The Man Who Was Superman

23:21:00


We're conditioned to think that our lives revolve around great moments
But great moments often catch us unaware-beautifully wrapped in what others may consider a small one =)
Temen2 semua pasti tau Superman kan?


Seorang superhero dari planet Krypton yg terdampar di bumi. Dia punya kekuatan berkali2 lipat manusia biasa, bisa terbang melebihi kecepatan cahaya, bisa melihat tembus pandang ala X-Ray, matanya bisa mengeluarkan sinar infra merah yg bisa membakar, tiupan nafasnya bisa membekukan api yg paling panas sekalipun, dan masih banyak lagi kekuatan supernya. Namun sekuat2nya Superman, dia juga punya kelemahan. Kelemahan Superman adalah Kryptonite, sebuah batu berwarna hijau yg berasal dari planet asalnya. Jika terkena radiasi batu ini, bukan saja Superman bisa kehilangan kekuatan supernya, tapi ia juga bisa melemah dan mati.

Dan tentunya bukan Superman yg itu yg mau gua bahas di post kali ini.


Film yg diangkat dari kisah nyata ini bercerita mengenai Soo-Jung, seorang producer di bekerja di sebuah stasiun TV. Ia bertugas memproduksi film2 dokumenter bertema human interest demi ambisinya menjadi Oprah Winfreynya Korea. Tapi setelah 3 tahun bekerja di stasiun TV, ia mulai menemui jalan buntu dan akhirnya ia mulai memproduksi film2 dokumenter picisan yg tidak bermutu. Suatu hari, karena stress, Soo-Jung memutuskan untuk pergi ke Afrika. Namun saat ia berada di stasiun, tas berisi kamera yg ia bawa dicuri.


Di saat sedang mengejar sang pencuri itu, Soo-Jung hampir ditabrak oleh truk, namun ia diselamatkan oleh seorang pria yg mengaku dirinya adalah "Superman". Superman mengaku bahwa ia tidak bisa menggunakan kekuatan supernya karena seorang penjahat memasukkan Kryptonite ke dalam otaknya, namun hal itu tidak menghalanginya untuk terus menolong orang. Setiap hari ia berkeliaran di jalanan Kota Seoul dan membantu orang2 yg kesusahan. Mulai dari menangkap penjambret, mencari hewan peliharaan yg hilang, membantu orang tua yg kesulitan menyebrang jalan, dan juga menghibur anak2 yg sedang bermain di taman dengan berbagai cerita menarik.

"The North Pole is melting...so I'm pushing Earth away from the Sun"

Soo-Jung menganggap bahwa Superman ini adalah sebuah cerita menarik untuk di-filmkan, karena itu ia pun menghabiskan waktu bersama Superman untuk meliput aksi2nya dalam menolong orang sambil diam2 merekayasa beberapa "kecelakaan" supaya Superman dapat menampilkan aksi heroiknya. Namun suatu hari, pada saat sedang menjalankan aksinya, tiba2 Superman mengalami sakit kepala yg sangat hebat dan setelah Soo-Jung membawanya ke rumah sakit, hasil X-Ray menunjukkan bahwa ternyata memang ada "sesuatu benda" yg tertanam di kepala Superman.


Pernah ga temen2 pembaca berpikir, bagaimana jadinya apabila Superman memilih untuk menggunakan kekuatan supernya untuk menguasai Bumi? Dijamin seluruh manusia takluk di bawah kakinya tuh. Tapi tidak, Superman memilih untuk menggunakan kekuatannya demi kebaikan dan menolong sesama yg kesulitan. Mengapa ia melakukan hal itu? Dia menyembunyikan identitasnya dan ia tidak menerima balas jasa. Bagaimana seandainya ia tidak memiliki kekuatan super, apakah masih akan tetap menolong sesama yg kesulitan?

Jaman sekarang, kemajuan teknologi ironisnya malah membuat manusia semakin individualis dan egois. Di kota2 besar, manusia cenderung sibuk dengan urusan pribadinya dan mengabaikan sesama. Banyak alasan yg tidak akan habis apabila diuraikan di sini, namun salah satu alasan yg paling klise adalah "biarkan ditangani oleh yg berwenang". Apakah kita harus memiliki kekuatan super seperti Superman baru bisa menolong orang? Tidak.


Setiap orang mempunyai "Superman" di dalam dirinya. Superman bukanlah diartikan sebagai sosok yg tahan peluru dan mampu berlari mengalahkan kecepatan cahaya, tapi sebuah kemampuan untuk mengasihi dan mencintai sesama tanpa pamrih. Banyak sekali hal yg dapat kita lakukan bagi sesama dalam kehidupan sehari2. Kita tidak usah memadamkan gedung yg kebakaran dengan tiupan nafas atau terbang bertempur dengan alien di langit, bukan itu, tapi kita bisa mulai dari hal yg kecil dan mudah. Kemauan untuk mendengarkan misalnya, atau mungkin saja sebuah senyum sederhana yg kita berikan dapat mengubah hari seseorang menjadi lebih baik.

Pada dasarnya, sebenarnya masing2 manusia mempunyai kemampuan untuk menciptakan kehidupan yg lebih baik. Hanya saja jaman sekarang tampaknya banyak manusia yg kehilangan rasa kemanusiaannya, seolah2 di kepala mereka tertanam sebuah Kryptonite yg membuat mereka melupakan jati dirinya sebagai makhluk sosial. Mereka menganggap bahwa untuk merubah kehidupan, mereka membutuhkan suatu kekuatan yg besar, tapi sebenarnya tidak. Justru hal2 kecil yg kita lakukan secara rutin dan terus menerus itulah yg akan membawa sebuah perubahan yg nyata. Tanpa kekuatan super pun, kita bisa jadi Superman bagi sesama kita.


Gua punya sebuah renungan singkat :

Ketika fajar menyingsing, seorang lelaki tua berjalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati angin laut yang segar menerpa bibir pantai. Di kejauhan dilihatnya seorang anak sedang memungut bintang laut dan melemparkannya kembali ke dalam air.
Setelah mendekati anak itu, lelaki tua itu bertanya heran, “Mengapa engkau mengumpulkan dan melemparkan kembali bintang laut itu ke dalam air?” 

“Karena bila dibiarkan hingga matahari pagi datang menyengat, bintang laut yang terdampar itu akan segera mati kekeringan, “ jawab anak kecil itu.
“Tapi pantai ini luas dan bermil-mil panjangnya,” Kata lelaki tua itu sambil menunjukkan jarinya yang mulai keriput ke arah pantai pasir yang luas itu. “Lagi pula ada jutaan bintang laut yang terdampar. Aku ragu apakah usahamu itu sungguh mempunyai arti yang besar,” lanjutnya penuh ragu.
Anak itu lama memandang bintang laut yang ada di tangannya tanpa berkata sepatahpun. Lalu dengan perlahan ia melemparkannya ke dalam laut agar selamat dan hidup. Kemudian dengan tersenyum pada lelaki tua itu, ia berkata “Aku membuat perubahan untuk satu hal. Sebuah kebaikan yang sederhana dapat membuat sebuah perubahan untuk keluargamu, temanmu, bahkan untuk wajah wajah asing yang kadang tidak kita kenal. Saya yakin usahaku sungguh memiliki arti yang besar sekurang-kurangnya bagi yang satu ini,” kata anak kecil itu.

"If I forget how to help, then I'll forget who I really am"
Tindakan kecil yang sederhana dapat membuat perbedaan besar kepada seseorang yang sedang membutuhkan. Kita sering mendambakan untuk melakukan sesuatu yang besar, namun sering kali kita lupa bahwa yang besar itu sering dimulai dengan sesuatu yang kecil. Mulailah berbuat kebaikan pada hal-hal kecil, maka kita akan diberkati dalam hal-hal besar.

Akhir kata, film "The Man Who Was Superman" ini merupakan salah satu film terbaik yg pernah gua tonton dan sayang sekali untuk dilewatkan. Ceritanya sungguh mengharukan dan dapat membuat kita merenungkan kembali hidup kita. Kehidupan yg lebih baik tidak dapat tercipta hanya melalui usaha satu orang, melainkan ribuan, bahkan jutaan manusia yg mempunyai kesadaran untuk menjadi Superman bagi sesamanya...namun segalanya dimulai dari sebuah tindakan nyata yg sederhana.

Sudahkah Anda membuat orang lain tersenyum hari ini?

Rating : 9/10


Strength doesn't open big iron doors but a small key.
We all have that key inside us…
To open the door to a new future
A future where life is filled with smiles...

Download link :
IDWS
Sub Indo
Sub Inggris


~Lyric~

I've been heading in the wrong direction
Hiding from my own protection
Running but my heart was standing still
I guess you saw the light inside me
Your love has been a torch to guide me
I hope I can be all that you deserve

[Chorus]
Well I'm no superman
But I'll love you the best I can
And you know I'm just flesh and bones, but with you
I feel I'm flying
Don't you know I'm no superman
But I'll always be your man

I was searching for a heart that's beating
As fast as the way I'm feeling
Trying to find some peace there in my soul
You know it was your love that saved me
The answer to my prayers you gave me
And I hope I'll be all you deserve

[Repeat chorus]

I'd fight for you
I'd die for you
You know I would
Hold back the night, light up the sky
Oh if I could...

[Repeat chorus]

I'll always be your man
I'll always be your man.

You Might Also Like

19 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. AAAAAHHHH pesannya sepertinya bagus. suka banget bang sama ulasannya, jadi pengen nonton!! segera download :3

    ReplyDelete
  2. keren nih hawa-hawanyaaaa *brb ke warnet donlot*

    ReplyDelete
  3. wahh,,keren nih
    selain kocak,,film nya juga bisa dijadikan pandangan hidup :_:

    ReplyDelete
  4. eummm, kayanya rame ya. liat kuota modem gk memungkinkan buat donlod,
    besok mau tanya-tanya kang dvd deket kostan ah heuheuheu

    ReplyDelete
  5. tema pagi ini kompakan tentang superhero ternyata

    eh, soal bintang laut
    aku pernah dapat cerita itu waktu di cibubur sekitar tahun 90an
    ternyata masih abadi ya cerita motivasi itu di kalangan wereng coklat :))

    ReplyDelete
  6. speechless... therefore i just say, 'inspiring'

    sorry for my every little words.... :P

    ReplyDelete
  7. Wweeiiiisss maknanya dalem aahh ^_^

    ReplyDelete
  8. kayaknya dulu nih film udah ada di laptop, tapi waktu dicari udah ga ada lagi. Mesti donwload lagi nih :)

    ReplyDelete
  9. Sepakat Kev, we are a super human ya, walopun tanpa kryptonite he he

    ReplyDelete
  10. wow tulisan yang sangat baik sekali... dari cerita sudirman sampai kisah yang menginspirasi...
    benar juga untuk superman tidak pernah punya niat untuk menguasai dunia.

    Dan perbuatan kecil sangat berguna buat orang lain dan kadang kita tidak ketahui...

    ReplyDelete
  11. hAHAHA.. CERITANYA unik, download idws ada gak bang? liat wajah pemain yg jadi superman nya aja udah ngakak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu link downloadnya kan IDWS...ga liat?

      Delete
  12. bintang laut itu nama smp gw :D

    ReplyDelete
  13. ceritanya bagus, unik dan lucu...bagus deh buat ngisi waktu luang,,,

    ReplyDelete
  14. terharu baca cerita anak kecil dan bintang lautnya kak :')

    ReplyDelete
  15. harus ditonton nih kayanya film2nya

    ReplyDelete
  16. OOT : 슈퍼맨이었던 사나이 ah pemeran cowo na sama dengan drama yang pitshu posting sebelumnya 그저 바라 보다가 ^^

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe