My 2013 Resolution

00:07:00


"If you don’t design your own life plan, chances are you’ll fall into someone else’s plan. And guess what they have planned for you? Not much."

2012 has been a wonderful year to me. Gua udah ngerencanain banyak hal untuk tahun 2012 lalu, tapi satu hal yg ga pernah terpikirkan sama gua : gua ga nyangka bakal bisa dapet beasiswa ke China dan pergi langsung setelah gua beres kuliah. Gua pikir gua bakal harus berusaha apply sana-sini dulu, tapi ternyata Tuhan kasih jalan cepet dan gua pun bisa mewujudkan cita2 yg tadinya gua jadwalkan akan gua lakukan tahun 2013.

Anyway, gara2 kepergian gua ke China, banyak rencana di tahun 2012 yg akhirnya menjadi tidak terlaksana...traveling ke Singapore dan nerbitin buku misalnya. Tapi di luar semua itu, gua juga berhasil mewujudkan banyak Bucket List gua. Ada banyak Bucket List yg berhasil gua wujudkan tahun ini : lulus kuliah, pergi ke Bromo, naik sepeda di tembok kota Xi'an, melihat salju pertama kali, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang, di tahun 2012 ini hidup gua bahagia banget.

Tapi kesuksesan di tahun 2012 ga akan bikin semangat gua melempem untuk jadi lebih baik lagi daripada sebelumnya. Karena itu, gua akan mengawali tahun ini, seperti tahun2 sebelumnya, dengan membuat target2 dan resolusi yg ingin gua capai. Here we go! =)



1. BE POSITIVE
Satu hal paling penting yg gua pelajari dari tahun 2012 adalah...bahwa sikap adalah penentu utama dalam menghadapi segala situasi. Tahun 2012, ekonomi keluarga gua jatuh dengan sangat parah, berikut dengan aneka ragam masalah yg menyertainya bagaikan benang kusut. Dan pada saat terjepit dari segala arah seperti itu, apa yg harus kita lakukan? Panik tidak akan menyelesaikan apa2, yg bisa kita lakukan hanyalah berjuang menyelesaikannya satu persatu2. Dan keajaiban pun terjadi. Usaha keras dan ketabahan kita pun berbuah hasil dan segala sesuatunya pun mulai membaik.

Di satu titik, gua juga sempet bingung soal masa depan gua. Setelah gua lulus, apa yg harus gua lakukan? Gua ingin menuntut ilmu ke luar negeri, tapi dengan ekonomi keluarga yg sedang terpuruk seperti sekarang, satu2nya jalan adalah cari beasiswa...dan itu juga ga gampang. Tapi waktu itu gua ga panik. Di kampus dibuka kursus Bahasa Mandarin dengan biaya yg terjangkau, dan gua ikutan kursus tersebut, belajar dengan giat, tanpa mikirin soal beasiswa. Pokoknya selangkah demi selangkah deh gua jalanin, yg penting bahasanya bisa dulu...dan ternyata, keajaiban kembali terjadi. Usaha gua itu membuahkan hasil, gua dapet beasiswa ke China.

Intinya apa sih? Kadang dalam hidup kita akan mendapati diri kita berada di situasi yg tidak menyenangkan. Terhimpit masalah dari berbagai arah misalnya, atau mendapati hidup kita hilang arah. Itu normal banget, dan hampir semua orang pernah ngalamin. Lantas, apa yg harus kita lakukan di kala terjebak situasi seperti itu? Terserah lu mau panik, mau nangis, mau jerit2, teriak, pake narkoba, apapun, tapi semua itu tidak akan menyelesaikan masalah. Negativity won't solve anything. 

Di saat hal itu terjadi, satu2nya yg bisa kita lakukan hanyalah berusaha, kawan. Positive thinking. Jalani semuanya dengan tabah, selesaikan masalahnya satu demi satu, dan percaya...bahwa di depan nanti, segala sesuatunya akan lebih baik. Mau berusaha, berani berharap, dan tidak lupa bersyukur...itulah kunci kebahagiaan di dalam hidup ini. 

Karena itulah, resolusi pertama gua di tahun 2013 ini adalah...gua harus tetap menerapkan Positive Attitude di dalam hidup gua, apapun yg gua hadapi, di mana pun gua berada. Optimisme adalah hal paling penting di dalam hidup manusia karena ia memberikan kita ruang untuk berkreasi, menciptakan perubahan, dan juga hari esok yg lebih baik.

“I will love the light for it shows me the way, yet I will endure the darkness because it shows me the stars.” ~ Og Mandino


2. Travel to At Least 2 Places
Duit gua ga banyak, tapi berhubung gua masih bakal kuliah di China sampe bulan Juni nanti, gua punya banyak kesempatan untuk travel. Karena itu, gua membulatkan tekad bahwa setidaknya tahun ini gua bakal traveling ke dua buah tempat di China. Rencana awal gua pengen pergi ke Harbin nanti pas Spring Festival, tapi denger2 di sana dingin banget (minus 45), jadinya agak bahaya terutama bagi orang Indo yg belom pernah mengalami yg namanya Winter.

Rencana laen sih gua bakal ke Shanghai, Hangzhou, dan sekitarnya nanti pas libur musim semi, dan sebelum pulang semoga gua bisa ke Tibet atau Yunnan. Traveling di China tuh ga terlalu mahal kok temen2. Yg mahal tuh tiket pesawatnya, tapi sekarang kan gua lagi di China, ga usah beli tiket pesawat lagi. Tiket kereta antar kota tuh kisarannya antara 60-120 RMB kalo bukan lagi high season (75 - 200 ribu rupiah, ga terlalu mahal kan?) Yg penting, perjalanannya harus direncanakan sebaik2nya. Itu dia kuncinya.


3. Pass Level 4 HSK
Gua kuliah di China untuk belajar, bukan untuk foya2, karena itu gua juga punya target. Bulan Januari ini gua harus lulus HSK level 3 dan bulan May nanti, sebelum gua pulang ke Indo, gua harus lulus HSK level 4. Gua butuh sebuah bukti bahwa Bahasa Mandarin gua tuh bukan sekedar cuma untuk ceplas-ceplos belaka supaya gua bisa ambil S2 di China, dan punya sertifikat HSK level 4 ke atas adalah salah satu bukti yg paling konkrit.

"A goal properly set is a goal halfway reached."


4. Publish a Book
Tahun lalu gua belum berhasil nerbitin buku, tapi tahun ini, setelah pulang dari China, gua akan berusaha supaya blog Emotional Flutter bisa dibukukan dan dipajang di rak2 Gramedia. Supaya lebih banyak orang yg bisa baca dan get "Emotionally-Fluttered" hehehe.

“Arriving at one goal is the starting point to another.” 


5. Lose Weight
Tahun lalu juga gua gagal diet akibat pergi ke China dan mengalami yg namanya Winter. Gile, mustahil mau diet di kala cuaca dingin membeku di bawah nol. Tapi nanti mulai musim semi gua bakal diet supaya at least, di tahun 2013 ini, berat gua hanya berkisar antara 75-80kg saja. Semangattt!!!

"Everybody has their own Mount Everest they were put on this earth to climb."


6. Buy DSLR
Mungkin salah satu penyesalan gua tahun lalu adalah gua belum bisa nabung untuk beli kamera DSLR. Andaikan aja gua punya kamera DSLR, pasti foto2 gua di China bakal lebih keren lagi, hehehe. Gpp deh, semoga nanti waktu berangkat ke China untuk pergi S2, gua udah mampu beli ni kamera, hehehe.


7. Earn 20 Millions Rupiah in a Year
Tahun lalu gua cuma berhasil ngumpulin duit sekitar 6 juta dari hasil kerja sambilan online gua selama di China. Tahun ini, gua bakal buktiin kalo gua mampu cari duit menggunakan skill desain gua. Gimanapun caranya, gua bakal punya total income minimal 20 juta tahun ini supaya gua punya tabungan untuk bisa berangkat S2 ke China tahun 2014 nanti.

“The greater danger for most of us isnt that our aim is too high and miss it, but that it is too low and we reach it.” ~ Michelangelo 


8. Get My Car Driving License
Dari dulu gua ga pernah sempet belajar mobil sampe tuntas akibat sibuk kuliah dan ini itu. Tahun ini, sepulang dari China nanti, gua akan serius belajar mobil dan tahun ini gua harus dapetin SIM untuk mobil.


9. Be a Wedding Singer
Salah satu Bucket List gua adalah gua pengen jadi penyanyi (di nikahan atau restaurant). Berhubung di tahun 2013 ini denger2 bakal banyak temen2 gua yg get married, gua akan berusaha melatih skill vocal gua supaya gua bisa jadi Wedding Singer di salah satu acara tersebut, hehehe.

“All who have accomplished great things have had a great aim, have fixed their gaze on a goal which was high, one which sometimes seemed impossible.”


10. Had a Graduation Photo with Mom n Dad
Akibat pergi ke China, gua belom sempet wisuda, meskipun udah lulus kuliah. Gua ga tau gua masih bakal wisuda sepulang dari China nanti atau cuma ambil sertifikat, tapi yg pasti, gua pengen tahun ini gua bisa ada foto pake toga bareng Papa dan Mama gua.


11. Learn to Dance
Salah satu kekurangan yg gua rasakan di China ini adalah...gua ga bisa dance. Setiap kali ada party dll, bule2 di sini dance jago banget. Sementara gua? Cuma bergoyang2 geje di tempat ala eceng gondok. Tahun ini gua harus belajar dance supaya di saat ada party dll yg mengharuskan gua harus dance, gua bisa pede dan ga awkward seperti sekarang.

“This one step – choosing a goal and sticking to it – changes everything.”





12. Find a Scholarship for Master Degree in China
Di tahun 2013 ini, entah bagaimana caranya, gua harus bisa nemuin jalan untuk gua kuliah S2 di China. Ekonomi keluarga ga bagus, jadi gua harus cari beasiswa supaya tahun 2014 gua bisa berangkat, hehehe.


“Life is short, fragile and does not wait for anyone. There will NEVER be a perfect time to pursue your dreams & goals. ”



Sekian resolusi gua untuk tahun ini. Mungkin beberapa di antaranya terdengar sepele, tapi kalo ga gua lakuin, ga akan pernah terwujud. Semuanya adalah langkah step by step gua untuk menjadi seseorang yg lebih baik dari tahun2 sebelumnya. Doain ya semoga gua bisa mewujudkan semua resolusi di atas, hehehe.


Happy New Year 2013!!! =)

You Might Also Like

22 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. semangat pak!! klo buku lu terbit,gw beli wkwkwkwkwk..

    ReplyDelete
  2. wow keren resolusinya ndak atak doain cepet lulus, eeh itu tulisan nya keriting semua ndak tau aku hehehehe :D

    ReplyDelete
  3. kerennnn...

    wah di cina... ajibb


    salam dari Semarang

    ReplyDelete
  4. aaah asik,thanks ka post ini inspiring bgt. semoga sukses yaa ter-checklist semua rsolusi 2013 nya ;)

    ReplyDelete
  5. wiih, good bgt post nya, inspiring. Dan semoga resolusi nya tercapai semua :D
    btw, bisnis online di bidang apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Graphic design & copywriting, hehehe ;p

      Delete
  6. wah, banyak juga ya resolusinya, semoga kesampaian deh.

    kalo saya sih resoulsinya 1280x720 piksel. Biar gambarnya jernih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran segitu terlalu besar ukuran filenya...saya sih 800x600 pixel aja cukup, hehehe

      Delete
  7. Semoga terwujut yak,,
    yg ke 6 sama hehe
    Salam kenal dr Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal. Thank you banget udah berkunjung ke sini, hehehe

      Delete
  8. Pertama saya boleh tanyak gak koh :
    1. HSK itu singkatan apa ya?
    Kedua, saya punya harapan :
    Buku Emotional Flutter harganya gak overprice - maksudnya walaupun jatuhnya mahal tapi juga worth it banget isinya - tapi rasanya poin 2 gak usah dikuatirkan, soalnya yang nulis koh Keven sdr kan?
    Ke3 : saya doakan semua resolusi sampeyan terkabul semua ko Keven. AMIN

    ReplyDelete
    Replies
    1. HSK ---> Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试)
      Mirip TOEFL, tapi ini buat Bhs Mandarin

      Poin no 2 akan gua usahain gak overpriced, murah, tapi bagus isinya...doain ya, hahaha...
      Ngayal banget nih gua, padahal penerbitnya aja belom nemu, wkwkwk *dziiig

      Thank you untuk doanya =)

      Delete
  9. ayoooo veeen.... kita sama2 usahakan buku kita nongol di gramed.... SEMANGAAAAT!!!!! :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIAPPPP...ayo berjuang Nuel!!! UUUOOOGHHHHH!!!

      Delete
  10. Akkkkkk kerwn bangettttt.. Aku harus buat bucket list juga. Bismillah. menginspirasi banget Mas :)))) Aku mau ke dubaiiii 2015 kelamaan ya? dipercepat bisa kali ya :p #WargawarungBlogger #blogwalkin http://bellacitra.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. selamat tahun baru ya, semoga resolusinya tercapai

    ReplyDelete
  12. Gue rasa lo udah menjalani resolusi yang pertama krn obviously semua resolusi lo positive dan optimist!!! =)

    Jia You Keven!

    ReplyDelete
  13. Wah, kalo beberapa diantaranya sederhana, tapi beberapa yang lain luar biasa lo

    Semoga tercapai yak :)

    ReplyDelete
  14. jadi pengen liat Keven kalo dah bisa dance hehee

    ReplyDelete
  15. paling senyum2 pas baca resolusi ngedance, hehe :D semoga udah bisa ya, kak :D

    ReplyDelete
  16. hai ko
    salam kenal ^^

    dr awalnya browsing2 di internet gemana sklh di china/ taiwan akhirnya mendarat diblog keren ini.

    ak baca2 dr yg newest sampe k post ini hahaha
    dalam 1 malem az wkwkwk kaya baca novel harry potter ga bisa berhenti baca .

    keren blognya .

    waktu baca post ini , kok tiba2 ak terenyuh ya ko .
    satu pelajaran yg bisa dipetik , jgn pernah berhenti berharap ... mengejar mimpi...

    list koki no 12 sudah tercapai , ayo kejar yg lainnya juga
    jia you (nyemangati koko n gw juga huehehehe)

    baru kali ini nemu blog yg bikin ak begadang ... 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, terharu baca komentar ini. Thank you ya, udah mau bacain tulisan-tulisan saya, sampe begadang pula, hehehe.

      Semoga apa yg saya tulis di sini bisa menjadi inspirasi buat kamu dalam mengejar impian kamu. Salam kenal dan thank you banget udah komentar di sini =)

      Delete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe