My Top 20 Greatest Wrestlemania Match of All Time (Part 1)

15:59:00

Wrestlemania...The Grandest Stage of Them All...The Showcase of The Immortals...kedua julukan itu bukan muncul begitu saja tanpa alasan. Dalam 27 tahun terakhir, setiap tahunnya Wrestlemania selalu mewarnai hidup fans wrestling dengan match2 yg berkualitas five star, berbagai kejutan, dan nama2 yg akan terus dikenang sepanjang masa.

Setiap tahun, menjelang Wrestlemania, gua selalu nonton ulang beberapa match Wrestlemania favorit gua, dan setiap kali, gua selalu dapat merasakan kembali excitement yg gua rasakan dulu pada saat menonton pertama kali. Darah, keringat, air mata, dan momen2 menegangkan serta mengharukan, semua itu selamanya akan selalu hidup di dalam hati gua.

Berikut ini adalah 10 Match Wrestlemania paling berkesan yg pernah gua tonton. Sekali lagi, list ini hanya pendapat pribadi dan mungkin tidak sepenuhnya obyektif karena gua belom nonton Wrestlemania 1 s/d 10, but nevertheless, please enjoy reading.

Remember the excitements. Feel the awesomeness. Relive the moments.


20. Wrestlemania 20 : WWE Championship - Eddie Guerrero vs Kurt Angle
Di saat match ini terjadi, Eddie adalah salah seorang underdog yg baru menjadi WWE Champ selama 1 bulan sementara Angle adalah mantan juara yg sudah berkali2 menjadi WWE Champ. Sekilas, match ini tampak berat sebelah di mana Angle sangat mendominasi sepanjang match berlangsung. Namun inilah yg membuat Eddie Guerrero dicintai oleh para fans, ia berhasil mengalahkan Angle dengan kepintarannya.

Setelah berkali2 kena Ankle Lock, Eddie pura2 kesakitan, dan diam2 melepaskan tali sepatunya. Pada saat Angle kembali mencoba Ankle Lock, sepatu Eddie lepas! Angle terbengong2, dan pada saat ia lengah itulah Eddie roll up Angle sambil kakinya menempel di rope. 1...2...3...!!! Viva la Raza! Eddie Guerrero cheated his way to steal the victory from Angle. I lie, I cheat, I steal!!! I missed him so much.




19. Wrestlemania 23 : WWE Championship -  John Cena vs Shawn Michaels
Bisa dibilang mungkin inilah penampilan terbaik John Cena di Wrestlemania so far. Di Wrestlemania 23 ini Cena mendapat kesempatan untuk tampil dalam satu ring dengan Mr. Wrestlemania, The Showstopper, Shawn Michaels. Keduanya bekerja dengan sangat baik dan menyajikan sebuah wrestling match yg sangat mendebarkan. Salah satu spot yg paling gua inget adalah pada saat Shawn mem-piledriver kepala Cena ke steel steps. Match berakhir dengan tegang pada saat Cena akhirnya membuat Shawn tap out dengan kuncian STFU nya.


18. Wrestlemania 18 : The Rock vs Hulk Hogan
Match Icon vs Icon ini adalah bagaikan mimpi yg jadi kenyataan bagi para wrestling fans : The People's Champion The Rock berhadapan dengan The Immortal Hulk Hogan. Meskipun Hogan sudah tua dan bertahun2 vakum dari WWE, namun pada saat ia naik ke ring dan berhadapan dengan The Rock, tidak sedikit penonton yg masih tetap cheer Hogan dan malah mem-boo The Rock. Matchnya tidak bisa dikatakan luar biasa, tapi sepanjang match, penonton jerit2 histeris mengiringi pukulan demi pukulan. Bukan masalah siapa yg menang, tapi match itu sendiri yg menjadi daya tarik utama.

Match berakhir dengan dramatis saat The Rock akhirnya dapat mengalahkan Hogan setelah dua kali The Rock Bottom dan satu kali People's Elbow. Di akhir match, Hogan dan The Rock bersalaman. Kevin Nash dan Scott Hall yg tadinya segrup dengan Hogan malah datang dan menyerang Hogan, namun tanpa disangka, The Rock malah balik membantu Hogan dan match ditutup dengan The Rock dan para penonton cheer buat Hogan. A mutual show of respect between the greatest performer. Gua bener2 jerit2 waktu nonton match yg satu ini.


17. Wrestlemania 15 : The Rock vs Stone Cold Steve Austin
Inilah awal dari perseteruan panjang antara The Rock dan Steve Austin. Pertandingan one on one pertama mereka ini bener2 seru dan menegangkan, kombinasi antara in-ring wrestling dan outside ring brawl yg akan jadi formula favorit WWE selama bertahun2 setelahnya. Austin menang dengan clean di pertandingan ini pada saat mengcounter The Rock Bottom dengan Stone Cold Stunner. Simply classic Attitude Era style match.


16. Wrestlemania 19 : Shawn Michaels vs Chris Jericho
Meskipun bukan main event, tapi match antara dua orang performer terbaik WWE pada masanya ini bener2 seru, bahkan lebih seru daripada main eventnya sendiri. Y2J yg saat itu diceritakan mengidolakan Shawn Michaels akhirnya mendapat kesempatan untuk bertarung melawan idolanya itu. Sepanjang match penuh dengan spot2 keren dan mid-air stunts. A pure display of wrestling skills.


15. Wrestlemania 21 : Money In The Bank
Money In The Bank adalah sebuah pertandingan di mana 8 kontestan harus berlomba2 memanjat tangga untuk merebut sebuah koper berisi kontrak yg dapat memberinya hak untuk perebutan gelar kapan saja dan di mana saja. Meskipun kini pertandingan ini sudah menjadi PPV tahunan tersendiri, namun match ini pertama kali diadakan di Wrestlemania 21 di mana saat itu Edge yg keluar sebagai pemenang.

Yg seru dari match ini adalah selain penampilan 8 orang yg biasanya membuat match menjadi seperti tawuran, juga spot2 di mana tangga terbukti dapat digunakan sebagai senjata yg menyakitkan. Sepanjang match penuh dengan spot2 keren dan "Holy Sh1t" moment misalnya pada saat Benoit melakukan diving headbutt kepada Kane dari puncak tangga hingga ia busted open.


14. Wrestlemania 16 : Triangle Ladder Match for Tag Team Championship - Edge & Christian vs Dudley Boyz vs Hardy Boyz
Match ini mirip dengan MITB yaitu para kontestan yg terdiri dari 3 tim harus berlomba merebut sabuk kejuaraan yg digantung setinggi 4 meter di atas ring. Selain untuk memanjat, tangga juga dapat digunakan sebagai senjata. Banyak momen2 tidak terlupakan dalam pertandingan ini, misalnya Jeff Hardy melakukan Swanton Bomb ke atas dua tumpuk meja dari tangga yg tingginya 3 meter atau pada saat Bubba Ray melakukan neckbreaker kepada Christian dari atas tangga hingga menimpa meja di sisi ring. Salah satu match paling brutal dan paling seru dalam sejarah WWE. Cowo2 harus nonton, bener2 adrenaline rush.


13. Wrestlemania 17 : Undertaker vs Triple H
10 tahun sebelum pertandingan legendaris mereka di Wrestlemania 27, Triple H dan Undertaker pernah saling berhadapan dalam suatu match yg termasuk salah satu match paling seru sepanjang masa. Pertarungan tidak hanya dilakukan di ring, tapi juga di area penonton di mana Taker menchokeslam Triple H dari atas mini tower setinggi 3 meter. Spot seru lain juga pada saat HHH menghajar kepala Taker dengan sledgehammer pada saat Taker hendak membantingnya dengan The Last Ride. Banyak banget near-pinfall di sini, namun pada akhirnya Taker menang dan mengukuhkan rekornya 9-0 di Wrestlemania.


12. Wrestlemania 12 : Ironman Match for WWE Championship - Bret Hart vs Shawn Michaels
Pertandingan klasik antara HBK dan The Hitman. Keduanya adalah pegulat terbaik yg dimiliki WWE pada masa itu. Ironman Match paling seru yg pernah gua tonton. Match berakhir dengan skor seri hingga akhirnya diperpanjang dengan sistem sudden death. Shawn nyaris tap out oleh Sharpshooter namun ia akhirnya menghajar Hart dengan 2x Sweet Chin Music untuk memenangkan pertandingan dan juga WWE Title.


11. Wrestlemania 21 : Shawn Michaels vs Kurt Angle
Bisa gua bilang, ini salah satu match non main-event terbaik yg pernah gua tonton. Match ini terjadi di saat Shawn dan Angle, keduanya berada pada puncak kondisi primanya. Shawn bermurah hati put over Angle dengan membiarkannya menang secara clean di sini. Boleh dibilang, inilah puncak karir Angle di WWE sebelum akhirnya menurun drastis dan akhirnya dia pindah ke TNA.

(To Be Continued...)

You Might Also Like

6 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. anjrit lengkap amat nehh ,gue suka bacanya tapi yg paling gue suka ya masih yg klasik,The rock,stone cold,Hulk hogan dll.Yang sekarang kurang gereget coz banyak ngocehnya.Satu lagi diIndo gak ada lagi tuh tayngannya,gak baek utk anak2 hhkhkh

    ReplyDelete
  2. Yang nomor 11, Wrestlemania 21 : Shawn Michaels vs Kurt Angle itu pas Kurt Angle pertama kali botak ya om ?

    Pas dia buka wig untuk pertama kalinya di depan umum ?? #agaklupa

    ReplyDelete
  3. dulu gue pernah nonton smack down yang arenanya tuh ada kurungan... cuman gue lupa siapa yang maen yah? maklumlah waktu itu gue nonton opas kelas 6 sd... haahhahaha... tapi itu seru pertandingannya

    ReplyDelete
  4. Jagoan gua ga ada sich ya, Si. Rey Mysterio. ahayy gua demen ama gayanya tuh. Nice share om :D

    ReplyDelete
  5. Padahal itu rekayasa ya, tapi kalo nonton ttep tegang aja n' gak ktebak akhirnya.. :)

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe