa visit kalo gak komen

    ReplyDelete
  10. Dulu penyebab gue males nulis blog tuh "gak ada temen" , ternyata solusinya sama yaitu "Blogwalking" :D

    ReplyDelete
  11. waduh , gue bagian kesibukan lain diluar dunia maya, lagi sibuk banyak pesenan tracing foto *curhat*

    ReplyDelete
  12. Kopi daratan juga merupakan pendongkrak mood blogging yg paling ampuh bang.

    Sebelum ngikut On Off, ane hampir aja jd blogger murtad. Eh tapi setelah kopdaran dan gokil2an sama temen2 blogger, hasrat blogging pun muncul kembali :) #curcol

    ReplyDelete
  13. kalo saya pribadi tidak pernah jenuh menulis di blog, hanya saja waktu buat nulislha yg kurang karena kesibukan tersendiri :/
    dan waktu luang hanya buat blogwalking .-.

    ReplyDelete
  14. kadang gue juga mikir sebel alias jenuh bisa sih dibilang gitu, sepi komen, atau jarang orang yang buka blog gue. tapi seiring berjalannya waktu *ceilah* gue nulis cerita2 gilak, atau bikin komik, mix match style *sebagian besar isi blog* gue tetep bakal lakuin aja dg enjoy, itu juga bisa buat cerita anak cucu kelak, kalo ternyata gue itu narsis *abaikan* hehe. iya blogwalking dg coment bermutu itulah solusi mendapat teman :)

    ReplyDelete
  15. Eh gw serius kaget alasan terbesar males nulis dblog cuma gara2 dikit yg komen.. Bagi gw sdkt bnyakny komen ga ada pngaruhnya dlm minat nulis gw d blog. Jujur, gw lg males2ny nulis nih Ven. Sbuk sih nggak sibuk2 banget, ide? Banyak kok klw gw mau nuanginnya ditulisan. Tp knp y Ven, akhir2 ini gw g mw sembarangan nulis kyk dulu lg. Gw pgn nulis sesuatu yg gw anggap ptg saat itu..menurut loe gmn nih Ven, bantu gw dong :(

    ReplyDelete
  16. Gue yang warna ijo bang, kalo komen dikit atau gak ya itu sih rezeki masing2 aja.. :D

    ReplyDelete
  17. asiik ahh quotenya keren banget kak.. ngena :)

    ReplyDelete
  18. tuh kan.. lagi2 postingannya keren :D

    yup, dan salah satu orang jenuh nulis blog mungkin: modemnya rusak. #pengalaman pribadi *sigh*

    ReplyDelete
  19. nice post, bener buanget. dan gue lagi ga sesemangat dulu ngeblog gara2 ga sempet dan giliran sempet males ngeblog. :<

    ReplyDelete
  20. Betul banget, kalo sepi, ya blogwalking, dan pastinya promosi. :D

    Duluuuuu banget awal nulis blog biar banyak yang baca tulisan. ;p
    Tapi sekarang nulis blog buat diary. Supaya kalau aku tua nanti, aku bisa mengenang ap aaja yang udah aku lakukan, lewat blogku. :)

    Bahkan sekarang aja kalo baca2 ulang postingan dulu, rasannya gimana gitu. :)

    ReplyDelete
  21. padahal blog sepi komen itu menurut saya keren loh. :D
    tapi traffic harus tetep ramai. :P

    ReplyDelete
  22. menurutku banyak tidaknya komen di suatu postingan gak bisa jadi jaminan kalo suatu postingan itu bagus/gak.

    tapi terlepas dari semua faktor yg sudah disebutin diatas, poin yg utama menurutku, jangan sampe kegiatan blogging jadi beban. enjoy aja. kalo emang lagi jenuh ya rehat bentar, tapi jangan lupa balik lagi.hehe

    ReplyDelete
  23. menulis itu sesuatu, seperti hujan. atap hanya bisa menghentikan di satu titik saja


    catatantahupetis.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. Paling suka dengan penyebab "blognya sepi komen"

    ReplyDelete
  25. bener banget tuh,kalau sesuai dengan sy biasnya males nulis...kalau blogwalking saya seneng :Dhoho

    ReplyDelete
  26. suka banget yg ini :
    "Daripada punya ribuan follower yg hanya sekedar numpang lewat, jauh lebih berarti punya segelintir pembaca setia yg bener2 membaca dan mengapresiasi tulisan kita."

    betul banget! aku sebel deh kalo ada silent rider di blog ku, dan nanti tau2 dia bongkar di depan orang rame tentang curhat gejeku di blog.. uhh

    ReplyDelete
  27. kalau aku mood2an, kalau ada ide dan lagi pengen nulis pasti bakal rajin posting, kalau nggak yaa bisa nggak posting2 sampe berminggu2, hhu

    ReplyDelete
  28. Bang! Kalo surplus idee gimana yak?? :D

    ReplyDelete
  29. kalimat terakhirnya itu loh keren banget :)

    ReplyDelete
  30. nice info
    *angguk-angguk*

    thank you for sharing..

    ReplyDelete
  31. aiihh,,betul bgt kawan..sy pun belajar utk bersikap demikian...byk'a komen adalah utk penambah semangat..tp tetap menulis tuh butuh ketulusan :)

    nice post :D *pdhl telat bacanya hehe*

    ReplyDelete
  32. gue kayaknya bukan males nulis blog sih. tapi terlebih gak ada ide yg mau diangkat buat di post-_-

    ReplyDelete
  33. kalo aku bukan males nulis sih, bnyk bgt document aku buat ngisi blog, tp waktunya aja kali ya yg jd penghambatnya, trus juga krn modem dan jaringan internet yg labil bgt, mkny aku jrg bgt buka blog, nah itu begimana dung?

    ReplyDelete
  34. Nice post bikin gw semangat nulis lagi...

    ReplyDelete
  35. Aku mah kebiasaan ngejadiin sebuah blog jadi diary.-. Makasih lho kak, atas solusinya haha:D

    ReplyDelete
  36. pitshu kek na masuk yang ijo deh! hahaha.. klo ga ada yang komen pun gpp, namanya buku harian juga hahaha ^^

    ReplyDelete
  37. sebelumnya salam kenal ko

    awal ngeblog soalnya pengen ikutan Indomotoblog - agregator blog sepeda motor, sayangnya itu agregatornya wordpress jadi blogger saya ga keterima. akhirnya ngeblog dengan tujuan bagi2 informasi sekaian have fun.

    cuma ya ko saya kadang bingung kalau ada komen atau email yang tanya cara modif motor biar bisa cepet kayak (kawasaki) Ninja atau semacamnya.

    by the way, nice article and nice blog ko

    ninjakonohajournal.blogspot.com

    ReplyDelete
  38. mending yang komen sedikit, daripada komen banyak tapi isi nya cuma junk posst.

    btw, saya dulu pernah mengalami jenuh dalam ngeblog. tapi skr tidak lagi sejak ambil air tidak susah dan negara api menyerang.

    hehehe

    ReplyDelete
  39. Numpang lewat dong....

    Hwaw, inspired post =))
    Makasih yaw kakak, jadi semangat nulis lagi ini heeehe ~~
    Thumbs up :D

    ReplyDelete
  40. wuish udah jadi pakarnya blogger nih Keven. hahaha.. iya loh, kalo saya biasanya sih yang warna ijo alias yang sibuk diluar dunia maya

    tapi bagi saya, ngeblog is healing.. jadi kalo l agi butuuh pengobatan yaa ngeblog aja

    ReplyDelete
  41. Tujuan pertama aku nulis diblog adalah sharing tentang pelajaran sekolah, tapi dengan berjalannya waktu (setelah buat blog kedua) hasratku jadi ingin menulis karya2 seperti cerpen, puisi, cerbung dsb. Entah kenapa pas aku nulis seperti itu seneng aja, terlebih kita mendapat feedback dari pembaca *malah curcol hehehe

    ReplyDelete
  42. satu lagi yg bikin males nih Kev, koneksi inet yg senen kamis.. itu yg kualami.. makanya bisa posting pas giliran bewe duh leletnya ampun deh.. hehe...

    ada solusi utk koneksi inet yg oke di jakarta timur? :-D

    ReplyDelete
  43. yup suka banget postingan ini...
    menulis buat terapi.

    yah moga bisa jadi lebih kreatif nulis karna postingan ini.

    thanks ya udah berbagi

    ReplyDelete
  44. komentar emang bikin semangat menulis, tapi ga ada ide itu yg bikin nulis blog selalu mandeg..

    semakin lama punya blog, semakin sayang kalo blog cuma di isi curhatan2 ga jelas, makannya ide sering mandeg

    ReplyDelete
  45. sepakat deh ven, menulis itu adalah salah satu cara kita untuk lebih memahami siapa diri kita dan kemampuan kita dalam dunia tulis menulis.. dan bagi gw sih, komentator itu adalah bonus buat gw, semangat plus inspirasi juga..

    so, menulislah dengan cara lu sendiri, menulislah dengan jujur, menulislah dengan cinta, dan tulislah apa yang ingin lu tulis.. itu kalimat yang selalu bikin gw termotivasi untuk terus menulis.. :D

    ReplyDelete
  46. well, balik lagi ke tujuan masing2 indovidu yah. aku sih tujuannya 'to keep' hehe

    ReplyDelete
  47. gue ga nulis ya karena emang ga pengen aja sih :))

    ReplyDelete
  48. pengen mengembalikan era kejayaan tahun 90an lewat blog #motivasi ngeblog :D

    ReplyDelete
  49. Kadang pun blogwalking males. Jadi klo gua sih, sekalinya dateng males semua-muanya jadi enggan buat dilakuin. Tapi seminggu kemudian biasanya mood buat ngeblog balik lagi.

    ReplyDelete
  50. setuju, kalau jenuh banyakin blog walking aja. lebih bagus kalau jalan2 diluar comfort zone kita. misalnya coba jalan ke blog fashion padahal kita suka musik. atau ke blog masak, padalah kita lebih suka masak, hehehe. pasti mendadak fun deh.
    sama jangan lupa sesekali ganti tampilan blog. inget kan waktu kita SD tiap ganti alat tulis pasti semangat banget buat masuk sekolah :D

    ReplyDelete
  51. betul-betul-betul,
    sering banyak maen kerumah orang, nanti banyak juga yang maen krumah kita
    =D

    ReplyDelete
  52. ngutip nama lu di sini >> http://www.immanuels-notes.blogspot.com/2012/01/mungkin-widget-itu-gak-guna.html

    ReplyDelete
  53. yang sering gue alamin : nggak ada ide. haha

    ReplyDelete
  54. aw suka bgt sama kalimat paling akhir :)
    setuju deh, lebih mementingkan pembaca setia ketimbang followers :D

    ReplyDelete
  55. Ohht Tidakkk! semua penyebab itu ada di gw.
    Kesibukan di luar dunia maya? berangkat jam set 8 pulang jam 5.
    Ga ada ide? kalo ada ide ngak usak gw ngubek2 EF, mule dari Panduan Nulis Blog ala EF 1-3 sampe ke postingan ini.
    Keranjingan maen game? setiap pulang kantor sampe jam 10 11-an Dota, walopun cuma ngelan.

    Selamat Anda berhasil menebak total keadaan saya sekarang!

    ReplyDelete
  56. ayo menulis kawan, menulis dengan KETULUSAN, bukan cuma untuk cari perhatian atau sensasi.

    Gue suka sama kalimat ini bang..
    Nulis itu memang harus tulus dan ihklas :)

    ReplyDelete
  57. :) ...
    Mulai belajar menulis lagi nih bing :)

    ReplyDelete
  58. Bener gan,. dengan blogwalking itu salah satu cara tuk ngilangin jenuh, karna bisa nemuin ide lain,. nah ide2 baru itu yang bikin jenuh ilang.

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe