My Life in 2012 So Far...

02:58:00


Waktu awal tahun 2012 gua nulis resolusi yg ingin gua capai tahun ini...kini setengah tahun lebih sudah berlalu dan bagaimana progress gua?

Not much, to be honest. Dan banyak hal yg terjadi sehingga gua kehilangan minat terhadap beberapa di antaranya. Tapi walaupun gua tidak berhasil menjalankan semua resolusi yg gua tulis tersebut, dalam setengah tahun ini juga gua banyak mendapatkan banyak hal yg berharga dalam hidup gua, ada beberapa achievement2 membanggakan yg bisa gua cantumin ke dalam portofolio kehidupan gua. Apa aja sih yg sudah gua lakukan di tahun 2012 ini?


Pertama dan yg paling penting adalah...gua berhasil menyelesaikan TA gua dan lulus menjadi sarjana dengan nilai A. Bahkan ada kemungkinan gua juga lulus dengan predikat cum laude. YAY. Untuk hal yg satu ini gua rasa gua boleh berbangga diri karena semua ini gua dapatkan melalui usaha yg luar biasa selama 5 tahun kuliah dan perjuangan super maksimal selama 6 bulan terakhir gua kuliah, pada saat TA. So yeah, meskipun gua kayaknya ga akan sempet wisuda tahun ini, tapi nama gua udah resmi mendapat tambahan gelar di belakangnya

Keven Alberto Yoesuf, S.Sn



Hal kedua adalah hal yg akan merubah hidup gua selama setengah tahun terakhir di tahun 2012 ini. Yup, gua berhasil dapet beasiswa ke Cina. September ini gua akan berangkat, meninggalkan kehidupan lama gua di Bandung, dan memulai kehidupan baru sebagai perantau di Negeri Tirai Bambu. Ada pepatah yg berbunyi "Tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina", that's what I'm doing. Gua sedikit berat hati meninggalkan zona aman gua di Bandung, tapi di sisi lain gua juga excited akan pengalaman2 seru yg akan gua alami di Cina nanti. Semoga di sana gua tetep bisa blogging ya, hehehe.

Resolusi lain yg berhasil gua lakukan adalah gua berhasil menjalankan Doa Novena Tiga Salam Maria selama 27 hari di awal tahun ini. Meskipun hasilnya tidak sesuai dengan yg gua harapkan, tapi gua merasa lebih dewasa dalam iman setelah berhasil melakukannya. Sampai pada saat artikel ini ditulis juga gua masih aktif ngebina pramuka dan gua akan manfaatin sedikit waktu yg tersisa ini untuk ngebina semaksimal yg gua bisa.


Sementara resolusi yg gagal gua lakukan adalah menurunkan berat badan. Akibat sibuk TA, jangankan olahraga, tidur aja ga ada waktu. Akibatnya, berat badan gua bukannya turun, tapi malah naik >_< Semoga ntar di Cina gua bisa diet deh...

Gua juga tampaknya akan melewatkan tahun ini masih sebagai jomblo deh. Di awal tahun kemaren gua gagal dapetin hati cewe yg gua suka, dan sekarang gua lagi dalam kondisi menikmati kesendirian gua. Gua sadar kalo dalam hidup ini masih banyak hal yg lebih penting untuk dijadikan prioritas dan ga ada gunanya memaksakan cinta apabila kita belum berhasil menemukan seseorang yg memang layak mendapatkannya. Gua juga ga yakin gua bakal dapet pacar di Cina, tapi ya, gua tidak menutup kemungkinan kalo tiba2 Tuhan memutuskan untuk berbaik hati ma gua, hehehe.

Kadang dalam hidup kita harus memilih, mendapatkan satu hal dan mengorbankan yg lain. Gua memilih untuk pergi ke Cina dan untuk mencapai hal itu, gua harus mengorbankan kesempatan gua untuk backpacking ke Singapore (padahal udah beli tiket dan susun rencana perjalanan) dan nerbitin buku. Semoga setelah pulang dari Cina nanti kemampuan menulis gua semakin oke dan juga gua bisa backpacking ke tempat yg lebih jauh dari Singapore, Jepang misalnya?

Pergi ke Cina juga berarti gua ga akan bisa nabung untuk beli SLR, jadi ya, tampaknya di Cina nanti gua masih harus bersabar dengan kamera digital pocket. Dan selama di Cina nanti juga gua akan fokus belajar bahasa dan juga travelling, jadi tampaknya gua tidak akan berhasil menepati resolusi gua untuk baca 50 buah buku ataupun bikin 5 buah boardgame. Tapi setidaknya selama TA kemarin gua berhasil menciptakan boardgame "Bandung Lautan Api" yg gameplay dan grafisnya semua original buatan gua, not bad lah.


Tapi di luar 12 buah resolusi yg gua tulis di awal tahun, gua juga mendapatkan banyak pengalaman berharga tahun ini. Hal2 tersebut adalah...

Pertemuan dengan Pak Manusun, sebuah perjalanan spiritual intelektual yg membuka hati dan pikiran gua serta memberikan gua pemahaman lebih mendalam seputar hidup ini. Berkat Pak Manusun juga gua menjadi semakin yakin akan cita2 gua untuk menjadi seorang guru. Teaching is my passion, dan itulah sebabnya gua pengen serius meniti karir di bidang pendidikan setelah gua pulang dari Cina nanti.

Kopdar dengan temen2 blogger
. Gua seneng banget karena ternyata selain menginspirasi para pembaca, blog ini juga membuat gua mendapatkan banyak teman2 baru. Dari 4 kopdar yg gua datangi, yg paling berkesan buat gua adalah kopdar KK Bandung di Ciwalk karena meskipun pesertanya tidak terlalu banyak dan acaranya sederhana, tapi kita berhasil mengakrabkan diri satu sama lain. Kadang2 gua rasa kopdar cuma duduk, makan, dan ngobrol kayak gini juga seru kok, bener2 quality time deh pokoknya, hehehe...


Setelah penantian setahun lamanya, gua berhasil nonton Wrestlemania 28 tanpa kena spoiler sama sekali. Gua bener2 menikmati setiap pertandingannya, detik demi detik. Walopun gua nonton sendirian di kamar, tapi saking serunya gua sampe jerit2 dan gebrak2 meja sendiri, apalagi pas nonton pertarungan The Rock vs John Cena. Gua sampe loncat2 di kamar sewaktu The Rock akhirnya mengalahkan John Cena...1...2...3. Dan gua denger, di seluruh dunia banyak anak2 yg ngefans sama Cena yg nangis waktu liat jagoannya kalah. Segitu besarnya impact sebuah pertandingan ini di dalam hidup jutaan orang...

Wrestlemania 28 adalah yg terbaik sepanjang masa, so far. Kalo di masa yg akan datang gua ditanya soal tahun 2012, pertarungan The Rock vs John Cena ini akan jadi hal pertama yg gua kenang mengenai tahun 2012.


Gua sempet ketagihan film How I Met Your Mother, sebuah film drama-komedi yg selain menghibur juga mengajarkan gua banyak hal soal yg namanya love and relationship. Buat temen2 yg suka film2 komedi bertema cinta, cobain nonton deh, dijamin ga akan nyesel ;p



Tapi di luar hal2 tersebut, salah satu hal yg sangat gua syukuri di tahun 2012 ini adalah keputusan gua untuk bergabung dengan Tim Misa Muda-Mudi (TM3) di Gereja Pandu. Di TM3 ini tidak hanya gua bisa menyalurkan hobi nyanyi gua, gua juga mendapatkan sebuah komunitas baru yg bisa gua sebut sebagai "keluarga"


Temen2 di TM3 sangat ramah dan menyenangkan. Semenjak bergabung dengan TM3, selalu saja ada banyak hal2 seru yg gua alami. Tanggal 8 Juli 2012 kemarin misalnya, TM3 merayakan ultahnya yg ke-43 dengan mengadakan sebuah konser bertajuk "Don't Stop Believin'" di mana gua terlibat sebagai panitia dan peserta.


Konsernya sederhana, lokasinya di aula kecil dan penontonnya hanya sekitar 100 orang. Tapi konser tersebut mungkin adalah hal paling menyenangkan yg gua alami di tahun 2012 ini so far. Di konser ini gua merasakan betapa serunya bekerja bareng dengan "keluarga" baru gua untuk suatu tujuan yg sama dan betapa manisnya saat kerja keras kita membuahkan hasil yg bisa diapresiasi oleh orang lain.


Kurang lebih itulah hal2 yg terjadi di dalam hidup gua selama setengah tahun ini. Dalam waktu 40 sekian hari lagi gua akan berangkat ke Cina dan memulai kehidupan baru serta pengalaman baru di sana. Semoga yg gua alami di sana ga kalah seru dengan apa yg gua alami selama 6 bulan terakhir ini.

Thanks for reading ;p

You Might Also Like

17 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Satu hal utama yang aku ingin katakan, good luck di China, bang. Selebihnya cuma mau bilang kalo aku suka sekali tulisan tentang rekam jejak kayak gini. Hehe

    ReplyDelete
  2. wah, baru setengah tahun tapi udah banyak resolusi yang tercapai...
    sukses di China bg, keep blogging in China
    kayaknya seru dengerin celoteh dari China :D

    ReplyDelete
  3. Boardgame-nya keren amat Kev...

    Aaa, beasiswa ke Cina *envy* ditunggu cerita2nya *siapa tau ada kelanjutan Zhen Zhu Nai Cha *harapan pembaca :p

    ReplyDelete
  4. keren, good luck. semoga semakin ke depan semakin tercapai resolusinya. Semangat :D

    ReplyDelete
  5. huahhhh... good luck yah! dan jangan lupa sampe sana sering2 update blog yah ^^

    ReplyDelete
  6. tuntutlah ilmu sampai ke negeri china, good luck om !! jadi semangat baca postingan ini.. nice post oooooom :)

    ReplyDelete
  7. Waaa Hebat. Setengah tahun. Sudah banyak. Inspiring me. :)

    ReplyDelete
  8. sukses dan selamat menempuh hidup baru bro...
    cuman di cina susah ngeblog ya
    katanya banyak yang diblokir

    ReplyDelete
  9. sukses ya kak di Cina, tetep sering2 buka fb ya kak, biar bisa chat bareng lagi
    hiks hiks ..

    ReplyDelete
  10. goodluck di china om :) semoga bisa bikin broadgame lagi :))

    ReplyDelete
  11. kalo dari pengalaman sih, agak impossible utk diet di China :D

    ReplyDelete
  12. Wah, Om, dapet beasiswa ke China? Kok enak banget, Om.
    Jangan lupa adain giveaway, ya. Hahaha :D

    Congrats, Om..
    Smoga taun 2013, ada foto Om Kevin yang six pack di depan tembok China :D

    ReplyDelete
  13. hebat euiy... masih suka ngajar pramuka.... top banget... saya juga suka sekali pramuka.... lanjutkan mas...

    ReplyDelete
  14. i'm waiting ur writing abut china.... ^^

    ReplyDelete
  15. Wuih satu lagi nih yg lulus TA dan buat gw makin galau, ha.. selamat ye bang... Selamat berjuang! :D

    ReplyDelete
  16. Waaaaah.. Selamaaat atas kelulusannya dan beasiswanyaaaa...

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe