Tips n Trik PDKT Untuk Pemula - Step One

11:18:00

Tips n Trik di bawah ini adalah murni berdasarkan pengalaman gua berkelana di dunia persilatan selama lebih dari 15 tahun hidup gua, jadi ya silakan diikuti kalo dirasa benar dan silakan diabaikan apabila dirasa tidak benar.

Tips n Trik ini secara khusus lebih bisa diaplikasikan oleh cowo (secara gua cowo tulen), namun tidak tertutup kemungkinan bagi cewe untuk mempelajari dan mengadaptasinya sebelum diterapkan. Ya biasa lah, cewe kan udah kodratnya untuk lebih anggun dalam bersikap, ga brutal dan blak2an kayak cowo.

Anyway, resiko tanggung sendiri, gua ga tanggung jawab atas segala aplikasi dari ilmu yg gua bagikan di bawah ini ya ;p


Sebelom lu mulai PDKT, lu harus sadari sebuah fakta yg sangat mendasar, namun sering diabaikan (terutama oleh para cowo belagu yg berpikir bahwa cinta itu semudah cipokan sama belut) bahwa :

KAU dan DIA adalah DUA orang yg BERBEDA

Udah diresapi kata2 di atas? Coba baca sekali lagi...sekali lagi...sekali lagi...terus...sampe hafal dan melekat di otak lu. Udah? Yakin? Coba baca lagi...

Nah, hanya dari kalimat di atas, mestinya lu udah bisa simpulin...langkah pertama apa sih yg harus diambil dalam PDKT?

STEP ONE : KENALAN

Lu adalah lu, dia adalah dia. Kalian hidup di dua dunia yg berbeda. Pulang sekolah dia les balet sementara lu dengan brutalnya makan bakso di pinggir jalan. Kalian bagaikan Romeo and Juliet...yg hidup di dunia alay. So yeah, sebelom lu mulai ngegombal bla bla bla, yg penting pertama harus kenalan dulu.

Ini step awal yg kesannya gampang, tapi sebenernya GA GAMPANG. Banyak cowo yg akhirnya hanya bisa jatuh cinta diam2 hanya karena gagal di tahap ini. Dan sejauh pengetahuan gua, ga peduli seberapa jauh anak muda jaman sekarang sudah berevolusi jadi alay, tetep aja ga ada cewe normal yg suka punya stalker.

Kalo lu masih menganut ajaran kuno "cinta tidak harus memiliki", coba baca artikel yg satu ini : Love Isn't Love Until You Give It Away.
Kalo setelah baca artikel di atas lu MASIH NGOTOT bahwa cinta itu tidak harus memiliki dan karenanya lu lebih milih jadi stalker yg cuma bisa miskol2 ga jelas dan ngirim sms anonim daripada berusaha kenalan, STOP BACA SAMPE SINI.

Mending lo close browser lu dan nonton "Twilight".
Larutlah dalam fantasi cinta versi ababil bersama vampir pedofil blink2 dan galaulah di Twitter 5 menit sekali...karena tampaknya lu belum cukup dewasa untuk cinta-cintaan. Cinta lu kandas bahkan sebelum dimulai, fantastis sekali. Bisa lu banggain ke anak cucu tuh.

Oke, lanjut. Yg namanya kenalan tuh bisa secara langsung, bisa secara ga langsung. Secara langsung tuh ya kenalan ala di sinetron picisan gitu. Lu samperin orang yg lu suka (biasanya cowo yg nyamperin cewe, tapi secara jaman sekarang udah EMANSIPASI...cewe juga boleh kok nyamperin cowo duluan) dan ajak kenalan.

Lu : "Hai, nama gue Paha, lu siapa?"
Dia : "Halo, nama gua juga Paha"
Lu : "Wah kalo gitu lu Paha Atas, gua Paha Bawah ya"
Dia : "Kyaaa...so sweet yah"

3 hari kemudian mereka pun married dengan meriah di KFC.
The End.

Tapi cara di atas cuma berlaku di film2, atau dalam kondisi khusus di mana ternyata si cewe itu juga udah lama diem2 suka ma lu...dan kemungkinannya kecil, so yeah, gua lebih nyaranin lu kenalan pake cara ga langsung.

Kenalan cara ga langsung tuh gini misalnya...lu liat cewe inceran lu lagi liat2 buku di Gramedia sendirian. Lu samperin dia, terus pura2 liat buku di sebelahnya. Terus lu pura2 liat buku di tangan dia dan utarakan kalimat pembuka yg seolah2 seperti bukan ngajak kenalan.

Lu : "Wah, itu kan buku Emotional Flutter buatan si Keven? Udah keluar ya? Gua kira masih bulan depan"
Dia : "Eh, lu juga suka baca Emotional Flutter ternyata?"
Lu : "Iya donk, gua udah ngikutin sejak tahun lalu...seru ya...inget ga waktu dia cerita soal Toilet di Cina?"
Dia : "Iya iya! Gila, jijik banget ya toiletnya!"

Maafkan kalo gua sedikit narsis dalam memberi contoh, tapi lu ngerti kan maksudnya? Biarkan pembicaraan lu mengalir dengan sendirinya tanpa lu harus kenalan. Intinya, buat dia nyaman ma lu, bahkan sebelum lu mengenal dia. Lanjut ya skenarionya

*Di depan Gramedia, setelah sama2 beli buku Emotional Flutter
Lu : "Eh ngomong2...daritadi kita belom kenalan ya...nama gua Dony...salam kenal ya"
Dia : "Dewi...salam kenal juga, hehehe... Eh boleh ga gua minta alamat Twitter lu? Biar kita bisa saling cerita setelah baca bukunya..."
Lu : "Oh boleh2...ni alamat Twitter gua..."
Lanjutannya, silahkan bayangin sendiri, tapi intinya, cara yg ini bikin kenalan lu jauh terlihat lebih natural kan daripada cara pertama?

Cewe, setau gua, kecuali dia suka sama lu, dia bakal risih kalo lu tiba2 nyamperin dia dan tanpa babibu ngajakin kenalan. Apalagi kalo lu keliatan gugup dan mupeng gitu, wah, bubar deh. Tips di atas juga bisa dipraktekin di tempat2 lain selain di toko buku. Di kantin sekolah misalnya, di angkot, di tukang fotokopi, di mall, dan lain sebagainya. Yg penting lu ngerti konsep dasarnya, sisanya lu bisa improvisasi sendiri.

Intinya, yg harus diperhatikan dalam kenalan adalah
1. Observasi
Untuk bisa mulai pembicaraan, lu harus tau kira2 topik apa yg akan lu gunakan sebagai pick-up line atau kalimat pembuka. Ga usah susah2 cari info tentang hobi atau cita2 si cewe dulu, itu sih nanti aja setelah kenalan, ntar kalo lu nyamperin dia terus tiba2 bilang "Lu pengen jadi penari balet ya?" Yg ada dia malah freak out, disangka lu stalker ato orang yg mau ngehipnotis dia. Yg penting lu amati dia. Mimiknya, gesturnya, penampilannya, barang bawaannya, kira2 apa nih yg bisa digunakan untuk bahan pembicaraan?

2. Buat Dia Nyaman
Bersikaplah sesantai dan senatural mungkin dan buat dia nyaman saat lu ajak dia ngobrol. Jangan mupeng ato senyum2 sendiri ntar disangka gila. Jangan melototin dada atau tempat2 lain yg bisa bikin dia takut, tatap matanya dan jaga kontak mata lu ma dia. Cewe tuh punya intuisi yg kuat, dia bisa tau seorang cowo berniat baik atau buruk hanya dari tatapan mata.

3. Nikmati Proses
Jangan panik kalo si cewe nyuekin lu ato maksa kalo ternyata dia menolak untuk ngasih info kontak dia ke lu. Yah memang agak ga wajar sih kalo ada orang yg ga dikenal nanya nomer HP lu, untungnya jaman sekarang ada FB, bahkan Twitter, yg kesannya jauh lebih tidak personal daripada nomer HP. Nikmati aja prosesnya, kalo gagal ya jadikan itu pelajaran untuk laen kali. Mungkin lu memang belom jodoh sama cewe yg ini. Atau kalo lu satu sekolah, laen kali kalo ketemu dia lu masih bisa senyum dan nyapa, at least usaha lu ga nol2 amat hasilnya.

Dan yg paling penting, lu harus inget...KESAN PERTAMA TUH PENTING.
Gimana lu bisa jadian sama dia kalo dari kenalan aja lu udah ngasih kesan yg buruk.
Jaga penampilan, walopun ga modis, minimal rapi.
Rajin mandi dan sikat gigi, cewe ga suka cowo yg bau atau jerawatan.
Jangan ngerokok, sayangi badan lu, ga usah ditato di dipiercing karena Tuhan sudah menganugerahi kita fisik yg indah apa adanya.
Tampang bukan segalanya, walopun muka lu minus sekalipun, lu bisa tetep senyum dengan ramah...sering2 latian di depan cermin deh.

Dan terakhir jangan lupa berdoa sebelom kenalan...seburuk2nya kalo lu gagal paling lu dicuekin ato ditampar...skenario terburuk adalah kalo si cewe jerit2 histeris sehingga lu dikejar2 satpam.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, besok2 gua lanjutin deh ke STEP TWO ;p
Stay tuned, tongkrongin terus Emotional Flutter!

PS : Ini bukti nyata kisah pengalaman PDKT gua ---> http://claude-c-kenni.blogspot.com/2011/08/kisah-kasih-di-sekolah-part-2.html
Total ada 3 part, itu part 2 nya

You Might Also Like

65 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Nikmati proses! Itu yang sering gue tekenin ketika proses pedekate. Gue gak terlalu suka orang yang agresif dan terlalu terburu-buru untuk sampai ke komitmen. Dan temen-temen cewek gue kebanyakan gak suka yang namanya proses terlalu panjang #pffft

    padahal seiring dengan proses, kita bakal bisa observasi dan tau sifat baik buruknya yang mungkin di awal kita belum terlalu tau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Can't agree more with you. Gua kenal beberapa orang suami istri yg dulunya cuma pacaran di bawah setaun, dan seudah married, sebagian besar ga harmonis dan malah ada yg cerai. Makanya, pacaran tu penting...bukan statusnya, tapi prosesnya.

      Like this, ternyata lu diem2 bijaksana juga ya Fun, hehehe ;p

      Delete
  2. ahahaha kesan pertama.... kyknya kadang2 ga penting jg d ko... wkwkwk *jd inget sesuatu..hihihi

    ReplyDelete
  3. Kali ini pendapat gue sama kaya Puny.

    NIKMATI PROSES..
    Karena berkali-kali gue nemuin orang ASyik cuma pas di awal PDKT.Secara waktu itu gue belum tahu sifat aslinya kaya gimana,

    Temen gue pernah ngalamin hal ini:
    dia baru kenal cowok dalam waktu 2 minggu dan langsung nerima cow itu.Hasilnya? hubungan bertahan hanya 2 bulan,
    dan dia hanya bilang "nyesel nyesel dan nyesel"
    karena ternyata sifat cowok itu ga banget.

    Jadi buat gue Nikmati proses itu yang paling utama. Kalau cewek nyuekin itu berarti ada yang dia ga suka dari cow itu

    *panjang amat koment gue*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp, komennya panjang dan bermutu kok, hehehe
      Thanks buat feedbacknya ;p

      Delete
  4. wah, salah satu pendekar hebat dunia persilatan turun gunung membagikan ilmunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seekor kera terpuruk terpenjara dalam gua...*lanjutin sendiri

      Delete
    2. di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa,
      bertindak sesuka hati,
      loncat ke sana ke sini,
      hiraukan semua masalah di muka bumi ini,
      dengan sehelai bulu dan rambut dari tubuhnya,

      *dah ah capek ngetiknya :D

      Delete
  5. Bener banget , kesan pertama tuh sangat penting..
    Aku aja masih inget kesan pertama sama waktu ketemu ama pasangan, sangat-sangat membekas..

    Ciyee..pedekate ala keven..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyeee...yg nostalgia tentang pasangan...
      Kapan ya saya dapet pasangan? Teh Nchie ada kandidat mungkin? Wkwkwk...

      Delete
  6. meski gue sekarang jomblo #jujur banget tapi jujur gue lagi deketin bidadari gue dalam jarak jauh,hehe,mending jaga jarak,deket iya tapi gak selalu hubungin dia,karena bisa bikin dia bosen ya gak?hehe PEDEKATE ala gue gitu lohh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal tarik ulur akan gua bahas di STEP TWO...sabar ya, hahaha

      Delete
  7. ijin nyimak brader .. haha
    galak amat yang gak setuju disuruh tutup dan nonton Twilight

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya udah beyond saving...wkwkwk

      Delete
    2. wakakak ..
      eniwei, salam kenal sob :D

      Delete
  8. nah boleh tanya ga koh
    katanya kalau observasi amati barang bawaannya
    terus kalau cewek yang ada itu biasa biasa aja (pake kaos joger, celana jins radak kusam, crocs, ga pake bedak, ga pake lipstik)tapi ajib wajahnya(kayak koo hye sun gitu lah :D )tanya apaan donk. Masa tanya "halo cewek, kamu kok cantik alamin sih, sering fesiel ya?" wah digampar LPG 12Kg koh.

    oh ya koh soal cinta yang tak harus memiliki
    jujur ane ga setuju = sama kayak koh keven
    nah boleh request artikel ga koh caranya keluar dari FriendZone atau SisterBrother Zone jadi InRelationship :D

    sorry ya koh kepanjangan komennya
    (soalnya ini posting beneran ajib buat para jomblow)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal keluar dari Friendzone ntar gua bahas deh di post2 selanjutnya, tongkrongin terus aja Emotional Flutter

      Btw dari ciri2 yg lu sebutin itu kayaknya cewenya agak tomboy ya? Bukan tipe cewe yg feminin gitu. Siapa tau dia punya suatu hobi yg bisa lu jadiin bahan obrolan. Suka film tertentu atau band tertentu misalnya?

      Delete
  9. Waaah,, tipsnya, hehe... Kesan Pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda, :-P

    ReplyDelete
  10. eiittsss a keni penakluk wanita nih.. hha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penakluk kalah perang...gua lebih banyak gagal daripada suksesnya, tapi setiap kalah gua selalu belajar dari kegagalan tersebut ;p

      Delete
  11. wah .. pedekatenya begitu direncanakan bangett yaa kak :p
    eh iyaa yaa, gue salah satu orang yang ga sabar dengan proses yang lama2 gitu .. bagi gue semacam "DIGANTUNG" kalo ga ada status , karna mau apa2 jadi ga bebas dan malu2 --_--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam beberapa tahun ke depan, seiring umur lu bertambah, lu akan menyadari bahwa dalam hidup ini ada banyak hal yg lebih bisa jadi prioritas dibanding cinta2an. So yeah, kalo suatu hari nanti lu udah berpikir untuk hubungan serius, lu bakal lebih nikmatin proses daripada hasilnya =)

      Delete
    2. iaa sih kak, itu tergatung umur juga ya, kalo misalnya umur kita uda matang (kya kk :p )pasti lebih ke serius dlm ngejalanin hubungan, tp kalo masih kyk gue kak, gue belom mau seriussss , masih mau main2 dulu, bahasa halusnya "MENGENAL BANYAK KARAKTER" #tsaaah

      ntr kalo udaa "matang" baru seriuss ..
      bener ga ya persepsi gue kak ?

      Delete
  12. tahap awal,jangan langsung minta nomor telp atau sok-sok ngobrol deket. hehehe itu tips dari aku. aku gak suka dulu baru kenal udah minta2 nomor telp dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak Lidya, tapi untung jaman sekarang ada Facebook dan Twitter, dua media yg jauh lebih tidak personal dibanding no hp

      Delete
  13. yeah.... guru besar yang satu ini berbagi pengalaman hidup yang akan berguna bagi jutaan umat manusia selama beratus2 tahun yang akan datang.... yang pasti seh kalo kata gw emang bener kalo cewe kayaknya jauh lebih males ngajak ngobrol lebih lanjut cowo yang kenal ma dy dg cara si cwonya ngajak kenalan secara blak2an di first impressionnya... kesannya itu cowo kan tujnya emg cm pdkt-in dy... benar sekali apa kata guru besar ini... harus dari yang natural2 aja pembicaraannya, jangan langsung ultimate attack....

    sekedar tips ngiseng bwt kata2 jayus pas lagi mw ngajak kenalan cewe (just 4 fun, sangat ga disaranin bwt pake seh, kemungkinan berhasil dipertanyakan) -> http://9gag.com/gag/3802746

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anjis lebay pisan, hahaha...btw itu link yg lu kasih isinya mantab pisan, hahaha...pernah lu cobain ga? ;p

      Delete
  14. lagi PDKT ama seseorang nih.... kira-kira manjur ga ya kalo aku praktekin. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kegigihan dan keberuntungan lu ;p

      Delete
  15. hihii... gue pernah langsung ilfil sama cowok yang *skip* dan emang kesan pertame entu perlu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari pertamanya aja udah ga suka, ga mungkin bakal ada kisah kelanjutannya kan? Wkwkwk...

      Delete
  16. itu si cewek udah pakai cincin tuh. .
    kayaknya udah ada yang punya, jadi jangan dekat2 ya? :D

    kalu tips dari pengalaman pribadi kayaknya jituu nih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama belom ada janur kuning, sah2 aja...hahaha

      Delete
    2. setuju ...tetap semangat! bhihik

      Delete
  17. peringatan 'Kalo setelah baca artikel di atas lu MASIH NGOTOT bahwa cinta itu tidak harus memiliki' mantep banget daah. aku juga sering ngomong gitu ke temen2ku yang semacam itu. kalo menurutku sih, mau ya mau, lanjut pdkt dan seriusin,, enggak ya enggak, stop dan jangan bicarakan tentang doi lagi pada orang lain. bikin panas kuping orang yang dicurhatinnya. hhoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, soalnya menurut gua, kadar cinta tuh diukur jadi seberapa jauh kita mau berjuang untuk meraihnya, hehehe

      Delete
  18. Kenalan tetap jadi yang tersulit daripada sesudahnya, soalnya kalo step2 setelah kenalan itu bisa mengalir aja. Kalo kenalan birokrasinya berbeda, mental akan diuji disana. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener2, tahap awal yg crucial, all or nothing ;p

      Delete
  19. ^wah.. yang dibahas kok gue banget y =.=",
    tips tipsnya lagi ane coba ne :D haha....

    ReplyDelete
  20. Merasa beruntung baca postingan ini. xD

    "kesannya gampang, tapi sebenernya GA GAMPANG"

    Memulai emang selalu sulit, ya. Tapi, serius, postingan ini sangat membantuu!! Thanks! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, gua seneng kalo memang post ini bisa berguna, hehehe...semua ini gua pelajarin dari praktek nyata, jatuh bangun, darah dan air mata ;p

      Delete
  21. oke, nunggu yang tips keduanya bang

    ReplyDelete
  22. macai nih tipsnya, tau aja gue sering ngeliat cewek cakep di gramed, bang Keven emang berpengalaman nih XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya gua paling sering coba praktekin tips di atas tuh di Gramed, hahaha...dan selama ini belom pernah kena gampar...hehehe

      Delete
  23. Emang udah hebat ya, ngedeketin cwe?
    sampe ada tipsnya segala. xixixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah bisa dibilang gua banyak pengalaman, terutama pengalaman gagal...;p

      Delete
  24. Kenalan dengan tampang mupeng kemungkinan ada dua: di gampar pake tangan atau di panggilin security. :D
    Observasi juga penting banget, ketahuilah yg do'i suka apabila kita ingin disukai do'i, ini jadul tapi tetap ampuh. Walaupun kita sendiri sebenernya gak suka dgn apa yg dia suka.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi jangan juga kita berpura2 jadi seseorang yg bukan diri kita sendiri hanya demi dapetin perhatian cewe yg kita suka...dijamin ga akan tahan lama tuh hubungannya...suatu saat pasti ketauan belangnya juga, hahaha

      Delete
  25. Makasih bang sama sarannya... Ditunggu step berikutnya... Bisa dijadiin referensi nih... :)

    ReplyDelete
  26. kesan pertama itu penting,iya emang penting bgt,apalagi buat cewek,kalo kesan pertamanya udah gak bagus,boro2 pedekate,ngeliat dia aja gue udh kejang2...ahahah

    ReplyDelete
  27. Wahh keren nih sarannya, para cowok-cowok wajib baca.

    ReplyDelete
  28. Well kadang episode pedekate itu jadi jauh lebih menyenangkan daripada saat keterima... Hahaha

    ReplyDelete
  29. wah wah wah,... ternyata banyak juga yah gak tau caranya pedekate... kirain cuman gue aja.... i'm not alone, yea... hahhahaha

    dan lagi2 lu bikin my emotion fluttered.... -_-'

    ReplyDelete
  30. ahahahahahaahhh,,
    kereennn nih,,,
    mantebbb...
    ntr qu prktekin ya,,,
    heheeeee

    #cri target dulu...

    MAMPIR yah..
    kunjungan pertama

    ReplyDelete
  31. lagi mupeng bacanya eh malah bersambung. kasihani jomblo yang belum berhasil dapet idaman ini bang
    lanjutin gih huwaaaa

    ReplyDelete
  32. Aku pernah ngalamin yang part "kenalan". Aku duduk disebelah yang cowok aku gak kenal di bus. Masa tiba-tiba mintaa nomor hape aja?! Weird :D

    ReplyDelete
  33. ko, nanti bikin tips and trick merebut kembali hati sang mantan atau tips menaklukan cowo cuek ya :'( #galaumodeon

    ReplyDelete
  34. ih waaaw...

    sekarang jadi dewa asmara ya bang?
    asik asik.

    Kalo kenalan di dunia maya gimana tuh bang?
    ada gak tips nya biar gak malu-maluin?

    *langsung konsul*
    wkwkwk

    ReplyDelete
  35. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Orang miskin bukanlah seseorang yang tidak mempunyai uang,
    tapi ia yang tidak memiliki sebuah mimpi.,
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete
  36. gigiigigigiigiigigig,lucu, baca ini sambil membayangkan adegannya..., serasa gimana gitu.... :D

    ReplyDelete
  37. Tips-nya sangat membantu sekali. Tapi harus di ingat situasi dan kondisi juga perlu diketahui.

    ReplyDelete
  38. Bangke lu gan, kocak bangat, ane ampe sakit perut bacanya :D

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe