5 Blogger Who Inspires Me

07:48:00

Gua udah sering liat banyak blogger yg nulis soal blogger/blog yg jadi inspirasi mereka...dan jawabannya pasti ga jauh2 dari Raditya Dika, Poconggg, dan seleb blog lainnya.

Gua juga punya blogger yg selalu jadi inspirasi gua, tapi para blogger ini bukanlah selebriti, artis, atau public figure. Mereka hanyalah blogger biasa yg bersama2 gua merangkak dari bawah untuk menggapai cita2. Mereka orang2 yg nulis hanya karena mereka ingin nulis, bukan tuntutan pekerjaan. Mereka ga punya ribuan follower atau fansclub, dan mungkin nama mereka juga belom pernah nampang di majalah. Tapi mereka ada, mereka menulis, dan buah pikiran mereka yg jujur dan orisinil itulah yg selalu menginspirasi gua.


Temen2 pernah denger teori 5 unsur/elemen dari Negeri Cina? Nah kelima di blogger di bawah inilah yg bagaikan 5 unsur yg saling melengkapi, inspirasi yg mereka tularkan berkompilasi membentuk energi positif yg mendorong semangat gua dalam menulis ;p

Siapakah mereka? Ayo kita kenalan...

1. The Earth - Gaphe Bercerita
http://gaphebercerita.blogspot.com/
Gaphe adalah seorang blogger yg hobi traveling dan kuliner, dan karena itulah isi blognya sebagian besar didominasi oleh cerita dan pengalaman dia sewaktu travel ke berbagai tempat, domestik maupun mancanegara. Nah yg gua salut dari Gaphe ini, selain pengetahuannya luas, dia juga punya kemampuan pengamatan yg tinggi. Hal itulah yg membuat tulisan Gaphe seputar perjalanannya selalu menarik.

Berbeda dengan beberapa orang blogger yg kalo cerita soal traveling isinya cuma pamer foto dan makanan doank, cerita perjalanan Gaphe penuh dengan detail2 kecil yg biasa terabaikan di dalam sebuah cerita perjalanan, tapi justru melalui detail2 kecil itulah kita dapat seolah2 ikut berada di sana, menambah pengetahuan, dan ikut traveling bersama Gaphe.

Blog Gaphe itulah yg menginspirasi gua saat gua traveling ke Cina tahun lalu. Gua belajar untuk memperhatikan detail2 kecil yg ada mulai dari awal sampai akhir perjalanan. Ternyata yg bisa diceritakan dalam sebuah perjalanan tidak hanya tempat wisatanya, tapi ternyata tempat2 yg kedengerannya ga lazim seperti toilet malah bisa jadi cerita menarik. (Baca : TOILETOLOGY) Bahkan pada saat makan pun gua belajar untuk tidak hanya menikmati makanannya melainkan juga mencoba mengamati bahan2 apa saja yg ada dalam masakan tersebut dan apa dampaknya terhadap kepuasan saat kita makan. (Baca : Pengalaman Makan Hotpot)

Thanks to Gaphe, dalam perjalanan gua ke Cina tahun lalu, gua ga cuma wisata, tapi juga belajar banyak hal. Gua inget pernah suatu kali gua menghabiskan waktu 2 jam duduk di sebuah bangku kecil di pinggir jalan kota Chongqing tanpa tujuan yg jelas, hanya mengamati lalulintas masyarakat di sana dan merasakan denyut jantung kehidupan yg ada. Dan sampe hari ini, gambaran kota Chongqing sore itu masih terpatri dengan jelas di otak gua, berikut seluruh kehidupan di dalamnya.

Kenapa TANAH?
Inspirasi utama yg gua pelajari dari Gaphe adalah mengenai "Passion" (semangat/kecintaan) dalam menulis. Gaphe mencintai apa yg ia lakukan, dan hal itulah yg membuat tulisannya menjadi menarik. Bagaikan tanah yg menjadi pijakan bagi makhluk hidup yg ada di bumi, passion itulah yg mendasari proses berkarya =)


2. The Water - Immanuel's Notes
http://immanuels-notes.blogspot.com/
Nuel mungkin bukanlah seorang blogger yg tulisannya hebat, bahkan seringkali gua mendapati tulisannya cenderung naif dan over-subyektif bahkan ga nyambung sama judulnya. Tapi justru di situlah seninya. Kejujuran Nuel dalam menulis, sering membuat gua jadi introspeksi. Dan kepolosan yg ia tampilkan dalam tulisannya, somehow membuat blognya menjadi unik karena bermacam2 topik yg ia bahas tanpa ada pola.

Kepiawaiannya dalam menulis artikel dengan tema yg beraneka ragam dengan judul yg unik membuat gua jadi excited sendiri dalam membaca dan menganalisis tulisannya. Alhasil, tidak ada satupun postingan dia yg luput gua baca...akibat judul artikelnya yg selalu menimbulkan tanda tanya, meskipun terkadang gua suka pusing kalo baca tulisan dia yg ditulis dalam bahasa Inggris akibat grammarnya yg kacau;p

TAPI di balik semua yg gua tulis di atas, entah kenapa, setiap kali beres baca tulisannya, gua selalu dapet ide untuk nulis sesuatu. ANEH, tapi NYATA. "Terinspirasi dari blognya Nuel" tanpa gua sadari menjadi kalimat pembuka favorit gua dalam nulis postingan. Salah satu buktinya adalah cerbung First Love yg jadi favorit para pembaca Emotional Flutter. Liat screenshot di bawah ini :


Moral yg bisa gua tangkap dari simbiosis aneh antara gua dan Nuel ini adalah...bahwa kita tidak boleh memandang rendah orang lain karena masing2 orang punya kelebihan sendiri. Walaupun karya seseorang terlihat buruk bagi kita, tapi hal itu adalah subyektivitas kita semata, karena mungkin saja bagi orang lain yg bisa mengapresiasi, karya itu malah bisa menginspirasi.

Dan Nuel, kalo lu baca tulisan gua ini (and I know you will), gua bukan bermaksud menghina tulisan lu lho. Sebaliknya, I just want to tell you how amazing you are, and how much I appreciate our friendship, hehehe. Keep it up, buddy! =)

Kenapa AIR?
Inspirasi utama yg gua dapatkan dari Nuel adalah mengenai "Kejujuran" dalam menulis. Ga usah pura2 mau ngikutin gaya nulis Raditya Dika ato siapapun, be yourself. Kejujuran dan keinginan untuk berbagi itulah yg memberikan soul pada tulisan lu.


3. The Metal - Vintage Lemon Twist
http://heartmarks.blogspot.com
Astria, sang pemilik blog, adalah temen baek gua sejak SMP. Dan ya, dia salah satu pembaca setia blog gua semenjak jaman Friendster, dan juga salah seorang penulis yg tulisannya selalu menginspirasi gua. She's such a free-thinker, ngobrol ma dia rasanya kayak naik roller coaster. Dia pinter maenin emosi lawan bicaranya, tapi setiap kata yg dia ucapkan selalu mempunyai bobot. Kata per kata dia rangkai bagaikan melodi sebuah lagu, yg berirama sekaligus juga tidak berpola...mengalun, tapi bergejolak...menyentuh, tetapi juga menohok...beautify and amplify.

Blognya sendiri lebih berupa sebuah diary yg sarat dengan perasaan di dalamnya. Yg dia tulis lebih berupa sebuah emosi atau pemikiran yg dia alami, tapi meskipun sarat dengan subyektivitas, entah mengapa gua selalu bisa menarik benang merah antara pengalaman hidup gua dengan apa yg dia tulis dan rasakan, mirip seperti saat kita membaca sebuah renungan di mana kita diajak untuk berpikir dan memaknai.

Dan ya, meskipun kita tumbuh dewasa bersama, tapi buat gua dia selalu bagaikan matahari yg selalu ada di depan gua dan membuat gua tidak pernah lelah dalam berusaha untuk jadi seseorang yg lebih dan lebih baik lagi. And I really thank you for that =)

Kenapa LOGAM?
Inspirasi utama yg gua pelajari dari Astria adalah kekuatan kata2 di mana pemilihan rangkaian kata dalam menulis itu sangat berpengaruh dalam proses penyampaian pesan kepada para pembacanya. Beautify and amplify, prinsip yg tidak boleh gua lupakan dalam menulis.


4. The Fire - Buon Giorno Principessa
http://oktavinaa.blogspot.com/

I didn't know her and she didn't know me. One day, I accidentally stranded at her blog and I fall in love (with her blog) at the first glance.

Blog berbahasa Inggris yg satu ini adalah salah satu blog pertama yg gua follow di Blogspot. Gua ga kenal sama sang pemiliknya, kita hanya pernah beberapa kali bertukar komen, sisanya mungkin gua hanya sebagai silent reader. Tapi dari tulisan2nya, gua bisa simpulkan bahwa Oktavina (itu juga kalo ga salah namanya, gua cuma tau dari halaman info blognya) adalah seorang putri Indonesia yg berwawasan luas dan mempunyai cita2 setinggi langit.

Dia jarang update, mungkin hanya 2-3 bulan sekali, dibandingkan gua yg bisa menghasilkan 2-3 post dalam seminggu. Tapi setiap kali liat updatenya muncul di halaman utama Blogger, gua bakal langsung klik dan baca, tanpa menunggu lebih lama lagi. Membaca tulisan dia membuat gua seolah2 menyelam ke dalam sebuah lautan memori dan di sana gua bisa ikut menyaksikan dan merasakan semua yg dia tuangkan melalui tulisannya, kata per kata.

Bahkan postingan terakhirnya tentang orangtua berhasil membuat mata gua berkaca2 dalam sekejab, termenung untuk beberapa saat, terngiang2 selama seharian penuh, hingga malamnya gua memutuskan untuk membaca kembali tulisan tersebut. Dan ya, membaca tulisan dia juga selalu menginspirasi gua dalam menulis artikel yg sarat dengan makna dan perasaan di dalamnya. I want all my readers are Emotionally-Fluttered...just like what happened to me when Im reading her blog.

For Oktavina :
I don't know whether you will read this post or not, but if somehow you do, I just want to tell you that Im one of those people who life was touched and inspired by your writings.
Thank you =)

Kenapa API?
Inspirasi utama yg gua pelajari dari Oktavina adalah mengenai peranan perasaan di dalam sebuah karya tulis. Karya yg menginspirasi adalah karya yg bisa menimbulkan suatu letupan emosi di dalam diri pembacanya. Yg bisa bikin pembacanya penasaran, terharu, galau, bersemangat, apapun. Karya yg bisa bikin orang Emotionally Fluttered...dan mereka menikmatinya...


5. The Wood - Sanguine's Journal
http://sanguines.wordpress.com/
Gua udah nyasar ke blog milik May ini bahkan sebelum gua mulai menulis di Blogspot. Awalnya gua rajin ngikutin blog dia karena penasaran dengan kisah pacaran jarak jauh (LDR) antara May dan pacarnya. Tapi kemudian seiring berjalannya waktu, gua mulai bisa menarik pesan moral lain dari tulisan2 May...yaitu keberanian untuk hidup. Berani mencoba hal baru, tidak pesimis memandang masa depan, berani berharap, berani bermimpi, dan berani berusaha mencapainya. Hal itulah yg gua pelajari dari kisah2 yg May bagikan di dalam blognya.

May dan gua punya persamaan, yaitu kita sama2 lebih ahli mengungkapkan perasaan menggunakan bahasa Inggris. Karena itu, meski blognya ia tulis dalam bahasa Inggris, namun hal itu tidak membuat gua kesulitan untuk memahami, melainkan sebaliknya. Dan ya, May punya kemampuan bernarasi di atas rata2 di mana setiap kisah ia rangkai dengan sistematis, step by step, membimbing kita dari paragraf introduksi hingga inti utama dari tulisannya.

Tapi yg paling penting dari semuanya adalah...May adalah orang yg menginspirasi gua untuk berani bermimpi...karena tidak ada yg tidak mungkin di dalam hidup, asalkan kita berusaha =)

Kenapa KAYU?
Inspirasi utama yg gua pelajari dari May adalah mengenai inspirasi itu sendiri. Inspirasi itu datang dari pengalaman, dan pengalaman baru dapat kita maknai apabila kita telah mengalaminya. Bagaimana kita bisa berbagi jika kita tidak punya hal untuk dibagikan? See more, feel more, love more...

---

Sekian postingan gua kali ini. Buat yg namanya tidak tercantum di atas, tolong jangan kecewa. Bukan berarti blog kalian jelek, bukan. Setiap kali blogwalking dan membaca postingan blog milik teman2, gua juga selalu mendapatkan inspirasi. Hanya saja, kelima orang di atas memang punya kesan tersendiri dalam perjalanan karir gua sebagai blogger =)

Tongkrongin terus Emotional Flutter ya, hehehe...

You Might Also Like

55 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Wah, blog saya gak ada di 5 itu ya.. Haha #mimpi
    Life is beautiful, and you make it powerfull :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Cu, gua baru kenal dan baca blog lu kan belom sebulan, hehehe. Teruslah menulis, suatu hari lu juga pasti bisa jadi inspirasi untuk orang lain =)

      Delete
  2. aku yang tahu cuma mas Gaphe aja.... yang laen harusnya tak ajak kenalan ne

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga aneh mas, soalnya dari 5 blogger di atas, yg rajin ikut komunitas cuma 2 orang...sisanya blogger independent, hehehe

      Delete
    2. kalo dipikir2, lebih enak bergerak secara indie lagi.... ada yang hilang kalo misalnya kita gabung di komunitas. serius.... ^^

      Delete
  3. Hihi iya juga ya, banyak banget yang niruin Raditya Dika.
    Hm. Mana foto profile bloggerku juga kambing lagi, eh aku gak ngikutin loh ya, hihihi xD
    Kalau aku yang menginspirasiku mungkin Xiaxue hihi :D
    Karena dia ngeluarin unek-uneknya semua di blog~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua juga ngikutin Xiaxue tuh, dia hobi banget curhat bahkan menghina2 orang laen di blog, tapi gaya bahasanya yg Singapore English itu memang bikin tulisannya jadi seru, hahaha. Sayang sekarang isinya udah kebanyakan iklan ya, beda sama dulu2...hehehe.

      Delete
    2. hah serius? gw baru tau loh kalo lo ngikutin blognya xiaxue *giggling*

      Delete
  4. kirain tadi lagi cerita avatar, ada earth, water n fire.. hhee..

    Tapi sm kak bang Kenni, saya juga pnya blogger2 yang menjadi inspirasi bukan dari blog2 terkenal seleb. Contohnya blog yang pertama kali aku datangi dan membantu aku bagaimana cara blogging yang baik dan fun... Tp sayang sekrang adminnya lagi super sibuk jadi blog jadi hiatus..

    Untuk earth dan water sm nih, aku jg pengunjung blog gaphe dan nuel... yang penting nulis karena passion bukan karena terpaksa deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di antara 5 blogger di atas, memang cuma Nuel dan Gaphe yg paling aktif...sisanya update 1-2 bulan sekali

      Delete
  5. wuaaaaaaaahhhhh..... hiks..... #mintatissudong

    makasih ven... gak nyangka... i'm really honored..... ^^

    oya, lu bukan atu2nya yang bilang tulisan gue itu jujur. lu orang ke sekian yang bilang kayak gitu dan gue, mau gak mau harus nerima itu sebagai ciri khas tulisannya gue yang semoga bisa teteup bertahan walau gue udah tnar sekalipun. hehehe..

    bicara soal grammar yang kacau balau, maafkan daku.... yah abis kapan lagi gue gunain bahasa inggris gue kalo gak di dunia maya, khususnya di blog. hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp Nuel, namanya juga latian ngomong pake bahasa Inggris, tul? Hahaha...

      Thanks for being my inspiration

      Delete
  6. geu termasuik yang sering main ke bloknya si gaphe, emang bagus. tu orang eman berjiwa petualang... ceritanya yahud.

    ReplyDelete
  7. cuma dua bloggeryang diatas aja yang aku kenal kalau baca blog jalan2nya gaphe kaya kita ikutan kesana juga

    ReplyDelete
  8. btw, kayaknya gue sukses menularkan virus kejujuran+kepolosan ke lu yah? soalnya sumpah, nih tulisan dalem abis.... hahahaha

    ReplyDelete
  9. wah, blog2 pilihan yang benar2 pilihan...
    bahkan posting inipun sudah menginspirasiku ...

    ReplyDelete
  10. Waahh stuju banget..
    Aku juga rajin nongkrong di blognya Gaphe..
    seruu..
    sangat inspiratif..
    cara menyampaikannya itu loh..

    salut buat Gaphe..

    Yang lainnya belom knal keven..

    ReplyDelete
  11. sepertinya terinspirasi sama avatar deh bumi, air, logam, kayu, haha... tp emg keren2 kok blognya itu...

    ReplyDelete
  12. Sama dengan yang lainnya, baru 2 blogger yang saya kenal di BW..yg 3 belum pernah 'kenalan'...coba ah mampir kesana.

    ReplyDelete
  13. bacaa jugaa akh 5 blog di atas.. makasiih yaa info nyaa =)

    ReplyDelete
  14. wah.. gue gak tau 5 blog itu Bang.. Blogwalking ahhhhhhh ~~~~ syalalalaa

    ReplyDelete
  15. Wow. This has made my day! ;)

    Well it goes round and round. I keep writing because people like you had motivated me to write more and more and more. And trust me, when you told me (or anybody) that their writing is inspirational, it's my pleasure. It's the best feeling in the world, knowing you could inspire other people.

    Keep writing Keven, you had no idea how it could change somebody's life. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. The same goes for you, May...it's been my pleasure to get inspired by you =)

      Delete
  16. gilaaaa!!! kok seneng bangeeet yah baca postingan yang ini?!!!! gak pernah bosan bacanyaaa... huahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edun, lu udah komen berapa kali hari ini? Hehehe...

      Delete
  17. wah wah...ada unsur api air dan tanah segala. hehee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit dikasih tematis, Fan...biar ga jadi review blog biasa, hehehe

      Delete
  18. semoga ada avatar selanjutnya yang bisa menjaga [erdamaian dunia..
    hihihihi..

    aku jado memeber ke 313 nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, bagus ya angkanya? ;p

      Delete
    2. kek plat nomor mobil nya donal bebek :p

      Delete
  19. Wow, 'mood maker' nya keren2 banget :D

    anyway, blog ini masuk mood makerku tapi belum aku tulis. ditunggu ya :)

    ReplyDelete
  20. Keren, kl gw sih Bang Keven trmasuk salah satu inspirasi gw.. Ganti dng templatenya Om, kan anak design, pasti ajib nih kl buat template blog.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom ada mood untuk ganti nih, Feb...hahaha...mungkin nanti abis TA beres ya?

      Delete
  21. satu yang sama yaitu gaphe...suka cara dia bertutur, dan apa adanya...^^

    ReplyDelete
  22. 2 blogger yang dikenal, selebihnya makasih mau langsung TKP ah :D

    ReplyDelete
  23. yg tau Gaphe sama Nuel. sisanya (aih sisanya?) belum pernah mampir. ntar aku maen ke blognya :)

    ReplyDelete
  24. jadi kepikiran, blogger yang jadi inspirasi g siapa yah ? wkwk

    ReplyDelete
  25. terharuuuu... hehehe,
    kayaknya cuman bilang makasih banyak aja nggak cukup deh kev.
    tau nggak, hari ini saya buka statistik ternyata banyak yang berkunjung karena link ini. Nggak biasa-biasanya hari ini follower juga langsung nambah, hehehe.. makasih ya Kev,
    salut, saya juga belajar banyak dari kamu gimana berusaha menyukai apa yang kita kerjakan.

    siiip.. cant say word anymore,
    absolutely thank you laah! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Please consider it as my honest appreciation of your works =)

      Semoga tambah semangat ngeblognya, Bang Gaphe. Oya, gua masih hutang DVD ma lu, maaf belom bisa gua kirim karena satu dan lain hal, secepetnya gua beresin seabis beres TA ya...>_<

      Delete
    2. hahah gak papa, gw udah nonton filemnya Kev. lain kali aja kalo lu ada film bagus yang lain lagi kirim aja.. hehehe

      Delete
  26. lha?? gw malah ngepens ama tulisan blog ini. jadi inget pertama kali baca dan langsung terkesan, waktu baca postingan tentang putus cinta di blog ini. mewakili perasaan gw banget. dan tulisan2 disini berbobot.. asyik bacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeeee...gua seneng lho kalo tulisan gua ternyata bisa menginspirasi...thank you udah baca blog ini =)

      Delete
  27. Wuihihihi~ Aku cuma tahu Gaphe dan Sanguine's Journal :) Pernah main kesana, tapi selebihnya gak tahu XD

    ReplyDelete
  28. i am forever honoured :)
    emotional flutter itself is a very inviting blog. open-minded, funny and approachable. it does not try to be something that it is not. it knows what it is. and the most important thing is, it has the same birthday as me (very irrelevant, but yea!!! lol)

    write your soul well.

    ReplyDelete
    Replies
    1. OMG...gua baru nyadar...iya ya, ultahnya sama ma ultah lu...hahaha...thank you As, hehehe =)

      Delete
  29. Kalau ditanya siapa blogger yang menginspirasiku, aku nggak tahu. Tapi aku tahu blog yang aku suka: Emotional Flutter. Serius, lho, ini. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. *muka merah*
      Aduhhh...jadi malu...hahaha...thank you ya ^^

      Delete
  30. wahh terima kasih sudah dikasi contekan blog2 mana yg super ajib! siap2 meluncur ke THE BIG FIVE versinya Emotional Flutter... eh harusnya jadi THE FANTASTIC SIX yah hehe

    ReplyDelete
  31. wuiih dapet link blog2 kece. segera meluncur ah.. smoga menginspirasi hihi

    ReplyDelete
  32. Asiiik dapat rekomendasri blog! Kebetulan saya juga lagi nyari blog untuk saya subscribe. :D

    ReplyDelete
  33. Mnateb ya punya network yang bagus :D

    ReplyDelete
  34. Wah salam kenal ya ko keven. Kenalin gue wulan. Gue beruntung banget udah sempet terdampar di blog ini gara-gara gue habis baca blognya ci sylvia ttg cerita koko di China. Hahahha

    Wah gue juga jadi terinspirasi nih setelah baca-baca beberapa posts punya koko. Keep update ya ko. Gue bakalan sering-sering main ke sini deh. :)

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe