Orang China Suka Makan Sup Janin? Itu FITNAH!

14:15:00


PERINGATAN : Artikel di bawah ini kontennya tidak menjijikan, tapi tolong dihindari membaca sambil makan


Sup Janin Bayi Terkenal di China
Mungkin artikel itu sudah tidak asing lagi di mata dan telinga teman2.

Tapi apakah hal itu benar? Apakah orang di China sebiadab itu hingga tega memakan sesamanya sendiri?


Baca deh berita di bawah ini, tulisannya gua kutip dari sini dan sini.

"Ritual Makan Bayi di China

Salah seorang pengusaha di china dan juga pemilik pabrik di negara tersebut mengaku punya ritual yang telah turun temurun untuk menjaga vitalitasnya dan awet mudanya, yaitu dengan mengkonsumsi "Healthy Soup", sebagai pengkonsumsi tetap ‘"Healthy Soup". Sebagai hasilnya, pria berusia 65 tahun menjelaskan khasiat "Healthy Soup" ini mempertahankan kemampuannya untuk dapat berhubungan seks beberapa kali dalam semalam. Penulis diajak oleh pengusaha tersebut di atas ke salah satu restoran yang menyediakan "Healthy Soup" dan diperkenalkan kepada juru masak restoran tersebut. Kata sandi untuk "Healthy Soup" adalah BAIKUT. Juru masak restoran menyatakan jenis makanan tersebut tidak mudah di dapat karena mereka tidak tersedia ‘ready stock’. Ditambahkan pula bahwa makanan tersebut harus disajikan secara fresh, bukan frozen. Tetapi kalau berminat, mereka menyediakan ari-ari bayi (plasenta) yang dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual dan juga obat awet muda.

Juru masak restoran tersebut mengatakan jika memang menginginkan "Healthy Soup", dia menganjurkan “untuk datang ke sebuah desa di luar kota dimana ada sepasang suami istri yang istrinya sedang mengandung 8 bulan. Diceritakan pula bahwa si istri sebelumnya sudah pernah mengandung 2 kali, tetapi kedua anaknya lahir dengan jenis kelamin perempuan. Jika kali ini lahir perempuan lagi, maka "Healthy Soup" dapat disantap dengan waktu dekat. Cara pembuatan "Healthy Soup", seperti yang diceritakan oleh jurnalis yang meliput kisah ini adalah sebagai berikut : Janin yang berumur beberapa bulan, ditambah Pachan, Tongseng, Tongkui, Keichi, Jahe, daging ayam dan Baikut, di tim selama 8 jam, setelah itu dimasak selayaknya memasak sup biasa.


Beberapa hari kemudian seorang sumber menghubungi penulis untuk meberitahukan bahwa ada restoran yang sudah mempunyai stok untuk"Healthy Soup" . Bersama sang pengusaha, penulis dan fotografer pergi ke restoran tersebut untuk bertemu dengan juru masak restoran tersebut yang tanpa membuang waktu langsung mengajak rombongan untuk tour ke dapur. Di atas papan potong tampak janin tak bernyawa itu tidak lebih besar dari seekor kucing. Sang juru masak menjelaskan bahwa janin tersebut baru berusia 5 bulan, tidak dijelaskan berapa harga belinya, yang pasti itu tergantung besar-kecil, hidup-mati janin tersebut dan sebagainya. Kali ini, harga per porsi "Healthy Soup" 475 USD atau setara dengan Rp 4.750.000 karena stok sedang sulit untuk didapat. Sambil mempersiapkan pesanan kami, dengan terbuka juru masak tersebut menerangkan bahwa janin yang keguguran atau di gugurkan, biasanya mati, dapat dibeli hanya dengan beberapa puluh USD saja, sedang kalau dekat tanggal kelahiran dan masih hidup, bisa semahal 300 USD. Urusan bayi itu diserahkan ke restoran dalam keadaan hidup atau mati, tidak ada yg mengetahui.

Bisa Anda bayangkan, harga bayi yg masih hidup hanya seharga Rp.3 juta, itu pun Anda membelinya bukan untuk diadopsi atau dijadikan anak angkat, tetapi untuk dimakan"   

Kontroversial banget ya beritanya. Plus gambarnya itu, gua sampe jijik ngeliatnya. Tapi hati nurani gua berkata...kayaknya ga mungkin deh manusia tega memakan sesamanya sendiri, apalagi seseorang yg pernah menjadi seorang ayah atau ibu, mana mungkin sih tega makan bayi atau janin? Karena itu gua memutuskan untuk mencari, plus bertanya2 kepada guru gua di China. Dan ternyata, teman2...artikel di atas itu adalah TIDAK BENAR adanya.

KENYATAANNYA :
Foto2 di atas adalah foto2 sebuah Conceptual Art hasil karya Zhou Yu, seorang pematung terkenal asal Shanghai, yg dipamerkan di Shanghai Art Festival pada tahun 2000 silam. Melalui karyanya tersebut, Zhou Yu hendak mengkritik keadaan sosial masyarakat dunia pada saat ini di mana manusia tega "memakan" sesamanya sendiri demi mendapatkan keuntungan. Memang benar, jaman sekarang, manusia tega menghalalkan segala cara untuk meraih kepuasan pribadi, bahkan tidak jarang juga mereka tega merenggut hak milik sesamanya. Korupsi yg marak terjadi di negara kita adalah contoh nyatanya.

Bayi di foto terbuat dari aneka ragam "bahan makanan" yg dibuat seolah2 menyerupai janin manusia sungguhan, yg kemudian dimasak, disajikan, dan dimakan oleh seorang model foto yg Zhou Yu sewa. Jadi selain makanannya cuma janin bohongan, adegan makannya juga bohongan, cuma semacam akting seperti di film2 saja.

Buat yg ga percaya sama tulisan gua ini, temen2 bisa buktikan lewat dua buah link di bawah ini :

http://www.urbanmyths.com/index.php?/Food/fetus-soup-anyone-the-myth-of-chinese-baby-soup.html
http://www.snopes.com/horrors/cannibal/fetus.asp

Kalo masih ga percaya, pikir aja dengan akal sehat. Emangnya polisi di China bakal diam saja, apalagi setelah fotonya tersebar luas di Internet? Hukum di China sangat ketat, ga mungkin orang itu berani makan terang2an, apalagi sambil difoto segala. Bisa2 dia ditangkep dan dihukum mati. Ya terserah sih, percaya atau ngga, itu kembali lagi kepada diri kalian masing2. Gua cuma mencoba untuk mengungkap fakta saja supaya pembaca blog ini tidak "dibodohi" oleh artikel semacam di atas, di mana gua yakin, yg nulisnya cuma asal nyomot dari forum luar negeri tanpa diselidiki dulu kebenarannya.

Apakah kalian pikir pemerintah China akan diam saja melihat anak2 negerinya dijadikan makanan?

Ya, dengan pesatnya kemajuan teknologi masa kini, seolah2 kita dapat mengetahui apa saja lewat Internet. Berita dan informasi tersebar di mana2, tanpa disortir dan tanpa sensor. Ya, itu dia masalahnya. Seseorang dapat dengan mudah menulis di Internet (atau mungkin malah copy paste artikel punya orang laen), cukup tulis di blog, forum, atau bulletin board, dan BAM! Berita itu tersebar di Internet dan dapat diakses siapa aja.

Nah sekarang masalahnya, dari mana kita tahu, sebuah berita benar atau tidak? Sulit memang, dan sebagian besar orang memilih untuk menelan bulat2 apa aja yg mereka lihat di Internet, tanpa berpikir atau dicari kebenarannya dulu. Ya, itulah efek negatif Internet. Kemudahan teknologi membuat orang jadi MALAS...malas berpikir, malas berusaha, malas untuk berkembang, malas untuk jadi berbuat benar.

Dan yg lebih parahnya, fenomena "malas" ini justru lebih banyak menyerang anak muda yg notabene, menurut usianya, seharusnya punya lebih banyak waktu dan energi ketimbang orang yg lebih tua. Anak muda memang cenderung lebih impulsif, tapi sayangnya rasa malas yg sudah mendarah daging itu seringkali membuat mereka jadi gampang terbawa arus...gampang dihasut...gampang dimanfaatkan...alias BODOH.

Sebagai seorang anak muda yg juga pernah merasakan hidup di era sebelum adanya Internet, gua pengen menghimbau temen2 pembaca semua, khususnya yg masih anak muda, untuk jadi lebih SMART. Jangan melulu cuma ikut arus, tapi cobalah untuk berpikir kritis. Bangsa kita ini tidak akan pernah merdeka andaikata pemuda2 generasi 45 dulu mau2 saja dijadikan boneka oleh penjajah. Rasa malas, cuek, tidak mau tau, itulah yg sering menyebabkan kemerosotan moral di masa kini. Ayo bangun rasa ingin tahu yg positif, ayo tanamkan inisiatif untuk berbuat jujur dan mau bekerja keras. Kita ini generasi penerus bangsa lho? Mau dibawa ke mana bangsa ini kalo kita bodoh dan malas?

Manusia mana yg tega makan anak2 mereka sendiri?

Orang China juga manusia, teman2. Walaupun tinggal di tempat tinggal yg berbeda, tapi mereka juga punya otak dan hati, punya logika dan nurani. Gua hidup di tengah2 mereka dan setiap hari berinteraksi dengan mereka dan mereka semua adalah orang yg ramah, jujur, dan pekerja keras. Mereka akan sedih kalo mereka tahu banyak orang di dunia membenci mereka akibat sebuah berita FITNAH yg tidak bertanggung jawab.

Contoh lain berita fitnah mengenai China ---> Desa Kanibal Wanita di China
(Liat baik2 gambarnya...itu sih jelas PHOTOSHOP)

Udah banyak orang yg diperlakukan tidak adil di dunia ini akibat fitnah dan berita bohong yg disebarkan oleh pihak2 yg tidak bertanggung jawab. Michael Jackson yg difitnah operasi kulit dan memperkosa anak kecil misalnya, atau Amanda Todd, seorang remaja umur 15 tahun yg bunuh diri akibat dibully lewat Internet. (Klik nama mereka untuk menuju ke artikelnya)

Mau sampai kapan kita terus saling membenci dan menyakiti? Hentikan menyebarkan fitnah dan kebencian. Mari kita buat dunia ini jadi tempat yg lebih baik, sebarkan kasih, bukan kebencian. Ulurkan tangan, bukan fitnah.

We are all a part of God's great big family, and LOVE is all we need...


You Might Also Like

35 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. yg anehnya, klo makan sesama manusia itu dilarang dan dinajiskan (krn ad HAM). Tp kl makan binatang itu udah jadi kewajaran. Bknnya sbnrnya sama aja ya? lagi2 masalah majority dan minority (krn demand daging binatang tinggi. Btw, post kali ini mantap bgt ko, thx :D

    ReplyDelete
  2. Mampir sejenak ke blog keren ini,
    Mantap Artikelnya..

    #SalamBlogwalking.
    by Tutorial Blogz

    ReplyDelete
  3. Untungnya gak bener, coba aja klo bener, liat gambar diatas aja udah jijik,, uh,,,, Tapi ane salut ama yang buat karya mirip bayi beneran tuh, fotonya bener2 mirip, ho,,ho,,,

    ReplyDelete
  4. eh iya sempet baca juga tentang berita itu, well emang bener juga masa manusia makan manusia sekanibal kanibalnya hewan toh makan hewan lainnya enggak mungkin jenis sendiri.

    but yang nyebarin fitnah keknya ahli banget dari sebuah karya dijadikan fitnah. tega amir

    makasih ko buat penyadarannya.

    ReplyDelete
  5. Merinding asli liat gambar-gambar meskipunn itu bukan asli janin

    ReplyDelete
  6. hmmm ternyata begitu faktanya....
    tp syukurlah itu bukan janin asli :((
    makasi atas inponya bang kepen :)

    ReplyDelete
  7. Ngeriiiiii liat gambar-gambar yang di atas itu. Gak baca seluruhnya, aku skip skip aja.,

    Tapi betul memang, jaman sekarang ini sudah tidak mengherankan lagi kalau manusia "memakan" manusia...

    ReplyDelete
  8. dulu sempat meyakini berita ini benar hanya dengan melihat gambarnya tapi setelah mendengar banyak berita hoax akhirnya tiap ada berita aneh konfirmasi dulu ke berbagai sumber :)

    ReplyDelete
  9. Wah, ngeri melihatnya saya.

    Tapi alhamdulillah hanya berita bohong :D

    @Salam Kenal

    [ Unimportant Notebook ]

    ReplyDelete
  10. semenjak om belajar dicina jadi tau banyak soal cina, keep posting ttg china ya om hehehe..

    iya emang bener, ga logika aja gitu.. itu pernah kan jaman2nya video cewek nginjek kelinci pake heels ampe mati trus diupload ke youtube (tempatnya dimana lupa) itu aja dia langsung ditindak lanjuti sama aparat setempat, apalagi makan bayi ya.. dunia ini makin penuh dengan kepalsuan *seeeeeeeh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, hukum di sini ketat...lu ketauan ngerokok di tempat yg ga seharusnya lewat kamera security aja bisa didatengin rumahnya, apalagi ini makan bayi dan masuk Internet...ckckck

      Delete
  11. untung di kasih tahu, karena dulu pernah baca mengenai artikel yang sama.. kirain beneran china seibadab itu.. ternyata salah toh... thanks ya...

    ReplyDelete
  12. huuuh bener2 sangking penasarannya semua link tak buka, ternyata diliat2 masak janin bener2 tega di makan, padahal kan kalau jadi anak2 lucu, nama harga nya 3juta doang kalau idup kalau mati murah banget, huhuhuhu........ naudubillamindalik #sambil usuk2 perut :(

    ReplyDelete
  13. Dulu sempat percaya dengan berita ini. Tapi kemudian bersyukur juga, karena ternyata berita ini gak bener. Kok ada ya orang iseng membuat berita yang aneh2 :(

    ReplyDelete
  14. gakuaaat liat foto fotonyaa. tapi lega abis kalo emang kenyataannya gak gitu

    ReplyDelete
  15. Hooo jadi gitu ya... Thanks ya udah ngasih penjelasan yg sebenernya. Saya udah beberapa kali dapet info salah soal beginian... :)

    Nice post! ( >__O)b

    ReplyDelete
  16. Awww... Gambarnya serem banget. :(

    ReplyDelete
  17. ealah gini toh faktanya
    dulu sempat ngira beneran pas baca di blog orang yang suka aku baca

    ReplyDelete
  18. akhirnya gue tau juga kebenarannya.
    nice post!

    ReplyDelete
  19. pertama kali denger cerita itu udah mikir gak karuan, mana ada orang tega kayak gitu.. -___-"

    ReplyDelete
  20. Fiuuuh... Gue kira beneran, Ven...

    Anyway, gue termasuk orang yang gak begitu percaya sama isu-isu yang beredar (Bukan sombong lho!)... Dulu pernah gue lihat di internet banyak beredar artikel artis2 yang gay... Gue cek satu persatu sumbernya, tapi gue lihat kayaknya gak begitu valid. Soalnya gak ada sumber yang pasti dan hanya nyebutin siapa2 aja yang gay/lesbian... Buktinya pun minim sekali.... :(

    Kenapa pula di internet ini banyak bermunculan orang2 biadab yang tega nyebarin hal2 berbau hoax? -_-

    ReplyDelete
  21. Weleh gitu toh, baru tau gua.

    Eniwei lama ga maen dimari. Pas liat poto profil lu berasa liat si Gangnam Style (gatau namanya, maklum ga suka Korea)

    ReplyDelete
  22. yang ini aku pernah liat di salah satu tv kak. ooh ternyata itu bohong ya..
    O.Oa janin bohongannya mirip banget sama yang asli ya...
    hasil seni yang keren bangeeet!!

    ReplyDelete
  23. Memang benar kjadian orang cina makan daging manusia pada zaman lalu, dimana zaman awal dynasty Han yg terbagi kpd 2 bahagian iaitu utara & selatan ( kerajaan Han bermula di kuala sungai yellow river ) & pemerintahan Han blom ada Raja ketika itu dan dimonopoli oleh keluarga bangsawan yg kaya dan kuat, ketika itu pemerintah Wilayah Utara Han memiliki 3000 org Gundik di istana mereka, dan kalau ada keramaian atau kunjungan tetamu kehormat kerajaan nya, maka mereka akan mengorbankan beberapa org gundik tersebut dan daging gundik itu dijadikan hidangan utk santapan para tetamu.

    Amalan makan manusia dicina berlaku lagi pada zaman Chu, Ko & Liang ( kerajaan 3 segi or three kingdoms ) dimana musuh dan askar yg ditawan & dikalahkan ketika perang itu terus dijadikan sebagai makanan secara wajib oleh mereka ketika itu. Dan pada zaman berikutnya daging manusia boleh dijual secara rasmi di China dan itu semua berlaku sebelum kelahiran Maharaja Shi Huang Ti atau lebih tepat, kejadian sebelum 2600 lalu.

    Kedatangan Guatama Buddha ke China telah mengubah minda orang Cina kepada sesuatu yg berbeza iaitu ( tidak boleh membunuh & makan darah ) maka amalan makan daging manusia diChina telah Terhenti, dan dizaman moden ini tidak ada acara makan daging manusia yg dibenarkan di China, jika berani lakukan nya maka anda akan mati di hujung senapang tentera yg menjadi squad penembak mati di comminist country ini.
    Namun kalau berlaku amalan ini pada zaman moden ini, ia hanya dilakukan oleh manusia yg jadi orang gila sahaja dan perbuatan spt ini adalah dlm kategori ( bunuh/membunuh ) dan hukuman nya adalah ( mati ) mandatori.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa ada buktinya china pernah makan manusia pada jaman itu? inget lagi, jangan menyebar fitnah. tapi kalau betul punya sumber valid saya gak ada masalah :)

      Delete
  24. Informasinya menarik sekali,menambah wawasan ilmu bagi saya.Terimakasih ya

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini dia ciri-ciri orang yg udah diberkahi mata dan otak sama Tuhan YME, tapi ga dipake.

      Itu di atas udah gua cantumin sumber artikelnya ya. Makanya, baca dulu artikelnya sebelum komentar, sotoy jangan dipiara.

      Kalo MASIH ga keliatan, berarti lu mengidap penyakit Sontoloyo Dudulakutpretsis...silakan memeriksakan diri ke dokter dubur terdekat...terima kasih.

      Delete
    2. Lol,tapi mksh sarannya. Dubur gua lagi ga sakit tu.

      Delete
  26. Kaga heran klo ada yg bilang hoax ato apalah. Tp klo mndengar/mlihat brita yg ada skrg sperti yg mkn otak monyet, ampe plasenta bayi dsb (pemakan segala) hingga terungkapnya pondasi bangunan apartement yg di mix dgn kaleng minyak (kjadian gempa di taiwan bbrapa wkt hari lalu) rasanya ko tdk heran jika memang bnar ada manusia2 yg menghalalkan sgala cara. Hm.. jd bertanya2 lg apakah krna faham komunisnya atau ...... (mari liat sejarah lg)

    ReplyDelete
  27. kreatif banget cara ngekritiknya. tapi ya amit-amit jangan sampe bener deh. Ngerii

    ReplyDelete
  28. Siip postingannya, jd tau deh yg sbenarnya

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe