Artikel Emotional Flutter Dicopas...

16:38:00


Alkisah, waktu bulan2 awal Emotional Flutter baru berdiri, seorang sahabat blogger pernah bilang gini ke gua
"Ven, apa ga bagusnya blog lu dipasangin script supaya ga dicopas?"

Waktu itu gua ketawa dan bilang ke dia
"Blog butut gini, siapa pula yg mau copas?"

Ya, gua sadar kalo blog gua bukan blog terkenal, dan sama sekali gua ga ada niat untuk jadi terkenal, jadi ya, gua pikir...pengunjung juga paling segelintir, siapa sih yg bakal copas artikel gua? Ditambah lagi, yg gua tulis di Emotional Flutter tuh kebanyakan pengalaman pribadi, bukan artikel umum, ditambah lagi gaya bahasa gua yg sok gua-elu dan ga resmi...kayaknya ga akan deh ada yg copas. Gua pede banget.


Tapi ternyata di dunia ini memang ada bermacam2 orang, dan ternyata orang yg ga tau diri itu banyak. Tahun lalu pernah beberapa kasus di mana ada orang yg lapor ke gua bahwa artikel blog gua dicopas, tapi setelah gua tegur orangnya, akhirnya mereka pada minta maaf dan hapus artikelnya. Oke, masalah beres.

Entah ada angin darimana, awal bulan Maret ini gua iseng copas satu paragraf dari artikel blog gua yg paling banyak dibaca (artikel tentang FRIENDZONE dan review2 film gua terutama) dan ternyata...hasil searchnya sampai 4-5 halaman Google donk. Astaga, shock banget gua. Padahal jelas2 gaya bahasa di dalam artikel itu beda jauh dengan gaya bahasa yg biasa mereka gunakan di blog, tapi tetep aja dicopas...sampe huruf besar, huruf kecil, tanda baca, dan gambar2nya pula!!!

Screenshot dari salah satu blog tukang copas tersebut...

Awalnya gua kesel, dan gua tegur mereka satu2, apalagi beberapa dari mereka blognya bagus dan banyak pengunjungnya. Tapi setelah melihat bahwa teguran gua ga ditanggapi, akhirnya gua pasrah deh. Ya udahlah, relain aja, Friendzone juga ciptaan Tuhan toh. Itu yg gua pikir.

Beberapa hari yg lalu, di komunitas blogger Kancut Keblenger yg jadi tempat nongkrong gua, ada semacem diskusi (atau lebih tepatnya DEBAT) antara blogger kreatif dan blogger tukang copas (yg kebanyakan alasannya adalah karena mereka "money oriented"). Dari debat itu, gua menyadari satu hal...bahwa kebanyakan tukang copas itu mereka sama sekali ga ngerasa bersalah, malah bangga atas perbuatannya.

Mereka menyebut tindakan copas mereka itu sebagai "cara mudah mencari uang", bahwa untuk dapet keuntungan segala cara itu boleh saja dihalalkan...

Dan saat itulah, gua ambil keputusan.
Gua ga boleh biarin tindakan copas ini berlanjut. Bukan demi supaya blog gua viewnya ga turun, bukan. Jujur, gua ga peduli sama ranking Alexa, SEO, apapun itu karena gua kaga pernah niat jadiin Emotional Flutter sebagai media cari duit, Adsense aja gua kaga masang. Gua memutuskan bertindak karena gua rasa orang2 bermental pencuri itu harus diberi pelajaran.

Langkah pertama yg gua ambil adalah...gua laporin semua blog2 copas itu ke Google. Gua dikasih tau cara ini oleh M.Nasihin, seorang sahabat blogger. Dia pribadi udah mencoba cara ini dan hasilnya artikel2 copas tersebut dihapus oleh Google (malah gua baca, apabila sudah beberapa kali kena kasus, blog2 copas itu juga bakal dihapus sekalian oleh Google)

Kalo mau tau caranya, bisa baca di sini : http://www.alkhoirot.net/2012/05/agar-artikel-plagiat-dihapus-dari.html (Special thanks untuk M.Nasihin yg udah ngasih linknya)

Ini dia list blog2 yg udah copas artikel gua (belum semua, baru dari halaman 1 dan 2 nya Google)
Setelah gua liatin blog2 mereka itu, sebenernya gua ga murni nyalahin mereka juga. Kebanyakan dari mereka tuh copas dari tulisan seseorang bernama : Bayu R*za H*rs*mto yg mereka sebut2 sebagai pemilik dari artikel tersebut. Jadi buat temen2 yg ngerasa kenal dengan pemilik blog2 di atas, tolong bantu gua kasih tau mereka untuk hapus artikel jiplakannya sebelum blog mereka kena masalah dari Google. Gua udah coba search di Google tapi gua kaga nemu blognya si Bayu. Kalo ada yg kenal dia siapa atau nemu alamat blognya, kasih tau gua ya.


Langkah kedua yg gua ambil, gua pasang script yg membuat orang2 ga bisa klik kanan, highlight text, ataupun menggunakan fungsi copas di halaman blog Emotional Flutter. Sebenernya gua agak enggan melakukan hal ini karena gua sendiri sering ngerasa bahwa fungsi2 itu masih berguna, untuk balesin komen2 orang misalnya. Tapi setelah gua pikir2...daripada nantinya kejadian copas itu terus berlanjut sampai parah, lebih baik gua cegah sedari dini.

Sebenernya gua pribadi ga keberatan kalo ada pembaca yg pengen share sebagian artikel gua di blog atau status Facebooknya selama mereka minta ijin dulu karena sebenernya buat gua, yg namanya inspirasi tuh gratis. Gua nulis supaya temen2 pembaca semua terinspirasi dan bisa menarik manfaat dari tulisan gua. Tapi apa boleh buat, daripada ke depannya ada kasus lagi, mulai sekarang Emotional Flutter menerapkan script anti copas. Harap maklum dan maaf atas segala ketidaknyamanannya ya, teman2 pembaca...

Gua tau cara ini tidak 100% menjamin artikel kita ga bakal kena copas karena ada beberapa orang "Blogger Matre" di debat kemarin mengaku bahwa mereka bisa membuka blokiran ini. Tapi ya, lebih baik mencegah daripada mengobati toh? Semoga aja dengan cara ini jumlah maling yg copas blog kita jadi berkurang. 

Catatan tambahan : Atas saran Bang Hoeda, akhirnya gua cuma pake highlight disabler aja di blog ini. Klik kanan masih bisa jalan tapi cuma ga bisa highlight text. Memang ga sepenuhnya melindungi dari tukang copas, tapi setidaknya lumayan daripada tidak sama sekali dan fungsi2 lain di blog gua masih berjalan. Thanks atas sarannya Bang Hoeda =)

Kalo mau tau cara pasang scriptnya, temen2 juga bisa liat di sini : http://www.alkhoirot.net/2012/05/agar-artikel-plagiat-dihapus-dari.html (Special thanks untuk M.Nasihin yg udah ngasih linknya)


Sadar ga sih kalo di Indonesia tuh banyak banget orang EGOIS? Mereka adalah orang2 yg di otaknya menomorsatukan kepentingan pribadi dan rela melakukan apa saja termasuk merampas hak milik orang lain untuk mencapai keinginannya tersebut. Orang2 kayak ginilah yg bikin negara kita makin lama makin bobrok. Merekalah yg seringkali dicap media sebagai "koruptor", "maling", atau "pemerkosa". Meskipun kejahatannya berbeda, tapi isi otaknya sama. Tukang copas juga mentalnya ga jauh beda dengan para kriminal tersebut.

So yeah, melalui artikel ini, gua mau menghimbau ke temen2 semuanya yg baca artikel ini : STOP PLAGIARISME! Apa bangga nya sih ngaku2 karya orang sebagai punya sendiri? Mengutip kata2 Bang Alit Sutanto di debat Kancut Keblenger kemarin :

"Budaya copas gak akan hilang bukan selama masih ada tombol CTRL + C, tapi selama masih ada orang yg senang cari jalan pintas tanpa mau bekerja keras. Jadi jangan nyalahin tombol CTRL + C, tapi koreksi penggunanya. Sama halnya dengan perang...bukan salah senjatanya, tapi masalah bagaimana senjata tersebut digunakan"

Gak ada orang yg seneng hasil kerja kerasnya dicuri. Jangan lakukan kepada orang lain apa yg lu tidak ingin terjadi apa diri lu sendiri. Peace.

You Might Also Like

64 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Astaga banyak banget yang memplagiat bang..
    doh prihatin deh
    Tapi itu bukti kalo tulisan abang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah harus seneng, entah harus sedih, hahaha ^^
      Thanks ya udah mampir ke sini

      Delete
  2. Wew bawa-bawa kitab suci segala? That's freak and too sanctimonious ~~"
    Ngasal banget pasti dia ><

    Mungkin karena tulisan2 ko Keven bagus2 dan keren2, dengan cara menulis yang asyik kali ya?

    Tapi untungnya, saya udah tau blog ini duluan. Dan gak terperangkap di blog2 si tukang copas itu.. haha

    Silent reader is better than plagiator anyway =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, yeah, thanks for reading dan thanks juga untuk supportnya =)

      Delete
  3. kemaren aku baca di kaskus tentang friendzone, tapi disana dikasih link back ke blog ini mas :)
    klo cuma untuk berbagi ilmu aku sih gak papa mas, tapi klo copas plek njuk gak dikasih sumber kayaknya pegimana gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di kaskus mah ya udahlah, udah bukan rahasia lagi bahwa itu memang gudangnya copas, hehehe...

      Delete
  4. FUCK! gue kesel juga lihatnya...

    gue ikutan marah boleh gak om?

    ReplyDelete
  5. gara2 baca ini, gua jadi ikutan googling juga hahahaha. ternyata ga ada yg jiplak2. tulisan seadanya gini, org mau jiplak juga males hehehehe.

    tapiiiiii.....

    beberapa foto gua pernah dicolong orang *sigh* terutama foto2 makanan dan ditaronya di website resmi pula. pdhl itu foto ditandai, tapi diapus ama mereka. apusnya jg keluatan bgt photoshopnya. belakangan gua belom cek lagi sih masih ada apa ga yg ngambil2 foto gua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laen kali kasih tandanya agak sadis dikit, yg gede dan transparan gitu di seluruh gambar, jadi mau ngephotoshop juga setengah mati, hehehe...

      Delete
  6. bro mau nanya dong rela apa enggak kalo tulisan lo di copy sama bloger lain tapi dia nyantumin link blog lo sebagai sumber tulisannya, tapinya lagi blog dia itu blog komersil dan pengunjungnya lebih banyang dari blog lo sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan gua : KENAPA HARUS COPAS?
      Kalo suka artikelnya dan pengen share, kan bisa cantumin linknya aja, ga usah pake copas. Tuh liat di atas, di postingan kali ini gua ngeshare beberapa link blog sebagai acuan tapi ga gua copas kan artikelnya?

      Lagian, kalo memang blog besar, dan komersil...kenapa harus nyolong artikel orang? Kalo males nulis, ya sewa penulis donk. Ga modal banget...

      Delete
  7. Pertama, ikut prihatin. Semoga mereka yang pada copas membaca posting ini, dan menyadari kesalahannya, lalu menghapus artikel curiannya.

    Kedua, soal script anti-copas ini cukup bermasalah, Ven. Dulu aku juga pakai script kayak gini setelah blogku kena copas, tapi kalau dipikir-pikir keuntungannya gak lebih besar dibanding kerugiannya. Memang blog kita jadi sulit di-copas, tapi ternyata sangat mudah menjebolnya, bahkan untuk ukuran awam sekalipun. Memang gak sia-sia sih, tapi hampir sia-sia. :)

    Selain itu, script anti-copas ini juga mematikan fungsi-fungsi penting di blog kita. Kolom searching di blogku, misalnya, jadi gak fungsi (gak bisa dipakai) gara-gara script ini. Kolom "Submit email address" di blogmu juga gak bisa dipakai gara-gara script yang terpasang. Artinya, script ini secara gak langsung menimbulkan kerugian yang cukup serius, baik untuk pembaca maupun pemilik blog. Karena itu pula aku putusin membuang script ini dari blogku.

    Ketiga, menurutku, saat ini cara paling bagus untuk membalas perbuatan tukang copas adalah langsung melaporkannya ke Google/Blogger. Dulu aku masih pakai cara baik-baik, menegur mereka yang ketahuan copas. Tapi lama-lama capek juga. Jadi, begitu ketahuan ada yang copas, langsung aku laporin. Hasilnya memang tokcer. Cuma butuh dua hari, tulisan-tulisan copas itu langsung dihapus oleh Google/Blogger. Kalau blog itu kembali meng-copas tulisan kita, maka blog itu akan langsung dihapus tanpa ampun oleh Blogger, dan tak bisa diakses lagi oleh siapa pun. (Buktikan saja).

    Mungkin langkah itu terkesan kejam. Tapi korban perbuatan mereka juga menganggap mereka telah berbuat kejam. Jadi itulah yang sekarang kulakukan setiap menemui tukang copas di internet. Langsung laporin ke Google, dan biarkan mereka melihat akibatnya. Well, hidup memang kadang-kadang kejam, Son!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you sarannya Bang Hoeda, gua udah utak atik lagi dan akhirnya gua cuma pake Highlight Disabler doank. Memang gampang dijebol tapi lumayan daripada tidak sama sekali. Fungsi subscribe lewat e-mail udah gua coba dan masih jalan, hehehe. Terima kasih banget ya sharingnya =)

      Delete
    2. Uummpp... gimana ya bisa tau kalo artikel kita itu di copas ya koko?
      Dan cara ngelaporin ke Google na gmn?
      #maklum masi awam tentang dunia per-blog-an :p

      Delete
  8. dan kejanggalan gw tadi siang terjawab...

    tadi agak siangan sempet mau ngebuka post halaman ini. tapi belom bisa (mungkin lagi traffic...) jadi lah iseng buka2 halaman yang laen.

    and gw punya kebiasan untuk klik tengah buat scrolling halaman. dan untuk ngelepasinnya klik kanan trus klik kiri. (jangan tanya kenapa. namanya juga kebiasaan)

    toeng... keluar pop up. dafuq... dat mini heart attack kirain ada halaman lagu lingsir wengi keluar...

    hhahuauhau.

    jadi intinya sih saia turut berduka cita atas dicopasnya isi materi blog anda.

    walau yep itu pengaman ga terlalu susah buat di jebol...

    karena sempet dikala ane udah males sama suatu mata kuliah dan cuman mikir. POKOKNYA GW LULUS. nilai C juga whatever.

    ngejebol pengaman gini tuh 100x lebih mudah di banding ngetik sendiri XD

    contoh jelek sih... tapi ya gitu deh... huauhauhau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sori2, mestinya gua tulis notice dulu ya sebelum pasang scriptnya. Tapi baguslah, untung lu ga sakit jantung, wkwkwk...

      Delete
  9. ko, bukannya sok bijak
    tapi rasanya tulisan di blog atau media online itu memang beresiko sekali di copas. Ya, dimana mana masih banyak orang yang malas nulis, mikir, dan menyusun kata-kata.

    Tapi yang dilakukan ko Keven sekarang sudah betul kok, gak ada jaminan isi blog ini dicopas lagi, tapi mengurangi resiko :D

    tetap semangat nulis blog ya ko :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cuma demi pamer2, masih mending. Ini mah dijadiin alat cari duit. Kalo artikel lu dijadiin duit sama orang laen, apa lu ga pedih? Orangnya bangga pula, dan malah bilang kalo salah kita yg nulis, kalo ga mau dicopas ya jangan nulis...mana ada logika kayak gitu...>_<

      Delete
  10. wah bang kepen, artikelnya bermanfaat sekali.. emang kadang bikin gak nyaman sih.. ya, ikut prihatin juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya ga mau berbagi, tapi sebel aja kalo orang copas kaga minta ijin kayak gitu. Malah ada orang yg ngaku2 artikel gua sebagai punya dia terus ngasih ijin orang laen untuk copas dari dia...beuh...

      Delete
    2. kak, ternyata saya juga jadi korban copas masa T_T

      Delete
    3. Oya? Jangan lupa laporin ke google tuh...

      Delete
  11. gue ga ngerti, itu ortunya pada dosa apaan anaknya jadi tukang copas dan malah bangga? T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan bagus...tapi menurut gua belum tentu salah ortunya, mungkin aja anaknya dari kecil memang alergi sama ASI jadi otaknya rada2 gimanaaaa gitu...

      Delete
  12. astaga, kaget gua, tapi akhirnya ga kaget juga sih, lu blog pertama yang gue bilang keren, kev..

    eh sama kev saya juga bikin blog bukan untuk nyari uang, atau banyak banyakan follower, bagi saya, blog saya itu ya milik saya, curahan hati saya, suara hati saya, makanya dikasi nama my conscience.

    tapi edun banget itu yang suka copas dan mereka engga merasa bersalah sama sekaliii... wedeww. dan malaaah bangga ????

    yang bener ajaaah...

    karena uang ? mereka cinta banget ya ama uang ?? hidup mereka untuk uang ??

    perlu dipertanyakan rasa ketuhanan di hati mereka kalau begitu Kev..

    baik, saya dukung NO PLAGIARISM...

    yap Kev, selaama masih ada ctrl C, semuanya bisa mungkin kan ya. jadi ya sudahlah.. semoga org yg suka copas copas blog orang, dan di klaim sebagai hasil karya mereka, cepat ditunjukkan jalan yang benar...

    Oke Kev, tetaplah menulis, seperti yang dulu, seperti yang sekarang, buat saya, kamu memang keren sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, aduh, jangan dibilang keren ah, jadi malu...soalnya masih banyak blogger2 di luar sana yg jauh lebih keren dan artikelnya lebih bermutu dari gua >_<

      Thanks udah dukungannya. Iya, gua akan tetep semangat nulis, kasus ini ga akan bikin semangat nulis gua down =)

      Delete
  13. benar, plagiat mmg bikin meradang. msh banyak yg ngeblog dengan motifasi negatif di blkangnya. jadi wajar blogger yg percaya dan punya etika2 nge-blog jdi kesal. maunya org2 di luar sna klo share juga pake ijin, ato kalo tidak pasang link aktif.

    sy pernah kejadian, masih jaman friendster. itu hari pasang bberapa paragraf di profil, opini2 singkat gitu, eh dicopas. pas nge-blog juga, sempat beberapa artikel dicopas, persis aslinya. sy meradang tingkt dewa. sya tegur bae2 smpe yg rada ektrim pernah. hahhaha..

    makin kesini, sy coba open mind ja. pasang di blog artinya barang sudah siap jdi konsumsi publik. kudu siap dgn segala konsekuensi. tman sy blg: gampang sja, tidak mau dicopas yah setting privat, konsumsi pribadi. aman.
    tp balik lagi.. ngeblog kan buat sharing jga. tetap ajah dak rela. mmg plg bijaksana klo langsung dilaporin mbah google ja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, resiko memang. Dan sialnya karena ga ada perlindungan undang2, satu2nya cara paling laporin google. Saya udah coba, semoga dua-tiga hari lagi ada hasilnya =)

      Delete
  14. bener tuh bang, orientasi materi kadang bikin orang lupa diri ya? ntah karena mereka newbie ataupun nyari jalan pintas biar blog gak sepi post, tapi semua sebenernya tgl komunikasinya kan? asal ijin, ksh sumber, why not??
    tapi kalo asal copas sih emang nyebelin..

    btw, itu cara disable copas cuman ngefek via pc lho. nih kalo lewat hape, msh bisa dicopas artikelnya. mngkn bang kepin berkenan buat sekalian nyari cara yg disable copas biarpun dibuka via hape? hehe ntar gue ikutan bikin biar bisa disable :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gua kaga ngerti soal script, ini juga karena dikasih tau temen gua makanya ngerti.

      Delete
  15. Apapun yang terjadi, harus bisa tetap memacu semangat yaa.... :D

    Blognya keren ihh... saya masih newbie dalam hal blog ini... Nggak ngehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuu...ngga kok, ini cuma masalah waktu dan jam terbang

      Yg semangat ya ngeblognya, blog lu juga makin lama pasti makin keren ;p

      Delete
  16. Wew ngeri juga ya..

    blog kenni kan emang keren :) Harusnya dari dulu dipakein gembok :D

    Aku sih gak habis pikir sama yg suka copas, apa enaknya posting di blog pribadi tapi isinya cerita dari karya orang lain. Tapi gak tau juga sih, kalo orientasinya materi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ternyata yg bikin gua kaget, kebanyakan "maling" itu orientasinya adalah materi...demi naekin pageview blog mereka jadi mereka ngambilin artikel2 bagus punya blog orang...nista banget ya?

      Delete
  17. @Claude C Kenni, saya dukung 100%, STOP PLAGIARISME !!!

    #tanya : bagaimana kalau ada yg copas, tapi disertakan sumber link hidupnya ?? apakah itu juga tidak boleh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang pertanyaan gua, kenapa harus copas? Kenapa ga tulis sendiri aja? Kalopun mau share, kenapa ga share link nya aja? Sekali lagi pertanyaan utamanya, kenapa harus COPAS? =)

      Delete
  18. wahhh jadi kepikiran jangan-jangan blog aku jg dikopas orang yah *halah berasa tenar* tapi makasih benget karena artikel ini jadi waspada terhadap kopas. aku sih udah pake peringatan di halaman muka kalau mau kopas, sertakan link asli-nya, ga keberatan juga dikopas kalau infonya bermanfaat, tp kalau dicolong demi duit ya kudu dihajar yah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun alasannya, menurut gua semua tukang copas tuh maling yg pengen cari jalan pintas. Mereka males nulis sendiri makanya pengen ikutan tenar atau dapet duit dengan cara mencuri hasil kerja keras orang. Begitulah.

      Delete
  19. Kenapa gak pasang anti copas gitu bang? kan bnyak tuh di google. Gw jg blog pasang biar gak bisa di copas gitu. Emang sih masih bisa di salin dgn di ketik ulang tapi setidak2nya mereka mikir 2 kali soalnya capek ngetik ulangnya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu gua udah pasang...baca baek2 deh artikelnya =)

      Delete
  20. Share cerita ya ko, dl aku pernah ngobrol2 sama penulis cerpen bule, cerita2 dia bagus2 ko, kaya fairy tale gt. Itu awal2 aku nulis blog jg (sekitar 2009). Aku bilang ke dia, buka blog aja dan post tulisan km disana, pasti banyak yg suka, cuman yah rawan copy paste juga.. Dia bilang, satu resiko yg para penulis pasti bakal punya itu adalah dicopy. Plagiat diantara penulis itu udh hal lama, cuma makin lama orang makin ga mrasa dosa aja main copy artikel orang2 sana sini tanpa cantumin sumber. Mereka ga pernah punya rasa ngehargain karya orang, ga pernah punya karya sendiri sih jadinya mereka gitu.

    Memang script2 anti right click dsb itu buat mencegah copas (atau bilangnya bikin si tukang copas males copas soalnya harus bongkar2 settingan browser), tapi kaya yg dibilang komen2 sblmnya, ada kerugian jg. Kl di blog aku aku kebalikannya blog ini ko, aku bisa highlight tapi ga bs klik kanan. Udah lama aku mikir mau hapus script itu jg sih ko >_< tp bingung jg~ aiya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp, biarin aja...jadi minimal tukang copas yg ga ngerti programming jadi ga bisa nyuri artikel lu, walopun gua liat blog lu sih isinya kan diary gitu, mestinya sih ga ada yg bakal nyolong, hehehe, mestinya...

      Delete
  21. walaupun isi blogkku begitu boleh ya coba pasang script juga

    ReplyDelete
  22. Irra W Hasibuan15 March 2013 at 10:22

    ralat kak keven, itu komentar yang ada ayat sucinya bukan maksud dia membawa2 agama kak, tp ada yang komen, nantangin blog abgnya dia bisa dicopas ga, dan si plagiat tadi ternyata bisa menjebol anti copas blog abgnya dia. heuheu. hati2 kak, salah informasi. coba kakak baca komennya dari awal kak.

    iya kak, orang yang dpt keuntungan dengan menjiplak karya oranglain itu ENGGA BANGET!
    mau untung? ya pake karya sendiri dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh oke, thanks buat koreksinya, Ra. Udah gua ralat ;p

      Delete
  23. ah keren abis postingannya kev! turut berduka cita sama dikaw yg ketiban ga enaknya jadi korban plagiarisasi... *tepok2*
    saya share ya di blog saya (hiperlink ke url ini kok); biar makin banyak yg baca 8DD

    ReplyDelete
  24. Budaya copy paste sudah dari dulu dan ada dimana mana. Emang ga gampang buat ngatasinya, semua tergantung dari diri kita masing masing. Karena segala cara akan tetap dilakukan si tukang copas agar bisa mendapatkan artikel yang dia mau.
    Salam sukses buat semuanya..

    ReplyDelete
  25. pukpuk Keven...
    Sudah banyak juga yang mengalami hal ini. Tapi lagi-lagi hal tersebut terus menerus berulang... :'(

    ReplyDelete
  26. i'm sorry to hear that... hug you and givue you warm, bro.... keep calm...

    Dari awal gue juga udah tahu di dunia maya ini yang namanya copas merupakan hal lumrah. Ada yang copas buat kepentingan non-profit (Kayak pendidikan), ada juga yang enggak. Makanya sejak awal gue bikin blog, gue selalu mikir dua kali ngepost karya sastra gue di sini. Berabe urusannya kalau menyangkut HAKI. Dan kebanyakan artikel di blog, gue bikin atas dasar sharing aja, Ven. Makanya, it's okay, mereka mau copas ato gak. Mau dipake buat cari untung, silakan. Untung di gue, rugi di mereka. Coz nambah-nambahin dosa mereka tentunya. Hehehe. Pernah sih gue nemu yang copas artikel gue, tapi yang dicopas juga yang bersifat umum, bukan karya sastra gue, juga bukan tulisan curhat gue. Hahaha.

    Gue agak males sih masang-masang script kayak gitu. Alesannya, ribet, Ven. Memang ada gunanya, sih. Tapi yang gue takutin nanti mengancam keberadaan blog gue. Takut-takut, karena script itu, blog gue jadi error dan gak bisa dibuka. Mana gue gaptek pula lagi.... -_-

    ReplyDelete
  27. Copas = Gak kreatif Banget
    apalagi tanpa izin = pencurian.
    Bener-bener Moralnya uda rusak ya. mendingan karya sendiri tapi standart, dari pada karya nya bagus tapi copas dari orang.

    Kok jadi ikutan sewot? hehe..

    ReplyDelete
  28. wah, banyak juga ya yang copas, ckckck..
    mending deh blog viewernya dikit daripada copas, bener gak bang? ^^b

    ReplyDelete
  29. Indeed, nyebelin banget plagiat itu. Saya juga pasang proteksi supaya tulisan di blog ga bisa asal di-copas. Walau nggak melindungi sepenuhnya paling nggak yg mau ngopas musti mikir dulu gimana cara supaya bisa ngambil artikel tersebut.

    ReplyDelete
  30. So sorry to hear that ya bang!
    Memang klo udah money-oriented, perbuatan salah udah gak terasa lagi. Gak ada bedanya ama koruptor ya, ngambil punya orang gak ngerasa bersalah, biasa aja. lempeng.
    Makasih tips-tipsnya disini, aku jadi bisa mengantisipasi blogku supaya gak dicopas juga :)

    ReplyDelete
  31. well, i do understand why they did it: they can't make something that way better than your post. HAHAH. They didn't have any better ideas and they are indeed your faithful fans. Hahah

    ReplyDelete
  32. Sabar yah Kep,
    Emang nyebelin yang kayak begitu. Nggak kreatif dan nggak bermoral. Udah, anggep aja pujian karena berarti tulisan lo segitu powerful nya sampe banyak banget yg mau copas.
    Sabar yah. Puk puk

    ReplyDelete
  33. Uum turut prihatin ya koko Kev...
    Berarti tulisan koko itu menginspirasi banget tuh.... Hahahaa sampe pada ngopas, semua kata" uda keambil koko Kev :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua yakin di dunia ini masih banyak kata2 yg bisa digunakan untuk menulis, sebanyak kata2 yg bisa mereka keluarkan di saat membela diri saat ketauan copas ;p

      Delete
  34. Ciyeee dicopas berarti blog lo keren bang mehehe :p

    Gue juga pernah beberapa kali dicopas gitu sakit hati banget rasanya padahal isi post gue cuman curhat yaampun :3

    Jujur blog gue yg sekarang nggak kayak dulu (salah satu penyebabnya karena gue bete di copas) cek aja kalau gak percaya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah? Blog lu isinya curhatan tapi dicopas? Curhatan dicopas? Ajegile, seriusan??? o_0

      Delete
  35. sama mas bro
    artikel di blog ane juga di copas
    malahan di autoblog lagi
    tapi mau gimana lagi mas bro

    thx lah udah share

    ReplyDelete
  36. kalo aku share artikel ini,tapi langsung copas link (misal: "http://claude-c-kenni.blogspot.com/2013/03/artikel-emotional-flutter-dicopas.html") lsg paste di fb itu termasuk plagiat ga ya :(( dr fb nya lsg ke-detect ke blog ini gtuu >.<

    ReplyDelete
  37. Gue pernaaaaaaah dicopas!
    Dan itu emang bikin sakit hati banget lhooo...

    Dan bener kata lo, para oknum copas-er itu gak merasa bersalah sama sekali lho, udah gue tegur baik2 kalo mau share boleh, tapi cantumin link blog gue, tapi keukeuh aja...

    Menurut mereka kalo udah di publish berarti udah milik bersama gitu...ckckck...
    Gue sampe ngomel-ngomel di postingan parah banget lho waktu itu...sakiiiiit...hihihi...

    Silahkan mampir kalo lo ada waktu yah :)
    http://erryandriyati.blogdetik.com/2014/04/28/tulisan-tentang-plagiat-yang-diplagiat/
    not even an apology!

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe