Di Antara Cinta dan Nafsu

09:49:00


The desire of love is to give. The desire of lust is to get.

Terinspirasi dari postnya Irvina. Read her article too, it's a good one.(http://kancut-beringas.blogspot.com/2012/06/aku-horny-honey.html)

Mungkin memang sudah menjadi sebuah stereotype di masyarakat kita bahwa cowo adalah sosok yg mudah "terangsang", dan mitos ini diperkuat dengan banyaknya kasus pemerkosaan yg terjadi akibat pelaku terbawa "nafsu" melihat korban memakai pakaian yg seksi. Kelakukan oknum2 berotak udang seperti itulah yg membuat masyarakat seringkali memandang cowo layaknya seekor binatang yg dapat dengan mudah terbawa nafsu birahi tanpa menggunakan akal sehat.

Namun pada kenyataannya, tidak sesimpel itu.



Cinta sudah menjadi sebuah bagian yg tidak terpisahkan dalam hidup gua, dan rasa ingin tahu gua mendorong gua untuk belajar lebih mengenai apa sih yg dimaksud cinta, termasuk dari sudut pandang ilmiah. Dan berdasarkan buku2 yg gua baca, seperti Kamasutra, Law of Attraction, The Mating Game, Mars and Venus in Bedroom, dan Virgin Sex For Men, ternyata cinta dan nafsu adalah dua hal yg berbeda bagi cowo.

Apa yg menyebabkan cowo terangsang?
Salah satu hal yg membedakan manusia dan hewan adalah kemampuan untuk berpikir secara transcenden atau mungkin lebih dikenal dengan kata "berimajinasi". Yup, manusia adalah satu2nya mamalia yg otaknya berkembang sedemikian rupa sehingga memberikan mereka kemampuan untuk berimajinasi. Nah, imajinasi inilah yg menjadi salah satu stimulus seksual, bagi cowo maupun cewe.

Cowo terangsang oleh stimulus fisik, berupa image yg muncul di kepala mereka. Saat mereka melihat cewe seksi, mata mengirimkan sinyal kepada otak dan otak membentuk sebuah imajinasi di kepala. Pada saat otak berhasil mengidentifikasi image tersebut adalah sesuatu yg "merangsang", maka otak memproduksi berbagai macam hormon yg salah satu fungsinya adalah memicu tekanan darah ke "daerah tertentu"

So yeah, kalo cowonya memang mesum, pada saat melihat seekor katak berenang di kolam saja pun dia bisa "terangsang" karena di otak dia tuh yg ada bukan image kodok, melainkan Miyabi sedang berenang memakai baju renang kulit.

Masih ga percaya? Mari kita adakan sebuah tes :

Pada saat membaca tulisan "Miyabi" di baris sebelumnya, berapa orang dari kalian, wahai para pembaca pria, yg membayangkan sosok Maria Ozawa tanpa sehelai benangpun di kepala kalian?  

Yg muncul adalah wajah Maria Ozawa, bukan wajah Olga atau Sule kan?

Masih belum puas? Coba liat gambar2 di bawah ini...apa sih yg ada di pikiran kalian?




Namun ternyata yg terjadi pada cowo, tidak jauh berbeda dengan cewe. Cewe juga bisa terangsang oleh image di kepala mereka, namun bedanya apabila cowo membayangkan sesosok gadis seksi berbalut bikini, cewe membayangkan hal2 lain seperti betapa nyaman dan indahnya berada di dalam pelukan sang kekasih, berdua, di bawah langit malam yg bertaburkan bintang.

Pada saat cowo dan cewe berciuman, cowo akan terangsang oleh fakta bahwa ia sedang berciuman, sementara cewe akan terangsang oleh perasaan bahagia dan sayang yg ia rasakan melalui sentuhan2 lembut di bibirnya.

Intinya, cowo terangsang oleh image fisik, cewe terangsang oleh perasaan dan suasana. Tapi dua2nya sama2 terangsang oleh imajinasi yg ada di kepala mereka.


Cowo memang lebih mudah terangsang, karena stimulus mereka berupa benda konkrit, sementara stimulus cewe berupa sesuatu "abstrak". Namun cowo juga lebih mudah menurunkan "nafsu" mereka ketimbang cewe. Cowo bisa terangsang hanya dalam beberapa detik, dan beberapa detik kemudian mereka sudah cooldown. Cewe butuh waktu lebih lama untuk terangsang dan butuh 15-20 menit untuk bisa cooldown.

Gua pernah ngobrol dengan beberapa orang cowo yg "nakal" dan sebagian besar dari mereka berkata kepada gua bahwa hubungan seks di luar nikah biasanya terjadi akibat cowonya sudah berhasil membuat cewenya "terhanyut suasana". Pada saat akan melakukan hubungan seks, biasanya cowo masih sempat menggunakan akal sehat dan terdapat sedikit ragu di dalam otak mereka. Tapi keputusan terakhir pada umumnya berada di tangan cewe. Apabila cewenya tetep tidak menolak, ya cowonya juga tidak akan ragu2 lagi.

Jadi sebenernya yg harus pintar2 mengontrol diri di dalam suatu hubungan tidak hanya cowo, melainkan cewe juga. It takes two to tango. Kebablasan bukan cuma salah cowo, tapi juga salah cewenya.


Suatu kali waktu pacaran, cewe gua terkena demam tinggi. Setelah minum obat dan dikompres, dia mulai berkeringat dan bajunya basah kuyup. Karena takut dia masuk angin, akhirnya gua memberanikan diri untuk menggantikan pakaiannya. Gua tidak terangsang sama sekali waktu gua melihat tubuh bagian atasnya tanpa sehelai benang pun (dari belakang) karena waktu itu di otak gua, gua ga ngebayangin dia telanjang atau berpikiran mesum. Satu2nya hal yg ada di otak gua hanyalah perasaan sayang yg tulus untuk dia yg sedang sakit.

Jadi intinya, kalo seorang cowo bener2 sayang ma cewenya, mau liat tali kutang kek, mau liat paha kek, mau cium wangi parfumnya kek, mau ciuman sekalipun, dia akan tetap bisa mengontrol diri dan memilah yg mana perasaan sayang dan yg mana perasaan nafsu. Bahkan percaya ga percaya, kebanyakan cowo tidak bisa berfantasi mesum mengenai cewe yg mereka kita cintai. Gua yakin temen2 cowo yg udah punya pacar di sini akan setuju dengan pernyataan gua ini.


So girls, kalo ada cowo yg ngajakin lu berbuat mesum atas nama cinta...itu bullshit. Cowo yg benar2 mencintai lu akan menjaga kehormatan lu dan ga akan berbuat yg aneh2 sebelum menikah. Dia ga akan minta lu membuktikan cinta lu dengan cara ML sama dia. Cinta dan nafsu adalah dua hal yg berbeda, jangan disamakan. Bahkan pada hakikatnya, kedua perasaan tersebut masing2 dipicu oleh hormon yg berbeda pula, jadi sebenarnya tidak sesulit itu untuk membedakannya.

Gua pribadi punya prinsip...ga akan melakukan hubungan seks di luar nikah. Bukannya mau sok keren, tapi buat gua seks tuh adalah sesuatu yg sakral dan indah. Kalopun suatu hari gua akan melakukannya, gua ingin melakukannya dengan orang yg sangat gua sayangi, dan tanpa perasan bersalah =)

Respect yourself, respect your lover.
Love, you know, seek to make happy, rather than be happy.

You Might Also Like

49 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. mantaps banget nh ulasanya, semoga anak muda sekarang lebih memahami apa itu cinta dan bagaimana jika harus menyikapi cinta itu,

    ReplyDelete
  2. itu kisah yang lu gantiin baju pacar lu seriusan kak ? :O

    Merindingg gue ...

    ReplyDelete
  3. judulnya, kek pelem lebar jaman jadul wakakakaka..., setuju ama prinsip na Keven :)

    ReplyDelete
  4. kata mantan pacar gue, ada perasaan gak enak dan aneh kalo bayangin pacar sendiri tanpa baju *fantasi seks* biasanya kalo dia berfantasi, itu karena cewek lain, kayak artis gitu. cinta dan nafsu berada di dua dunia tapi bisa berjalan beriringan. tergantung situasi, mungkin dalam ikatan pernikahan, semua akan baik-baik saja, malah jadi suatu mengikat. kayak ayah dan ibuku ^_^

    ReplyDelete
  5. mengingatkan pada judul2 film dewasa jadul yang di koran2 atau dipajang gede2 di bioskop wakakakakakaka

    ReplyDelete
  6. setujuuuu,,,cinta bukan harus mau ngelakuin apa aj trmasuk 'itu' aaaaahhh setujuh bgt ama bang Kepen!!

    ReplyDelete
  7. wau.....!!
    Bingung ni mau bilang apa.
    Tapi menurut aku, cinta bisa bikin nafsu.
    Tapi nafsu tidak bisa bikin cinta.
    Meskipun ada hanya cinta sesaat, bagitu nafsu kadang dilampias, hilang dech..!!

    salem kenal ya.

    ReplyDelete
  8. bener banget nih..cewe terangsang karena perasaan bukan cuma sekedar dari fisiknya aja...

    ReplyDelete
  9. Ulasan cerdas. Kajianmu selalu bermakna dalam bang kepen :D

    Semoga kita semakin mengerti bahwa cinta tak melulu tentang seks.

    ReplyDelete
  10. setuju! nafsu (yang merugikan) gamungkin didasari cinta

    ReplyDelete
  11. Ulasan cerdas. Kajianmu selalu bermakna dalam bang kepen :D

    Semoga kita semakin mengerti bahwa cinta tak melulu tentang seks.

    ReplyDelete
  12. Jangan lupa kalo Eastern Culture kayak di Indonesia juga ada minusnya.
    Umur gue adalah umur2 dimana semua temen gue married, dan kalo ditanya ada alasannya, rata2 sebenarnya antara dua: ingin tinggal bareng, dan ingin have sex legal.

    Menurut gue itu salah. Motivasi2 kayak begini inilah yang membuat banyaknya failed marriage. Di Indonesia (dan negara2 timur lainnya), in order to have sex, you must be married. Jadilah pernikahan disalahgunakan. Berapa banyak perceraian yang alasannya "Karena gak cocok"? Itu BULLSHIT! Kalo belum cocok then, kenapa kawin? Karena yah married didorong rasa nafsu itulah yang membuat 3 bulan awal marriage sangat menyenangkan (karena panuh dengan sex hebat) setelah sex jadi membosankan, baru deh ributin hal2 kecil.

    Buat orang western, they have sex before married. Mereka juga live together dulu. Kalo gak cocok, yah putus. So, keputusan married mereka pure karena they love each other. Gue gak menampik kalo di western country juga banyak perceraian yah.. Cuma motivasi utk nikahnya aja yang beda.

    Semua hal ada dua sisi, jadi gak bisa bilang have sex before married itu salah, dan gak bisa bilang juga benar. Semua dilihat dari motivasi nya.

    Just penny of my thoughts though. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju May, memang itu minusnya di Timur, married jadi sebuah tools untuk melegalkan seks...^^

      Thanks buat komennya

      Delete
    2. Gue setuju banget sama komennya dia.... Dan menurut gue, seks di luar nikah juga nggak salah kok.... Di Eropa atau Amrik, sex before married juga bukan sesuatu yang tabu.. Malah banyak juga kok pasangan yang sex before married tetep langgeng hingga pernikahan...

      Kalau menurut pendapat gue, itu haknya seseorang mau lakuin sex before married dengan pasangannya... Selama ada komitmen, why not? Toh sebetulnya nikah di gereja kan cuman pengesahan secara agama aja... Hehehehe....

      Oh yah, nggak hanya cowok aja lho yang kayak gitu.. Cewek juga ada.... Gue pernah baca di koran kalau Kim Kardashian melepas keperawanannya pada saat usianya 14 tahun dan itu emang atas dasar kemauannya sendiri serta ibunya pun setuju, asalkan pake kondom... :D

      Delete
    3. ha? kim kardashian begitu? hadeehhh jaman makin edan hahaha.

      Delete
  13. "kebanyakan cowo tidak bisa berfantasi mesum mengenai cewe yg mereka kita cintai"
    gue sebagai cowok setuju banget sama kalimat ini :D
    gak tega..

    dan kalimat terakhirnya mantep banget, yang dimerahin, tanpa perasaan bersalah, setuju setuju setuju!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kita mau menikmati seks kalo di dalam hati kita penuh perasaan bersalah? Bener kan?

      Delete
    2. yoi, nanti pas gitunya enak.. pas udahan nangis karena menyesal.. euh -,-

      Delete
  14. Setujulah
    kalo buat gw hubungan seks di luar nikah tidak dibangun di atas cinta tapi di atas nafsu belaka :D

    ReplyDelete
  15. Ah kece nih Bang Keven.. andai semua cowok didunia ini berpikiran sama, kalo gak ada yg namanya melakukan hub. seks atas naman cinta -____-,

    ReplyDelete
  16. di tulis dengan bukti bukti yang jelas,... bagus sekali.... laki laki pada dasarnya seperti itu ternyta ya.... didapat dipungkiri..

    suka dengan prinsipnya semoga bisa tetap tahan godaan dan tetap teguh ya...

    ReplyDelete
  17. tapi yah, "kebanyakan" cowok suka nolak pendapat "perempuan ngelakuin segala sesuatu nya karena perasaan"
    waktu perempuan bilang sayang, boys should know that they were really, really mean it.

    tapi cuma perempuan bego sih menurut gue yang rela kasih segalanya buat cowok.
    kalau sayang, ya tunjukin dengan sungguh sungguh, soalnya rasa sayang sama cinta itu datang nya pasti seiring sama nafsu satu sama lainnya. alamiah menurut gue. tergantung dua pihak mau dititik beratkan dimana, sayang atau nafsu.

    1000 jempol buat ka keven :D

    ReplyDelete
  18. menikah untuk melegalkan seks sebenarnya memang dianjurkan juga dalam agamaku. cewe/cowo yang udah gag bisa menahan nafsu lebih baik menikah daripada timbul fitnah & kejadian2 yang gag diinginkan, atau kalo belum siap nikah ya puasa (puasa makan-minum, puasa nafsu, puasa amarah). makanya agamaku mengajarkan agar cewe/cowo menundukkan pandangannya ketika berbicara dengan lawan jenis dan sangat menjaga derajat wanita dengan memerintahkan wanita berjilbab.
    :)
    two thumbs up for this post kak ^o^

    ReplyDelete
  19. Great post! Semoga banyak cewe2 di luar sana yg membaca postingan ini & ga tertipu sama bujuk rayu cowo2 yg nggak tulus sama mereka :)

    ReplyDelete
  20. wew...
    bener juga ya...
    tapi aku sih belum punya pengalaman sama "cinta" ,
    dan post ini mungkin akan bermanfaat buat aku kelak #ea
    keren postingannya :D

    ReplyDelete
  21. wew keren, http://rizkyadipranata04.blogspot.com/ mampir gan di blog sederhana saya

    ReplyDelete
  22. tulisan yang mantap, bener kok cinta ma nafsu beda

    ReplyDelete
  23. setuju sama bait terakhir :) virginitas itu emang penting dan perlu dijaga buat orang yg paling disayangin

    ReplyDelete
  24. oh emjiii kereeennnnn...........
    tmnku cwo prnh ada yg bilang kayak gt,kalo cowok udah bnr2 sayang sm ceweknya ga bakaln deh berani "ngubek ngubek" :)
    mungkin peristiwa2 MBA karena bnyk anak muda yg menomorsatukan nafsu drpd hati dan akal.

    very nice bang...

    ReplyDelete
  25. gue sangat setuju sama postingan ini.
    Very nice :D

    ReplyDelete
  26. Ijin Repost ye bang diFB. bagus banget tulisannya :)

    ReplyDelete
  27. jaman sekarang cewek lebih histeris kehilangan BB, daripada kehilangan keperamawannya.

    ReplyDelete
  28. thats true.. tergantung ceweknya juga om,kalo ceweknya tetep kekeuh ga mau ya kalo tiu cowok sayang mah ya ga bakal ngelakuin juga ya..

    ReplyDelete
  29. gambar kedua yg langsung piktor. kalo yg lain masih biasa.

    btw, aku ada award untuk kamu nih...
    Thanks masukannya ya...

    http://riuisme.blogspot.com/2012/07/thank-you-sebuah-penghargaan-untuk.html

    ReplyDelete
  30. kereeeennnnn....
    jarang2 baca postingan yg berbobot gini, semoga cowok2 mesum ada yg baca ini, dan sadar. haha

    btw gambar 2 n 3 gw gak ngerti.. cuma lampu sama gelas??

    ReplyDelete
  31. Klo cowo yang udah beneran sayang mah justru ngejaga, bukan ngerusak.

    ReplyDelete
  32. Sangat benar sekali
    CINTA dan NAFSU memang sangat jauh berbeda
    jika kita benar2 mencintai pacar kita, nafsupun bisa kita kendalikan karena rasa sayang yang begitu teramat dalam
    Sedang nafsu..semua makhluk hidup pasti punya nafsu dan saya ingat kata guru ngaji dulu kalau nafsu itu biasanya dari seytan atau iblis yang merasuk ke dalam hati dan fikiran manusia agar berbuat nista

    terima kasih infonya bang... jika di ijinkan ingin saya bagikan posting yang sangat berbobot ini
    dan salam kenal buat semua sahabat disini...

    ReplyDelete
  33. info yang sangat bermanfaat ini bang...
    salam kenal....

    ReplyDelete
  34. Replies
    1. Menurut gue,ada beberapa faktor yg membuat seseorang terbawa nafsu yaitu, berawal dari pelukan, kemudian ciuman. setelah melakukan kedua faktor ini NAFSU akan datang dengan sendirinya. jadi, dalam suatu hubungan hindari kedua faktor tersebut.

      Thanks infonya sobat.

      Delete
  35. kalau gue sebisa mungkin deh jaga diri karna pergaulan di lingkungan gue banyak yang bebas banget. bahkan beberapa temen gue udah pada nikah dan punya anak. menyedihkan. toh semuanya indah pada waktunya kan ya Bang :)

    ReplyDelete
  36. wahhhh,,
    mntap nih gan,,
    makasih ea gan,,

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe