Yg Akan Gua Rindukan di Cina - Part 1

20:46:00

Shijiazhuang, the city I'm gonna study at
September ini gua akan berangkat ke Cina, dan perasaan gua sering campur aduk karenanya. Senang karena impian gua untuk sekolah ke luar negeri akhirnya tercapai dan juga sedih karena gua harus meninggalkan kehidupan yg sangat gua cintai di Bandung. Tahun lalu gua udah pernah ke Cina selama satu bulan dan jujur, banyak banget hal yg gua rindukan dari Indonesia. Lah kalo sebulan aja udah kangen, gimana kalo sekarang setengah tahun? Belum lagi kalo ternyata gua berhasil nemuin cara untuk memperpanjang sampe setaun atau mungkin lebih? Wah...wah...

Di post kali ini gua mau cerita tentang hal2 apa saja yg kira2 akan gua rindukan pada saat gua sekolah di Cina nanti. Tentunya daftar ini mungkin masih subyektif banget karena gua nulisnya sebelum gua berangkat. Nah untuk itulah gua tulis kata "Part 1" di judulnya yg artinya "Part 2" nya akan gua tulis setelah gua sampe di sana untuk cross-check, hehehe. Nah oke, langsung saja kita mulai daftarnya ya. Daftar ini tidak gua tulis secara berurutan lho.


1. Friends & Family
Yg ini sih sebenernya udah ga aneh, siapa sih yg ga bakal kangen keluarganya pada saat pergi jauh? Tapi di postingan kali ini gua akan berusaha untuk menceritakannya menggunakan sebuah contoh yg sangat simpel, namun dekat dengan kehidupan kita sehari2.

Tadi pagi gua baca blog seseorang yg bercerita soal dia nonton film Avengers sendirian di bioskop. Nonton sendirian di bioskop??? Mungkin kedengerannya aneh, tapi gua juga pernah ngalamin waktu gua lagi pergi ke Cina, tepatnya waktu lagi di HongKong.

Jadi ceritanya tahun lalu tuh gara2 film Hollywood dilarang masuk ke Indonesia, waktu di HongKong gua memutuskan untuk nonton ke bioskop. Kebetulan waktu itu lagi diputer film X-Men : The First Class (yg ternyata bagus bangettt...reviewnya ada di sini) dan akhirnya gua beli tiketnya. Nah pas gua masuk ke bioskop, orang2 di sana tuh ngeliatin gua dengan pandangan aneh gitu. Mungkin mereka aneh ngeliatin orang nonton di bioskop sendirian pas weekend, abis mau gimana lagi?

Apalagi ternyata waktu itu bioskopnya sepi dan sialnya tempat duduk di kiri kanan gua tuh kosong, bener2 tambah awkward rasanya. Cewe2 yg duduk di depan gua ngeliatin gua sambil cekikian terus ngomong sama temen2nya dalam bahasa Cantonese yg tidak gua mengerti. Ditambah lagi ternyata nonton bioskop sendirian tuh ga enak karena pada saat ada adegan keren atau lucu, kita tuh cuma ketawa sendirian, ga bisa bisik2 ke temen sebelah. Waw, sumpah, nonton bioskop sendiri adalah pengalaman yg tidak terlupakan dan TIDAK DAPAT DIBANGGAKAN. Rasanya FOREVER ALONE banget...


Beda banget sama kemaren waktu mau nonton Avengers. Si Boby, temen baek gua, terus2an memantau website XXI setiap hari selama 2 minggu menjelang film Avengers di-rilis. Dan kira2 seminggu sebelum premiere, dia nelp gua pagi2 terus bilang bahwa tiketnya udah dijual dan kita bisa beli secara online. Akhirnya kita punya tiket Avengers seminggu sebelum filmnya rilis, mungkin kita orang pertama di Bandung yg punya tiketnya, hahaha. Nah, yg kayak gini tuh baru bisa dibanggakan.

Selama seminggu gua udah ga konsen ngapa2in, terus2an kebayang bahwa Sabtunya mau nonton Avengers. Dan hari H, meskipun gua cape banget akibat seharian sibuk ke sana-sini, gua berangkat ke dua jam lebih awal ke tempat yg sudah dijanjikan, sambil membawa sebuah tas. Buat apa bawa tas? Karena sebelum nonton, gua bareng temen2 gua belanja cemilan dll dulu di Yogya. Harganya JAUH LEBIH MURAH daripada beli di bioskop. Temen2 gua juga pada gelo kalo beli cemilan sampe tas gua agak bengkak gitu bentuknya.

Terus gimana kalo nanti tasnya dicek waktu masuk bioskop? Tenanggg, gua punya trik khusus yg 100% berhasil setiap kali. Sambil nunggu filmnya mulai kita ngeliatin orang2 yg berlalu-lalang masuk bioskop terus kemudian cekikikan. "Eh liat tu cowo, bawa dua pop corn gede...gua taruhan seribu tu orang nonton sendirian"  "Eh liat tu orang yg pacaran...cowonya jelek kayak babon tapi kok cewenya mau ya?" Gua jadi teringat sekelompok cewe2 yg ngetawain gua waktu gua nonton sendirian di HongKong. Pada saat ada temen2 gua, gua bisa ngerasain serunya jadi mereka, hehehe.

Pas nonton filmnya, setiap kali ada adegan yg seru atau lucu, kita bisa teriak2 dengan leluasa. Dan percayalah bahwa pada saat kita ketawa bareng2, rasanya jauh lebih puas daripada ketawa sendirian. Pulang nonton, kita kongkow di KFC sampe tengah malem, membahas soal serunya film yg tadi kita tonton. Dan begitu sampe rumah, kita langsung buka 9gag dan berlomba2 ngetag lelucon soal Avengers buat satu sama lain.

Hal yg gua ceritain di sini mungkin hanya sebuah contoh simpel, tapi justru hal2 simpel seperti inilah yg seringkali luput kita syukuri. Kebahagiaan tuh tidak hanya datang dari hal2 besar, tapi justru dari rutinitas sehari2 seperti ini. Saat2 nongkrong sama temen sampe tengah malem, maen Dota di warnet, maen boardgame di villa, gua yakin hal2 itulah yg akan sangat gua rindukan pada saat gua sekolah di Cina nanti.

2. Indomie
Pada awal gua berangkat ke Cina, gua ngerasa kalo makanan di sana enak banget. Tapi lama kelamaan, terutama pada saat kita berada di suatu kota untuk waktu yg lama, lama2 kok rasanya gua muak ya sama yg namanya chinese cood? Eh jangan salah, chinese food adalah makanan favorit gua di Indonesia, dan tentunya gua mikir bahwa chinese food di tempat asalnya tentunya pasti lebih enak daripada yg di Indo. Tapi ternyata gua salah. Chinese food di Indo lebih enak daripada chinese food di Cina.

Yah mungkin ga semua orang setuju sama pendapat gua, tapi itulah yg gua rasakan. Buat gua, chinese food di Cina terlalu berminyak dan kurang rasa. Orang Indo mirip kayak orang India, saat membuat suatu masakan, di samping garam dan merica, mereka menggunakan bermacam2 bumbu dan rempah2 seperti jahe, kunyit, lengkuas, dkk di mana selain memberikan tambahan rasa, bahan2 di atas juga menimbulkan aroma yg sedap.

Ma La aka Numb Spice

Nah, satu2nya rasa yg menonjol dari sebagian besar masakan chinese food di Cina hanyalah rasa pedas yg membuat lidah menjadi mati rasa. Yup, orang Cina tidak mengenal yg namanya sambel, tapi mereka punya suatu bumbu khas yaitu Ma La. Ma La adalah semacam biji yg apabila di makan selain menimbulkan rasa pedas, juga membuat lidah kita menjadi mati rasa. Biasanya Ma La disajikan bersama campuran minyak dan kecap asin. Kebanyakan chinese food, terutama masakan Sichuan, menggunakan Ma La sebagai komponen utamanya. (Cek artikel ini : Wisata Kuliner Hot Pot di Chongqing)

Sudah jelas, hal itu membuat gua semakin rindu pada makanan Indo, dan yg paling gua rindukan adalah Mie Instant Indonesia (yg biasa kita generalisasikan dengan sebutan "Indomie"). Mie instan di Cina enak sih, murah, dan besar pula. Tapi ya itu, rasanya kalo ga pedes ya kurang rasa, tetep belom bisa ngalahin rasanya Indomie. Rasa yg tajam dan aroma yg menggiurkan dari Indomie panas bener2 gua rindukan pada saat ke Cina kemaren.

3. Semprotan WC

Oke, gua harap temen2 pembaca ga ada yg baca postingan ini sambil makan. Tapi jujur lho, semprotan WC untuk membersihkan pantat setelah boker adalah salah satu barang yg sangat gua rindukan di Cina.

Di Cina kalo "cebok" (membersihkan pantat) biasa mereka menggunakan tissue. Sebenernya lebih praktis sih, selain lebih higienis (karena kadang ada tissue yg sudah mengandung sabun + antiseptic), juga dapat mencegah kamar mandi basah (orang2 Cina dan Bule paling anti kalo kamar mandi basah, buat mereka satu2nya tempat di kamar mandi yg boleh basah hanyalah bathup).

Tapi PLEASE DEH, kalo cebok tanpa pake semprotan air tuh rasanya tetep kurang puas. Sensasi dingin menggelitik yg ditimbulkan semprotan air di lubang pantat adalah sebuah perasaan yg sangat gua rindukan selama berada di sana. Dan ya, di toilet sana tidak ada gayung, jadi gua juga ga bisa cebok dengan cara konvensional (tangan kanan bawa gayung berisi air, tangan kiri melakukan pekerjaan kotor). Masa gua harus narik2 selang shower ke "daerah situ"?

Kemaren selama sebulan aja gua udah ngerasa pantat gua lemah lesu tanpa kehadiran sang semprotan air tercinta, gimana kalo sekarang setengah taun??? ALAMAKKK... Bisa2 pas pulang nanti pantat gua udah menciut dan ga seksi lagi akibat jarang spa. Apa gua harus bawa2 selang dan semprotan air portable dari rumah gua ke Cina?



Oke sementara sih gua baru kepikiran 3 hal itu aja, tapi nanti setelah sampe di Cina gua bakal lanjutin artikelnya ke part 2. Moral yg bisa diambil dari postingan ini adalah kita sering tidak menghargai hal2 kecil di sekeliling kita dan hal2 tersebut kadang baru terasa sangat berarti pada saat mereka tidak ada / tidak tersedia. Siapa yg menyangka bahwa sebuah semprotan kecil atau sebungkus mie instan seharga seribu perak akan jadi hal yg sangat kita dambakan siang malam?

Luangkan lebih banyak waktu bersama orang2 yg kalian cintai mumpung masih ada kesempatan. Nikmati kehidupanmu kawan, walaupun tidak selalu sempurna tapi pasti ada hal yg bisa kita syukuri =)

You Might Also Like

29 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Kalo semprotan air g yakin di sushe pasti ada kok kep.. Tenang aja. Nanti pas mau pergi siapin indomie yg banyak kaya gw.. Wakakakak. Terus g yakin lu bakal nganenin yang namanya internet freedom. Parah di sini sensornya. Hahaha.. Oh ya, kep. Kalo lu mau berencana masak sendiri di sana siapin bumbu 2 indo macem bumbu nasi goreng, bumbu ayam goreng, bumbu soto, dll. Biar lebih manab rasanya.

    ReplyDelete
  2. "Terus gimana kalo nanti tasnya dicek waktu masuk bioskop? Tenanggg, gua punya trik khusus yg 100% berhasil setiap kali."

    story or it didn't happen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vik, lu komennya salah tempat...

      Delete
    2. ia kak, ceritain dong triknya :D

      koment salah tempat apanya kak ? :bingung

      Delete
  3. wah,,repot jg ye bang klo disono kga ada gayung...aaaahhh ane kga bisa mandi tuh klo kga ada gayung!!

    ane pgn bgt skali2 ke luar negeri tp rupanya emg paling enak tgl di negeri sndri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sana mah mandinya pake shower, hahaha. Gua juga di rumah mandinya pake gayung dan air dari washtafel.

      Delete
  4. Nonton sendiri di bioskop? whahahaha, bukan hal aneh buat saya. Dan justru seringnya memang nonton sendirian belakangan ini [kalau kebetulan di surabaya], nunggu ada temannya malah gak jadi nonton deh..

    Bener banget, sebentar saja bikin kangen dengan keluarga dan orang2 yg biasa kita temui. Apalagi untuk jangka waktu yg relatif lama ya?

    ReplyDelete
  5. belum pernah nonton bioskop sendirian. kalo disana kemana2 harus bawa air dibotol dong biar bisa cebok hihihi

    ReplyDelete
  6. wah,enak banget ya mas bisa ke cina
    kalo ane nanti pengennya ke jepang
    ke bioskop sendirian,enak tuh :D

    ReplyDelete
  7. Emang sih Indomie itu Mie instant paling yahutt..
    tapi emang bener ya kalau disana gak ada cabe?

    ReplyDelete
  8. We will miss you big bro dont forget us and freak member :P

    ReplyDelete
  9. Hueee aku pernah nonton bioskop sendiri, dan di Indonesia :((
    Hihi emang ya tanpa air cebok gk akan enak.
    Pake tisu basah pun tetep aja...

    ReplyDelete
  10. Emang nonton bioskop enak rame-rame ya Bang, gw juga kalo sndrian ogah ke bioskop daripada sakit hati liat pasangan berpegangan tangan, wkwkwk..
    Yg indomie itu emang indomie di Indonesia lebih nendang (gak ngerasain yang China) soalnya Indonesia gak pelit2 ngasih bumbu atau sebenernya racun ya, ke mie nya...

    ReplyDelete
  11. Kalo soal indomie, kalo di sana ada komunitas Indo, harusnya paling ngga ada warung2 Indo yg jual deh. Di Tainan juga ada lantaran banyak TKI yg jadi PRT, trus lao ban mereka juga banyak yg ternyata suka sama indomie... Hanya emang harganya jauh lbh mahal dr di indo... :(

    ReplyDelete
  12. biasanya emang begitu, g yang pergi na enggak jauh aja dulu udah mikir yang aneh2 hahaha :p hwaitinggg~

    ReplyDelete
  13. eh gue udah berapa kali lho ven nonton di bioskop sendiri (Keven: trus kenapa? bangga gitu?).... tapi untungnya kebanyakan harinya tuh hari kerja bukan sabtu-minggu.... hehehe.... jadi kayaknya no problem deh.. hahhaha... yah tapi bener sih kata lo... kalo nonton sendiri tuh ada ga enaknya.. ga enaknya itu ga ada teman yang bisa diajak ngomong atau ditanya2in semisal ada alur yang bingungin... hehhehe

    anyway kalo gue sih yang paling merindukan itu jajanan kaki limanya dan situasi dimana gue ga bisa nyetop angkutan umum di sembarang tempat... sumpah deh, itu udah ciri khas indonesia banget.... huahahaha

    the last, keep blogging although you stay in china... lu mungkin bisa coba hijrah ke WP kalau blogger.com diblok.... ^^

    ReplyDelete
  14. way good luck menjalani kehidupan baru di negeri orang.. jadi ingat dulu waktu kuliah... semoga sukses disana... toilet tanpa air... gampang ngakalinya.. pada saat mandi lakukan yang bersih.. pada saat disana, di gulung tissue sedikit banyakan.. hehehe:)

    ReplyDelete
  15. kalau ketemu Li Yu Fei titip salam yah LOL.
    kalau ada kesempatan coba main ke Hongkok juga hueehheheeh

    ReplyDelete
  16. Nonton sendiri di hong kong ga aneh kok, org hong kong pada cuek kok. Ga bakal Ada yg ngomongin :D btw, gimana sih cara dapetin beasiswa ke cina ? Btw yg pasti si toilet di cina baunya amit2 deh

    ReplyDelete
  17. setuju chinese food indo jauuuh lebih yummy daripada di china. hambar gitu rasanya di sana.
    soal wc, juga setujuuu..uh mana enak dilap doang dg tisu. yack..

    setujuu...gak enak nonton sendirian. pas ketawa mau ketawa ama siapa coba. masa sama penonton di belakang yg ga kenal. hehe

    ReplyDelete
  18. Waah saya baru tahu kalau Keven mau lanjut sekolah ke Cina.. Sekolah bahasa pula.. Nanti bisa lah ilmunya dibagi :p Selamat ya!
    Yang menarik perhatian saya dari artikelmu kali ini adalah perihal nonton sendirian di bioskop, saya lumayan sering kok nonton sendirian dan asik-asik aja :D menurut saya sih itu masalah kebiasaan aja hehehe..

    ReplyDelete
  19. Wew..
    Keren banget bisa ke Cina :D
    #mupeng

    ReplyDelete
  20. LOL.. semprotan air, kirain gue di luar negeri ada semprotan air di WC, gataunya emang bener-bener pake tissue doank ya -,-

    btw tips biar makanan gak disita apaan bang? share donk.. kalo di kolam renang sih gue biasanya naro handuk dan kolor ditumpukan atas tas dan makanan dibawah, biar penjaga yang meriksanya risih.. nah kalo di bioskop gimana? gimana bang gimana? #penasaran

    ReplyDelete
  21. berbagi Kata Kata Motivasi
    Orang slalu bilang km perlu melakukan ini dan itu, tp km tahu yg terbaik ttg dirimu dan apa yg perlu km lakukan.

    Tulus dalam menggali potensi diri. Meniru hanya membuatmu menjadi orang lain, tak ada yg bisa dibanggakan. Jadi dirimu sendiri.

    Keikhlasan hati dan ketegasan sikap, akan menjadikan kamu lebih siap dan lebih berani dalam menyelesaikan setiap masalah.

    Apapun yang kamu rencanakan, apapun yang kamu ingin lakukan, awalilah dengan doa.

    Doaku hari ini: Tuhan, berikan aku keberanian, kesabaran dan keikhlasan untuk menghadapi sulitnya kehidupan. semoga dapat di terima gan, dan salam kenal :D

    ReplyDelete
  22. aaaaah bener banget. indomie dan masakan indonesia adalah top markotop yang bakal ngangenin banget. semoga sukses dengan hidup setengah tahun serba baru di sana yaa :D

    ReplyDelete
  23. cina dengan sejuta pesonanya!
    memang negara satu itu sangatlah luar biasa... jadi ngiri pingin kesana juga :(

    ReplyDelete
  24. aku pernah ke Cina sekali... hampir seminggu lebih deh disana... dan benar benar tersiksa dengan makananyaa....

    benar, chinesse food di Indonesia jauh lebih enak dibanding chinesse food di cina

    ReplyDelete
  25. Masalah WC sama indomie sih emang yang paling TOP!! hahaha..
    untung orang cina pada makan nasi juga, kalo nggak, list lo nambah tuh..

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe