Aku dan Fistula, Sebuah Perjalanan "Cinta" (Part 1)



Yg gua mau share di postingan kali ini mungkin berbeda dengan postingan2 Emotional Flutter yg biasanya.

Ini bukan hal kocak atau romantis, tapi ini kesaksian gua adalah pengalaman gua mengidap "Fistula" selama satu tahun terakhir ini. Trust me, ini bukan pengalaman yg gua banggakan, ini bukan hal mudah untuk diceritakan kepada orang lain, apalagi diumbar di Internet. Tapi melalui kisah gua ini, gua harap temen2 semua bisa belajar untuk lebih menghargai kesehatan dan juga semoga sharing gua ini bisa menjadi tambahan informasi bagi mereka semua yg juga terkena penyakit ini.


Tapi jangan khawatir, meskipun konteksnya serius, gua akan ceritakan kisah penuh derita ini dengan gaya bahasa yg simpel, ceria, mudah dicerna, dan juga tidak menampilkan hal2 menjijikan secara eksplisit, hehehe. But still, gua tidak menyarankan kalian baca sambil makan ya...

Selamat membaca =)


Desember 2011
Beberapa hari setelah gua pulang dari Pangandaran bersama temen2, tiba2 gua menemukan ada suatu tempat di pangkal kaki gua yg agak bengkak dan kalo duduk sakit banget rasanya. Tapi setelah satu-dua hari, rasa sakit itu hilang dengan sendirinya, jadi ya gua antepin aja.

Maret 2012
Frekuensi munculnya bengkak dan rasa sakit di pangkal kaki gua semakin sering. Pertama kali cek ke dokter, dokter bilang kalo itu adalah bisul atau urat kejepit. Gua dikasih salep dan memang setelah dikasih salep, bengkaknya langsung hilang. Beberapa hari kemudian kambuh lagi, disalepin, hilang. Begitu seterusnya.

May 2012
Gua panas dingin karena pola tidur yg tidak teratur menjelang TA (Tugas Akhir). Beberapa hari bedrest, di hari ketiga di pangkal paha gua tiba2 muncul bengkak sebesar bola pingpong. Banyak yg bilang kalo itu urat kejepit, ada juga yg bilang kalo itu ambeien, secara beberapa tahun terakhir kadang2 BAB gua suka ada darahnya. Akhirnya gua dikasih obat ambeien, tapi bengkak itu malah makin besar, makin sakit, sampe gua ga bisa duduk, apalagi berdiri.

Akhirnya gua pergi ke dokter yg lebih terpercaya dari dokter sebelumnya. Si dokter ini langsung nyuruh gua tidur membelakangi dia sambil menekuk kedua kaki gua. Perasaan gua makin ga enak saat gua denger dokternya pake sarung tangan karet, dan dua detik kemudian gua rasakan jari tangan si dokter di "pintu belakang".

"Mamaaaa...pantat anakmu sudah tidak perawan lagi!" Itu jerit gua dalam hati di saat jari2 si dokter masuk dengan cepat dan mengobok2 liang pantat gua. Rasanya sakit banget, kayak dimasukin besi panas. Gua ga abis pikir, kok bisa ya ada orang yg suka berhubungan seks lewat pantat? Dimasukin jari aja udah sakit, apalagi dimasukin.........ah sudahlah...

Pantatku...oh pantatku...

Anyway, back to topic, setelah puas memperawani lubang pantat gua (masukin sound effect tangisan perawan yg baru ternodai di sini), si dokter pun berkata, "Ini bukan urat kejepit, apalagi ambeien...ini FISTULA"

Fistula...fistula...fistula...
Apa itu Fistula? Kedengerannya kayak spatula, tarantula, bayangan di otak gua langsung penuh dengan benda aneh2.

Fistula adalah koneksi atau lorong abnormal antara dua organ yg biasanya tidak terhubung, kata si dokter menjelaskan. Dan fistula ini bisa muncul di mana saja. Di dalam mata (dan menyebabkan kebutaan), di langit2 mulut, di perut, pantat, payudara, atau alat kelamin. Jadi kalo dibandingkan dengan fistula2 di tempat lain, fistula di pangkal paha tuh termasuk "ringan". Gua harus bersyukur.

Penyebabnya kenapa? Macem2, bisa karena luka bekas operasi, luka yg ga sembuh2, penyakit, trauma, dan lain sebagainya. Tapi jaman sekarang, entah karena pola hidup atau kondisi lingkungan yg semakin buruk, 1 dari 5 orang berumur 20-40 tahun (umumnya pria), bisa terkena fistula.

Dalam kasus gua, dokternya juga ga tau apa penyebabnya, tapi intinya, dia curiga bahwa bengkak di pangkal paha gua itu disebabkan ada sobekan dalam daging/otot gua. Untuk menyembuhkannya, cuma ada satu cara, yaitu OPERASI!

APAAAA? OPERASIIIII???

Begitu denger kata operasi, gua yg phobia darah dan benda tajam ini langsung mual. Dulu gua liat adik gua dioperasi kuku kakinya aja udah takut, apalagi sekarang penyakit gua ini adanya di daerah selangkangan. Anyway, untuk pengobatan sementara, dokternya kasih gua salep dan painkiller. Tapi dia menyarankan bahwa setelah TA gua beres, gua harus ke rumah sakit dan bikin janji sama dokter specialis bedah.

Anyway, dua tiga hari setelah minum obat dan pakai salep (dibantu dengan terapi lintah...which is akan gua ceritain di postingan lain), di suatu pagi yg cerah, bengkak sebesar bola pingpong di selangkangan gua mendadak PECAH...isinya bukan janin atau uang receh, bukan...tapi darah dan nanah yg udah campur aduk dan menggumpal kayak semacam jelly gitu. Hoek, jangan dibayangin deh, tar jadi pada takut makan Nutrijel lagi...

Bisulnya PECAHHHHH...DORRRRRRR

Darahnya terus keluar selama 1-2 hari (dan itu sebabnya gua pernah cerita kalo gua terpaksa harus pake SOFTEX) dan setelah darahnya berhenti keluar, ternyata bekas lukanya ga nutup dan salah satu ujung dari lorong fistula di pangkal paha gua pun terlihat. Mulai sejak saat ini, pangkal paha gua udah ga pernah bengkak lagi, cuma lubang lukanya tidak pernah nutup dan selang beberapa lama sekali, keluar darah atau nanah. Kadang juga kalo BAB suka ada darahnya dan abis BAB, pantat gua rasanya sakit banget.

Juni 2012
Gua pun pergi ke rumah sakit dan bikin appointment dengan dokter bedah. Setelah mengobok2 pantat gua, dokternya nyuruh gua MRI scan supaya dia bisa tau arah dan bentuk fistula gua. Karena biaya MRI nya lumayan mahal (3 jutaan rasanya), ortu gua butuh waktu sekitar beberapa minggu untuk nyiapin biayanya dan sambil nunggu biaya MRI, gua pun disuruh mencoba aneka ragam pengobatan alternatif. Hasilnya, hanya sembuh satu-dua hari dan kemudian kambuh lagi. No effect, kayaknya operasi memang satu2nya jalan.

Juli 2012
MRI scan pun dilakukan. Selang satu minggu, hasilnya udah keluar dan gua kembali konsultasi dengan dokter bedah. Dari hasil tes, dokter bedahnya bilang bahwa fistula gua termasuk kompleks karena salurannya menyambung dari pantat hingga pangkal paha dan dia gak sanggup melakukan operasinya karena di daerah situ banyak syaraf yg berhubungan dengan organ reproduksi. Dia kemudian nyuruh gua menemui seorang dokter bedah terkenal di Jakarta. Gua nanya, kalo harus operasi, kira2 berapa lama waktu yg dibutuhkan sampai tuntas operasinya dan dokter bilang kurang lebih 2 bulan. JEGER.

Ini dia masalahnya. Bulan Agustus gua bakal pergi sekolah ke China dan waktunya ga cukup untuk operasi. Jadi gimana donk? Masa gua harus lepasin beasiswa dan kesempatan langka ini demi operasi?

Tapi ternyata dokternya bilang bahwa penyakit fistula ini bukanlah sebuah penyakit yg urgent dan harus diobati sesegera mungkin. Banyak orang yg mengidap penyakit ini selama 30 tahun dan mereka semua baik2 saja, paling kalo lagi kambuh rasanya ga nyaman aja. Ga akan tambah parah atau berubah jadi kanker, ngga akan.

Tapi memang dalam kasus gua, karena fistulanya kena sampai pangkal paha, kalo lagi kambuh mungkin gua bakal ga bisa jalan atau duduk. Dan supaya ga kambuh, gua ga boleh terlalu sering lari atau olahraga. Ditambah lagi, karena luka gua bakal terus terbuka, supaya ga infeksi, gua ga boleh berenang atau main ke laut. Waduh, kok ga enak gini ya?

Tapi ya apa boleh buat. Dengan berbekal obat yg bisa gua makan kalo fistulanya lagi kambuh, gua pun nekad berangkat ke China dan sekolah di sana selama satu tahun...

(To be continued...)

PS : Gua SANGAT TIDAK MENYARANKAN temen2 untuk googling "Fistula" di Google. Gambar2nya semua sangat mengerikan dan tidak sedap dipandang. Jangan deh. Mending googling "Emotional Flutter" atau "Fan Bingbing" aja ;p

PS2 : Btw jangan lupa ikutan GIVEAWAY 4th ANNIVERSARY Emotional Flutter ya! Dapatkan hadiah2 menarik dari China ;p


PS3 : Bisa beli sendiri di toko2 terdekat. Tapi denger2 PS4 mau keluar akhir taun ini, jadi kalian pikir2 sendiri deh bagusnya beli yg mana.

Comments

  1. lagi seru2 baca tiba2 to be continued hahahaha... gua baru pernah denger nama penyakitnya hehehe... semoga sehat2 terus deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama kali gua denger...sounds cute, kayak nama permen, hahaha

      Delete
  2. gue langsung googling dan memang fotonya luar biasa. gue ga kebayang sakitnya, ada salah satu lubang di foto di google yang ukurannya ga masuk akal, ga kebayang gimana nahan sakitnya. luas biasa deh penyakit zaman sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, makanya gua beruntung banget ga sampe kena di bagian2 yg "berbahaya"

      Delete
  3. makin dibilang ga disarankan yaa makin saya buka. penasaran. hehe

    ReplyDelete
  4. Bacanya bikin ngilu. Ditunggu kelanjutan ceritanya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan liat gambarnya kayak gitu, liat gambar PSY aja, hehehe

      Delete
    2. Speaking of PSY, nih ada Blogger yang mirip PSY juga, kayak Kak Keven: http://andrewmuliawan.blogspot.com/2013/06/pelajaran-dari-mbak2-kursi-roda.html

      Delete
  5. akhirnya dapat cerita detilnya

    akhirnya dioperasi juga. selamat ya! semoga cepat pulih

    ReplyDelete
  6. jangan2 kena fistula ani kamu..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, memang masuk kategori itu meskipun lokasinya bukan exactly di pantat. Btw, berhubung gua cowo, namanya FIstula Anto, Ani mah untuk cewe, hehehe

      Delete
  7. hee jadi yang waktu TA itu ternyata penyakit ini toh^^;

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Yan, jadi waktu itu gua ga bisa dateng bukan gara2 lagi kencan sama Kyoko Fukada, bukan...emang beneran sakit, hehehe

      Delete
  8. Maaf bang, ditengah keseriusan gue baca cerita abang, gue ketawa bang. Sorry.

    ReplyDelete
  9. bisa gawat gitu om
    semoga segera pulih seperti dulu lagi
    tapi suer baru dengar yang namanya fistula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, gua juga baru kenal sama FIstula setelah berbengkak2 ria. Dasar penyakit ga sopan, nangkring duluan di pantat, baru setelah itu ngajak kenalan...hehehe

      Delete
  10. baru denger penyakit ini saya. Ditunggu cerita selanjutnya aja ga usah gugling ehehe

    ReplyDelete
  11. buset napsu makann gue ilang gara2 buka goohgoell ~ ~,

    ReplyDelete
  12. sial gw lagi sahur malahan dapat yang kaya gini ckckckck

    ReplyDelete
  13. Astagaaaaa abang, cepet sembuh ya Bang, segitunyaaaa yaaa fistulanyaaa.. hua. untung belum googling :) semoga sukses di sana koko! Semangat nya luar biasa gue harus mencontoh sebagai adik yang baik! Tapi ini lucu masa ehehe *maap*

    ReplyDelete
  14. Penyakit emang datangnya kayak maling.... Iiissssh.... -_-

    ReplyDelete
  15. damn, harusnya gw nurut sm elo gak googling fistula -_-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata memang bener, semakin dilarang, semakin banyak yg melakukan, hahaha

      Delete
  16. serem juga penyakitnya -___-

    ReplyDelete
  17. untung di kasih tau gak boleh googling gambarnya :) semoga sekarang sudah sembuh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you. Sekarang udah bisa jalan, cuma belom boleh nyetir motor dan olahraga...

      Delete
  18. serem banget koko, ane kira fistula itu semacam makanan enak :'(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekilas denger namanya terkesan imut2 gitu ya

      Delete
  19. baru tau itu namanya fistula. gue juga punya gejala begitu, pernah dibawa kedokter sekali dan dokter cuma langsung saranin buat operasi tapi gue gamau sampe sekarang, takut berat. Operasinya gimana bang? ngeri banget ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Indonesia, dokternya banyak yg tidak bertanggung jawab, dikit2 harus operasi. Bagusnya lu minta second opinion, jangan cuma periksa ke satu dokter aja. Kalo memang harus operasi, ya jalanin aja, daripada dipendam bertahun2, menderita banget. Operasinya ga ngeri kok, kan dibius total, kitanya mah ga ngerasa apa2. Cuma memang abis operasi, waktu recoverynya lumayan lama...

      Delete
  20. well, gua ga akan nyari gambar di google deh karena uda baca komen-komen di atas haha.

    btw ko gua baru aja pulang dari bandung. kemarin mau nanyain koko ngepost comment di sini masi di SG apa di bandung tapi paket datanya kampretos gitu jadi ga bisa ngepost comment deh di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, sayang banget, kita masih belom hoki bisa ketemuan. Gpp Bi, next time masih ada kesempatan =)

      Delete
    2. iya, mungkin libur semester depan (kemungkinan besar) gua bakalan ke bandung lagi.

      Delete
  21. Ada pantangan makan ga Ken? Sekarang udah sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di masa pandemic virus Corona mengalami sakit di anus, awal nya saya kira kena ambeien... sudah minum obat kok gak sembuh sembuh dan gak kempes, akhirnya suatu hari di sekitar anus ada nanah nya banyak,dan dalam hati saya bilang oh bisul pantesan gak kempes kempes dan sakit terus apa lagi waktu buang air besar, tapi saya pr batikan ini nanah kok gak hilang hilang sudah 1 Minggu, akhirnya saya ke puskesmas, dan di sana saya di bilang kena fistula dan harus di operasi di rumah sakit.
      Wah jadi tambah ngeri saya dengar nya, apa lagi di masa pandemic Corona sekarang ini, wong puskesmas aja di pantai ketat dan gak boleh ramai ramai jam 12 puskesmas nya sudah tutup.
      Saya pun bingung harus bagaimana mau operasi takut apalagi ada yang bilang harus operasi beberapa kali, di tambah pandemic Corona sekarang ini.
      Akhirnya saya buka buka google dan ada yang nyarani untuk brobat ke dokter Yusuf, begitu saya washapp beliau bilang ada di Aceh wah tambah bingung lagi, mana mungkin saya ke sana , dan apa lagi di masa pandemic virus Corona ini banyak sekali aturan nya, dan biaya nya pun pasti tidak sedikit kalau ke sana.
      Dan akhirnya saya tanya beliau mengenai obat fistula nya apa bisa di pesan dan di kirim , kata beliau bisa dan asal nanti mau jaga pola makan, jaga kebersihan dan konsultasi bila ada kendala... akhirnya saya tanya harga obat nya berapa ...dan beliau menyarankan pakai yang standard dulu mana tau cocok,tapi harus rutin sampai sembuh. Akhirnya saya pun pesan obat nya , dan selang sebulan luka sudah mendingan dan buang air besar pun enak gak sakit lagi.
      Sampai akhirnya di bulan ke dua luka sudah sembuh...dan sekarang ini saya sudah sembuh dari fistula tanpa harus melakukan operasi, Alhamdulillah...
      Buat yang lagi cari obat fistula ani tanpa operasi coba saja seperti saya berobat ke dr yusuf.
      Ya mudah mudahan bisa sembuh juga seperti saya... amin...
      Ini nomor dokter Yusuf nya bagi yang ingin sembuh tanpa operasi seperti saya...
      08-53-61+67+52-32...
      Trimakasih

      Delete
    2. selamat siang,saya mau share pengalaman saya menderita fistula ani,sekitar 7 tahun yg lalu saya mengalami pembengkakan yg saya kira itu bisul,saya kedokter,dokter blng itu fistula ani,beliau memberikan obat dan salep ke saya dan menyarankan untuk operasi,singkat cerita sy baca2 kalau operasi tingkat keberhasilannya kecil sehingga sy mengurungkan niat untuk operasi dan selama 4 tahun fistula saya diamkan,setiap hari bernanah,badan meriang dan sakit luar biasa.sampai akhirnya saya timbul bengkak lg dan sy tkt itu saluran fistula yg baru,saya memberanikan diri untuk operasi,sy ktmpt obat dkt daerah saya untuk menanyakan dokter operasi yang bagus untuk fistula ani,tetapi toko obat tersebut memberikan saya obat capsul racikan untuk saya minum selama 6 hari dan apabila tidak sembuh makan diinfokan dokter yang bagus untuk operasi.
      saya minum obat tsb selama 6 hari dan bengkaknya tsb hilang,fistula pertama sy nanahnya berhenti dan benjolannya mengecil sampai akhirnya saya beli lg obatnya selama 6 hari. sekarang sudah 3 tahun lebih saya sudah sembuh dari fistula.
      tujuan saya share ingin membagi pengalaman dan membantu org2 yg menderita fistula agar bs sembuh seperti saya tanpa operasi,banyak yg sudah titip beli obt tsb dan mengalami kesembuhan,untuk yg mau nanya dan minat bisa sms atau WA saya ke 087885554609. Semoga saya bisa membantu banyak org dr penyakit tersebut
      terima kasih

      Delete
  22. mudah2an penyakitnya gak ballik lagi ya.. aamiiinn o:)

    ReplyDelete
  23. cepet sembuh ya om keppeeennn :D

    ReplyDelete
  24. Pas baca judulnya gue mau gugling, tapi ntah kenapa gak jadi, pas selesai baca gue bersyukur gue gak jadi gugling :"))

    Merinding+ngilu gue bacanya om, gimana elo yg rasain langsung ya? Semoga cepet sembuh..

    ReplyDelete
  25. innalillahi keev >,<
    *nunggu lanjutan blogpostnya, operasinya berhasil kan? ;;w;;*

    trus mumpung deket2 lebaran, saya minta maaf atas semua kesalahan saya, yang sengaja ataupun ga disengaja ya kev m(_ _)m

    ReplyDelete
  26. bacanya ajah udah ngeri,apalagi googling, ogah ah :D

    ReplyDelete
  27. Ya ampun ken, si fistula itu nyeremin banget. Semoga cepet sembuh ya (kalau udah sembuh lebih baik lagi).

    ReplyDelete
  28. Wah, bingung gw mau komentar apa. Di satu sisi gw dapet ilmu tapi di sisi lain gw kasian sama lo bang. Postingan kali ini mnurut gw termasuk kategori inspiratif dan informatif. :)

    ReplyDelete
  29. Ditahan tahan akhirnya buka google, dan sayapun menikmatinya... yaa.. menikmati...

    ReplyDelete
  30. tadi googling gambarnya dan serem banget X_X ga kebayang deh rasanya, aalagi susah nutup ya, kecuali pake operasi. biasanya emang kalo udah sampai diagnosa harus operasi, memang udah jalan satu-satunya biar penyakit ga kambuh atau bikin makin ga enak badan. moga cepet sembuh, kak.

    ReplyDelete
  31. tu kan... kan... semakin di bilangin jangan browsing malah banyak yg nyari.. termasuk gue... serem bgt..... huaaahhhhhuaaaaaaa

    ReplyDelete
  32. wkwkw pantat gue juga udah diperawani sama dokter gara-gara si fistula, tiap dua minggu malah.

    ReplyDelete
  33. cepet sembuh ya bro..gw jg lg berobat di dr buntoro jakarta.daerah angke..gw pernah gak bisa bangun 11 hari di tempat tidur demam nahan sakit gara gara fistal kampret ini.so makan makanan yg bergizi ya guys n girls.maaf ya fistal jg bisa nyerang ke cewe lho.namanya chron..adanya di daerah miss V..itu lbh menyeramkan..bro trims kalo postingan gw gak diapus ya..

    ReplyDelete
  34. hahhha, gw skrg lg ngidap penyakit ni, dan bsok gw mw operasi doain ya coy

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Anak saya juga bulan 12 2020 kemaren kena fistula juga. Datang ke puskesmas di kasih obat gak mempan terus di rujuk ke rumah sakit citra Husada dan di periksa trnya kata dokter anak saya kena fistula ani dan harus oprasi.
    Setelah di jelaskan mengenai oprasi nya bagaimana dan perawatan nya bagaimana saya juga takut dengar nya.
    Kasihan anak saya kalau harus oprasi, apa lagi kata dokter nya gak bisa jamin 1x oprasi bisa sembuh.
    Jadi anak saya pun takut dan gak mau operasi.
    Nah saya pun di kasih resep obats dokter bedah obat anak saya.

    Setelah di kasih resep obat saya pergi lah ke apotek Indra Farma yang di depan terminal itu.
    Nah di situ ketemu teman cerita lah saya di situ.
    Lagi asik cerita eh ada dokter yang lagi duduk di situ dengar pembicaraan saya dengan teman saya, lalu beliau pun tanya ke saya tentang anak saya, beliu pun menjelaskan masalah penyakit anak saya. Katanya memang fistula selama ini jalan kesembuhan nya hanya dengan oprasi saja tapi bukan br arti fistula ani gak bisa sembuh tanpa harus oprasi.
    Kata beliau kalau fistula belum begitu parah dan bisa jaga makanan nya beliau jamin bisa sembuh tanpa harus oprasi dan di jamin bisa makan bebas lagi.
    Nah beliau minta resep obat yang dari rumah sakit itu.
    Waktu di lihat beliu bilang kalau resep nya ini belum lengkap.
    Lalu beliau menawarkan resep obat yang lebih bagus lagi,tapi lebih mahal.
    Saya bilang gak apa apa dok, yang penting anak saya jangan sampai oprasi.
    Nah singkat nya setelah 2 bulan minum obat resep dari beliau itu anak saya pun sembuh.
    Sekarang bisa makan cabe ,mie, kepiting,dll.kata anak gak sakit lagi yah.
    Nah begitu lah kisah anak saya itu bisa sembuh dari fistula tanpa operasi.

    Dokter tr sebut jarang ada di tempat/apotek itu waktu saya tebus obat ke 2,3 kali nya.
    Akhirnya saya minta nomor Hp dokter tersebut ke apoteker ny.
    Nah di resep obat ke 4 saya minta ketemu dengan beliau di apotek, karena saya wa beliau.
    Setelah habis obat ke 4 beliau bilang mau ke rumah saya mau cek kondisi fistula anak saya.
    Setelah di cek beliau bilang ini sudah bisa makan pedas, kepiting dll...
    Bisa di coba pelan pelan.
    Nah buat temen-teman yang mau sembuh juga coba datang ke apotek Indra Farma.
    Dokter nya jarang ada di tempat.
    Tapi apotekernya ada selalu di situ.

    ReplyDelete

Post a Comment

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)