300

00:07:00

Kaga, gua bukan lagi ngomongin film 300 (Three Hundred) yg isinya cowo2 kekar berotot yg sepanjang film saling coblos mencoblos menggunakan tombak (jangan ngeres) sambil berteriak2 bahwa malam itu mereka mau makan malem di neraka. Bukan itu, bukan.

Bukan 300 yg ini, bukaaaannnn...

300 di sini adalah jumlah blog yg bisa follow melalui dashboard blogger kita. Jumlah yg terlalu sedikit, bagi gua yg seneng banget baca.

Yup, akhir2 ini gua nemuin banyak banget blog yg menarik untuk dibaca, tapi pas gua mau follow...eh ternyata blog yg gua follow udah mentok di angka 300, ga bisa follow lebih banyak lagi. Jadinya, dengan berat hati, akhir2 ini gua menghabiskan banyak waktu untuk mereview ulang daftar blog yg udah gua follow tersebut. Dan dengan berat hati...banyak yg gua unfollow.

Eits, jangan panik dulu. Gua juga ga sembarangan unfollow secara gua ngerti banget bahwa buat blogger yg bukan artis kayak gua, satu buah follower tuh besar banget artinya. Blog2 seperti apa sih yg gua unfollow?


1. Yg udah tewas
Blog yg masuk kategori ini adalah blog2 yg udah ga bisa gua buka halamannya. Entah abis bandwidth atau masa berlakunya, entah udah pindah ke alamat lain. Macem2 alesannya.

2. Yg udah ga aktif
Yg udah lebih dari 6 bulan, bahkan bertahun2 ga ada postingan baru. Sedihnya, kebanyakan dari mereka adalah sahabat2 pertama gua di blogger, orang2 yg banyak memberi gua dukungan dan dorongan untuk terus ngeblog sampai hari ini. Tanpa mereka, Emotional Flutter ga akan exist sampe hari ini.

Pengennya sih gua keep terus alamat blog mereka di blogger, tapi kadangkala gua liat ada yg blognya udah berdebu, udah bertahun2 ga diurus. Disimpen juga cuma bakal teronggok tanpa manfaat. Akhirnya, dengan berat hati, terpaksa gua unfollow. Thank you buat kalian semua, sahabat2ku, di mana pun kalian berada. Kalo suatu hari blog kalian aktif lagi, komen aja di Emotional Flutter, pasti gua follow balik. Thanks.



3. Yg isinya artikel copas atau iklan
Gua ga ngerti dulu gimana caranya gua bisa sampe follow mereka ya? Apa mungkin awalnya mereka nulis dengan bagus, kemudian di tengah jalan menghilang dan pindah haluan jadi pemburu SEO? Anyway, blog2 yg kayak gini gua rasa ga ada artinya untuk terus difollow. Memang kadang artikelnya bagus, tapi karena artikelnya bukan buatan sendiri, gua bisa nemu lewat cara laen, ga usah ngabisin space yg berharga di dashboard blogger gua.

So yeah, buat kalian yg blognya pernah gua follow dan ga termasuk tiga kategori di atas, tenang aja, ga akan gua unfollow kok. Gua juga ga seneng nge-unfollow orang, rasanya ga fair, seolah gua membuang mereka dan menganakemaskan orang lain. Tapi itulah hidup, kawan, selalu diwarnai oleh pilihan2 sulit dan terkadang mau ga mau kita harus berani mengorbankan sesuatu.

Gua tau bahwa sebenernya ada cara supaya kita bisa follow lebih dari 300 blog, sampe ribuan juga bisa, tapi gua rasa kalo sampe ribuan blog bertebaran di dashboard gua, gua juga bakal pusing liatnya. 300 menurut gua adalah angka yg pas supaya gua bisa menjalin komunikasi intensif dengan mereka2 yg blognya terpampang di dashboard gua.

Para follower Emotional Flutter

Oya, seminggu terakhir gua memang belom nulis postingan baru akibat sibuk, tapi kalo ada waktu senggang, 10-15 menit sekalipun, gua masih sering blogwalking. Karena internet di sini lagi jelek, mungkin banyak blog yg ga sempet gua komentarin, terutama mereka2 yg masih pake CAPTCHA di kotak komentarnya. Tapi percaya deh, semua yg rajin komen di Emotional Flutter, pasti blognya bakal jadi prioritas gua di saat blogwalking.

Jadi, buat temen2 yg punya blog, sering2 ya ninggalin jejak di sini. Setiap ada kesempatan, pasti gua kunjungi dan gua komen balik, hehehe. Kalo blog kalian memang menarik, pasti tanpa diminta pun, gua akan masukin blog kalian ke dalam list 300 gua.

Ga punya ID blogspot pun tetep bisa komen di Emotional Flutter, ganti aja ke anonim =)


 Dan buat semua temen2 yg udah ngefollow Emotional Flutter, gua mau ngucapin terima kasih yg sebesar2nya. Thanks karena kalian udah mau ngasih satu diantara 300 tempat berharga di dashboard kalian untuk Emotional Flutter. Gua akan berusaha supaya kepercayaan yg kalian kasih itu ga sia2, dan semoga ke depannya blog Emotional Flutter ini dapat terus menginspirasi temen2 pembaca semuanya.

Oya, 300 di judul postingan ini juga punya makna lain yg ga kalah penting. Hari ini, total view Emotional Flutter mencapai lebih dari 300.000 lho! Horeeee!!!!


Thank you untuk semua temen2 pembaca, silent reader maupun yg aktif ngasih komen, atas kesetiaan kalian membaca blog ini selama bertahun2. Kalo ga ada kalian, ga mungkin Emotional Flutter bisa seperti sekarang. Feedback2 kalian (lewat komen di blog, facebook, atau email) lah yg bikin gua selalu semangat untuk nulis.

Sedikit trivia2 menarik seputar Emotional Flutter yg berkaitan dengan angka 300 :
1. Setiap post rata2 mendapat 300 view di minggu pertama, meskipun jumlah komentar yg masuk cuma sekitar 5-10% jumlah pageviewnya

Sedikit ngintip pageviewnya Emotional Flutter.
Eits, itu draft Zhen Zhu Nai Cha episode terakhir kok sampe ada 3 biji? Hehehe...

2. Jumlah postingan di Emotional Flutter saat ini sudah mencapai angka 399 buah dengan sekitar seperempat di antaranya adalah draft yg belum selesai. Jadi, kalo ditotal2, dalam usianya yg hampir mencapai 3 tahun ini, Emotional Flutter sudah menerbitkan kurang lebih 300 tulisan, hehehe. Kurang lebih sekitar 100 tulisan per tahun. Lumayan kan?

3. 300 adalah jumlah follower Emotional Flutter di saat usianya mencapai dua tahun. Dan makin lama, jumlahnya terus naik. Saat postingan ini ditulis, sudah ada 424 orang dermawan yg merelakan satu diantara 300 space dashboardnya bagi Emotional Flutter. Yay!

Perjalanan Emotional Flutter dari tahun 2008 hingga hari ini, hehehe

4. Pada saat post ini ditulis, fanpage Emotional Flutter di Facebook jumlah LIKE nya mencapai 300 orang lho! Kebetulan banget ya! Buat temen2 yg belum LIKE pagenya, tunggu apa lagi? Akan banyak update seputar postingan2 terbaru Emotional Flutter, aneka ragam kalimat motivasi dan inspirasi setiap harinya, dan juga tanya jawab dengan sang empunya blog Emotional Flutter, hehehe...


Oke, segini dulu ya postingan kali ini. Besok gua udah mulai kuliah dan kalo ada waktu luang, gua mau menyelesaikan kisah Zhen Zhu Nai Cha episode terakhir, hehehe. Tungguin gua pulang dari China bulan Juli nanti ya...gua pasti ngadain GIVEAWAY untuk para pembaca tercinta Emotional Flutter. Kemaren udah sempet belanja hadiah menarik di Harbin dan Beijing, hehehe... =)

Stay tuned! =)



Bonus : SIOMAY SPARTA, parodi film 300 buatan orang Indo. Yg belum nonton, cobain deh ;p

You Might Also Like

21 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Jiah gue kira merayakan postingan ke300.. Eh tapi kagak sih, postingan lu mah lebih dari 300-an... Hahaha

    Anyway, blog lu bisa kayak gitu, karena kebanyakan postingan lu tuh anti-menggurui, tone dalam postingannya gak keras, konsistensi ngeblog, plus sikap humble-nya lu... Lu ada modal, sob, jadi seleblog sebetulnya. Mungkin kalau lu bikin buku nanti, gue yakin buku lu best seller dalam dua bulan pertama terbit. Apapaun karir yang lu pilih nanti, gue jamin ketenaran trus ngikutin lu. Jangan lu sangkal, tapi manfaatkan...

    Nice job, keep it up. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Nuel, hehehe. Gua ogah jadi seleb...dalam bidang apapun. Karena gua ngerasa bahwa gua tuh ga sempurna, gua ga pantes jadi idola atau guru. Kalo gua share cerita di blog, gua pengen ngeshare sebagai seorang temen, seorang sahabat, itu deh intinya =)

      Thanks udah jadi salah satu sahabat blog pertama gua dan tetep setia berkunjung sampai sekarang, hehehe. Udah berapa lama sih kita saling mengunjungi? 3 tahun mungkin ada ya? Ga kerasa, hahaha...

      Delete
  2. buset apa kaga blenger bacain sampe 300 hahaha...kayanya link di blog gw aja gak ada 50 loh...itu juga bercampur sama temen yg gak update lg

    ijin masukin link yah biar ada update ketahuan, jd gak usah lewat blog pitshu lagi hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog lu termasuk salah satu blog baru yg gua follow lho, hehehe. Seneng baca2 cerita kehidupan sehari2 lu, itung2 belajar untuk suatu saat nanti kalo gua punya keluarga, hehehe ^^

      Delete
  3. ternyata aku belum folow blog ini hehehe tapi setia berkunjung loh krn udah aku masukkin bloglist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Lidya memang salah satu yg paling rajin baca dan komen, hehehe...thanks yah ^^

      Delete
  4. aku baru tau kalo followingnya cuma mentok 300. kirain sama kayak twitter yang gak terbatas.

    kalo aku jarang follow blogger sih, kalo mau blogwalking tinggal liat grup KK aja hihi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis kadang2 suka ada yg blognya bagus, tapi mereka kaga join grup atau komunitas blogger apapun. Ada juga yg nulisnya di wordspress, bukan di blogger, jadi ya fasilitas follow itu memang ada gunanya sih, hehehe ^^

      Delete
  5. Hurea ~~ ( // 'o')//
    Semoga makin rajin ngeblog meski sudah nun jauh di negeri Tirai Bambu om :D

    Btw, ane nggak di unfollow kan om? #ngarep #SalahFokus

    ReplyDelete
  6. Lah baru tahu ngefollow dibatas cuma sampai 300 (lah emang nggak pernah segitu juga sih) TvT

    Eh iya kak, OOT, sekarang masih pengen jadi game designer? (Apa emang udah jadi game designer?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih pengen donk, hehehe. Cuma sekarang lagi di-pause dulu cita2nya, kejar gelar Master dulu, hehehe...

      Delete
  7. wehehe, akhirnya nyasar di blog lu bang gara2 gonjang ganjing doc tadi :D wah banyak yak udah 300 keren lah cerita2nya :D

    ReplyDelete
  8. bang (ngga tau mau manggil apa) haha, sekali-kali bikin link-link blog yang bagus juga dong. dulu masi sering blogwalking, sekarang udah jarang, jadi pengen mulai lagi hehe

    moga-moga blognya makin keren deh, jujur pengetahuan gue banyak yang tambah gara-gara blog ini. jadi buka persepsi pikiran juga sih, ngga mentok di opini diri sendiri :))

    ReplyDelete
  9. Selamat post ke 399 ya koh Keven
    semoga tetap rajin nulis, kalau ada waktu luang :D
    (soalnya agak susah nemuin blog "bergizi" yang sering update kayak blog ini)

    soal follow-follow-an blog
    saya lebih suka naruh link di blogroll
    biar blogwalking lebih enak hehe
    (jadi sorry lho koh bro, kalau ane gak follow ini blog hehe)



    ReplyDelete
  10. tapi aku gak rela buat nge unfollow bung enigma. blogger legendaris yang menghilang secara misteris T_T
    hahaha :D
    makin semangat ngeblog, ya. 300 jadi angka ajaib buat kamu kayanya :)

    ReplyDelete
  11. wahhh keren postingannya udah banyak banget semoga gue bisa juga nulis yang konsisten selama bertahun-tahun hehehe

    ReplyDelete
  12. hooo :O ada limitnya toh, baru tahu aku
    aku sekarang jarang blogwalking sih, paling blogwalking ke blog-blog yang memang ak baca dari dulu pas aktif, jadi ke itu-itu aja, belum dapet temen blog baru deh jadinya

    ReplyDelete
  13. koko rajin nulis sih, kalo gua sekarang males2an ngeblognya :(
    btw, gua ga di unfollow kan koh? soalnya uda setaunan ga aktif, sekarang mau aktif lagi hehe..tuh ada postingan terbaru gua koh, mampir yaak hehe

    ReplyDelete
  14. Blognya asik om, tulisannya rame. blog sebelah juga oke.. Om-nya lulusan DKV? pasti pinter desainnya.

    kalo blogwalking sih aku pake google reader. bisa follow yang bukan blogspot dan bisa dibikinin folder pula. kalo gak mau kehilangan yang di unfollow, di subscribe di situ aja dan dibikinin folder sendiri. ntar kalo suatu saat mereka aktif lagi kan kelihatan.

    ReplyDelete
  15. Ngehahaha gue juga bang pengin ngefollow banyak orang tapi udah mentok XD

    Blog gue udah di unfoll ya bang? Gakpapa secara blognya udah tewas dan digantikan sama blog gue yg sekarang dan isinya kebanyakan nyepam lol #Ngaku#SadarDiri

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe