Hero (2002)

23:37:00


Di Cina kuno, jaman sebelum terbentuknya Dinasti Han, para penguasa dan tuan tanah berperang demi memperebutkan kekuasaan. Dalam peperangan tersebut, negeri Qin berhasil meraih kemenangan berturut2 akibat pasukannya yg sangat kuat dan berdisiplin tinggi. Sadar bahwa mereka tidak mampu mengalahkan Qin melalui perang terbuka, para musuh2 Qin berusaha menaklukan Qin melalui jalan belakang...yaitu mengirim pembunuh untuk membunuh Raja Qin.


Wu Ming (Nameless), adalah seorang ksatria tanpa nama, yg mengaku telah berhasil membunuh 3 orang pembunuh ternama dari negeri Zhou : Sky (Donnie Yen), Flying Snow (Maggie Cheung), dan Broken Sword (Tony Leung) yg selama 10 tahun terakhir terus menerus menghantui sang Raja. Wu Ming juga menyerahkan 3 buah senjata milik para pembunuh itu yg menjadi bukti nyata bahwa ia telah berhasil menaklukan mereka. 

Atas jasa Wu Ming, sang raja memberikan banyak hadiah kepadanya dan juga kesempatan untuk bertatap muka dengannya. Sampai saat ini, tidak ada seorang pun yg diperkenankan bicara dengan sang raja lebih dekat dari 100 kaki untuk mencegah bahaya. Saat sang raja melihat ketiga senjata itu, ia kagum pada Wu Ming dan memberikannya kesempatan minum arak berdua di dalam istana di mana mereka hanya terpisah sejauh 10 kaki sehingga mereka bisa berbincang dan bercakap2.

Sang raja sangat penasaran mengenai bagaimana cara Wu Ming menyingkirkan para pembunuh itu. Tapi setelah ia mendengar cerita Wu Ming, sang raja pun menemukan banyak kejanggalan dan mendapati bahwa Wu Ming adalah seorang pembunuh yg berhasil membujuk para pembunuh lainnya untuk berkorban supaya ia dapat mencapai jarak sedekat mungkin dengan sang raja dan membunuhnya dengan tangannya sendiri...


Sebenarnya orang yg seperti apa sih yg layak disebut sebagai "Hero" (pahlawan)? Secara gamblang, mungkin kita bisa artikan pahlawan adalah seseorang yg membela keadilan. Tapi apakah keadilan itu? Apakah Wu Ming yg berniat membunuh sang raja demi membalaskan dendam keluarga dan teman2nya yg terbunuh di dalam perang bisa disebut sebagai pahlawan? Sekilas tindakannya terlihat benar, tapi kalo kita mencoba menyelami diri sang raja, ternyata ia juga bukan hanya sekedar seseorang yg berperang demi kekuasaan.


Raja Qin adalah seorang yg tumbuh di jaman yg kacau dan penuh peperangan, karena itu ia berniat mengalahkan musuh2nya untuk mempersatukan negeri Cina. Ia ingin agar semua rakyat dapat hidup bersatu, rukun, dan damai. Ia ingin sebuah negeri yg makmur di mana hukum berlaku sama rata bagi semua golongan. Untuk mewujudkan cita2 besarnya itulah ia harus menjadi kejam dan tegas. Ia rela menjadi sosok yg dibenci rakyatnya demi mewujudkan sebuah misi yg mulia dengan nyawanya. Bukankah semua itu menunjukkan cita2 seorang pahlawan?


Broken Sword, adalah satu diantara ketiga pembunuh yg dalam usahanya membunuh Raja Qin justru menyadari betapa penting keberadaan sang raja bagi masa depan cerah negerinya. Keberadaan orang seperti Raja Qin diperlukan untuk mempersatukan Cina di bawah satu langit dan untuk itu, memang jatuhnya korban tidak bisa dihindari.


Meskipun hanya berdurasi 90 menit, namun pada saat nonton film ini gua seolah2 ngerasa ditampar. Seringkali di dalam hidup kita menjudge sesuatu hanya berdasarkan pengetahuan dangkal mengenai hal tersebut. Ada orang yg jenaka, humoris, namun di balik semua itu, sebenarnya ia merasa kesepian. Ada orang yg sombong, angkuh, senang memamerkan kelebihannya, tapi sebenarnya itu hanya perwujudan rasa tidak nyamannya terhadap dirinya sendiri.


Hendaklah di dalam hidup kita belajar untuk tidak mengkotak2an segala sesuatu hanya secara hitam putih, tapi sediakan sedikit ruang untuk grey area (praduga tidak bersalah/positive thinking) karena seringkali kenyataan yg sebenarnya tidak sesimpel dari dugaan/justifikasi yg terlihat. Jangan terlalu memaksakan pendapat kita kepada orang lain karena bagaimanapun juga masing2 manusia punya prinsip dan nilai2 yg ia junjung secara pribadi.

Dan ya, meskipun kedengerannya indah, tapi di dalam hidup ini yg namanya win-win solution sangatlah sulit untuk dicapai. Menolong seseorang terkadang berarti kita mengorbankan orang lain, dan tidak ada pilihan hidup yg benar2 aman dan bebas resiko. Menjadi seorang pahlawan bukan berarti selalu merasa benar dan tidak punya rasa takut, seorang pahlawan adalah mereka yg berani maju meskipun merasa takut, berani untuk mengakui kesalahan apabila mereka mengalami kegagalan, dan bertanggung jawab atas segala resiko yg harus dihadapi.


Akhir kata, gua sangat merekomendasikan agar teman2 pembaca semua menonton film Hero ini. Dengan jalan cerita yg menarik dan didukung sinematografi yg luar biasa, film ini mungkin adalah salah satu film wuxia terbaik sepanjang masa. 

A true masterpiece by Zhang Yimou and Jet Li!

Rating : 9.5/10

You Might Also Like

16 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. aku sangat suka wuxia ... aku akan segera mencari filem ini .... terima kasih informasinya ....

    ReplyDelete
  2. Sekadar usul: kali lain jika sobat menurunkan postingan berupa ulasan film, alangkah mantab bila membubuhkan judul yang menggugah selain judul film aslinya :) Misalnya untuk ulasan film 'HERO' ini, mungkin judulnya bisa berbunyi: "Ambivalensi Seorang Pahlawan: antara Idealisme dan Dendam Pribadi". Atau: "Tak Sejelas Hita dan Putih". Hehe, sekadar usul loh. Jadi saat dipromosikan di WB, kemungkinan untuk dikunjungi oleh teman2 WB akan lebih besar. Itu menurut pendapat saya Gan.

    ReplyDelete
  3. Ini memang film yang bagus karena kebetulan saya menyukai Donnie Yen dan Jet Li. Baik Donnie Yen maupun Jet Li selalu memukau dengan tampang dingin dan dialog2 yang berisi. Tata laganya sungguh memikat. Layak ditonton!!

    ReplyDelete
  4. Waaahh aku baru liat film ini.. padahal sudah lama yaa.. hehehe
    nice posting ^_^

    ReplyDelete
  5. Dari ceritanya lumayan.... Tapi entah kenapa gue nggak pernah suka film2 mandarin tipe2 kayak gini... -_-

    ReplyDelete
  6. Kok jadi inget game dynasti warrior hehe

    ReplyDelete
  7. ..tapi entah kenapa gue lebih doyan painted skin dari hero ini (-___-)

    ReplyDelete
  8. memang film ini layak dapat rating 9.5 dari dirimua... saya juga yakin filem ini terbaik yang pernah dibuat... satunya adalah crouching tiger hidden dragon.. sama bagusnya...

    ReplyDelete
  9. Kaya'nya gua pernah nonton film ini dulu, tapi lupa :P
    Thanks om Keven yang udah bikin review nya, akan ane segerakan mengunduhnya XD.

    ReplyDelete
  10. Wah... emang film ini TOP! gk bakalan nyesel buat nonton nya....

    ReplyDelete
  11. jet li itu kayaknya awet muda ya,dari dulu sampe sekarang sama gantengnya

    ReplyDelete
  12. kayaknya keren tuh bro..
    cari donlotannya dulu aaah...

    ReplyDelete
  13. aku gak pernah nonton :) cuma tau aja

    ReplyDelete
  14. APapun katanya ga suka film laga, apalagi yg main orang cina,,,
    hahhahahah -_____-

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe