Day 2 : Semuanya Gara-Gara Main Game

20:11:00


[Emotional Flutter 30 Days Blogging Challenge] 

Halo temen-temen, masih dalam rangka ikutan "Tantangan 30 Hari Nulis Blog" nya Emotional Flutter, hari ini gua mau cerita tentang HOBI gua. Sebenernya kalo ditanya hobi gua apa, jawabannya : BANYAK BANGET. Tapi di postingan kali ini, gua mau bahas 3 hobi terbesar gua yaitu...



1. MAIN GAME
Jangan sebut diri kalian gamer kalo belom pernah maenin game super EPIC yg satu ini...

Gua udah suka maen game sejak jamannya ATARI (yes, I'm old). Buat yg ga tau itu benda apa, cobain tanya Papa-Mama kalian deh, kali aja ada yg tau. Jaman gua SD dulu, yg namanya game tuh belum berkembang seperti sekarang. Jenis game yg beredar masih sedikit. TETRIS (ada yg masih inget ini game apa?) adalah game yg paling populer dan dimainkan oleh orang di seluruh dunia pada saat itu. Lalu mulailah muncul yg namanya Mario Bros, dan game-game sederhana lainnya dengan grafik sangat menyedihkan kalo dibandingkan dengan game jaman sekarang.

Gua ga punya console main game di rumah, jadi kalo libur gua sering numpang maen SEGA atau SUPER NINTENDO di rumah sodara gua (yg mungkin juga ngerasa terganggu sama kehadiran gua karena gua bisa tiap hari ke sana sepanjang liburan hahaha). Ga tau ada angin apa, tiba-tiba waktu gua kelas 3 SD, Paman gua ngasih gua Playstation punya dia. Gua SENENG BANGET. Dan sejak itulah, masa kejayaan gua bermain game dimulai.

Gua suka game petualangan yg butuh mikir, jadinya tahun 1997, waktu Final Fantasy VII keluar di PS, gua langsung tergila-gila sama game yg satu itu. Tapi karena gamenya susah, mau ga mau gua HARUS NGERTI mereka ngomong apa. Jadinya sejak saat itu gua mulai belajar Bahasa Inggris secara otodidak. Gimana caranya? Setiap maen game, kamus besar Inggris-Indonesia selalu ga pernah lepas dari sisi gua. Setiap ada kata yg ga gua mengerti, selalu gua catet dan gua cari artinya di kamus. Akhirnya, berkat main game lah, di saat gua masuk kelas 1 SMP, gua udah bisa baca tulis Bahasa Inggris dengan fasih.


Xenogears...game jadul yg jauh lebih keren daripada game-game jaman sekarang

Tentunya, gua ga menelantarkan pelajaran gua demi game. Justru berkat game, gua malah makin rajin. Di kelas gua 100% perhatian penjelasan guru, jam istirahat gua kerjain semua PR sampe beres, supaya saat pulang ke rumah, gua bisa maen game sepuasnya tanpa ada yg ganggu hehehe. Di sekolah juga gua jarang jajan karena uangnya gua tabung untuk beli CD game PS. Gua juga punya banyak orang sahabat yg jadi deket ma gua akibat kita sama-sama suka maen game, hehehe.

Hobi maen game ini terus berlanjut sampe gua lulus SMA. Waktu SMP-SMA juga gua sempet ikutan maen RO, CS, Dota, dll tapi ga sampe kecanduan karena gua udah terlatih untuk bisa mengontrol diri sejak kecil. Semenjak masuk kuliah, frekuensi maen game gua mulai berkurang akibat kesibukan kuliah dan akibat gua ga mampu beli mengikuti perkembangan game jaman sekarang yg makin canggih...dan juga mahal.

Akhir-akhir ini gua suka rindu maen game, tapi apa daya medianya ga ada. Jadinya ya paling gua kalo lagi nganggur suka maenin game-game Nintendo DS pake Emulator di Macbook gua. Maen Pokemon, Rune Factory, dll. Kalo gua pulang ke Indo juga gua masih suka maen Dota dan Left4Dead di Warnet bareng sahabat-sahabat baik gua.

Tapi meskipun gua udah jarang bisa maen game di komputer/console, hobi gua sekarang beralih ke main board game dan juga MEMBUAT GAME SENDIRI. Buat yg udah lama ngikutin blog ini pasti udah pernah baca cerita gua soal board game Kamen Rider dan Bandung Lautan Api yg gua buat sendiri? Yup, maen game ga cuma sekedar jadi hobi buat gua, tapi jadi suatu minat dan impian yg bener-bener gua kejar dan gua tekunin. Doain ya semoga suatu hari impian gua jadi game designer terwujud dan gua bisa ciptain game yg super keren bagi umat manusia, hehehe.

Boardgame buatan gua : "Bandung Lautan Api"

Pokoknya kalo ada orang yg bilang bahwa maen game itu hanya membawa dampak negatif untuk anak-anak...ITU SALAH. Gua adalah bukti hidup bahwa game itu bisa membawa perubahan positif bagi perkembangan seorang anak. Nanti gua akan bahas hal ini lebih lanjut karena berkaitan dengan hobi-hobi gua yg lainnya.

5 Game Terbaik yg pernah gua maenin :
- Final Fantasy VII (PSX)
- Xenogears (PSX)
- Age of Empires II (PC)
- EF : The Tale of Two (PC)
- Persona 4 (PS2)

5 Game Terakhir yg gua maenin :
- Marvel Avengers Alliance (FB)
- DOTA (PC/Mac)
- Pokemon Black/White (NDS)
- Rune Factory 3 (NDS)
- Pokemon Heartgold/Soulsilver (NDS)


2. MEMBACA
Akibat maen game, daya imajinasi dan kemampuan berpikir secara analitis dan sistematis gua menjadi sangat terlatih. Karena game pula, gua jadi menikmati yg namanya proses berpikir dan mencari ide, perbendaharaan kata dan kalimat gua juga banyak, dan karena itulah gua jadi suka MEMBACA. Jadi sewaktu umur 3 tahun, di saat anak sebaya gua masih belajar ngomong, gua udah bisa baca tulis. Di saat mereka masih baca buku dongeng anak-anak, gua udah baca komik-komik silat seperti Tapak Sakti, Pukulan Geledek, dan Tiger Wong. Di saat anak-anak sebaya gua mulai baca Doraemon, gua udah baca buku-buku novelnya RL Stine (Goosebumps) dan juga Animorphs.

Ada yg pernah baca?

Hampir segala macem buku yg beredar tahun 2000-2006an semua pernah gua baca mulai dari komik sampe novel-novel yg tebelnya ratusan halaman. Tapi makin sini, gua makin jarang baca buku karena keterbatasan dana dan waktu. Waktu kuliah gua masih bisa ngakalin dengan cara jadi anggota taman bacaan. Jadi kalo mau baca buku, tinggal pinjem, ga usah beli. Mungkin metode ini bisa jadi inspirasi buat temen-temen yg hobi baca buku tapi ga kuat modal untuk beli buku-buku di toko yg harganya makin sini makin ga masuk akal.

Sekarang gua juga tiap hari masih baca buku, walaupun kebanyakan buku yg gua baca sekarang menggunakan Bahasa Mandarin. Gua selalu berusaha supaya tiap hari bisa luangin waktu at least 15-30 menit untuk baca buku. Minimal, tiap boker gua pasti baca buku, bukan maenan HP.

Hobi membaca ini juga yg mendorong gua untuk belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Salah satu tujuan utama gua belajar bahasa? Supaya bisa baca buku-buku terbitan luar negeri =)

5 Buku Terbaik yg bisa gua rekomendasikan
- Kicau Kacau by Indra Herlambang
- Ichigo 100% by Mizuki Kawashita (Manga)
- A Walk To Remember by Nicholas Sparks
- Romance of The Three Kingdoms by Luo Guanzhong
- JOMBLO by Adhitya Mulya


3. NONTON FILM
Bisa dibilang ini adalah hobi nomor satu gua saat ini. Masalahnya, mumpung Internet di China cepet banget, sayang banget kalo ga digunakan sebaik-baiknya. Aneka macam film dari aneka genre (kecuali Horror) dan buatan mancanegara, gua pernah nonton. Bahkan Smackdown gua juga nonton, sampe hari ini masih rutin ngikutin setiap minggu, dan berkat itulah Bahasa Inggris gua makin hari makin terlatih.

Ga cuma nonton, gua juga banyak belajar dari film-film yg gua tonton. Nonton film maupun maen game sebenernya sama. Bisa jadi negatif kalo kita cuma menikmatinya secara berlebihan, tapi bisa jadi sesuatu yg mengasah otak, memperluas pengetahuan, dan juga media introspeksi kalo kita benar-benar memahaminya.

Kesukaan nonton film gua ini juga yg mendorong gua untuk belajar sinematografi. Berkat sering nonton film, gua jadi tau bagaimana caranya bikin film/iklan yg menarik. Berikut ini adalah contohnya, salah satu iklan sederhana yg gua ikut sertakan dalam lomba yg diadakan Gatsby tahun 2010 dan memenangkan peringkat 5 se-Asia =)



5 Film Terbaik yg bisa gua rekomendasikan
- How I Met Your Mother (American : Romance/Comedy)
- Arrow (American : Drama/Action/Superheroes)
Ano Hi Mita Hana no Namae o Boku Tachi wa Mada Shiranai (Japanese Anime : Drama)
- You Are The Apple of My Eye (Chinese : Romance/Comedy)
- The Bucket List (American : Drama)

Maen game, baca buku, atau nonton film, ketiga hobi inilah yg membuat gua jadi kreatif dan ga pernah kehabisan ide dalam hal apapun, termasuk dalam nulis blog. Kalo suatu hari temen-temen punya anak dan jadi orang tua, jangan larang anak kalian untuk melakukan hobi mereka, tapi dampingilah mereka ketika mereka menekuni hobi mereka tersebut. Karena jaman sekarang, kalo mau sukses, ga cuma harus pinter ngitung matematika atau hafal rumus fisika, tapi juga harus punya kreativitas dan kemampuan bersosialisasi yg baik. Dan hobi yg mereka tekuni dari kecil ini bisa jadi modal dasar yg baik untuk mencapai hal tersebut, selama kita bisa mengarahkannya ke arah yg positif.

Gua suka denger musik, dan karena itulah gua pernah jadi vokalis band + wedding singer. Gua suka fotografi, dan hasrat itu mendorong gua untuk berani berpetualang ke seluruh penjuru dunia, untuk melihat keindahan dunia yg kadang tidak bisa ditangkap dengan lensa kamera atau diungkapkan dengan kata-kata. Gua suka nulis, dan kesukaan gua itu gua manfaatin untuk menghasilkan tulisan yg bermanfaat dan juga inspiratif bagi mereka yg membacanya. See? Berawal dari sebuah hobi yg sederhana, ujung-ujungnya bisa jadi sesuatu yg berarti =)

Thanks Mom, thanks Dad, atas pengertian dan dukungan kalian selama ini terhadap hobi-hobi gua ini. Berkat kalian lah, gua bisa jadi seperti sekarang =)

You Might Also Like

33 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Berawal dari hobi yang sederhana, akhirnya bisa menjadi pekerjaan dan menghasilkan uang.

    ReplyDelete
  2. HAHAHAHAHA gue juga suka bgt you're the apple of my eye. sebenernya itu filmnya sedih, tapi dikemas jadi lucu bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...bener banget
      Git, katanya mau ikutan nulis 30 hari? Mana tulisannya?

      Delete
  3. udah pernah nonton yang you are the apple of my eye, and yes! filmnya bagus dan memang recommended.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua nonton berkali2 juga ga bosen tuh hehehe

      Delete
  4. Setuju banget, aku juga belajar bahasa Inggris murni gara-gara main game sambil bawa kamus. Cuman waktu itu mainnya Suikoden 2 game favorit sepanjang masa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga salah satu game favorit gua lho =)
      Gua maen Suikoden 1 sampe 5

      Delete
  5. Wah si om hobinya sama persis kayak ane.
    Dan bener, niatan pengen main game itu entah kenapa bisa bikin kita jadi makin rajin ngerjain PR dan sebagainya, alasannya ya tentu karena pengen dibolehin ngegame, hehehe.

    Apa mungkin ane jadi makin males akhir-akhir ini (semasa kuliah) karena ga pernah main game lagi? Game dengan storyline epic kayak FF VII atau Xenogears (dan jangan lupa Rhapsody) yang bikin (menurut sotoynya gue) membuat otak dan logika gue semakin berkembang.

    (((lah ini ana ngemeng apa yah?)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lu juga maen FFVII dan Xenogears? Rhapsody gua suka lagu2nya... =)

      Delete
    2. FF VII masa' ga maen om. Best game of my life itu mah :v
      Xenogears gue suka ceritanya, EPIC. Apalagi pas mecha-nya udah bisa jurus"an (yg bukan teknologi gtu).

      Sama, Rhapsody lebih demen ngumpulin lagu ketimbang ceritanya :v

      Delete
  6. sama lagi! hahahaha... gua juga dulu gila main game... dulu tuh bener2 kecanduan, main cs, ragnarok, ayo dance, dll...bisa ampe subuh2... untung skrg uda tobat... masih sih curi2 main, tapi ud ga separah dulu hahahaha...

    kalo baca buku, entah kenapa gua hanya bisa baca komik hahahaha... kalo buku yang isinya tulisan semua, cuma beberapa doang... tapi kalo novel2 berat gitu, beberapa halaman awal uda nyerah deh hahahaha...

    nonton film...rasanya semua orang doyan nonton film... hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu novel berat yg pernah gua baca tuh Musashinya Eiji Yoshikawa (1000 halaman cuy) sama Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuhnya Dee...berat banget itu sampe pusing gua bacanya

      Kalo komik sih gua suka yg pendek2...kalo yg kepanjangan kayak Naruto, Bleach, lama2 jadi males...

      Delete
  7. wah kreatif banget bang bikin game sendiri, gak cuma jadi penikmat game, tapi juga pembuat game! keren keren :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena itu yg namanya passion. Kalo kita tekunin baek2 hobi kita, ujung2nya pasti bisa menghasilkan uang

      Delete
  8. berasa aku sendiri yang ngomong. hehehe
    dulu aku juga doyan banget ngegame. tapi udah stop sampe SMP doang. pas udah SMA, ngkos, mulai ngurus diri sendiri kan tuh, jadinya ga ada waktu buat ngegame lagi. palingan juga ngegame di laptop doang atau game2 online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama T.T
      Sekarang gua juga lagi mati2an ngebut ngerjain PR, balesin komen di blog, udah itu mau maen Pokemon lagi, hahaha

      Delete
  9. - Game2 jadul emang jelek secara grafis, tapi memorable banget, Ven. Hahaha...

    - Oh yah, sama bro, gue juga pernah juga kayak lu. Rela buka kamus demi berhasil nyelesein misi sebuah games, dan itu Age of Empires. Emang sih tuh game jadul dan masih nothing sama Dota, atau RO. Tapi , buat gue yang seneng Sejarah, tuh game yang terbaik. Hahaha...

    - Kicau Kacau, gue sebetulnya pengen beli waktu itu, tapi selain karna masalah fulus, tarikannya juga kurang kuat. Alhasil gue milih beli buku lain. Hahaha... Plus bukunya juga agak mahal sih. LOL. Tapi ntar kalau dicetak ulang, gue beli deh. Ada banyak buku yang masuk list gue nih soalnya... Sayang fulus nggak mendukung. -__-

    - Hahahha.. Tiger Wong.... You are goddamn, man. Bikin gue ingat sama childhood gue. Tuh komik dulu sering gue liat tiap ke gramed, tapi gue kurang demen. Gak suka sama grafisnya. Plus kurang suka komik2 bela diri. Kalau untuk Goosebumps, gue lumayan suka. Gue punya dua seri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kicau Kacau...kadang menurut gua isinya malah lebih bagus daripada buatan para blogger2 ternama macem Raditya Dika dll lho

      Tiger Wong, Tapak Sakti, Pukulan Geledek...komik2 keren, sayang banget lu ga baca

      Delete
  10. temen ane pinter bahasa inggris karena main game FF :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenalin sama gua donk, hehehe. Cewe bukan? *plaaaak

      Delete
  11. nah ini gara2 main game jadi menghasilkan yang positif ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pada akhirnya kembali lagi ke diri kita masing2

      Delete
  12. Kak keven asli inspiratif banget heheheh
    btw iklannya simple banget kak, tapi kerennn hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you. Soalnya waktu itu gua ikutan kategori non-editing, hehehe

      Delete
  13. Keveeeen!!!
    Semua buku lo genre nya gado-gado gitu!!! hahahaha.
    Toss dulu ah sesama gamer! Skrg gue lagi gila GTA-V!!! XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lu maen di platform apa, May? PC? Xbox?

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. aishh salut bgt deh,,, , bgini loh anak-anak sekrang itu kurag kontrol diri,,,,mmg game ada sisi positifnya, n itu terbukti ma lo. Tp klo gw lat di warnet kdg2 mereka sampai lupa sekolah huff,,,, gmna menurut lo kev?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kata gua sih itu salah anaknya karena ga bisa ngontrol diri dan juga salah orang tuanya ga bisa mendidik anaknya dengan baik...bukan salah gamenya

      Delete
  16. baru kali ini baca yg hobi ng-game tapi bisa bikin pinter jugaa..
    seringnya baca, crta negatif ttg gamer yg gak bisa ngontrol diri.. hihi
    kereen kak, ceritany juga inspiratif bnget.. (y)
    aku sih game cuma selewatan doang, itu juga yg gampang2 aja biar gak jenuh.. :D

    ReplyDelete
  17. Ada film china yg bagus lagi gak ? :D
    yang kayak you're the apple of my eye gitu.. yang romance comedy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyakkkkk..My Old Classmate...Sophie's Revenge...Lost on Journey...Love in Disguise...ada puluhan deh, banyak banget wkwkwk

      Delete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe