10 Tahun Kemudian...

21:27:00


Some people are meant to fall in love with each other, but not meant to be together...

Semenjak putus sama cewe gua yg terakhir tahun 2004, gua belom pernah jadian lagi. Bukannya gua ga pernah berusaha cari pacar lagi lho. Selama 9 tahun terakhir ini, gua udah berusaha PDKT ke sana sini mulai dari cinta pertama gua, temen SMA, temen kuliah, temen sesama pembina Pramuka, sampe orang asing sekalipun pernah gua deketin, tapi hasilnya NIHIL.

Apa penyebabnya? Mungkin gua belum beruntung, mungkin gua kurang keras berusaha, atau mungkin gua nya sendiri belom mantab sama perasaan sendiri. Tapi yg jelas, semenjak putus terakhir kali itu, ada sesuatu yg hilang dari diri gua. Gua berusaha untuk jatuh cinta sama orang lain, sering curhat sama temen, banyak nulis puisi, banyak nyanyi dan mencari media penyaluran emosi, tapi ga peduli apapun yg gua lakukan, rasa kosong itu masih tetap belum terisi. Bagaikan rasa haus yg tidak bisa disembuhkan oleh minum air, gua terus berusaha mencari...


Tahun 2007, gua sempet balikan lagi sama mantan gua itu, dan rasa haus itu tersembuhkan...untuk sementara. Kita jadian beberapa hari sebelum hari Valentine dan untuk pertama kali dalam beberapa tahun, jiwa romantis gua kembali. Kita merayakan Valentine dengan makan malem romantis di restoran favorit kita waktu jadian dulu. Dan sampai itu, segalanya berjalan sempurna. Atau setidaknya, itulah yg gua kira.

Tapi ternyata tidak. Belum sampai satu minggu balikan, gua dan dia udah ribut besar lagi gara2 masalah konyol. Ada seorang temen yg ngehasut dia bahwa gua bilang kalo gua balikan ma mantan gua itu gara2 mantan gua tersebut begging2 sama gua. Dan di saat mantan gua itu marah sama gua, gua menyadari sesuatu.

Ini dia alesan kenapa gua putus ma dia tahun 2004 silam. Masalah kepercayaan dan komunikasi. Kalo kata2 orang luar yg belum tentu kebenarannya aja bisa bikin gua dan dia bertengkar, gimana hubungan ini mau berjalan? Dan saat itu, gua sadar, gua bener2 sadar, bagaikan ditampar oleh yg namanya realita. Betapa bodohnya gua, balikan lagi sama dia, kembali mengulangi kesalahan yg sama, kembali memberi kesempatan bagi gua dan dia untuk saling menyakiti satu sama lain.

Bukan salah dia, bukan salah siapa2, tapi memang komunikasi gua sama dia tuh ga lancar. Pemikiran kita berdua ga pernah bisa ketemu, seolah2 kita bicara dalam dua bahasa yg berbeda. Gua rasa, gua dan dia, memang tidak ditakdirkan untuk bersama. Dan kalo memang gua bener2 sayang ma dia, satu2nya yg gua bisa lakukan adalah merelakan dia. Lebih baik kita jalani hidup masing2, tanpa saling menyakiti...


Setelah hubungan gua dan dia berakhir untuk kedua kalinya, gua kembali tenggelam di dalam pencarian gua. Apa sih yg gua cari?

Gini, gua dan mantan gua itu punya chemistry yg hebat. Tiap kali mata kita bertemu, badan gua langsung kayak kesetrum dan pipi dia langsung merah kayak tomat. Seriusan. Jantung gua deg2an, tangan gua berkeringat dingin, dan gua suka banget WANGI badannya. Mungkin bener kata mama gua kalo gua dari kecil diberkahi dengan penciuman yg tajam. Gua bisa cium wangi Pheromone orang2 terdekat gua dan wangi mantan gua ini adalah wangi yg PALING gua suka. Gua bener2 mabuk kepayang sama dia.

Gua pengen cari cewe yg bisa bikin gua kesetrum kayak gua mantan ini. Dan untuk tujuan itu, apapun rela gua lakuin. Gua berubah, yg tadinya alim dan pendiam berubah menjadi makhluk paling supel di kampus. Gua bertemen ga pilih2, diajak kongkow ga pernah nolak, aktif di aneka ragam kegiatan dan belajar banyak hal yg bisa memperluas pergaulan gua (tapi bukan yg negatif).

Gua juga belajar untuk kembali mencintai. Berkali2 gua pertaruhkan hati gua dan berkali2 pula hati gua dihancurkan berkeping2. Ditolak mentah2, patah hati, dimanfaatin, dibackstab temen sendiri, semuanya udah pernah gua jalani, tapi in the end, gua tetep ga nemuin cewe yg bisa kasih gua perasaan yg sama seperti mantan gua itu. Ke mana gua harus mencari? Apa yg harus gua lakukan untuk bisa merasakan perasaan itu sekali lagi?


Akhir tahun 2010, gua sempet depresi berat akibat masalah keluarga yg datang bertubi2 dan memang bener kata orang, di saat seseorang mencapai titik terendah dalam hidupnya, di situlah ia akan menjadi lebih kuat dan bijaksana. Seolah2 dapet pencerahan, mendadak gua menyadari betapa bodohnya gua.

Wajar aja kalo gua ga pernah dapet cewe toh selama ini gua masih terus berusaha mengejar2 bayangan mantan gua itu. Gua selalu kecewa karena cewe2 yg gua sukai tidak memperlakukan gua sebaik mantan gua. Gua berusaha untuk memberikan kepada mereka hal2 yg tidak sempat gua berikan kepada mantan gua dan gua kecewa saat reaksi mereka tidak seperti yg gua harapkan. Obsesi gua terhadap mantan gua itulah yg jadi penghambat utama gua untuk bisa mencintai orang lain dengan tulus. Gua selalu bandingin mereka sama mantan gua itu dan itulah terkadang yg bikin gua juga ga bisa 100% di dalam usaha PDKT gua itu.

Gua sadar sekarang bahwa gua memang ga akan pernah bisa nemuin cewe yg bisa memberikan gua perasaan "kesetrum" seperti yg gua rasakan saat bareng mantan gua itu. After all, setiap manusia diciptakan unik dengan kepribadiannya masing2, dan tentu aja perasaan yg gua rasakan di saat mencintai orang yg berbeda itu tidak bisa dibanding-bandingkan.

Dan yg ga kalah penting, gua sadar bahwa malah selama ini yg gua cari bukanlah cewe yg bisa jadi "pengganti" mantan gua, tapi yg selama ini gua cari adalah "pengampunan". Ya, I just want to be forgiven, gua cuma pengen bisa memaafkan diri gua sendiri. Dan selama ini gua berusaha mencari pengampunan itu dengan cara "mencintai" orang lain.

Suatu ketika di dalam hidup, gua pernah mencintai dan gagal, dan butuh bertahun2 bagi gua untuk bisa menyadari bahwa ga peduli apapun yg gua lakukan, gua ga akan pernah bisa mengubah masa lalu. Rasa sesal dan sakit itu akan selalu ada, sepanjang gua hidup, tapi apakah perasaan2 itu akan terus menghantui hidup gua atau tidak, itu semua tergantung pilihan gua sendiri.

Sebelum gua bisa mencintai orang lain, gua harus bisa mencintai diri gua sendiri. Dan bagaimana mungkin gua bisa mencintai diri gua sendiri kalo gua tidak bisa berdamai dengan masa lalu gua?


Terakhir kali gua ketemu mantan gua itu adalah setahun yg lalu, beberapa bulan sebelum gua memulai hidup baru gua di Shijiazhuang. Dia makin cantik, dan di saat mata kita berdua bertemu, gua masih ngerasa kesetrum, dan pipi dia masih merona merah tomat. Tapi bedanya, kali ini kita bertemu sebagai dua orang sahabat. Dia cerita soal dia udah punya pacar dan mereka sekarang lagi berpikir serius untuk membawa hubungan mereka ke jenjang berikutnya.

Beberapa malam setelah pertemuan itu, dengan konyolnya gua mimpiin dia, untuk pertama kali dalam bertahun2. Di dalam mimpi gua itu, gua melihat kita berdua berdiri di depan altar, mengikat janji untuk seiya sekata, dalam suka maupun duka, sampai maut memisahkan kita. Dia terlihat sangat cantik terbalut gaun pengantin berwarna putih.

Di saat itu, mendadak gua terjaga dan mimpi itu pun buyar sudah. Dan gua pun nangis. Semua perasaan yg gua pendam selama bertahun2 tumpah sudah bersama air mata. Tapi anehnya, setelah itu ngerasa lega. Akhirnya, 8 tahun setelah gua putus ma dia, gua bisa bener2 move on. Gua lega karena setidaknya gua bisa lihat kita berdua nikah di dalem mimpi, tapi gua lebih lega lagi karena menyadari bahwa pernah ada suatu waktu, nun jauh di masa, di mana kita pernah saling mencintai.

Lagu kesukaan dia semasa kita jadian dulu. Gua pengen nyanyiin buat dia, untuk terakhir kalinya...


Seseorang pernah berkata ma gua, bahwa di saat berkata "I love you" pada seseorang, pada saat itu kita mengucapkan sebuah janji bahwa kita akan terus mencintai orang itu, apapun yg terjadi, ga peduli pada akhirnya kita bisa terus bersama atau tidak. Dan itulah yg akan gua lakukan. Ada bagian dari diri gua yg akan terus mencintai dia sampai akhir hayat gua, tapi gua juga akan belajar untuk mencintai diri sendiri dan move on dengan kehidupan gua.

Di saat kita mencintai seseorang dengan sungguh2, hal yg paling membahagiakan bagi kita adalah di saat kita melihat orang yg kita cintai itu bahagia, meskipun bukan kita yg menjadi sumber kebahagiaan tersebut. Gua akan mendoakan kebahagiaan dia, dan gua juga akan berusaha meraih kebahagiaan dalam hidup gua. Gua pengen kalo suatu hari dia melihat gua di suatu tempat, dia bisa bangga dan mengenang gua dengan senyuman.



Tanggal 10 Oktober 2013 kemaren adalah peringatan 10 tahun hari jadian gua ma mantan gua itu dan semua kenangan itu mendadak muncul kembali. Pertama kali kita ketemu, detik2 menjelang jadian, kencan pertama, pegangan tangan pertama, pelukan pertama, ciuman pertama, dan juga bayangan dia mengenakan gaun pengantin...semua itu muncul di benak gua bagaikan sebuah film dokumenter. Tapi bedanya, kali ini gua bisa mengenang semua itu dengan senyuman.

Buat dia, kalo sampe suatu hari lu baca tulisan ini, gua cuma mau bilang kalo gua bener2 bersyukur bisa kenal dan jatuh cinta sama lu. Semua yg pernah terjadi di antara kita, baik atau buruk, ga akan pernah gua sesali. Berkat semua itulah, gua bisa menjadi diri gua yg hari ini. Gua berdoa semoga lu selalu bahagia, apapun pilihan hidup yg lu pilih.

Thank you for loving me.

10.10.13
Kepompong



“People change. Feelings change. It doesn’t mean that the love once shared wasn’t true or real. It simply means that sometimes when people grow, they grow apart.”
― 500 Days of Summer

You Might Also Like

74 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. (y) mantappp ...

    ReplyDelete
  2. Naaaaaaamaku 00....

    Move on kep hahahaha

    ReplyDelete
  3. sesuatu dengan ceritanya,,,
    fight to move on,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo move on itu gampang, kenapa banyak orang yg gagal move on? =)

      Delete
  4. maybe it about time you change the direction of your ship.

    ReplyDelete
  5. Boleh kenalan ga om.? Saya juga mengalami hal yg sama, mungkin kita bisa berbagi kisah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aku minta no yg di bisa di hubungi.? Biar aku tak memiliki kisah seperti '10 tahun kemudian'
      Mau minta masukan

      Delete
    2. Gua lagi di China, lu mau interlokal telp ke sini? Wkwkwk...
      Lewat page Emotional Flutter di FB aja ngobrolnya

      Delete
    3. ya kan ada whatsapp dan lainnya biar lebih enak ngobrolnya..hehe
      itu maksudnya begging apa ya.?

      Delete
  6. pheromone itu apa sih? sumpah, gue nggak tahu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://en.wikipedia.org/wiki/Pheromone

      Delete
  7. hmm, sweet yah ceritanya.. gw jadi mikir, dulu gw pernah putus sama orang, 5 tahun ga bisa menghilangkan bayang2 dia. sampai gw jatuh cinta sama cowok baru.. baru semua kenangan ttg mantan menjadi hal manis utk hidup gw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, memang semua akan indah pada waktunya, gua percaya itu

      Delete
  8. wooow suaranya itu koko kereeeen
    tapi ujungnya kek kecapean hehehe...
    mungkin karena pasaran sekarang mulai iklan film dan lainnya menyatakan kalau move on itu suuuuusaaah banget jadi jatohnya susah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lagunya makin lama makin cepet, jadinya mulai serak hahaha

      Delete
  9. ehem... si koko gagal move on nih kayaknya. masi inget2 mantan sampek nangis itu tandanya gagal move on :p

    ngebiarin dia bahagia bersama pasangan yang dicintainya, itu udah nunjukin suatu cita yang besar banget kev..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baguslah, kata2 lu bikin gua jadi ngerasa damai, hahaha

      Delete
  10. Ko ken, makasih tulisannya, menginspirasi hatiku, karena nagalamin hal yang sama :) makasih koooo :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama...terima kasih juga udah baca tulisan gua =)

      Delete
  11. We sperti awal pahit namun pda akhirnya happy ending,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena segala sesuatu dalam hidup akan indah pada waktunya =)

      Delete
  12. You do inspired me.. That's romantic.. Its difficult to give up the one that you love..you should give yourself ɑ credit.. But oneday you will find someone special that makes you realise why it never work out with your ex and anyone else.. Just when ɑ caterpillar thought the world will end but ɑ beautifelu butterfly is about to come..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This is one of the most beautiful comment I've ever received. Thanks a lot =)

      Delete
  13. disaat kita sayang ke orang lain, sayangilah dia secara cukup, jangan yang berlebihan, karena berlebihan itu gak akan baik pada akhirnya :)

    dan semoga koko bisa cepet dapet penggantinya :)

    jangan yang sama kayak mantan, tapi yang berbeda supaya koko bisa memulai semua dari awal tanpa ada bayang-bayang mantannya ^^

    Good luck ko!

    ReplyDelete
  14. So sweet bngt.... Semoga cepet dapet penggantinya... ^^
    Hope someday someone will love me like that too... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you. You will find someone like that, I believe =)

      Delete
  15. Kyknya ini yg terjadi pada mantan g yg terakhir. I hope someday he'll move on like you do.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I hope so. Ga bisa move on itu menyakitkan, tapi rasa sakit itu yg pada akhirnya akan membuat kita tumbuh, dan move on =)

      Delete
  16. @claude c kenny, wow....ceritanya sungguh membuat aku terbawa ke masa silam...melupakan seseorang yg sangat kita cintai memang sulit banget.......*tetap semangat ya !!!!

    tanya : kalau cara memasukkan lagu soundcloudnya ke blog gimana tuh ?? tahap2nya ?? apakah sama dgn memasukkan video youtube ?? *saya suka lagunya... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you.

      Copas aja widget codenya ke blog, beres deh. Sama kayak masukin video dari Youtube ke blog.

      Delete
  17. Soal itu memang fenomenal dan tak bisa diprediksi, om
    Dulu aku sering nguber-nguber cewek dan ditolak mulu. Giliran udah pasrah, malah pada nyamperin. Emang bener kali, soal rasa cinta emang hak tuhan buat nentuin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan kadang kita suka ga habis pikir...jadi Tuhan sebenernya maunya apa ya? Saat kita pengen, ga dikasih. Saat kita ga pengen, malah dikasih...

      Delete
  18. mudah-mudahan bisa dapet penggantinya ya

    ReplyDelete
  19. katanya kalo ngerasa kesetrum gitu tandanya jodoh loh.. cuma kita gak tau perjalanan jodoh.. kadang kita merasa sudah tahu jodoh kita siapa tapi takdir memutar roda waktunya sampai kita menyadari kalo dia memang benar-benar jodoh kita bertahun tahun kemudian... pernah kejadian sama temenku, pacaran 3 tahun putus 5 tahun dan menikah setelahnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe sekarang ga ada lagi yg bisa bikin gua kesetrum lagi kayak dia sih. Tapi gua percaya bahwa someday gua bakal ketemu jodoh gua, siapapun dia =)

      Delete
  20. Sweet banget bang ken :')
    Tanggal bersejarah kita sama :)
    Mampir sini bang http://thykaisfum.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. gila nyesek banget :'')) tapi bikin aku jadi makin waspada, takut kalo ada cowo PDKT ke aku rupanya cuma untuk jadi pelarian -_- #plakk

    tapi move on setelah 10 tahun? wow... 10 tahun itu bukan waktu yang singkat lho kak o.O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana cinta berawal, itu misteri ilahi. Gua kenal kok orang yg pada dasarnya pelarian, terus pada ujung ujungnya berubah jadi cinta sejati dan nikah =)

      Delete
  22. Berdamai dan mencintai diri sendiri hal yang paling sulit dilakukan. tp gua yakin lo bisa^^

    mudah2an segera ketemu seseorang yg bisa bikin lo nyetrum lagi. Hahaha..fighting!

    ReplyDelete
  23. ternyata bener, ngilangin 'itu' emang susah ya om pantes gue ga move on move on :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasa suka itu ga akan bisa dihilangin, tapi kita bisa belajar untuk merelakan =)

      Delete
  24. Om keven selalu semangat ya, percaya aja tuhan pasti udah ngerencanain yang terbaik buat om :3

    ReplyDelete
  25. :') sedih. ini hampir sama kayak aku kak.

    ReplyDelete
  26. Pas aku lagi baca ini, kebetulan lagu Agnezmo yg Things Will Get Better lagi diputer. Di luar hujan... Semua kombinasinya bikin fix galau :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hebat bisa pas gitu...ati2 galau akut...

      Delete
  27. trus gmn dengan ven? T_T

    -baozi-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat tiba waktunya nanti, bakal gua ceritain =)

      Delete
  28. cuma beda angka tahun,isi kisahnya saya pun sama persis pernah mengalami :)

    ReplyDelete
  29. Hi kak, ini salah satu bacaan favorite gue dari blog lo.. waktu itu temen gue copas-in linknya dan pas gue baca... njir :( mau nangis. Gue ngerasa nantinya gue bakal kayak gitu karna itu persis yg gue rasain sama 'dia' sampe detik ini.. jadi takut huhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Viona, terima kasih ya udah baca dan komen di sini. Dalam hidup, kita akan selalu berhadapan dengan yg namanya perpisahan, itulah hidup. Tapi bukan cuma rasa sakit yg bisa kita dapatkan dari sebuah perpisahan, melainkan juga sebuah pelajaran. Semangat ya Viona, pada akhirnya kamu akan bisa mengingat semua itu dengan senyuman =)

      Baca deh kisah yg satu ini, semoga bisa menginspirasi
      http://www.emotionalflutter.com/2016/10/zhen-zhu-nai-cha-after-story-part-1.html

      Delete
  30. Cerita ini klo dibukuin atau film-in keren pasti yaa :" gak semua hal mungkin berjalan sesuai yg kita inginkan, tapi paling gak yg udah terjjadi, meski menyakitkan bisa jadi pelajaran dan perbaikan untuk kedepannya.
    Semoga akan dapet seseorang yg jauh lebih baik dan sesuai dg pilihan tuhan yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Iya, jadikan semua ini pelajaran supaya ke depannya bisa lebih baik ya =)

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bigung sama ni anak, kalo komen sering ngomong 'MIRIS', padahal cerita ini kan ngenes, bukan miris.

      Delete
    2. Itu tandanya dia kekurangan kosakata hehehe

      Delete
  32. 10 tahun untuk move on? LAMA BANGET!!!

    Yah, akhirnya bisa menyadari kalo PDKT sama cewek yang berbeda gak bisa menggunakan teknik yang sama. Apalagi dengan harapan akan bisa seperti masa lalu yang masih belum terlupakan.

    Jangan sampai jatuh ke dalam kesalahan yang sama lagi ya.

    Eh, gue bingung mau manggil apaan :D. Soalnya baru baca About Me, ternyata jauh beda umurnya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panggil nama aja gpp, santaiiii, kita kan teman hehehe

      Delete
  33. Banyak yang bilang, cinta itu kelamnya dunia. Kalo dpikir iya juga, sih. Soalnya sebelum kenal namanya jatuh cinta, jarang orang mengalami fase galau nggak jelas.

    Nah, pas kenal cinta dan disakiti, di situ mulai kelamnya dunia. Menjadi (sok) tegar walaupun hatinya rapuh. Hadeh... Tapi, selalu berusaha (sok) melupakan, walau kenyataanya inget terus.

    Syukurnya lo udah bahagia dengan yg sekarangkan bg? Eh, itu dari Thailand, ya?

    Wah.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lewat rasa sakit dan kecewa, cinta mendewasakan diri kita hehehe =)

      Delete
  34. Kalo kita pengin memulai kisah cinta yang baru kita harus ninggalin yang lama. Kalo kamu mengharapkan cinta yang sama seperti mantan kamu kayaknya kamu bakal jomblo untuk waktu yang lama dan terus dibayang-bayangi mantan. Menurutku sih kamu cuma harus bisa membuka hati untuk cinta yang baru. Jangan mencoba mencari yang sempurna, coba belajar menerima dulu. Kalo gak cocok nanti pasti berakhir dengan sendirinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya sudah paham sekarang hehe =)

      Delete
  35. MIRIS NGEBACA!

    kesalahanmu adalah kmu berusaha mencari penyemangat hidup yang mirip dengan mantan lo, tapi itu salah, kan nggk semua cewek sama karakteristiknya. iya jadi sekarang lo ambil aja hikmahnya, yang sudah lalu jangan disesali, semangat terus ngeblonya bang!

    ReplyDelete
  36. What a nice story.

    Mungkin selain harus belajar mencintai diri sendiri, harus mencoba fokus untuk memperbaiki diri juga.

    Gue juga kurang lebih merasakan hal yang sama seperti apa yang ada di cerita ini. 2011 adalah titik terendah gue. Dan 2013 adalah titik balik gue.

    Gue pernah dihancurkan berkeping-keping oleh cinta lama. Dan sekarang, gue sadar kalau harusnya yang gue lakukan adalah memperbaiki diri. Bukan megejar cinta lama, atau cinta baru.

    Selalu ada pasangan yang baik untuk seseorang yang sedang memperbaiki dirinya.

    Salam super.

    ReplyDelete
  37. ehem, miris campur romantis ni yak. padahal chemistry yang ada sudah dapat mengkonversikan pipinya jadi merah dan badan lo jadi kesetrum2 gitu, tapi gara2 si kunyuk yang menghasut itu.. usia balikan cuma seminggu doang. huh

    ReplyDelete
  38. Bener bener sebuah perjalanan cinta ya bang ? ha ha ha . Kadang disaat kita senang , besok nya jadi duka , ya begitulah . Sayang nya gue belum pernah pacaran apalagi merasakannya , da apalagi move on itu sama sekali belum pernah gue alami.Mungkin kedepan nya nanti bakal gue alami kali ya ? hemm .

    Mungkin emang belum jdol lo kali bang ? nanti kalo udah ketemu yang pas lama lama juga rapet.

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe