Bencana Kopi Darat

22:52:00

Akhir2 ini kayaknya yg namanya kopi darat lagi populer ya. Sampe sekarang gua masih ga ngerti kenapa ketemuan sama temen di internet harus diasosiasikan dengan "kopi" dan "daratan". Kalo suatu hari nanti gua ngadain kopdar untuk para pembaca Emotional Flutter di atas perahu, apakah masih bisa disebut kopi darat? Hahaha. Oke, cukup bercandanya.

Apa sih gunanya kopi darat? Banyak banget, mulai dari mengakrabkan diri sama sahabat di dunia maya, ajang kenalan sama temen2 baru, dan juga ajang cari jodoh. Udah bukan rahasia lagi kalo banyak pasangan yg jadian akibat ketemuan pas kopdar ato istilah kerennya CINLOK.


Kopdar pertama yg gua hadiri adalah dengan temen2 forum Gameindo di tahun 2002 silam. Waktu itu gua dan anak2 Gameindo Bandung berangkat ke Dufan untuk "gathering" dengan anak2 Gameindo Jakarta. Jujur gua udah ga inget acaranya ngapain aja, tapi yg pasti kita jadi tambah akrab dan mulailah tercipta pasangan2 hasil kawin silang antara anak2 Bandung yg mayoritas adalah cewe dengan anak2 Jakarta yg mayoritas adalah cowo. Kalo gua ga salah hitung, waktu itu kurang lebih ada 5 pasang yg jadian selama bertahun2 ke depan.

Gua dan anak2 Gameindo di Dufan

Namun jangan salah, kopdar juga kadang bisa berubah jadi bencana lho kalo pas kita lagi apes. Temen gua pernah ada yg janjian kopdar sama cewe yg dia kenal lewat mIRC dan ternyata pas ketemuan si cewe yg ngakunya secantik Paramita Rusady dan seseksi Cecilia Cheung itu aslinya JELEK BANGET dan dandanannya MENOR BANGET. Gua ga liat sendiri muka cewenya kayak gimana, tapi temen gua itu sampe pura2 ke mau WC terus kabur gara2 ga tahan malu diliatin orang2 sekitar.

Tapi dari semua kisah kopdar yg pernah gua denger, belom ada yg se-fantastis kisah kopdar "The Mango Incident" yg gua alami. Dan inilah yg mau gua ceritain lewat postingan gua kali ini...

Suatu hari di awal kuliah, Jack, seorang temen kampus gua, minta tolong gua untuk nemenin dia kopdar dengan cewe yg dia kenal di Internet. Rosa, cewe yg dia kenal di Internet tersebut katanya bawa 2 orang temen, maka dari itu Jack ngajak gua dan John, sodaranya. Setelah Jack janji mau nraktir gua makan, akhirnya gua pun mengiyakan ajakan dia.

Di hari kopdar, gua udah siap dengan kemungkinan terburuk. Kalo cewenya jelek, menor, ato malu2in, gua bakal pura2 dapet telepon dari rumah yg menyuruh gua pulang karena Paman gua dari Zimbabwe datang berkunjung. Tapi ternyata, firasat buruk gua tidak terbukti karena Rosa dan 2 orang temennya itu CANTIK BANGET.

Setelah ketemuan dan saling kenalan, kita pun jalan2, karena kebetulan hari itu kita kopdarnya di sebuah mall terkenal di kota Bandung. Walopun ngakunya kopdar, tapi acara hari itu udah kayak kencan buta aja karena kita seperti 3 pasang kekasih yg lagi jalan bareng. Jack dengan Rosa, John dengan Desi, dan gua dengan Melanie, suatu kebetulan yg sangat indah karena memang sejujurnya kalo disuruh pilih di antara mereka bertiga, gua paling tertarik dengan Melanie yg penampilannya paling sederhana.

Setelah puas jalan2, kita pun duduk di restoran dan ngobrol2. Ternyata di balik penampilannya yg manis, Melanie adalah seseorang yg pintar. Obrolan gua dan dia nyambung banget karena Melanie juga hobi baca buku dan nonton film. Wajahnya yg manis bener2 semanis Mango Smoothie yg dia minum.

Mango Smoothie

Setelah puas makan, kita pun karaokean. Selera lagu Melanie dan gua juga ternyata cocok banget karena malam itu gua dan dia sering banget nyanyi duet. Waktu lagi nyanyi bareng, mata kita pun bertemu...dan gua merasakan suatu getaran yg terpancar dari matanya yg indah itu. Oh Tuhan, apakah gua jatuh cinta?

Pada saat kita keluar dari tempat karaoke, gua baru sadar kalo John dan Desi hilang. Jack bilang katanya John dan Desi pulang duluan. Oke, sampe sini gua belom ada pikiran negatif sama sekali. Jack kemudian ngajak gua ke tempat dugem namun gua terpaksa nolak karena selaen gua ga suka dugem, saat itu udah jam 11 malem, gua ga enak kalo pulang terlalu larut karena gua lupa bawa kunci rumah. Di luar dugaan, Melanie waktu itu juga bilang kalo dia ga ikut dugem dan akhirnya kita berdua pun berpisah dari Jack dan Rosa.

Gua tanya Melanie dia pulang naek apa dan dia bilang kalo dia mau nyegat Taksi. Karena rumah dia ternyata tidak begitu jauh dari mall tersebut, gua akhirnya menawarkan untuk nganterin dia pulang naek motor. Sepanjang perjalanan, Melanie bikin gua mabuk kepayang dengan wangi parfumnya. Apalagi waktu dia mengeluh kedinginan dan melingkarkan tangannya di perut gua. Wowowowow...

Singkat cerita, gua pun sampe di depan rumahnya Melanie yg ternyata tidak begitu jauh dari kampus gua. Waktu itu gua mau langsung pamit pulang, tapi di luar dugaan, mendadak hujan pun turun dan Melanie mengajak gua untuk masuk dan minum secangkir teh manis hangat. Tanpa niat buruk atau pikiran buruk, gua pun mengiyakan ajakannya.

Rumah Melanie lumayan besar dan mewah, dan gua tambah kaget waktu dia bilang kalo malam itu dia cuma sendiri di rumah itu karena papa-mamanya sedang dinas ke luar kota. Kita ngobrol2 di ruang tamu sampe lupa waktu dan tidak terasa sudah jam 1 malam. Melanie tampak ingin mencegah gua pulang karena hujan di luar masih cukup deras, tapi gua bersikeras mau pulang. Melanie akhirnya mengiyakan permintaan gua itu, tapi sebelumya dia ngajak gua naek ke kamarnya untuk mengambil buku yg hendak dia pinjamkan ke gua. Tanpa curiga, gua pun ikut dia naek ke kamarnya. Namun apa yg terjadi kemudian bener2 sesuatu yg tidak terduga.

Waktu gua lagi asik melihat2 buku di kamarnya, tiba2 Melanie mengunci pintu kamarnya. Gua pun kaget dan mulai punya firasat buruk. Sebelum gua sempet berkata apa2, tiba2 Melanie meluk gua. Melanie cerita kalo dia baru putus sama pacarnya yg udah dia pacarin selama 2 tahun terakhir dan dia pengen gua nemenin dia malem itu. Gua kaget dan sekaligus bingung, tapi sebelum gua sempet berpikir atau menjawab, mendadak Melanie membuka kemejanya dan tampaklah dua buah gundukan indah yg hanya dilapisi oleh BH tipis berwarna kuning, mirip warna Mango Smoothie.

Kurang lebih kayak gini

Oke, saat itu gua panik. Gua cowo normal dan mestinya gua seneng kalo ada cewe yg buka2an di depan gua, tapi yg terjadi saat itu adalah sebaliknya. Saking paniknya waktu Melanie mencoba memeluk gua lagi, gua malah mendorong dia mundur. Melanie tampak sedih dan terus merayu gua. Dia bilang kalo dia bukan cewe murahan yg melakukan ini sama sembarang cowo. Dia bilang kalo dia ngerasa nyaman ma gua dan makanya dia pengen melakukan hal itu sama gua. One night stand only, dia ga akan bilang siapa2 dan ga ada ikatan apa2 setelahnya.

Tawaran yg menarik, tentunya sebagai cowo normal gua mendambakan situasi seperti ini. Bayangkan, ada cewe cantik setengah bugil di depan gua yg minta gua ML ma dia tanpa minta pertanggungjawaban setelahnya. Kalo dalam keadaan normal, mungkin gua say yes, toh ga bakal ada yg tahu kalo gua ga cerita. Tapi entah kenapa...malam itu yg namanya logika lebih berperan daripada perasaan.

Selama satu jam berikutnya yg terjadi adalah Melanie mencoba merayu gua untuk ML sementara gua mencoba merayu dia untuk membiarkan gua pulang. Banyak kejadian absurd seperti Melanie menantang gua untuk mengambil kunci kamar dari balik BH nya, dan tentunya pada satu titik hampir saja gua menyerah dan mengiyakan ajakan dia tersebut, tapi logika gua berhasil membuat gua bertahan.

Godaan iman

Setelah perdebatan yg alot (dan godaan iman yg luar biasa), Melanie akhirnya mengijinkan gua pulang setelah gua bilang ke dia bahwa di hati gua ada seseorang yg bener2 gua sayang dan gua ga mau mengkhianati orang itu (kesannya kayak gua udah punya pacar, padahal sih cuma sekedar kecengan dan cinta gua lumayan bertepuk sebelah tangan) Begitu dia buka pintu kamarnya, gua langsung lari ke bawah tanpa pernah melihat ke belakang lagi, dan memacu motor gua menjauhi rumah itu. Samar2 waktu gua mau keluar dari pagar, gua liat sosoknya lagi berdiri di sudut jendela kamar dengan tampang sedih.

Sekarang udah 5 tahun berlalu semenjak kejadian itu dan setiap gua ngeliat orang minum Mango Smoothies, gua selalu teringat akan Melanie. Situasi yg gua alami bersama Melanie mungkin adalah fantasi liar setiap cowo di dunia ini (kecuali cowo yg homo), dan gua masih ga habis pikir, bagaimana mungkin malem itu gua bisa menolak dengan penuh kesadaran? Sampai saat ini pun terkadang gua masih suka berandai2...bagaimana jadinya ya kalo malam itu gua mengiyakan ajakan Melanie? Apakah efeknya akan baik atau buruk terhadap kehidupan gua berikutnya?

Tapi satu hal yg gua inget dari kejadian malam itu. Malam itu, di balik derita godaan iman dan nafsu yg gua alami, ada secercah suara yg berbisik di nurani gua bahwa gua ga mau kalo seumur hidup gua harus menanggung beban rasa bersalah karena ML di luar nikah dengan cewe yg tidak gua sayangi. Kalo pun suatu hari gua harus melakukannya, gua pengen momen itu adalah special, dengan orang yg gua sayangi, dan tanpa rasa bersalah.

Mencintai, tanpa rasa bersalah

Kadang yg namanya manusia tuh aneh ya, kita menginginkan sesuatu, tetapi pada saat kesempatan itu disuguhkan kepada kita, kita malah jadi ragu dan penuh pertimbangan. Kayak kemaren waktu gua ditawarin beasiswa ke Cina yg merupakan impian gua sejak kecil, gua sempet bingung dan galau. Mendadak gua jadi merasa kalo kehidupan gua di Bandung selama ini tuh sangat menyenangkan dan gua menjadi enggan kehilangan semua itu. Tapi pada akhirnya, semua kembali kepada prinsip dan nilai yg lu pegang dalam hidup.

Buat gua yg namanya ML itu sakral, makanya gua tidak mau melakukannya dengan sembarang orang. Begitu pula, buat gua yg namanya masa depan itu lebih penting daripada masa lalu. Gua harus berani mengambil resiko, keluar dari zona aman, untuk mengejar kehidupan yg lebih baik, untuk gua, orangtua gua, dan juga anak-istri gua nanti. Dan saat kita sadar penuh akan nilai2 dan prinsip yg mendasari pilihan yg kita ambil, kita tidak akan pernah menyesalinya walau apapun yg terjadi di kemudian hari nanti.

It's not hard to make decisions when you know what your values are.

You Might Also Like

39 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. kalau aku lebih suka cilok daripada cinlok hehehe, eh tapi pernah juga suh cinlok

    ReplyDelete
  2. ecieeh eceieh untung banget yah kangg. waduh enggak kebayang juga tuh ceritanya kalau ampek jadi @_@

    ReplyDelete
  3. astaga bang keven ga nyangka pernah diajakin one night stand. ._______.
    untung abang masih perjaka sekarang hahaha.

    ReplyDelete
  4. Ehhh waduh,
    menyeramkan juga ya kopdarnya mas @_@
    Hebat lah bisa mencegah gitu

    ReplyDelete
  5. waduh, ada tawarn ditolak? gak seruuuuu!

    *dilempar golok*

    ReplyDelete
  6. ini sebenarnya kamu lagi buat buat skenario FTV atau beneran kisah nyata?

    wegegegegegeg, pizzzz bro....

    tapi salut dah sama kamu, gak setiap orang bisa berbuat sebijak kamu, termasuk juga aku kalau dalam posisi kamu malam itu....

    moga berkat ini, kamu dapet pendamping terbaik dalam hidup kamu...

    ReplyDelete
  7. Buseet. Edan. One night Stand.. Haha..

    Salut om, bisa menjaga iman.. :D

    ReplyDelete
  8. Agresif bgt Melanie #serem

    ReplyDelete
  9. wah walaupun terkadang narasi nya gak cocok.... Tapi unsur cerita nya saya suka

    ReplyDelete
  10. mantaps bang,iman abang lagi diuji dan abang sukses ngalahin yg namanya nafsu enyway kasian juga ya jadi cewk gitu,aq rasa dia mgkin ada niat jebak karena mgkin dia udah "berisi" ati2 aja kita sebagai cowok

    ReplyDelete
  11. menyeramkan o.O
    tapi aku percaya bang keven orang yang berkomitmen tinggi dalam keyakinan :D

    ReplyDelete
  12. posting yang bagus.. dari cerita hampir di perkosa sampai cerita mengenai nilai nilai kehidupan.. semoga sukses dengan kuliah di chinanya y.... salam kenal...

    ReplyDelete
  13. hebatlah, bisa menolak .. :)

    ReplyDelete
  14. tapinya gue pikir lu bakal ngerjain kita2 lagi kayak postingan lu itu yang tentang kucing... hahahha... ternyata gue salah.... endingnya wise banget... makasih bro buat pencerahannya... salut buat lu yang udah bisa tahan godaan.. ^^

    ReplyDelete
  15. wah, aku pernah tuh.... kejatuhan banyak hal-hal yang seharusnya luar biasa buat aku terima dan iyakan, ternyata malah dilema dan ragu2 di ujung tanduknya.... lalu memutuskan mengabaikan dan mengikuti irama yang menurut kita tidak terlalu menentang batin... ^__^

    ML yah,,, hm hm... memang sih, pergaulanku di bandung, terbiasa sekali dengan ML yang serba biasa dan lumrah. Dan kebanyakan ML malah jadi lifestyle yang tidak perlu banyak pertimbangan. Tapi kalo masih mempertimbangkan untuk ML dengan tetek bengeknya, berarti bukan kesialan dan bukan buruk juga. ^__^ mungkin masih ada nurani kita yang masih percaya bakal dapat lebih baik dan perfect dari yang udah diabaikan kemarin... bagus kok, menaruh harapan baru ^__^

    itu aja sih positifnya kali yah. ^___^ dan salam berkenalan yah ^__^

    ReplyDelete
  16. SYOK bacanya... hahahaha ternyata oh ternyata... hahahhha

    nice share ven..

    BTW emang gitu yah... klo udah ada kesempatan depan mata suka jadi galau untuk ambil atau engga... kayanya kudu sedikit nekat yah??

    ReplyDelete
  17. salute !!!
    kalo saya ada di posisi anda saat itu...
    hmmmm..... hmmmm....

    ReplyDelete
  18. kopdar nya asyik, tapi pas dirumah nya ndak bagus, haduuuuhhh kok gtu yaa :(

    untuk mas kenni kuat iman yaa, kalau ndak , ndak bayangin aah :D

    ReplyDelete
  19. Gw lucu yg tragedi mirc, GameIndo itu gamers smw ya Bang? pada suka game yg genre apa rata-rata?

    ReplyDelete
  20. Syukur deh godaan bisa dlwan..

    ReplyDelete
  21. Syukurlah kamu termasuk anak yang penuh dengan tanggung jawab. Padahal ikan sudah di depan mata, kucing garong mana yang tidak mau di tawari ikan segar? Dan untungnya juga kamu tidak ikut dugem yang efeknya nanti jadi mambuk gara-gara minuman, sehingga pikiran jadi segar tidak terpengaruh minuman keras. Intinya kalau kita bersungguh-sungguh bisa mengendalikan iman, kita bisa menguasai keadaan meski godaan di depan mata.

    ReplyDelete
  22. bra orange na bagus hahahaha :)

    ReplyDelete
  23. Belum pernah kopdar sama orang yang bener2 buta gimana wajahnya. Seenggaknya gua punya FB ato poto dia. Jadi pas ketemu langsung tau.

    ReplyDelete
  24. Terlepas kisah ini nyata atau cuma Fiksi tapi ada pelajaran yg bisa saya ambil thanks gan.

    ReplyDelete
  25. mungkin itu alesannya aku ga suka kopdar kopdaran
    takut ditinggalin ke wc
    hehe

    ReplyDelete
  26. ckckkckckkk. speechless. ngeri bener sma bencana kopdar ente, ken.

    ReplyDelete
  27. keren bang 12 jempol buat ente :D
    sumpe deh keren parah,imannya lumayan tebal !
    ga nyangka si cewek yg kebelet begituan hahaha.

    ReplyDelete
  28. pertahankan iman spt itu Kev...bravo!

    ReplyDelete
  29. Jempol buat Keven..
    YAng menggoda iman ntu hanya sesaat enaknya bro..

    hihii..

    ReplyDelete
  30. anjriitt.. situasi gitu mah pertempuran iman. salut om bisa kabur :))

    ReplyDelete
  31. eh keren ven bisa lolos dari hal begituan

    bahkan cowok yg ngakunya kuat iman dan setia susah untuk menolak ajakan cewek yang udah kayak gitu, >.<

    ReplyDelete
  32. wah...
    bener bener bisa nahan godaan nih ko keven
    btw sampe sekarang masih akrab sama melani ga?

    ReplyDelete
  33. iman nya ka keven sama tebel nya sama tembok cina muahahaha
    sip ka keven ~
    hahahahha itu cewe emang jago banget bisa bisa nya naro kunci dalem BH nya =))

    ReplyDelete
  34. wkwkwkwkwkwkwk
    deg-degan gue bacanya kak. gue pikir ini cerita fiksi, trnyata true story yaa ? -___-
    si cewe agresif bgt!! ihhhhhh.. ngeri gue.
    gue salut sama iman lu kak!! setebal daging lu :P

    ReplyDelete
  35. Mungkin hanya sedikit lelaki yang bisa bersikap untuk tak kehilangan kontrol apabila menghadapi situasi seperti itu, sepertinya ceritanya pas banget kalo dibuat jadi sinetron hehe nice share mas.. :)

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe