Places I Want To Visit In China (Part 1)

00:49:00


September nanti gua akan berangkat ke Cina dan mungkin gua akan tinggal selama setahun di sana. Selaen belajar, tentunya gua juga akan berusaha untuk cari kerjaan dan juga menabung kelebihan uang beasiswa gua untuk bisa jalan2. Yay! Ngapain jauh2 ke Cina kalo sepanjang waktu cuma diem di asrama? Sayang banget.

Cina tuh negara yg penuh dengan tempat2 indah yg tidak akan bisa ditemui di belahan dunia manapun. Waktu tahun lalu ke Cina, gua udah berkunjung ke Great Wall, Forbidden City, dll...dan meskipun gua keliling2 terus selama satu bulan lebih, tempat2 yg gua kunjungi waktu itu tuh baru merupakan sebagian kecil dari sekian banyak tempat indah yg terdapat di seluruh penjuru daratan Cina.

Tempat2 apa aja sih yg ingin gua kunjungi di Cina nanti?

1. Wulingyuan

Wulingyuan adalah sebuah taman wisata di provinsi Hunnan, Cina. Daerah yg terletak di Zhangjiajie dekat Kota Changsha ini terkenal akan keindahan pemandangannya yg berupa hutan cagar alam dan pegunungan yg sangat indah. Terdiri dari sekitar 3100 pilar batu setinggi 800 kaki, keindahan pemandangan Wulingyuan sudah menginspirasi banyak seniman di seluruh dunia, salah satunya adalah James Cameron.



Dalam Avatar, film yg ia sutradarai di tahun 2009 silam, Cameron menggunakan keindahan Wulingyuan ini sebagai model dari Hallelujah Mountains, gunung2 melayang yg menjadi salah satu daya tarik dari film Avatar tersebut. Di film tersebut diceritakan bahwa Jake, sang tokoh utama, mendapatkan Ikran, binatang tunggangannya, di puncak Hallelujah Mountains ini.


Sebenernya berkunjung ke tempat yg satu ini bukan suatu ide yg baik untuk gua yg punya phobia tinggi, tapi untuk bisa menyaksikan keindahan Wulingyuan dengan mata kepala gua sendiri, gua rela deh menghadapi rasa takut gua...hehehe...


2. Harbin Ice and Snow Festival

Harbin adalah sebuah kota yg terletak di timur laut daratan Cina. Kota ini berada di bawah pengaruh langsung angin dingin dari Siberia sehingga suhu rata2 di musim panas adalah 21 derajat Celcius dan suhu rata2 di musim dingin adalah minus 35 derajat Celcius. Bayangkan...

Ice and Snow Festival yg berlangsung selama satu bulan ini adalah sebuah tradisi yg dimulai sejak tahun 1963 dan festival ini menjadi acara rutins etiap tahun semenjak tahun 1985. Festival ini merupakan sebuah pameran karya seni patung di mana para seniman Harbin memahat berbagai macam patung dan bangunan menggunakan es dan salju yg menumpuk di musim dingin.




Menurut temen gua yg pernah ke sana, patung2nya beraneka ragam mulai dari figur berukuran raksasa hingga bangunan seukuran aslinya. Bayangkan, kita bisa melihat Pyramid Giza Mesir maupun Kastil Walt Disney yg terbuat dari es dan dihiasi dengan sinar laser berwarna-warni. Sebuah pengalaman yg surreal, namun juga fantastis.




Gua ga bisa cerita banyak soalnya gua juga belom pernah ke sana, tapi meskipun dijamin gua bakal menggigil sepanjang waktu, mengunjungi festival es terbesar di dunia ini adalah salah satu hal yg harus gua lakukan selama gua di Cina nanti. Semoga Januari nanti gua beneran bisa berkunjung ke Harbin.


3. Xi'an
Xi'an adalah salah satu kota tertua di Cina yg berumur lebih dari 3000 tahun. Pada Jaman Dinasty Han, kota Xi'an ini dikenal dengan nama "Chang An", ibukota yg menjadi tempat tinggal kaisar2 terkenal dalam sejarah.

Selain nilai sejarahnya, yg menjadi daya tarik utama kota Xi'an ini adalah bahwa kota ini adalah satu dari segelintir kota yg masih mempunyai Tembok Kota. Buat temen2 yg gemar menonton serial silat atau Kisah Tiga Kerajaan tentu mengetahui bahwa pada jaman dulu, hampir semua kota di Cina mempunyai tembok kota yg berfungsi sebagai pelindung dari serangan musuh. Tembok2 kota tersebut dihancurkan oleh pihak Komunis pada saat Revolusi Kebudayaan, bahkan tembok kota Beijing pun tidak luput dari peristiwa itu.



Xi'an, sebagai ibukota tua, kini menjadi satu2nya kota di Cina yg masih memiliki Tembok Kota berukuran raksasa yg panjangnya melebihi 2km dan tebalnya sekitar 5m. Tidak hanya Tembok Kota, Xi'an juga berhasil mempertahankan bangunan2 bersejarahnya dari kehancuran atau pengrusakan sehingga kota Xi'an ini menjadi sebuah kota tua yg indah dan juga eksotis. Kota ini bagaikan sebuah museum raksasa kebudayaan dan arsitektur Cina dari jaman Dinasty Han hingga saat ini.




Hal lain yg menarik dari Kota Xi'an ini adalah bahwa di kota ini terdapat makam Kaisar Shi Huang Ti, kaisar terbesar dan terkejam dalam sejarah Cina yg mendirikan Great Wall, lengkap berikut Pasukan Terracotta-nya. Konon Shi Huang Ti menganggap bahwa di balik kematian, masih ada kehidupan, karena itu pada saat meninggal, ia dikuburkan bersama dengan ratusan ribu tentara tanah liat lengkap dengan senjata dan kereta kudanya agar ia bisa menginvasi surga dan neraka.




Sebagai seorang penggemar Kisah Tiga Kerajaan, berkunjung ke Kota Xi'an ini bagaikan sebuah mimpi yg jadi kenyataan. Gua pengen ngerasain dan membayangkan gimana sih rasanya berada di atas tembok kota dan mempertahankan kota dari serbuan tentara musuh, hehehe.

(TO BE CONTINUED)

Next : Jiuzhaigou, Li River, Panda Reservoir, dll...

You Might Also Like

37 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. paling terkagum2 sama terakota armnya,jangan lupa kalo udah tinggal dicina tetep update blog sama post foto-foto dicina:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa ya...gua juga watir nih, makanya sekarang mumpung di Indo, mau puas2in ngeblog...

      Delete
  2. tembok cina..salah satu tempat yang sangat ingin saya kunjungi :)

    ReplyDelete
  3. Aaaa.. envy you Kev.. gud luck! i wish someday i could go there *,*

    ReplyDelete
  4. wah, tempatnya keren-keren mas..:D

    ReplyDelete
  5. sebaiknya gak usah lu post dulu, ven... ntar aja lu post kalau udah ke sana.... lebih afdol... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, gpp donk...namanya juga bucket list...sekalian riset, hahaha

      Delete
  6. di Indonesia nggak ada yang kayak gitu ya?
    minta oleh-oleh avatar dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah nangkepnya, mereka satwa yg dilindungi *eh?

      Delete
  7. sebagai orang yg tinggal di Cina, gw setuju bgt sama smua yg ada di postingan inii, hehehe..
    Bokap selalu bilang, kalo liburan nggak usah pulang Indo, jalan2 aja. Byk org yg rela jauh2 ikut tur dr Indo buat ke Cina, masa yg di Cina malah ga memanfaatkan, hehe.. Cina gede bokk..
    Dan smua tempat yg disebutin di sini (termasuk yg di "Next") itu bener.. Nih yaa, tempat2 yg wajib dikunjungi versi gw, urut dr yg the best: Zhangjiajie, Jiuzhaigou, Guilin (termasuk Li River dll itu), Harbin, Xi'An, Beijing tentunya. 3 tempat pertama alasannya krn pemandangannya yg nggak santai bagusnya, Harbin krn snow sculpture festivalnya, Xi'An krn Terracotta-nya, dan Beijing krn ibukota aja sih & Great Wall, hehe.. Kalo kyk kuil2 ato tmpt2 kuno gt, mau di kota mana aja smuanya tampak sama, hahaha..
    Dan dgn tidak bangga saya menyatakan bahwa saya baru ke 3 dr 6 tempat itu, hiks. Tp bukan berarti nggak ke kota2 lain, hehehe..

    HAPPY TRAVELLING! *lohh, jadi tujuan utama ke Cina buat belajar apa jalan2??* wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat belajar dan jalan2...hahaha...lu udah pernah ke mana aja, Syl? Bagi2 cerita donk di blog lu, hehehe...

      Delete
    2. Hahaha.. Okee2, nanti aku tulis di blog.. Ternyata baru cerita tentang perjalanan ke Nanjing doang wkwkwk

      Delete
  8. wah yg mau ke cina.
    Gue kapan ya.hahaha
    sukses kang disana.

    ReplyDelete
  9. AAAAAAAAAAAhhhhh pengen ke es pestipal ituuuuuuuuhh...ajak akuh bang kepen!! ajak akuh!!! <---ati2 gangguan jiwa hahhah :))

    xie xie <--tulisannya bner gak ya wkkwk

    ReplyDelete
  10. dapat beasiswa ke Cina? wow, asyik banget!!

    congrats ya dan selamat menikmati indahnya negeri yang satu ini bro. Salam kenal.. :)

    ReplyDelete
  11. China emang banyak tempat rekreasinya, Makanya si boss sering kesana tp ga habis2 tempat yg dikunjunginya. Dan sayang sekali ga pernah ngajak saya hikz

    ReplyDelete
  12. Senang nya setaun di cina dapet beasiswa pula, selamat yaa mas...

    Eeh itu beneran dari es di kasih sinar2 lampu cantik banget, wah ditunggu foto2nya lho main kesana :D

    ReplyDelete
  13. Irra W Hasibuan20 July 2012 at 12:29

    kan bener, sekarang gue envy *nyebur ke laut*

    ReplyDelete
  14. "WAAOOOW!!!"

    gak ada kata yg bisa aku ucapkan selain 'wow' td sob..
    :D

    ReplyDelete
  15. Dari gambarnya sih kereeeenn abis,, ajak2 Bang kesono.. :D

    ReplyDelete
  16. oooom ikut oooom, mau ikut ooom. ajakin saya oooom, gratis ya om kepen ....

    ReplyDelete
  17. kalo yang ada four season itu pernah gak Baaang? share fotofotonya yang banyak yaaa~ ditunggu :)

    ReplyDelete
  18. Waaah.... dapat beasiswa kesana ya... masih ngeblog gak nih

    ReplyDelete
  19. pasti udah gak sabar pingin pergi kesana yaaa :)

    ReplyDelete
  20. Ya allah kapan saya bisa pergi kesana Ya Allah

    ReplyDelete
  21. Yang paling pertama itu di mana? Buagus banget. :O

    ReplyDelete
  22. waaaw EMEJING :O
    keren bgt >< mau kesana jg jadinya hahaaa

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. harbin ice..wah pengen juga tuh ke sana.

    ReplyDelete
  25. itu tempat bagus bagus dan bersejarah banget ya..... jadi mau kesana nih... kalau sudah sampai sana update lagi blog nya ya....

    ReplyDelete
  26. waaah aku pernah tuh ke Zhangjiajie
    saking gedhenya, gak cukup sehari buat menikmati pegunungan avatar itu

    duluuu aku kesana sebelum film avatar

    ReplyDelete
  27. extremely miss this blog. saya selalu tersenyum setelah baca postingan kamu, turut membayangkan soalnya. jadi makin suka sama china setelah baca postingan ini :D

    ReplyDelete
  28. smoga seneng disana ko xDD. ditunggu foto2nya!

    ReplyDelete
  29. wah asik banget mas ke china.. sekali-kali pengen juga sih liburan ke luar negeri bareng keluarga (kalo ada duit hehe)

    ReplyDelete
  30. yang terakhir ane pernah liat di tipi, keren banget ooom!!!! ajak2 ane doooooooooooooooong! ;p

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe