Deri-TA (Menjelang Preview 1)

10:09:00

Halo temen2 pembaca semua, kangen ma gua ga? Hehehe...
Sori ya akhir2 ini lagi jarang ngepost, gua lagi sibuk banget ngerjain TA
...dan hal itulah yg mau gua ceritain di post yg satu ini.

TA tuh artinya Tugas Akhir, sebuah proyek akhir yg harus dikerjakan oleh mahasiswa jurusan desain menjelang akhir kuliahnya. TA tuh mirip sama Skripsi (ato mungkin lebih dikenal dengan Skripsh!t), cuma bedanya kalo TA tuh kita harus bikin KARYA dan juga SKRIPSI.

Jadi singkatnya, penderitaannya DOBEL cuy!



Nah kalo TA nya anak DKV tuh intinya kita harus mencari suatu masalah, melakukan penelitian, dan memecahkannya menggunakan sebuah karya/proyek DKV...biasanya berupa re-branding ulang suatu brand, kampanye, promosi, atau pembuatan multimedia (buku, game, animasi, dll).

Yg namanya TA di kampus gua tuh prosedurnya agak berbeda dengan TA di kampus lain. Gua denger di kampus lain sih bebas topiknya mau apa dan sebelum TA dimulai juga udah bisa nyicil. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku di kampus gua. Tiap semester, topik TA nya diubah, untuk menghindari mahasiswa yg menjiplak TA orang atau curi start ngerjain TA sebelum waktunya. Jadi kurang lebih, inilah deritanya TA di kampus gua :

1. Kita ga bisa milih topik asal2an seenak perut. Gua pernah baca judul TA dari kampus tetangga dan ada mahasiswa yg mengajukan topik kayak gini : "Perancangan Kalender Berseri Untuk Lebih Mengenal Yesus." DAFUQ??? Oke sih, hasilnya bisa aja keren dan menyilaukan mata, tapi apa masalahnya ga terlalu gampang tuh? Ga bisakah dia mengangkat masalah yg lebih aktual, mengenai penyimpangan orientasi seksual dan kaitannya dengan kecenderungan anggota DPR kita untuk boker di WC yg harganya milyaran misalnya?

2. Kita ga bisa seenaknya curi start ngerjain TA sebelum waktunya. Gua inget temen gua pernah cerita kalo temennya ada yg mau curi start ngerjain TA. Ceritanya dia mau bikin buku cerita2 alkitab bergaya manga jepang, dan dia udah sok kerajinan gitu ngerjain gambar2nya dari beberapa semester sebelum TA. Taunya topik TA semester dia tuh KESEHATAN. Jegerrrrr...mau dipaksain gimana juga tetep ga ada sangkut pautnya antara buku cerita alkitab bergambar dengan kesehatan. Well, kecuali lembar2 bukunya dibuat dari daun selada yg mengandung vitamin C dosis tinggi...hahaha.

3. Proses TA di kampus gua tuh dibagi 4 tahap.

- Sidang/Preview 1 (Skripsi 75% jadi)

- Sidang/Preview 2 (Skripsi 90% jadi, Karya 80% jadi)

- Sidang/Preview 3 (Skripsi 99% jadi, Karya 99% jadi)

- Sidang Akhir (Skripsi 110% jadi, Karya 140% jadi)

Jarak antar sidang biasanya 1 bulan, kecuali preview 3 ke sidang akhir biasanya cuma 1 minggu

Jadi kasarnya, gua harus beresin skripsi (atau di kampus disebutnya Laporan TA) hanya dalam waktu 2 bulan pertama. Bayangin, skripsi yg biasa dikerjakan oleh mahasiswa2 jurusan lain selama berbulan2, bahkan ada yg bertahun2, harus gua beresin dalam waktu 2 BULAN DOANK! Sambil ngerjain karya pula!

Dan 4 tahap di atas juga membuat mahasiswa yg lagi ngerjain TA tuh harus konsisten dan menunjukkan progress tiap minggunya. Jadi ga bisa kayak skripsi di jurusan lain di mana kita bisa bermalas2an pada awalnya dan ngebut 2 bulan menjelang sidang. Bahkan tiap minggu tuh WAJIB ketemu dengan dosen pembimbing, DIABSEN dan DINILAI. AAAARRRGHHH!!!! THIS IS SPARTAAAAA!!!!!!



Kebetulan TA gua kali ini tuh temanya BANDUNG...jadi intinya kita harus cari masalah yg ada di Bandung, dan mencoba memecahkannya dengan proyek yg ada kaitannya dengan ilmu DKV. Intinya, kita harus gunain semua yg sudah kita pelajari selama kuliah untuk mengkontribusikan sesuatu untuk Bandung, kota tercinta tempat kita belajar ini, hehehe.

Setelah bertapa di Mahameru selama 3 hari 3 jam 3 menit dan 3 detik sambil melakukan pose2 erotis menirukan domba yg lagi kawin, akhirnya gua pun menemukan topik yg bagus untuk TA gua. Gua akan bikin Boardgame tentang Bandung Lautan Api.

Jadi intinya, anak2 remaja jaman sekarang tuh kurang bisa menghargai yg namanya sejarah. Menurut hasil survey juga, sebagian besar anak remaja Bandung saat ini, kurang mengenal sejarah kotanya sendiri. Tapi bukan semua salah mereka juga, karena dari hasil penelitian gua, ternyata memang cara mengajar sejarah di Indonesia tuh cenderung membosankan, dan ga ada improvisasinya sejak jaman Firaun masih labil.

Tapi coba kalo kita liat negara2 tetangga kita, Cina misalnya. Mereka bisa jadiin sejarah mereka sebagai bahan yg menarik untuk rakyatnya, dan juga untuk seluruh dunia. Contohnya Kisah Tiga Kerajaan yg udah banyak diadaptasi jadi game dan juga film, dan dikenal oleh seluruh dunia. Kenapa sejarah dan cerita rakyat Indonesia ga bisa kayak gitu? Karena ga pernah dibranding ulang dengan grafis yg menarik dan dipromosikan.

Salah satu film keren hasil adaptasi Kisah Tiga Kerajaan

Makanya, sebelum Bandung Lautan Api diklaim sebagai cerita sinetron oleh Malaysia, gua mau mempromosikan kisahnya dengan media boardgame. Diharapkan boardgame yg nantinya tentu akan dikemas dalam grafis dan gameplay yg keren abis ini (ciehhh, semoga) bisa mengangkat Bandung Lautan Api sebagai kisah yg dikenal secara nasional (dan juga internasional, suatu hari), mempromosikan kota Bandung, dan yg ga kalah penting, menumbuhkan minat anak remaja terhadap sejarah negerinya sendiri.

Btw, besok (Sabtu, 10 Maret 2012), gua bakal Sidang Preview 1 nih...pada saat gua nulis post ini juga gua masih jungkir balik men-desain presentasi powerpoint gua (Powerpointnya harus DI-DESAIN sendiri bro! Ga bisa asal tempel template >_<). Temen2 semua, doain gua sukses yaaa!!! Semoga ga dapet dosen penguji yg killer...semoga dosen pembimbing gua belain gua kalo gua kena bantai...semoga besok gua ga sakit...

Dan semoga...gua lewatin semua proses ini dengan lancar, hehehe.


Keven, peace and out! =)

You Might Also Like

28 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. sukses kakak, saya belon kuliah kuliahan cuman kalau TA TA udah.
    cuman bisa doain sukses doank deh
    cayoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suatu hari juga lu bakal ngalamin kok, sabar aja, yg penting sekarang sekolah yg rajin. Memang pelajaran sekolah ga semuanya dipake di kuliah, tapi latihan ketahanan mentalnya dijamin kepake banget, hehehe

      Delete
  2. owh ini yang waktu itu bikin quizioner ya Om?? sukses ya,

    itu perut tetep aja di bawa-bawa ya #digampar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sial...kenapa perut gua dibawa2 melulu. Masalahnya perut gua ga portable, ga bisa ditaruh dulu sementara, hehehe

      Delete
  3. Wuiiihh...kebayang sih Kev giamana chaosnya hehehe..
    Gudlak yaa ^^

    ReplyDelete
  4. selamat berjuang utk TA nya ya semoga sukses, segera lulus! ngahahaha I've been there kep, 2bln-an kurang tidur udah ga aneh kan? wkwkwkwk hwaiting!! ditunggu laporan lulus sidang 1 nya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Puz, kurang tidur mah udah biasa, yg tidak biasa tuh deg2annya...hahaha...thanks yooo

      Delete
  5. wah ribet juga ya. yg sabar Ven...badai pasti berlalu kok. jalanin aja dulu. ntar tau2 kelar

    ReplyDelete
  6. ok, sukses buat Sidang Preview TA pertamanya om,
    semoga cita-cita cerita boardgame bandung lautan apinya mendunia dan tidak di klaim malaysia.

    ngomong2 gue sih sedari semester 3 udah rajin nyicil ngerjain TA juga, TA (Titip Absen) haha

    Sukses Om (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Om Yono...lu udah Om2, gua belom, jadi jangan panggil gua Om, hahaha

      Delete
  7. wiiw T.A brow selamat berjuang ya om,semoga sukses naklukin para "monster" pengawas dan pengji nya wakwkaw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doain semoga penguji gua dapetnya yg baek, bukan yg monster, hehehe

      Delete
  8. waaahh,, masa2 ngerjain TA adalah masa2 galaunya mahasiswa,, hehe.. :p
    sukses buat sidang previewnya bsk.. smoga lancar jaya biar bs cepet lulus terus diwisuda deh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you...sebenernya gua masih seneng kuliah, belom pengen lulus, tapi inget umur nih masalahnya, hahaha

      Delete
  9. muahahahaha berhubung ekeu udah wawancara langsung ke abang kepen unyu unyu, gue bisa tau ekspresi yang cocok disini muahahahaha :D semangat abang!

    ReplyDelete
  10. salam sukses selalu untuk TA-nya :)

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. tahun lalu si tomkuu yang TA, sekarang si keven.... kayaknya gue makin paham banget nih derita2 anak2 DKV.... hahahhaha

      good luck yah kokoh keveeeen.... \^-^/

      Delete
  12. bener ka bener banget. banyak masyarakat Indonesia lainnya yang juga ga tau sejarah negaranya sendiri. boro2 sejarah negaranya sejarah daerahnya aja ga bisa. mungkin selanjutnya guru2 sejarah di Indonesia harus dilatih melalui stand up comedy biar ngajarin sejarahnya bikin nempel di otak. #abaikan.

    good luck ya koko for sidangnya.. KAMU PASTI BISA !!! *Ssambil ngepelin tangan*

    ReplyDelete
  13. jadi keinget masa2 menjelang sidang TA tahun kemarin, sukses bro !

    ReplyDelete
  14. Ajegilebujubuset... susah amat yak proses Tugas Akhirnya =.=a

    Semangat mas kev, semoga TA-nya sukses..
    saya juga sudah isi loh kuisionernya :D

    ReplyDelete
  15. Ciee yang mau wisuda!!
    Semangaat kak!!
    Kalo kurang semangat, nyante aja dulu masih ada semester dpn koq. #Eehhh...
    hahhahaa

    ReplyDelete
  16. semangat ya, semoga sukses preview 1 TA nya ! ribet amat sih tugas akhirnya. Berarti satu angkatan lulusnya barengan semua dong, gada yang sampe 5 atau 7 tahun baru lulus.

    ReplyDelete
  17. wah...jadi inget masa2 TA nih...ternyata aturan TA sekarang lebih ribet ya.....by the way, gud luck nih buat TA-nya & congratz dah lulus preview 1! Perjalanan masih panjang, harus teteup semangat buat ke depannya yah~=]

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe