Life Beyond The Great Wall (Part 4)

13:05:00

Lanjutan dari part 3

7. Budaya Tidur Siang di China
Bagi orang China, tidur siang itu sangatlah penting. Jam istirahat makan siang di China tuh lumayan panjang, dari jam 12 sampe 2 siang. Kenapa? Karena pada segitu, selesai makan siang, orang2 pada tidur siang. Di kampus2 misalnya, perkuliahan siang baru dimulai paling jam 14.30 siang karena untuk memberi waktu tidur siang bagi para guru dan murid. Selesai makan siang, murid2 pada pulang ke asrama untuk tidur, guru2 yg rumahnya jauh, tidur di kantor guru. Gua pernah jam 1-2 siang gitu pergi ke kantor guru dan gua kaget karena ternyata kantor sepi, semua guru lagi pada tidur dengan kepala menunduk di meja.


Ga cuma di sekolah2, di kantor2, pabrik dan pertokoan juga kayak gitu. Cobain kalian abis jam makan siang jalan2 ke pusat kota, pasti sepi. Di supermarket besar, biasanya jam2 segitu cuma 1-2 buah kasir aja yg buka, karena karyawannya lagi pada istirahat (aka tidur siang). Malah di kantor2/instansi2 besar, biasanya mereka menyediakan ruang khusus dengan kursi panjang atau sofa untuk para karyawannya tidur siang.

Tidur siang tidak memandang tua atau muda, kaya atau miskin. Orang tua sampai anak2, semuanya tidur siang. Bahkan orang2 yg sedang berada di jalan dan tidak bisa pulang ke rumah pun, tetep tidur siang. Tidur siang di mana? Di mana saja yg bisa dipake tidur. Contohnya, liat aja foto2 di bawah ini :


Buat yg pernah ke China, pasti udah pernah liat hal2 seperti di atas, hehehe.

Mengapa tidur siang sangat pentong bagi orang China? Karena mereka percaya bahwa jika otak butuh diberi waktu istirahat di siang hari supaya tetap fokus dan bisa berkonsentrasi kerja sampai sore bahkan malam hari. Tidur siang mereka ga lama kok, biasanya hanya sekitar 30 menit sampai 1 jam, tapi itu udah bikin mereka segar bugar. Laoshi gua pernah cerita, kalo dia ga tidur siang, biasanya sepanjang sore dia bakal lemes dan ngantuk. Jadi meskipun sebentar, otak perlu diberi waktu istirahat.

Bagaimana pendapat temen2 mengenai hal ini? Gua sih setuju, karena dari pengalaman gua pribadi, yg namanya kuliah siang itu jauh lebih menyiksa daripada kuliah pagi atau malem, hehehe. Kalo siang2 kuliah, bawaannya teler melulu, apalagi kuliahnya tuh dengerin dosen ceramah. Bisa langsung ketiduran di tempat, hehehe...


8. Tanggal Expired Produk di China
May 2011, pertama kali gua pergi ke China, gua beli Coca Cola di supermarket. Terus setelah gua minum setengah botol, tiba2 gua terkejut melihat tanggal yg tertera di tutup botolnya.

20110210

Edan! Ini Coca Cola yg gua minum ternyata udah expired 3 bulan yg lalu!!! Langsung aja tanpa pikir panjang, gua lempar Coca Cola yg sedang gua minum itu ke tempat sampah. Hari2 berikutnya pas gua belanja ke supermarket, gua iseng2 liatin tanggal yg tertera di produk2nya dan SEMUANYA adalah tanggal yg sudah berlalu. Edan ni supermarket, masa barang jualannya semua udah expired??? Gua pindah ke supermarket laen yg lebih gede, juga sama, semua barangnya udah expired. Stress gua. Ni orang China segitu pelitnya ya sampe di supermarket aja semua jualannya barang yg udah expired???

Akhirnya karena penasaran, suatu waktu gua tanya ke resepsionis hotel yg bisa Bahasa Inggris soal hal ini, dan kemudian dia jelasin ke gua bahwa tanggal yg tertera di produk2 di China adalah TANGGAL PRODUKSI, bukan TANGGAL EXPIRED seperti di Indonesia. Ooo, begitu toh. Pantesan semua tanggal yg tertera adalah tanggal yg sudah berlalu. Lah terus kalo tanggal expirednya ga dicantumin, gimana caranya kita tau bahwa produk itu udah expired atau belum?

Resepsionis hotelnya ketawa denger pertanyaan gua. Dia bilang, "Ya pake logika aja, kira2 menurut kita barangnya udah expired atau belum" Gua cuma bisa cengo denger jawaban dia. Simpel banget.

Kebaca ga? 20110429 tuh tulisannya

Setelah hidup setahun lebih di China dan bertemen sama banyak penjaga toko n warung, gua sekarang udah tau kurang lebih umur barang di China.
Roti -> satu minggu
Yoghurt, susu -> satu bulan
Minuman kaleng / botol, biskuit, keripik, permen -> 6 bulan
Minuman bubuk, mie instan -> satu tahun

Kalo lebih dari waktu yg gua cantumin di atas, mendingan jangan beli deh. Ati2 terutama sama produk yg suka dibundel/didiskon, biasanya udah deket2 tanggal expired tuh. Bagaimana dengan barang2 yg ga gua cantumin di atas? Seperti kata resepsionis di Beijing, pake logika aja, hahaha. Makanan ya maksimal 6 bulan sampe 1 tahun. Kalo semacem shampoo, sabun gitu mungkin 1-2 tahun masih gpp kali ya? Shampoo yg gua pake sekarang dibuat 2-3 bulan yg lalu tuh, hehehe.

Tapi ya tentunya hal ini tidaklah absolut. Kadang ada kok barang yg dicantumin tanggal expirednya EXP20160707 misalnya, atau ada tulisan "Best before...blablabla". Biasanya yg kayak gitu tuh produk dari brand2 internasional gitu.


Ok, sekian dulu ya postingan tentang China kali ini. Sampai jumpa di postingan2 berikutnya. Tongkrongin terus Emotional Flutter! =)

You Might Also Like

24 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Selain pake logika, ndak lupa juga pake feeling... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul! Kalo dirasa kemasannya udah rusak, bau dan rasanya udah ga bener, mendingan ga usah diminum deh. Di Indo juga gua sering nemu minuman botolan di supermarket yg pas dibuka udah asem baunya gara2 tutupnya agak rusak...

      Delete
  2. Wah, pantesan aja aku tahun pertama dan kedua kuliah kan sekamar sama kakak2 china gitu, nah, dia itu sukaaaa banget tidur siang, mau pulang kuliah jam 4 pun, dia pasti sempetin tidur. Kalau ada kerja kelompok misalkan sampe jam setengah 5, pasti deh temen2nya diusir dulu hihihi atau kalau nggak, ditinggal tidur dan waktunya emang cuman 30 menit-1 jam doang :D
    Dia juga ngajarin aku terutama kalau mau ujian, katanya penting banget tidur siang dan setelah dilakuin emang bener, pelajaran kayak lebih gampang masuk kalau udah tidur siang :D akhirnya kebiasaan itu aku lanjutin sampe lulus kuliah hihihi

    Dan soal tanggal expired, aku sempat beli produk make up korea, nah samaaaa tuh kayak kamu kev, kaget juga aku! Cuman katanya kalo make up korea atau skincare gitu expirednya pokoknya setaun sejak dibuka :D jadi agak ribet sih inget2nya hahahaha udah terbiasa dan cocok sama expired-nya Indonesia :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang, inilah uniknya perbedaan budaya. Kadang ada hal positif yg bisa kita ambil. Soal tanggal expirednya kosmetik, gua kurang tau tuh, ga pernah pake soalnya, hehehe. Tapi ya temen2 cewe gua bilang sih belom setaun udah pada abis dipake duluan...

      Delete
  3. Untuk tidur pun mereka disiplin. Ga kaya di sini, jam istirahat malah sibuk onlen di jejaring sosial. Tak terlalu salah kita harus belajar sampai ke negeri China, bro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena mereka di sini sibuk sampe malem. Pulang kerja, masih ada yg harus masak. Pulang kuliah, masih harus belajar dan bikin PR, jadi yg namanya waktu bener2 harus dimanfaatin baek2, hehehe. Kita hidup di Indo masih relatif santai kalo dibandingin orang China sih...makanya gua lebih suka hidup di Indo, wkwkwk

      Delete
  4. tiap barnag kan expirednya beda ya lamanya. jadi kira2nya gimana tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake feeling, hehehe...dikira-kira aja

      Delete
  5. Thank u for he information, brotha...

    ReplyDelete
  6. seandainya tidur siang itu diterapkan di indonesia hahahaha... bener sih, tiap kali abis makan siang, bawaannya ngantuk mulu hahahaha...

    pas gua ke cina dan beli barang2 juga kaget, ini koq tgl uda expired semua... untung tour guide gua menjelaskan kalo ini tgl produksi hahahaha... aman deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu kecil, gua paling ga suka kalo disuruh tidur siang. Sekarang, bisa tidur siang buat gua tuh momen yg berharga banget...

      Delete
  7. Bener-bener harus beradaptasi :D

    ReplyDelete
  8. hadooh parah. pada biasa tidur siang semua..

    follback y :)

    ReplyDelete
  9. Wuih, di cina keren ya, kalo jam-jam siang pada tidur. Coba kalo di indonesia, jam-jam siang di kantoran malah di pake ngerokok-ngerumpi-ngopi. Hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, di sana aturannya kalo jam tidur ya tidur, jam kerja ya kerja, hehehe

      Delete
  10. seringkali saya dengar berita orang cina/ bukan hanya orang cina. sangat menghargai waktu juga ternyata ya mas. di PT perkapalan dulu juga kalau jam kerja harus kerja beneran, kalau istirahat dan makan walaupun sejenak, diharuskan jongkok. tidak boleh berdiri. Etos kerjanya mumpuni dan gak ada yang mau malas-2an.

    Melihat fenomena tidur, saya juga baru tahu infonya dari mas ini. trims sudah banyak berbagi ^_^

    ReplyDelete
  11. Wah ribet juga ya tanggal kadaluarsanya ga ditulis.

    ReplyDelete
  12. wah ternyata c nobita itu ikut ikut tradisi china.. Hahaha..

    ReplyDelete
  13. tidur siang berjamaah yah. tapi emang otak butuh istirahat sih, hati juga.. lol.. tapi gue sendiri dr dulu gak demen tidur siang sampe nyokap suka ngomelin, katanya kalo tidur siang bisa pinter! mungkin maksudnya bisa pinter karna otak kita diistirahatin kali ya, jadi pas bangun udah seger dan mulai aktifitas kembali dng semangat~~

    ReplyDelete
  14. siang mba... izin copy link untuk tanggal expired produk ya.. kebetulan ada produk olshop sy yg penulisan tanggalnya kyk gitu.. thank you ^^

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe