Heboh Daging Keledai

17:54:00


Imlek di China tuh ga ada bedanya sama Lebaran di Indo. Heboh. Orang2 berbondong2 pulang kampung. Kampus kosong melompong, itu sih udah bukan hal aneh. Tapi yg lebih parah tuh...rumah makan dan toko di sekitar kampus juga ikutan TUTUP SEMUA! Udara juga DINGIN banget, setiap hari antara minus 11 sampai minus 17. Brrrrr....

Sementara temen2 Indo gua memilih masak atau makan mie instant di dalam kamar yg hangat, gua dan temen2 bule gua setiap harinya berjuang, ngesot keliling daerah sekitar kampus, nyariin tempat makan yg masih buka. Hari ini makan di satu tempat, besoknya tempat itu udah tutup, jadi harus cari tempat laen, begitu seterusnya.


Siang itu, setelah keliling selama setengah jam, kita ga menemukan satu pun rumah makan yg masih buka. Hari sudah menunjukkan jam setengah 2 siang, udara dingin menusuk bikin perut makin krucuk2. Kita udah mulai stress.
"Aduh Tuhan, plis, makanan apa pun boleh, pokoknya gua mau makannn!!!" teriak Rosemary, bule Peru temen baek gua.
"Setuju...setuju...selama bukan daging anjing" kata Max, bule Ukraina, temen sekamar gua.

Seolah mendengar jawaban dari doa kita, selang beberapa saat kemudian kita menemukan sebuah rumah makan yg masih buka. Tanpa ba bi bu, kita pun langsung masuk dan mesen makanan. Di China, ga semua rumah makan punya menu yg ada gambarnya. Sebagian besar rumah makan menunya hanya berupa tulisan cacing2 yg ditempel di dinding. Tapi tentu, gua 5 bulan belajar di China juga bukannya tanpa hasil. Sebagian dari tulisan2 tersebut, gua udah bisa baca.

Penampakan restorannya

Ini dia triknya kalo mau mesen makanan di restoran China untuk para pemula. Hal pertama yg harus kalian cari adalah tulisan 肉 (rou) yg artinya adalah daging. Kemudian lihat tulisan di sebelah kiri tulisan 肉, apakah itu daging sapi (niu rou 牛肉), daging babi (zhu rou 猪肉), daging kambing (yang rou 羊肉), daging ayam (ji rou 鸡肉). Keempat daging tersebut adalah yg paling umum. Kadang ada juga ikan (yu 鱼), tapi biasanya ikan ga ditulis bareng huruf 肉.

Nah, kalo udah pilih dagingnya, berikutnya pilih jenis masakannya. Menu makanan di China biasanya terdiri dari 3-6 huruf. Nah biasanya 1-2 huruf yg paling belakang menunjukkan jenis masakannya. 饭 (fan) berarti nasi, 面 (mian) berarti mie, 包 (bao) berarti bakpao atau roti. Kalo ga ada ketiga tulisan tersebut, artinya kalian harus pesen nasi atau mie untuk dimakan bareng menu tersebut.

Hari itu, di saat kita lagi milih menu, kita menemukan suatu kejanggalan. Max, yg Mandarinnya paling jago, adalah yg pertama nyadar. Selang beberapa detik, gua juga nyadar.
"Oh my God...restoran ini semua masakannya pake 驴肉 (Lǘ rou)..." kata Max.
"Iya, lu udah pernah makan belom? Gua belom" tanya gua ke dia.
"Apaan sih? Apaan sih?" Rosemary, yg Mandarinnya lebih pemula dari kita, masih ga nangkep isi pembicaraan kita.

驴肉 (Lǘ rou) tuh artinya daging keledai. Keledai tuh kayak gimana sih? Siapa tau ada temen2 semua yg belum pernah lihat keledai, ini dia fotonya...




Makhluk di atas itu? Bisa dimakan? Memang manusia tuh ada ada aja, apa juga dicoba dimakan. Memang sih, gua denger bahwa di Hebei, provinsi tempat gua tinggal, daging keledai adalah salah satu masakan daerah mereka, tapi, sampe saat ini, gua belom pernah nyobain. Ada orang yg bilang enak, ada orang yg bilang ga enak, makanya gua jadi ragu. Maklum di Indo sejauh ini gua belom pernah tuh nemuin restoran daging keledai. Sate kuda gua pernah liat, tapi keledai? Rasanya ga ada...rasanya...CMIIW

Tapi berhubung kita udah kelaperan banget, akhirnya kita nekad aja pesen. Kita duduk manis di meja, was was, nungguin makanannya dateng. Perut udah krucuk2 minta di smackdown. Gua udah watir banget, semoga penampilannya tidak mengerikan. Bayangin kalo ternyata nanti di atas meja tiba2 ada sepotong kepala keledai masih berdarah2 di atas piring. Hiiiii...serem edan!!! Ekstrim memang imajinasi gua.

Selang beberapa menit, makanannya pun dateng...

驴肉片烧肉 (Lǘrou pian shaorou - daging cincang panggang)

驴肉夹馍 (Lǘrou jiamo - sandwich)

驴肉面 (Lǘrou mian - mie)

Pas masakannya pertama kali sampe ke meja, kita bertiga bengong ngeliatin, ga ada yg berani makan. Rosemary dan Max dua2nya memandang ke arah gua penuh arti.
"Oke2, gua pertama nyoba nih"
Gua ambil secuil daging cincangnya, kemudian gua masukin ke mulut.

Nyam...nyam...nyam...

Max dan Rosemary ngeliatin gua dengan serius, menanti penjelasan.

"Kok rasanya kayak daging babi ya?" itu kalimat pertama yg keluar dari mulut gua.

Betul sodara2...ternyata daging keledai rasanya ENAK! Kenyal2 gurih gitu, persis banget sama daging babi, cuma memang aroma dan teksturnya sedikit berbeda. Awalnya ragu2, tapi akhirnya kita bertiga makan dengan lahap. Habis, ludes, tidak ada sedikitpun yg tersisa di piring.



Dari semua, yg paling enak tuh sandwichnya (Lǘ Rou Jia Mo). Pokoknya kalo suatu hari temen2 pergi ke Hebei, makan daging keledai, jangan lupa cobain. Mantab banget deh rasanya.



Gua jadi mikir...di Indo kan daging babi diharamkan. Kalo kita ganti makan daging keledai aja gimana? Rasanya mirip2, asal bisa masaknya. Jadi mereka2 yg belum pernah makan daging babi bisa tau rasanya kayak gimana, dan yg penting kan ga haram, jadi mestinya ga akan ada yg protes donk. Iya kan?

Pulang nanti gua buka peternakan keledai ah...wkwkwk

You Might Also Like

41 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. hmm, sedikit nambah pengetahuan nih kev sama penjelasan kanji2nya... (berhubung gw belajar Japanese Kanji & buta sama Mandarin yg katanya hampir2 mirip Kanji Jepang)

    wah, daging keledai buat gantiin daging babi, lumayan tuh idenya buat diterapkan di Indo, bisnis baru tuh kev hahah~

    ReplyDelete
  2. diperhatikan baik2, penampilan luar agak mirip daging babi.. sori, hanya opini polos gue doang... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekilas memang mirip, tapi kalo lu udah sering makan daging babi kayak gua, pasti bisa ngerasain bedanya, terutama dalam hal aroma dan tekstur...

      Delete
  3. waktu itu gw lagi honeymoon dari beijing mau ke shencen naik pesawat lokal, krn gw tidur jadi suami yg di tawarin sama pramugarinya "niu rou hai se ji rou?" dia katanya bengong ngeblank soalnya buta mandarin sama sekali hahaha...

    katanya kedengerannya di kuping dia itu pramugari nanya yourie atau euro (nama anjing2 gw dong) hahaha gw lupa pada akhirnya yg dtg itu daging ayam atau daging sapi hehe...

    btw kalo di resto sana minum teh sama waiternya langsung di tuangin kan dari teko trus model tekonya kaya teko buat sirem taneman hahaha yg tpt keluar air panjanggggg banget, tapi ini harus di meja bunder gitu. Cobain deh sekali2, dulu (waktu gw jalan2 2 bulan lebih itu jaman adik gw masuk S1 disana) gw diajak sodara gw org beijing asli makan di resto sana konon mahal karena tempat artis2 pada makan, gw bilang enak banget trus interiornya kental sama ornamen chinese ada kebon2 segala..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kalo di restoran gede, kalo di restoran kecil, boro2 ada waiter. Dikasih minum aja kaga, harus bawa sendiri dari luar, hehehe.

      Delete
  4. tapi dilihat2 驴肉片烧肉 mirip babi jg koq :O
    wahhhh jadi laper :P habis spring cleaning jelang imlek nihh xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, makanya bisa untuk substitusi kan? Wkwkwk...

      Delete
  5. wkwkwka.. tulisannya emg kayak cacing

    tu sandwich kayak kebab :D
    wah tapi di agama gue keleday gak blh dimakan jg nih selain babi X)

    Gong xi gong xi om :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, baru tau kalo keledai juga ga boleh. Boleh tau agama lu apa? Pengetahuan nih buat gua =)

      Delete
  6. kalo gue mau makan dikasih liat foto keledainya pasti ga tega makannya.. mending makan kedelai.. haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dikasih foto kedelai...masih tega makannya ga? Wkwkwk...

      Delete
  7. Dari warnanya emang mirip babi ya.... Cuma beda seratnya kayaknya :)

    Met Imlek ya.... saya udah 2 kali imlek ndak bisa menikmatinya, soale udah di kampung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Mbak Tarry...saya belom pernah tuh ngalamin Imlek di Hong Kong, rasanya gimana tuh?

      Delete
  8. foto makanan yg pertama mirip kulit babi hehehehe.... disini kayaknya belom ada sih yg jual daging keledai gitu, tapi koq gua ga tega ya ama keledainya hahaha...

    daging rusa juga enak loh... hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daging rusa ma daging babi hutan, udah lama tuh pengen nyobain dua itu, heheheh

      Delete
  9. rasanya kaya apa bro..?
    emang sama sama daging, tapi kalo yang kurang umum gitu malah biking ngebayangin yang aneh aneh sebelum makan. kaya di jogja ada sate kuda, banyak yang bilang enak tetep aja belum berani nyobain. ngerima bayangan duluan
    *katrok yah..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asin2, gurih gitu...

      Sama Bang Rawins, kemaren di Beijing gua nemu tempat makan kalajengking, tapi ga berani nyobain tuh, hahaha

      Delete
  10. Ternyata jadinya doyan ya.... Keven

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa...namanya segala sesuatu memang harus dicoba dulu ya, wkwkwk

      Delete
  11. waduuh, kasihan banget keledai buat makanan begitu, walopun enak tetep aja kasihan..tapi aku belum pernah liat keledai, liatnya kedelai..apalagi makan...makan kedelai aja, sehat..:D

    wah keren kuliah di China,:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua juga selama ini lihat keledai cuma di film, hehehe...liat aslinya malah belum pernah rasanya...

      Delete
  12. mw dnk nyobain hhehe, coment back ia and jangan lupa follow jga untuk mempererat pertemanan di dunia maya

    ReplyDelete
  13. Wah keren^^ Gambar" petunjuknya nih :D

    ReplyDelete
  14. fotonya bikin ngiler nih kak hehe :p

    ReplyDelete
  15. Belum dicoba ngeluh, setelah mencoba, ternyata WOW! yah Vin.. heheheh :D

    ReplyDelete
  16. Kasihan keledainya kak. Tapi itu mienya mirip udon, jadi laper, hehehe.

    Oh yaaa! Itu kanjinya banyak yang sama kayak kanji jepang ya. Ah jadi pengen belajar mandarin juga ihik ihik!

    ReplyDelete
  17. bang grgr baca post post tentang China sekarang gue pengin banget kesana. tanggung jawaaaaaab!!!! :3
    jadi pengin nyobain daging keledai kayaknya enaak itu sandwichnya~

    ReplyDelete
  18. gua ga tega makannya. :')
    tapi kok kayaknya enak... *lha?*

    koooooo.... gong xi fa cai!!!
    lu di sono nyosor minta angpao sama siapa hehehe. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaga minta ke siapa2, Bi...lonelyyy...I am so lonelyyy >_<

      Delete
  19. wah, rasanya lebih enak dari daging babi ya? Kak kepenn bawain ke indo dong, pengen wkwkw

    gong xi fa cai kak, angpao nya ditunggu :D

    ReplyDelete
  20. Panda nya mana om? katanya udah pernah liat panda? *eh #SalahFokus

    ReplyDelete
  21. waw...mkanan langka nih....
    blom prnah dngar ada d indo...

    ReplyDelete
  22. kalau di indo ada gak ya daging keledai? kalau kedelai pasti ada hehehe

    ReplyDelete
  23. nyum nyuumm, kenny... pantess ajaah ya tambaah bahenol, makannannya enak enaak sih yaa...

    belum pernah makan daging keledai, tapi pengen juga nyobain...

    ReplyDelete
  24. Mendadak laper habis baca postingan ini om ... #abaikan

    ReplyDelete
  25. Kebacanya kedelai rupanya keledai... Hijihihi

    ReplyDelete
  26. wkwkwkwk Serius ya. Katanya babi itu enak, tapi kalau keledai itu seperti daging babi, heran juga. Tapi tapi dan tapi saya tidak makan daging :D hanya ikan dan tumbuhan ;D

    ReplyDelete
  27. hwaaaaaaahhh.. maooooooo cobaaa daging babiii..eh, keledai maksudnya..

    ReplyDelete
  28. Hahahaha akhirnya ngerasain stay di China pas imlek yah ko! Suram banget emang, apa lg kl tinggalnya di dorm kampus trs kampusnya nun jauh dari pusat kota (seperti kebanyakan kampus di China), makan aja syusyeh!
    Cepet juga ya uda 5 bulan.. Time flies.. Tetep semangat ko Keven di China!

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe