Xi'an, The Most Beautiful City in China

03:53:00

Me and the Bell Tower
"If you have not been to Xi'an, you have not been to China!" (Kalo lu belom ke Xi'an, lu belom ke China) itu adalah sebuah kalimat yg sering gua temukan setiap kali gua ngobrol soal China dengan temen2 dan saudara2 gua yg hobi travelling. Dan ya, ternyata setelah gua pergi sendiri ke Xi'an, gua sadar bahwa kalimat itu bukan hanya sekedar omong kosong.


Xi'an adalah salah satu kota tertua di China yg telah ada sejak 3000 tahun yg lalu, dan selama 1000 tahun terakhir, Xi'an telah menjadi ibukota kerajaan bagi 13 dinasti yg pernah ada di China dan juga tempat tinggal bagi kurang lebih 73 orang kaisar. Sebagai kota yg pernah menjadi ibukota kerajaan Zhou, Qin, Han, dan Tang, Xi'an adalah sebuah kota yg kaya dengan nilai sejarah dan budaya.

Xi'an telah dikenal sejak jaman dahulu karena letaknya yg strategis, yaitu di persimpangan timur Jalur Sutera, tempat di mana para pedagang dari mancanegara bertemu dan bertukar budaya. Dan sebagai kota yg menjadi jantung dari peradaban China, tentunya eksistensi Xi'an juga tidak terlepas dari beraneka ragam pergolakan jaman di kancah peperangan dan politik China.

Sepanjang perjalanan sejarahnya, kota ini telah berkali2 hancur dan bangkit, sehingga walaupun di masa kini hanya tinggal segelintir saja warisan budaya yg dapat diselamatkan secara utuh, namun keindahan historis dan kulturalnya membuat Xi'an tetap menjadi kota yg sangat menarik untuk dikunjungi meskipun kebanyakan orang awam hanya berkunjung ke Xi'an demi melihat Terracota saja.

Peta Jalur Sutera, klik untuk memperbesar
Jaman dahulu, Xi'an dikenal dengan nama Chang An (長安) yg berarti "perpetual peace" (kedamaian abadi/kekal). Buat temen2 yg suka dengan sejarah China seperti "Kisah Tiga Kerajaan", pasti sudah tidak asing dengan nama ini. Kemudian pada jaman Dinasti Ming, nama kota ini diubah menjadi Xi'an (西安) yg berarti "western peace" (kedamaian di barat) yg apabila diartikan secara kontekstual, nama itu mengandung arti bahwa Xi'an adalah tempat peristirahatan yg damai. ("Xi" atau barat dalam bahasa China mengandung konteks "senja" yg berarti istirahat/damai)

Dan nama tersebut memang bukan sembarangan nama karena di Xi'an ini banyak sekali ditemukan makam2 kaisar pada jaman dahulu. Di Kota Xi'an inilah mereka beristirahat dengan tenang dan di Xi'an ini pula lah, kita dapat menyaksikan bukti2 nyata kejayaan para kaisar tersebut. Sebagai contohnya, Xi'an adalah satu dari segelintir kota di China yg masih memiliki tembok kotanya. Hampir seluruh kota di China kehilangan tembok kotanya akibat Revolusi Kebudayaan.

Peta Xi'an. Klik untuk memperbesar

Kota Xi'an terbagi menjadi 2 bagian, Kota Tua dan Kota Baru. Kota Tua adalah kota yg berada di dalam perlindungan tembok kota dengan Bell Tower sebagai pusat kotanya. Kota Tua mempunyai 4 jalan raya utama yg berpusat di Bell Tower : Beidajie (jalan raya utara), Dongdajie (jalan raya timur), Nandajie (jalan raya selatan), dan Xidajie (jalan raya barat).

Meskipun hanya sebagian kecil yg tersisa akibat perang dan revolusi yg terjadi selama berabad2, di Kota Tua ini kita dapat menemukan berbagai bangunan tua yg berhasil direstorasi; Bell Tower, Drum Tower, dan beberapa bangunan tua di daerah Huiminjie (Muslim Quarter) misalnya. Dan di dalam Kota Tua inilah kita dapat menemukan berbagai tempat unik seperti kuil atau kedai yg memiliki makanan2 unik khas Xi'an.

Di jalanan utama sekitar Bell Tower, kita dapat menemukan berbagai pusat perbelanjaan dan hotel mewah, yg beberapa diantaranya mengandung perpaduan unsur modern dan klasik yg sangat harmonis. Pada malam hari, Kota Tua ini terlihat sangat cantik karena hampir setiap bangunan di sini dihiasi lampu yg bersinar dengan sangat indah.




Tembok Kota (City Wall)
Xi'an adalah tembok kota terbesar di Cina saat ini. Dengan panjang keseluruhan kurang lebih 25 km, tinggi 12 m, dan ketebalan 16-18 m, tembok kota ini melindungi Kota Tua yg luasnya kurang lebih 36 km persegi. Tembok kota ini mempunyai 4 buah gerbang utama dan sekitar 16 buah menara jaga. Para pengunjung dapat naik ke atas tembok kota ini dan menyewa sepeda untuk berkeliling di atasnya (akan gua ceritain detailnya di post berikutnya)




Kota Baru adalah kota yg berada di luar tembok kota Xi'an. Di kota baru ini, banyak terdapat bangunan2 modern, danau buatan, dan juga taman2 yg sangat indah. Di Kota Baru ini juga kita dapat menemukan berbagai bangunan tua seperti pagoda, kuil, dan juga museum.



Ok, segini dulu ya cerita tentang Xi'an. Di post berikut2nya, gua akan cerita tentang :
- Bell Tower, Muslim Street, Great Mosque, dan makanan2 khas Xi'an
- Terracota Army
- Han Yangling Museum dan Qian Ling Mausoleum
- Petualangan naik sepeda di tembok kota Xi'an

Tongkrongin terus Emotional Flutter kalo pengen baca kelanjutan kisah petualangan gua di Cina, hahaha.


Oya, jangan lupa join fanpage Emotional Flutter di Facebook ya =)
Cara joinnya gampang, klik tulisan "Emotional Flutter" ini terus like page-nya. Banyak info2 menarik di sana, kata2 motivasi harian, dan kalian juga boleh nanya/curhat apa aja sama sang empunya blog ini, hehehe.

You Might Also Like

12 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. China emang banyak tempat keren yak, tapi sayangnya saya ndak pernah kesono. Dan cm bisa liat foto2nya aja kalo boss baru pulang dari tour ke China Hikz

    ReplyDelete
  2. Susunan kata2 yg sangat jelas,tertata rapih,se olah2 kita diajak ke tempat itu,good job!

    ReplyDelete
  3. kota tua yang menawan ya....
    menunggu cerita selanjutnya..
    salam kenal ya

    ReplyDelete
  4. china gak akan pernah habis buat di bincangkan,, saya suka nanya sama diri sendiri, kenapa ya kalo di tv swasta di indonesia penyebutan kata china ya ttp ci-na, tapi khusus di metro tv jadi beda yaitu cai-na. kenapa tuh mas? bsa kasih alasanya hehehe

    ReplyDelete
  5. sementara liaht2 foto disini dulu deh siapa tau bisa ikutan pergi ke china juga :)

    ReplyDelete
  6. hmmm.... pemerintah RRC memang benar2 jeli melihat obyek wisata di negaranya. Kapan pemerintah NKRI bisa kayak pemerintah RRC soal wisata? masak yang dikenal cuma Bali dan lombok thok :D
    Nabung aja buat disana
    btw foto PSY-nya gangnam style yang ada di paling atas bagus juga :D

    ReplyDelete
  7. klasik banget yah kotanya...

    ReplyDelete
  8. Mauuu...
    Sering denger nama tempat Xi'an, tapi baru ngerti setelah baca di sini.
    Eh setuju sama redbike92, mas mirip PSY, :P

    ReplyDelete
  9. Cerita menarik,, sarat dgn info2 sejarah , tourism,kuliner,, Asyiiilk u dibaca

    ReplyDelete
  10. Selamat malam mas.
    Saya ada rencana ke xian tahun depan. Apakah boleh saya minta file peta xian nya dikirim ke email saya mas?
    Terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. File petanya bisa kamu dapatkan lewat Google.
      Search aja "Xi'an Map"

      Delete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe