Live Beyond The Great Wall (Part 3)

00:11:00



Lanjutan dari part 2

5. Sinetron ala Mainland China

Ternyata ga cuma Indonesia yg acara TV nya dihiasi aneka sinetron picisan karya Mr.Punjabi dkk. Di China juga ada beberapa stasiun TV (terutama jam2 makan siang biasanya) yg hobi menayangkan sinetron yg kadang sampe bikin orang China nya sendiri geleng2 kepala saking absurdnya. Kebanyakan sinetron2 tersebut biasanya mengangkat tema patriotik seputar Second Sino-Japanese War, salah satu hal yg sering menjadi alasan mengapa orang China membenci orang Jepang.


Lah, kalo orang China benci orang Jepang, mestinya mereka seneng donk nonton sinetron yg menampilkan pesilat China mencabik2 tubuh prajurit Jepang? Ngga juga, karena :

1. Orang China juga punya selera tinggi, mereka menghargai film yg punya jalan cerita bagus dan sinematografi yg menarik. Mereka sering bilang gini ke gua : "Kalo memang segitu mudahnya menghabisi tentara Jepang, kok bisa perangnya berkelanjutan sampai 8 tahun lebih? Ini sinetronnya ga masuk akal, ga bermutu"

Kebanyakan sinetron ini memang jalan ceritanya absurd dan adegan perangnya terlalu dibuat2. Gua pernah nonton, ada satu adegan di mana seorang cewe China diperkosa ram2 oleh tentara Jepang, kemudian dengan beberapa anak panah yg ia temukan di saat diperkosa, ia menghabisi sepasukan tentara Jepang tersebut dengan mudah. What the? Videonya bisa diliat di sini, ga porno sama sekali kok, jadi jangan berharap terlalu banyak, hahaha.

Salah satu adegan sinetron patriotik China. Seorang pesilat mencabik2 tubuh tentara Jepang.

2. Ga semua orang China benci sama Jepang. Mereka tahu bahwa negara mereka sedang bersitegang dengan Jepang, tapi itu bukan berarti mereka harus ikut2an. Yg kebanyakan benci mati sama Jepang tuh biasanya adalah supir taksi, dll yg termasuk kategori orang2 kurang berpendidikan.Temen2 gua, yg mahasiswa, bilang gini "Yg kita benci adalah pemerintah Jepang, bukan orang Jepangnya." Orang2 yg berpendidikan tentunya sadar bahwa tidak semua orang Jepang tuh anti China. Jadi ya, biarkan masalah politik diurusin sama pemerintah dan politikus, rakyat sih ga usah ikut2an ribut, apalagi anarkis.


6. Sekolah di Hari Minggu?
Mungkin kalian pernah denger bahwa orang China tuh kadang hari Sabtu dan Minggu masih sekolah. Hal itu bener. Di China sini, gua pernah ngalamin, tapi tentu ada alasan di balik hal itu. Begini ceritanya...

Di China sini yg namanya hari libur tuh ga sebanyak di Indonesia, tapi sekali ada libur, biasanya lumayan panjang, sampe 2-3 hari malah ga jarang juga seminggu. Misalnya hari Rabu tuh hari besar, biasanya hari Senin dan Selasa juga ikut diliburin TAPI sebagai gantinya, pelajaran hari Senin dan Selasa tuh dipindah ke hari Sabtu dan Minggu sebelum libur. Ngerti kan maksudnya?



Mengapa demikian? Karena sebagian besar siswa di SMA dan universitas adalah perantau. Makanya di sini, sebagian besar pelajar SMA dan universitas tuh tinggal di asrama. Mereka datang dari kota2 kecil di sekeliling Ibukota Provinsi untuk kuliah. Analoginya, murid2 kebanyakan datang dari Garut, Tasik, Cianjur, Cirebon, dll untuk sekolah di Bandung, ibukota provinsi Jawa Barat. Karena itulah, pemerintah membuat sistem libur seperti ini supaya di saat libur, murid2 tuh bisa pulang kampung ke rumahnya yg jaraknya kurang lebih beberapa jam naik kereta.

Sebenernya sistem kayak gini tuh justru bagus, kalo menurut gua. Bayangin kalo liburnya cuma sehari, murid2 cuma bisa keluyuran di sekitar kampus doank. Tapi dengan dikasih waktu beberapa hari seperti ini, mereka jadi ada kesempatan untuk bisa pulang kampung ke rumah orang tuanya. Jadi, orang China bukan sekolah di Hari Minggu karena pemerintahnya sarap, tapi justru karena pemerintahnya peduli sama rakyatnya =)

Kalian setuju ga kalo sistem kayak gini diterapin di Indonesia untuk mengatasi fenomena "Hari Libur Kejepit"? Hehehe...



To be continued...

Oke, segini dulu ya postnya. Kalo reaksi pembaca bagus, besok2 gua lanjutin lagi artikelnya. Oya, temen2 pembaca semua, tolong bantu gua isi survey ini ya : Demografis Pembaca Emotional Flutter. 
Gua ingin lebih mengenal kalian supaya ke depannya bisa menghasilkan lebih banyak artikel menarik. Thanks banget untuk bantuannya...

PS : Sebagai bonus, ini gua sertain sebuah video tentang Shijiazhuang, kota tempat gua tinggal. Kali aja ada yg mau ke sini, hehehe...

You Might Also Like

11 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. apalagi kalo hari liburnya di hari kamis kayak hari ini, mendingan senen selasa rabu diliburan aja ya hahahaha... tapi ga asik juga ya kalo sabtu minggu masuk kerja, mendingan liburin aja seminggu hahahaha #ngarep

    ReplyDelete
  2. iya sih, mendingan kaya gitu sistem liburnya, jadi bisa jalan siki kalo lagi libur :'D
    tapi kalo minggu masuk gabisa nonton doraemon dong :'(

    ReplyDelete
  3. Hahaha.... Karena itulah, Yasushi Akimoto berani bikin project SNH48 di Shanghai, China, mas bro... Hahaha.. Dan denger2 cukup laku juga di sana... Apalagi ada Zhao Jia Min... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zhao Jia Min? Siapa tuh? Gua ga pernah ngikutin idol2 gitu jadi ga tau, hahaha

      *langsung googling*

      Delete
  4. enak banget itu kalau ada hari libur kejepit digituin, kadang pengen pulkam tapi di tengah2 libur ada kuliah dan kalau gg masuk gg bisa ujian -_-'

    ReplyDelete
  5. ahahaha harusnya pas ada hari kejepit kaya gitu tyuh, waduhh sinetron cina ada tukang bubur naik haji ga, sama aja ya kaya indo bikin sinetron dipanjangin ;p bahkan cinta fitri kalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada, absurdnya dalam hal yg berbeda, hahaha

      Delete
  6. trus lebih bagus mana sinetron sini sama sana hehehe

    ReplyDelete
  7. Ebuset itu adegan filmnya, enggak masuk akal banget satu cewek bisa ngalahin tentara sebanyak itu =____=

    Woah, sekolah gue pernah nerapin sistem kayak gitu om. Malah kadang-kadang gue ga ingat kalau ke sekolah itu untuk belajar #salahfokus

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe