110.000 Views

02:54:00

Liat hasil screenshot di atas?
Yup, pada tanggal 10 April 2012, di usianya yg menjelang 22 bulan, Emotional Flutter berhasil mencapai 110.000 views, 296 post, dan 313 follower.
Thanks banget kepada semua temen2 pembaca yg sudah setia mengunjungi blog ini. Tanpa kalian, ga akan ada hari ini.


Kalo gua inget masa2 awal gua ngeblog di Blogspot di mana sebulan hanya ada sekitar 20 orang pengunjung (dan itu juga sebagian besar nyasar ga sengaja karean Google), rasanya ga berlebihan kan kalo gua bilang gua bangga dengan pencapaian 110.000 views tersebut? Peningkatan drastis lho dalam 2 tahun terakhir. Dulu per hari hanya dikunjungi 1-2 orang, sekarang setiap harinya rata2 blog ini mendapat 500 views dan setiap post kurang lebih ada 20 orang yg komen. Dan menurut statistik, bulan Maret 2012 yg lalu blog ini memecahkan rekor dengan total 16.000 visitors pengunjung dalam kurun waktu sebulan, wow.

Siapa sih yg ga seneng kalo blognya rame pengunjung? Walopun memang tujuan gua nulis tuh murni hanya karena gua ingin berbagi, bukan karena pengen terkenal atau jadi artis, tapi tetep aja peningkatan jumlah pengunjung ini menandakan bahwa waktu, tenaga, dan pikiran yg gua keluarkan untuk menulis tuh tidak sia2. Apalagi kalo banyak yg ninggalin komen/feedback, jelas gua lebih seneng lagi. Thank you banget buat semua temen2 pembaca yg udah rajin berkunjung ke sini. Tanpa kalian, ga akan ada hari ini.

Bagaimana sih sejarahnya gua bisa nulis blog?
Waktu kecil, gua sama sekali ga punya cita2 mau jadi penulis lho, tapi memang waktu kecil gua seneng banget baca. Bacaan gua waktu kecil tuh majalah2 silat seperti Tapak Sakti, Pukulan Geledek, Tiger Wong...temen2 yg lahir di tahun 80-90an pasti pernah baca juga majalah2 tersebut.

Saat gua masuk TK, gua mulai kenal dengan yg namanya komik...dan komik favorit gua waktu itu adalah Dragon Ball. Sejak mengenal komik inilah gua mulai jadi seneng menggambar, dan gua biasanya ga sekedar hanya menggambar tapi juga ada ceritanya, umumnya perang2an pake tenaga dalam gitu deh, terinspirasi dari Dragon Ball, hehehe. Mungkin inilah cikal bakal munculnya minat gua terhadap menulis.

Waktu SD, gua mulai mengenal yg namanya Bahasa Inggris lewat game2 RPG seperti Final Fantasy VII dan Xenogears. Saking sukanya gua dengan kedua game tersebut (yg belakangan baru gua sadari bahwa kedua game tersebut memang berat banget ceritanya), gua bela2in buka kamus demi bisa ngerti ceritanya. Dari situlah gua jadi mahir Bahasa Inggris. Gua ga pernah les Bahasa Inggris dan jaman dulu, Bahasa Inggris baru mulai diajarin pas SMP, jadilah sebagian besar kosakatanya gua belajar dari game. Tapi tetep, saat itu gua belom pernah menulis sama sekali.

Pertama kali gua mulai nulis tuh pas kelas 2 SMP. Waktu itu di kelas gua ada satu orang cewe yg sangat menarik. Dia pinter, supel, ceria, rajin...sehingga dia ditaksir oleh banyak cowo, gua termasuk salah satunya. Kita pun bersaing mati2an untuk dapetin perhatian dia. Nah, waktu itu Westlife lagi populer banget, akibatnya segala sesuatu yg berbau bahasa Inggris pun terlihat keren di mata para cewe2.

Dan itulah sebabnya gua dan para cowo2 itu pun berlomba2 nulis puisi Bahasa Inggris buat si cewe itu. Kalo gua inget2 lagi, waktu itu puisinya konyol banget lah. Sumpah, ga ada keren2nya. Tapi namanya juga berusaha, betul kan? Hehehe. Ini salah satu contoh puisi bikinan gua :

You're beautiful
Like the moon when it's full
So tell me oh beautiful lady
Will you be my baby?
(Brb...gua mau muntah...)

Itulah pertama kalinya gua menulis, kawan. Nulis puisi, bahasa inggris, buat cewe. Karena itulah gua ga bohong kalo gua sering bilang bahwa gua ga bisa nulis puisi dalam Bahasa Indonesia. Masalahnya, sedari kecil gua udah terbiasa menuangkan perasaan gua dalam Bahasa Inggris dan sampe sekarang pun kebiasaan itu masih melekat.

Oya, mau tau apa yg lucu? Belakangan gua baru tau kalo si cewe itu ternyata ga bisa Bahasa Inggris, hahaha. Jadi puisi2 yg kita kasih ke dia tuh sebenernya ga pernah dia baca dan terus dia apain tuh berlembar2 kertas penuh kata2 romantis dalam Bahasa Inggris? Dijadiin bungkus kacang kah? Atau pelapis tempat sampah? Hanya Tuhan yg tau, hehehe.

Buat yg penasaran sama endingnya, akhirnya ga ada satupun yg berhasil dapetin tu cewe karena dia pindah sekolah. Miris.
Oke, lanjut.

Kebiasaan nulis puisi Bahasa Inggris itu pun berlanjut ke dunia maya. Saat itu internet masih baru lahir, baru segelintir orang yg bisa pake. Saat itu belom ada situs buat nulis blog sekarang, yg ada tuh ya forum2 macem Gameindo, Kaskus, dll. (Makanya jangan aneh kalo ID Kaskus gua tuh nomernya masih tiga digit, maklum, gua joinnya taun 2002) Nah waktu itu gua diangkat jadi moderator forum bagian cinta2an di Gameindo dan di sana gua rajin ngepost puisi Bahasa Inggris, cerpen, dan juga jawab-in curhatan orang2. Di sanalah kemampuan nulis gua makin diasah, karena ternyata jawab curhat orang tuh ga gampang. Dari situlah gua mulai belajar pemilihan kata dan sistematis penulisan.

Gua mulai kenal yg namanya blog tuh waktu SMA. Waktu itu gua join Friendster dan ternyata di sana ada fitur blog, kayak semacam diary online gitu. Jadilah waktu tahun 2003, blog pertama gua, From The Heart, muncul di Friendster. Isinya? Ga jauh dari puisi, cerpen, dan curhatan galau, haha. Pembacanya juga ga banyak2 amat, sebagian besar sih temen2 gua sendiri di sekolah. Tahun 2003 juga gua ga sengaja nemu blognya Raditya Dika (kambingjantan.com) dan gua menjadi salah satu pembaca setianya, jauh sebelum dia nerbitin buku pertamanya.

Gua rajin nulis di Friendster, sampe2 waktu tahun 2008, totalnya udah 500 entry lho. WOW. Gua aja kaget, ternyata curhatan gua selama bertahun2 kalo dihitung jumlahnya banyak juga, hahaha. Tapi di tahun 2010, di satu titik, gua mulai jenuh sama blog gua yg lama yg isinya sarat dengan curhatan galau dan kenangan2 yg menyakitkan. Semua perjalanan cinta gua yg penuh dengan kegagalan selama 8 tahun terpampang jelas di situ dan gua ga bangga akan hal itu. Terus bayangin, gua sampe pernah nulis puisi tentang bunuh diri segala di sana, hehe...walopun gua ga pernah bunuh diri beneran, but yeah, hal itu pernah terpikir oleh gua...

Akhirnya, Juni 2010, gua memutuskan untuk membuka lembaran baru. Gua udah muak sama yg namanya galau, gua bertekad untuk pensiun dari curhatan2 labil dan mulai blog yg baru yg dipenuhi dengan tulisan2 bermakna dan juga entertaining. Dan hari itulah, 28 Juni 2010, Emotional Flutter pun lahir =)

Bagaimana sih cerita perjalanan Emotional Flutter dari awal lahir sampai dengan 110.000 views ini?

Emotional Flutter bisa jadi blog yg temen2 kenal saat ini tuh bukan instant, tapi melalui perjuangan yg keras. Gua harus mati2an menguras otak supaya bisa terus konsisten menulis, dan juga rajin blogwalking serta komen di blog orang. Gua juga ikutan berbagai komunitas blogger di Internet, ikutan kopdar, dan lain-lain...dan dari situlah, perlahan2, pembaca pun berdatangan. Sampai saat gua tulis post ini, dalam seharinya Emotional Flutter bisa dikunjungi 500 orang pembaca dan sebuah post baru rata2 dibaca oleh 200 orang per hari.

Memang yg komentar tidak terlalu banyak, rata2 hanya 10% dari total pembaca, sekitar 20 orang untuk setiap postnya. Tapi gpp, hal itu ga bikin semangat gua down tapi justru bikin gua makin semangat untuk nulis yg bagus dan memicu orang2 untuk meninggal komentar setelah baca tulisan gua. Walaupun banyak silent reader, tapi gua seneng karena beberapa dari mereka suka menyapa gua lewat social media maupun secara tatap muka dan mereka kasih feedback yg positif soal blog gua. Malah gua sama sekali ga nyangka bahwa temen2 SMA gua yg udah bertebaran di seluruh penjuru dunia itu sebagian besar masih suka baca blog gua, hehehe.

Oke, kurang lebih itulah perjalanan gua dan Emotional Flutter. Gua harap untuk ke depan2nya, blog ini bisa terus jadi blog yg inspirational dan juga menghibur buat temen2 pembaca semuanya. Mohon maaf kalo selama ini masih banyak kekurangan, gua sangat terbuka untuk saran dan kritik kok. Dan last but not least, thank you udah sering berkunjung ke sini. Jangan kapok ya, karena untuk ke depannya akan makin banyak dan makin banyak lagi postingan2 serunya.

Tongkrongin terus Emotional Flutter! ;p


Sedikit fakta menarik tentang Emotional Flutter :
- Belom pernah ganti desain template semenjak pertama kali berdiri
- Terakhir kali gua coba search di Google dengan keyword "Emotional Flutter", blog ini ada di urutan hasil search teratas lho *bangga

- Ada satu lagu bahasa Jepang yg punya judul sama dengan Emotional Flutter, gua baru tau akhir2 ini, hahaha. Liat videonya di bawah ini :


- Postingan paling banyak dibaca adalah "Playlist Lagu Galau" dan "Mau Beli K0nd0m, Mbak"
- Postingan yg paling banyak komen/feedback adalah serial cerbung "First Love"
- Peringkat "Top Commentator" di Emotional Flutter saat ini masih dipegang oleh Nuel yg selalu rajin komen nyaris di setiap post, bahkan bisa lebih dari 1 komen per postnya, hehehe
- Traffic tertinggi menuju blog ini adalah dari keyword "galau" dan "love"
- Nama "Emotional Flutter" dan tagline "Ever, forever, something in between" punya makna yg daleeeemmmm...akan gua jelasin di post2 berikutnya ya...sabar...

You Might Also Like

49 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Selamat ya Mas Keven \:D/
    Selamat 22 bulan blognya...
    Hm, kalau friendster sudah tutup, trus entri yang 500 itu masih ada ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you.

      Hilang, musnah, hahaha...tapi beberapa yg berkesan udah gua save di komputer gua. Kalo mau tau kisah tentang blog lama gua, bisa liat di sini :

      http://claude-c-kenni.blogspot.com/2011/05/friendster-is-closing.html

      Delete
  2. congratulation on your succes1

    memang terkadang semua cerita punya keunikan tersendiri, sarannya dong om buat blog saya cagag.blogspot.com dan diaga.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, ntar gua tulisnya di blog lu aja ya...

      Delete
  3. Selamat Keven... selamat ke 22 bulan... yeee potong tumpeng...

    heheheh TK juga abis kebanjiran angka loh... dan sama di bulan maret kemaren... sampe kaget liat statistiknya... jomplang sampe bikin gambar gunung fuji... ^^ pecahin rekor lah seumur-umur ngblog... nanti deh di post juga...

    happy for us ^^

    keep blogging... keep original... keep Emotional Flutter!! ^^

    ReplyDelete
  4. asik juga bacanya...,
    perjalanan dari awal kamu menulis itu gak jauh beda sama apa yang aku alami dalam perjalanan hidupku. entah kenapa juga aku mulai serius menulis itu sejak smp, sejak kenal cewek yang aku populer seperti cewek idaman kamu itu. dia suka nulis, aku juga suka, jadi sama sama saling support untuk terus menulis. tapi kita gak pernah jadian, aku sama dia 'cuma' bisa jadi temen deket dari smp sampe smu. hm..., menyenangkan sekaligus menyakitkan.... wegegegegegege.....

    woke bro, terusin nulisnya, dan aku akan terus menyimak selama ada kesempatan yang tersedia. sukses selalu ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kita berdua sama2 mulai menulis karena cinta ya? Hahaha... *tos dulu donk

      Delete
  5. wahh..suatu pencapaian yg luar biasa..keep blogging yh.cemungudt!

    ReplyDelete
  6. selamat ya mas, kapan acara makan2 nya?? *kenal aja ngga plakk

    kalo blog aku baru 2 bulan 57 post 4841 view..

    ikutan promo nih...hehehehe

    salam kancut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar lah, gua waktu baru 2 bulan, postnya belom sampe 10 dan total viewnya sebulan paling 50...hahaha

      You're doing a good job, keep it up ;p

      Delete
  7. ciee... bakal ada syukuran nih kayaknya :D
    jangan lupa kirim bungkusan berkatnya ke Semarang ya kak. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua kirim sekarang pake Berkat Express...wussssss...aminnnn...hehehe ;p

      Delete
  8. congratzzzz.. kapan yah bisa photo ama Keven wakakakak :) *celeb blog*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua ga kepengen jadi celeb >_< ribet hidupnya
      Hayu atuh kapan lu ke Bandung, nanti kita kopdar, hehehe

      Delete
  9. om, puisinya, kenapa aku jadi geli sendiri bayangin om kepen SMP :p
    jadi makin semangat ngeblog, belom nyampe setaun blog gue yang sekarang '____'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dibayangin, tar naksir, hahaha

      Delete
  10. wah seneng ya di umur 22 bulan udah banyak visitornya..
    tetep semangat ngeblog dan tetep mengisnpirasi :D

    ReplyDelete
  11. selamat akhirnya 22bulan dengan views 110ribu. menakjubkan.
    semoga mendapatkan dampak untuk mengepost mengepost hal hal yang bermutu dan menarik lagi ya ko

    CAyo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siappp...semoga inspirasi ga pernah kering, hehehe

      Delete
  12. 22bulan udah 110000 views...gimana 22 tahun??
    #ngasal

    ReplyDelete
    Replies
    1. 22 tahun??? Hmmmm...gua tahan ga ya ngeblog selama 22 tahun??? Hahaha...

      Delete
  13. ternyata bacaan komik waktu kecil ga beda jauh : Dragon ball.
    sampe sekarang , saking demennya masih ngoleksi nih komik di laptop wkwk.
    sayang ada beberapa seri yang jpg nya corrupt , waktu Go Ku melawan Freeza :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download lagi aja tuh di Mangatraders

      Delete
  14. Wew, banyak amat page viewsnya. Huhh, coba ketuan siapa aja yang dateng ya... misalnya orangnya, Namanya, Mukanya. xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tau diem2 Sandra Dewi suka baca ya? *ngarep

      Delete
    2. Siapa tau juga, Luna maya baca. #mimpi

      Delete
  15. selamat bang kep,semoga emotional flutter makin rame hehe,gak kayak blogku sepi kek kuburan wekekek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan gua ngeblog lebih dulu...semangat randy, pasti tambah lama tambah banyak yg baca ;p

      Delete
  16. cie cie.... makan-makan nih abis ini, mo ngadain sukuran dimana kita kev? ^^

    ReplyDelete
  17. wow.... mantep banget ya... pengunjungku per hari aja rata-rata paling 100 ha ha :D

    mending kalau mereka datang dari google, kayaknya mereka itu ya sahabat blogger yang aku komenin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho bukannya lebih bagus gitu? Gua sih ga mentingin traffic, tapi seberapa jauh orang baca dan suka sama tulisan gua =)

      Delete
  18. wah? gw kira lu ambil nama emotional flutter thu dari si ef itu kep XD hahaha....

    bakal ada makan2 ga neh bwt ngerayain ini? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disatuin sama traktiran ultah lu kemaren, mau?

      Delete
  19. First Love yg gw suka. Oh iya bang, ditunggu kuis berhadiahnya lagi.. :D

    ReplyDelete
  20. Wow! CONGRATS!

    Dan, rasanya selalu bangga ya setiap kita berhasil mengalahkan rekor kita. :)

    Btw, puisinya bagus, lho. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, ada semacam rasa puas saat kita bisa memenuhi ekspektasi kita...bahkan melebihi, hehehe

      Delete
  21. jujur gue ngiri dengan semagat ngeblog loe, gue kalau sibuk kadang memutuskan langsung berhenti dijalan....jadi, bahasa inggrisnya gak pakai kursus ni? serius?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua justru iri sama orang2 yg punya waktu lebih untuk ngeblog. Gua lagi TA, sibuk banget, mau ngeblog tuh susaaaahhhh banget cari waktunya...tapi apa daya, kadang inspirasi membludak sampe akhirnya maksain nulis...

      Ga, ga pake kursus, sama sekali...thanks to game ;p

      Delete
  22. waaaah selamat bang, gue dikit lagi nih, tapi followernya masih jauh XD

    ReplyDelete
  23. dan gue juga bangga banget kalo misalnya lu nerbitin buku. Coz gue udah jadi fans setia lu, ven... ga ada satupun dari post lu yang gue lewatin bacanya, termasuk yang pake bahasa inggris. :D

    btw gue tau kenapa blog lu bisa rame.... pertama yang punya orangnya humble. kedua bahasa di blognya ringan alias bisa dikonsumsi semua usia.... ketiga rata2 isi postingannya tuh gak ada yang bermaksud menggurui.... subjektif sih tapi diusahain tetep netral (itu yang gue ga bisa tiru dari lu)...

    and it's my humble opinion, yeah, maaaan.... ^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh gila...terharu gua baca komen lu T.T

      Delete
  24. Selamat ya kak.. Semoga bisa jadi pemicu untuk tetep nulis di blog ini hehe :)

    ReplyDelete
  25. Hopefully you always get much traffic for your blog :D

    ReplyDelete
  26. cieee selamat ya :D
    anyway, selamat ulang tahun juga buat blognya :)

    ReplyDelete
  27. Buat gue, angka 110.000 Views bukan jumlah yang sedikit tapi memuaskan. Jarang-jarang blog dalam waktu hampir 2 tahun mencapai angka seperti itu.Keren.

    semoga kedepannya makin semangat nulis, dan terus berbagi energy positif bagi setiap pengunjung yg datang :))

    ReplyDelete
  28. wahh bang banyak bener, minta 1 haha
    congratulation ya bang kedepan smoga nambah
    prkenalkan memeber baru BE

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe