Breaking The FRIENDZONE (Part 1)

00:33:00

Sebelum mandi tentu harus buka baju dulu
Sebelum baca postingan ini, baca dulu artikel sebelumnya (klik di sini) untuk lebih memahami apa itu FRIENDZONE.

Oke, jadi di postingan sebelumnya gua udah bahas mengenai apa itu Friendzone, bagaimana ciri2nya, dan apa penyebab terjadinya FRIENDZONE ini. Nah tentunya, seperti yg telah dilakukan oleh para dokter selama berabad2, setelah kita menganalisis sebuah penyakit, kita harus mencari solusinya. Nah sekarang anggap saja FRIENDZONE adalah sebuah penyakit, dan di postingan ini gua mau membahas mengenai cara menghindari dan menyembuhkan FRIENDZONE ;p


Oya, harap maklum kalo tips2 yg gua tulis di bawah lebih gampang diterapkan oleh kaum cowo. Yah, soalnya terakhir kali gua buka celana, gua masih mempunyai atribut seorang cowo tulen, jadi gua berpikir sebagai seorang cowo dan merasakan sebagai seorang cowo. Buat yg cewe2, harus sedikit kreatif dalam mengadaptasi tips2 di bawah.

Oke, segini aja ya pendahuluannya, here we go...


Apa sih yg ada di pikiran cewe pada saat cowo bertemu dengan cewe?

1. GILEEE!!! CAKEP BANGET!!!
Jika lu adalah cowo yg SANGAT GANTENG, punya kepribadian yg SANGAT MENARIK, LUAR BIASA KAYA, dan benar2 SANGAT BERUNTUNG, mungkin bakal ada cewe yg berpikir begini pada saat bertemu lu pada pandangan pertama. Tapi kemungkinannya kecil banget karena biasanya cowo yg punya kriteria seperti di atas kalo ga HOMO, PSIKOPAT, atau ga UDAH ADA YG PUNYA, hahaha. Oke, next...

2. TOLONG!!! Ada BEKANTAN kabur dari kebun binatang!!!
Jika muka lu JELEK banget, tidak percaya diri, jorok, miskin pula, ada kemungkinan si cewe akan berpikir begini pada pandangan pertama. Tapi berbahagialah, biasanya cewe2 tidak setega itu untuk menunjukkan hal ini secara langsung. Waktu lu mulai flirting, baru dia bakal merasa terganggu. Reaksi yg umum adalah si cewe akan menghindar, marah, atau jerit2 minta tolong ke orang2 sekitar...

3. Tidak berpikir apa2...
Ini yg pada umumnya terjadi (90% kemungkinan). Kalo lu adalah cowo yg ga ganteng tapi ga jelek, bersih, rapi, kemungkinan besar hal inilah yg akan terjadi pada saat perjumpaan pertama lu dengan si cewe. Dan juga, ini adalah kesempatan terbaik yg lu miliki. Kenapa?

Pada saat lu berada di wilayah netral inilah lu bisa sebebas2nya berusaha sekreatif mungkin untuk menumbuhkan ketertarikan di hati si cewe sesuai seperti yg lu inginkan. Tentunya, usaha lu nantinya akan menimbulkan berbagai efek, entah si cewe makin suka sama lu, entah si cewe jadi benci sama lu, atau yg paling parah adalah...si cewe suka sama lu, tapi dia ga yakin bahwa lu adalah yg terbaik untuk dijadikan pacar...

Ato istilah kerennya adalah FRIENDZONE ;p


CARA MENGHINDARI FRIENDZONE
Buat yg males baca panjang2, gua rangkum dalam dua kata ya : BE SMART. Kenapa harus cerdas? Karena cowo cerdas selalu menarik buat cewe2. Cowo cerdas bisa diandalkan, tidak pernah kehabisan topik obrolan, tahu bagaimana harus menempatkan diri dalam berbagai situasi...intinya, cowo cerdas tuh tidak membosankan. So, terbukti kan kalo ternyata dalam menjalin hubungan tuh tidak semata2 cukup hanya dengan modal tampang dan materi.

Bagaimana sih karakter seorang pecinta yg cerdas itu?
1. Percaya diri
Cewe adalah makhluk yg sensitif, dia bisa merasakan lu pede ato ngga hanya dari gestur tubuh lu. So yeah, gimana lu bisa bikin sang cewe tertarik ma lu kalo lu sendiri tidak menganggap diri lu menarik?
2. Kontrol diri
Jangan keliatan kebelet atau mupeng, karena percayalah, cewe2 sebagian besar pernah shopping dan mereka pasti tau bahwa yg namanya barang obral/diskon adalah barang2 yg kurang laku di pasaran.
3. Fokus pada proses
Jangan biarkan perasaan dan emosi sesaat lu mengalahkan akal sehat. Pecinta yg cerdas menikmati proses PDKT dan segala interaksinya, bukan karena dia kebelet pengen jadian.
4. Punya kredibiltas
Cewe2 tertarik pada cowo yg punya prinsip, jadi jangan gadaikan prinsip lu hanya karena cinta buta. Kalo memang ada sikap atau kelakuan si cewe yg tidak lu sukai, tegurlah, jangan jadi seorang YES MAN yg mengiyakan segala sesuatu hanya demi pengen jadian. Terkadang cewe malah tertarik pada cowo yg tidak melulu mengiyakan kemauannya...karena di situlah daya tariknya ;p


Oke, jadi intinya apa sih tips2 yg harus lu lakukan supaya ga kena FRIENDZONE
1. Nomor satu dan paling dasar...JANGAN KELIATAN MUPENG.
Oke, kita semua tau bahwa lu PDKT karena ujung2nya pasti pengen jadian, tapi coba tunjukkan bahwa si cewe bukanlah satu2nya cewe di dunia. Masih banyak pilihan di luar sana yg tidak kalah menarik dan lu bisa aja sewaktu2 pindah hati apabila si cewe tidak ngasih respon yg jelas. So yeah, intinya, berilah kesan bahwa si cewe harus "berusaha" untuk mempertahankan lu kalo dia memang pengen lu terus ngapelin dia. Di mana2, sebuah hubungan yg sehat adalah hubungan yg ada timbal-baliknya, tidak hanya usaha sepihak.

2. Tarik-ulur yg benar
Jangan terus2an tiap hari sms atau ngajak ngobrol. Coba sekali2 lu cuekin dia buat ngetes apakah dia akan nyapa lu duluan? Tunjukkan kalo lu juga punya kesibukan dan ambisi, bahwa si cewe bukanlah satu2nya hal di otak lu (padahal sih iya). Cewe lebih tertarik pada cowo yg tidak melulu nangkring di deket dia, tapi juga punya cita2 dan target masa depan yg jelas. Biarkan si cewe sedikit berusaha untuk menjadikan dia sebagai bagian dari keseharian lu.

3. Selalu penuh misteri dan tidak bisa diduga

Jangan bongkar segala hal tentang diri lu pada saat kencan. Cobalah untuk lebih banyak mendengar dan biarkan si cewe yg ingin mengenal lu lebih jauh. Biarkan dia terhanyut dengan karisma lu, jangan beberkan segala hal tentang diri lu seperti barang obral. Jangan terus2an jadi Mr.Nice Guy yg selalu ramah dan penuh senyum. Coba sekali2 pasang tampang cool dan cuek pada saat ketemu dia. Buatlah dia memikirkan lu, karena kunci utama masuk ke hati cewe adalah pada saat ia tidak bisa berhenti memikirkan diri lu.
Coba sekali2 bikin kejutan yg tidak terduga, sebuah kencan spontan atau mendadak berkunjung ke rumah/sekolah/kantor nya terkadang jauh lebih berkesan daripada sebuah pertemuan yg telah direncanakan dari jauh2 hari. Selalu jadi orang yg tidak bisa ditebak dan penuh kejutan sehingga si cewe selalu menanti2kan saat2 bertemu dengan lu. Percayalah, dari sebagian besar pengalaman gua, cewe lebih tertarik untuk pacaran dengan cowo yg baru ia kenal beberapa minggu daripada seorang sahabat cowo yg telah bertahun2 ada di sisi dia dalam suka maupun duka. Alesannya? "Ga seru, udah kenal luar dalem" JLEBBB...

Dan yg PALING PENTING...
4. Tunjukin bahwa lu suka ma dia
Yup, bener banget. Tunjukin bahwa lu datang karena lu ada maksud. Lu mau PDKT. Lu mau jadiin dia pacar, bukan mau jadi temen baek dia. Sejak awal kenal, posisikan diri lu sebagai seseorang yg ngecengin dia, bukan seseorang yg mau jadi tempat sampah curhat dia siang atau malam. Percaya deh ma gua, sebagian besar orang kena friendzone karena tidak melakukan hal yg satu ini. Mereka datang dengan kedok mau pura2 jadi temen...dan akhirnya mereka beneran stuck jadi temen doank selamanya.

Memang no 4 ini kesannya agak berlawanan dengan nomer 1 di mana gua melarang kalian untuk MUPENG. Tapi percayalah, seorang pecinta cerdas tau bagaimana caranya untuk menunjukkan rasa suka tanpa keliatan desperate. Inilah sebabnya dari awal gua udah bilang bahwa inti dari semua tips ini adalah BE SMART. Bagaimana caranya lu PDKT yg ga bikin ilfil. Bagaimana caranya lu bisa tetep jadi sahabat terbaik dia tanpa jadi tempat sampah. Di sini butuh perhitungan dan tarik-ulur yg benar.

Buat lebih jelasnya, baca komik di bawah ini deh (klik gambar untuk memperbesar)


Cewe bukan makhluk yg bodoh, mereka pintar. Tapi sebagaimana layaknya cewe, mereka juga subyektif dan sangat mengandalkan perasaan. Camkan kata2 gua ini

Cewe tidak peduli akan seberapa besar cinta lu ke dia, dia hanya peduli dengan perasaannya "Gue suka dia nggak sih?"

Maksudnya gua bukan mau bilang bahwa cewe itu egois dan tidak memandang semua usaha lu, bukan begitu. Tapi maksud gua gini...ga peduli seberapa besar usaha lu untuk PDKT, kalo cewenya memang udah ilfil atau tidak memandang lu sebagai seorang yg punya prospek untuk jadi pacar, semua usaha lu hanya akan bikin dia terganggu dan tidak nyaman.

Coba deh gua mau denger pendapat temen2 pembaca yg cewe, kalo seorang cowo yg tidak kalian suka berusaha bersikap manis atau romantis pada kalian, apa yg kalian rasakan? Seneng? Ge-er? Atau risih?

So yeah, terkadang kita cowo2 sering salah kaprah. Bukan cewe2 tidak suka dengan NICE GUY, tapi akuilah, kadang2 NICE GUY itu MEMBOSANKAN. Selalu tersenyum, selalu mengiyakan, selalu berusaha menyenangkan hati si cewe dengan segala cara. Itu sih bukan kandidat pacar, tapi kandidat jadi bayangan. Jadi nice guy bukan berarti tidak menjadi diri sendiri.

So yeah, buat para cowo, FIRST IMPRESSION ITU PENTING!
Be smart...be attractive...OR JUST BE HER FRIEND ;p


Bagaimana kalo lu ternyata udah terjebak dalam Friendzone? Dalam kasus gua misalnya, seringkali gua tuh jatuh cinta pada sahabat cewe yg udah gua kenal selama bertahun2...dan tentunya secara otomatis, gua udah kena Friendzone, bahkan sejak gua belum mulai suka dengan dia. Jangan khawatir, setiap penyakit ada obatnya, begitu pula dengan Friendzone.

Sabar ya, kalo banyak yg komen, akan gua bahas di postingan berikutnya...STAY TUNED! =)

(To Be Continued...)

You Might Also Like

34 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Bener banget tuh, jika kita kelihatan mupeng, maka kita semakin diminati wanita untuk memuaskan hasratnya *eh..

    tapi tergantung pemahaman sendiri sih, he he

    ReplyDelete
  2. tipsnya kece nih :3 hahah. .
    bisa diikutin nih

    ReplyDelete
  3. Saya ngebaca, dan tiba-tiba ngerasa maenyess. u_u
    Jd pengen ngedeketin crush lagi, tapi ga mungkin u_u

    ReplyDelete
  4. bener banget banget tipsnya. Seperti yang gue baca di Hitman System. Thumbs up :D

    ReplyDelete
  5. wah teorinya... sumpe, aku bisa diajak ngomong dari olahraga, musik, traveling, makan... soal cinta gak ngerti deh...

    ReplyDelete
  6. b. please...

    in flirtzoned i am...

    ReplyDelete
  7. Saya sudah termasuk karakter pecinta yang cerdar belum?

    mungkin saat mereka tak berpikir apa2... saya mau bilang.. "Dalam hitungan ke tiga anda akan tertidur, yuk tidur dikamar saya" hohoho #JanganDitiru

    ReplyDelete
  8. tergantung dari wanitanya juga :D hehehe

    ReplyDelete
  9. untung tampangku ngepres
    kalo cakep juga mubazir hidupnya di hutan
    salah salah malah ditaksir bekantan lepas
    haha

    ReplyDelete
  10. Hadeh. Saya sebagai cewek jadi agak salah tingkah baca artikel ini >.<

    ReplyDelete
  11. Ini nih teori friendzone yg tepat. Gw slalu berada di daerah yg netral. Pernah sh gw diliatin cewek trus didatangi cewek gt, tapi do'i malah ngomong; "Eh maaf, gw kirain temen gw."

    ReplyDelete
  12. nice post bro..
    gue move on dulu yahh :)

    ReplyDelete
  13. Alamak. G sebagai cewek diem aja, deh. Daripada ditimpuk Kenni. Hihihihihi......

    ReplyDelete
  14. Nice tips :D
    Teorinya dalem, pengalaman pribadi keknya. hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, hahaha...hasil melanglangbuana di dunia persilatan selama bertahun2...

      Delete
  15. nyahahha, gue sih udah sembuh dari penyakit friendzone LOL
    sekarang udah jadi eheeem eheem :P

    blh juga tuh tipsnya, kasih ke koko gue ah :D

    ReplyDelete
  16. waahh..udah ahli banget nih si KEveen..
    Beneer cewe tuh suka cowo yang Be Smart..
    hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahli, soalnya sering gagal...dan sering belajar ;p

      Delete
  17. ya sih. kalau ada cowok yang lagi deketin, tapi kitanya nggak suka yeah jadi risih dan sebisa mungkin ngejauh.

    ReplyDelete
  18. Kayaknya tips tersebut juga bisa diaplikasikan buat cewek kan?

    Btw, bisa jadi sebagian besar kita pernah ngalami berada pada "Friendzone'....setidaknya diri saya deh. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaaa...cuma memang gua tulisnya dalam sudut pandang cowo. Buat cewe2, prinsipnya sama, cuma dalam aplikasinya harus sedikit disesuaikan...

      Delete
  19. aku juga pernah jadi korban friendzone, dan rasanya gak enak bgt, bikin nyesek !
    errrrr =__=

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya, di post berikutnya gua bakal ajarin bagaimana caranya keluar dari friendzone, hehehe

      Delete
  20. yg pasti jgn pecicilan gitu deh. hehehe

    ReplyDelete
  21. masalahnya yah,Ven, kayaknya kok jauh lebih asik temenan aja yah sama cewek ketimbang jadi lover... Justru jauh lebih sulit bikin status friend jadi lover... -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan itulah sebabnya lu ga pernah jadian...pemikiran seperti itulah yg salah.

      Cinta tidak harus memiliki itu bullsh1t dan percayalah, cowo dan cewe tidak ditakdirkan untuk jadi best friend karena di antara hubungan antar lawan jenis pasti selalu ada perasaan yg terlibat...

      Cowo yg bilang bahwa cewe lebih enak dijadiin temen ketimbang pacar tuh antara homo...atau forever alone...=)

      Delete
    2. jleeeb,,,,

      yah next time, gue akan berubah deh... gue akan nyoba walau sulit.. wish me luck... ^^

      Delete
  22. Puji Tuhan
    xie xie koh bro, tips nya berguna banget
    dan ternyata cara ane sama gebetan cuma naruh ane di Friendzone. Hmm...
    btw komiknya asik, coba dipraktekin

    ReplyDelete
  23. betul cewek cuma mikir perasaannya sendiri... tapi kalau sudah mentok, ya yang cinta sama dia aja yang diambil hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah, biasanya kalo udah menjelang umur kepala 3 tapinya...hahaha

      Delete
  24. wow! Riset mendalam nih..:D

    ReplyDelete
  25. wah cocok buat para bujangan nih
    ayo yang masih pada bujangan....
    segera segera ^^

    ReplyDelete
  26. "kalo seorang cowo yg tidak kalian suka berusaha bersikap manis atau romantis pada kalian, apa yg kalian rasakan? Seneng? Ge-er? Atau risih? "

    jawaban gue RISIH kak, risih bgt -__-

    soalnya gue pernah ngalamin ini. ntah kenapa gue sama sekali ga dapet feeling sama doi. tp dia ttp aja sok sok manis gitu. haduhhh .. apa dia ga peka ya sama cara gue menghindari dia kayak balesin sms dia dgn singkat2 gitu sampe gamau diajak jalan, gue pura2 aja lg sibuk gitu. padahal aslinya emang gue ga suka sama dia.

    kalo misalnya gue bilang lgsg, takutnya doi sakit hati dan benci sama gue. tp gue pake cara halus, eh dia malah ga ngudeng. cape deeeh ! *tepokjidat*

    ReplyDelete
  27. Dear Mr. Keven,

    Saya sering baca blog nya Mr. Keven,sangat inspiratif dan membuat saya merasa harus introspeksi diri atas kegagalan di masa lalu. Saya ingin bertanya, jika ingin merebut hati wanita lain yg sudah menjadi milik pria lain, apakah jgn membiarkan diri kita masuk ke friendzone ato malah membiarkan diri kita masuk friendzone (saya cenderung lebih memilih membiarkan diri kita masuk friendzone lalu jalankan tips dari blog Mr. Keven).
    Bagaimana menurut Mr, Keven.

    Regards,

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe