How To Kiss Someone For The First Time

10:26:00


 Happiness is like a kiss - it feels best when you give it to someone else.

Pertama-tama gua mau minta maaf sama pembaca sekalian kalo akhir-akhir ini frekuensi nulis berkurang. Kehidupan gua akhir-akhir ini lagi lumayan sibuk (pacar baru, 3DS baru, dan juga semester baru hahaha).

Tapi meskipun jarang nulis di sini, gua akhir-akhir ini suka banyak dapet email dari pembaca. Isinya macem-macem, mulai dari yg nanya soal Fistula, beasiswa ke China, masukan/request artikel, sampe curhat. Nah, beberapa hari yg lalu, gua dapet email yg isinya lumayan menarik. Intinya, sahabat kita yg satu ini udah pacaran selama 3 bulan tapi ga berani nyium pacarnya karena takut salah.


Ciuman, bisa menjadi sebuah hal yg menakutkan bagi :
1. Mereka yg belum pernah berciuman sebelumnya (bibirnya masih perawan, hahaha)
2. Mereka yg pernah punya pengalaman buruk dalam hal berciuman

Gua pacaran jumlahnya masih bisa dihitung pake jari satu tangan, so udah pasti gua bukan Casanova yg ahli banget dalam hal yg satu ini, tapi di post kali ini, gua pengen berbagi sedikit sama temen-temen pembaca semuanya mengenai cara berciuman yg baik dan ga bikin trauma, terutama bagi mereka yg belum berpengalaman atau yg pasangannya belum berpengalaman.

Ok, so here we goes...

1. Jangan bandingin adegan ciuman yg pernah lu liat di film dengan ciuman di kehidupan nyata. Apa yg terlihat bagus di layar, belum tentu juga bagus saat kita mengalaminya sendiri. Ciuman itu bukan sekedar bibir ketemu bibir, tapi sebuah wujud interaksi perasaan lu dan pasangan lu. Jadi, ga boleh kasar, harus pake feeling.

2. Percaya diri, terutama buat para cowo karena di dalam budaya Asia, pada umumnya kalianlah yg dituntut untuk bisa "memimpin" Jangan hindari kontak mata. Tatap mata pasangan kalian dalem-dalem dengan penuh keyakinan, dengan penuh perasaan. Buat dia menginginkan lu seperti bagaimana lu menginginkan dia dan tunjukkan kepada dia bahwa lu siap mengambil resiko dan lu ga ragu-ragu. Cewe tuh feelingnya kuat, mereka ga akan ngerasa "aman" kalo cowonya ga pede dan ragu-ragu.

3. Di saat temen-temen ngebayangin soal yg namanya ciuman, mungkin kalian pernah ada yg mikir kayak gini. "Bibir ketemu bibir? Tukeran ludah donk. Hiii~" Tapi percaya deh sama gua, pada saat ciuman itu akan terjadi, yg kalian pikirin bukan masalah bibir ketemu bibir atau tukeran ludah, tapi bagaimana reaksi pasangan lu setelah lu ciuman dia. Apakah dia bakal suka? Apakah momentnya tepat? Jadi, penting banget bagi kalian untuk bisa membaca bahasa tubuh pasangan kalian sebelum berciuman.

Pada umumnya, tanda-tanda bahwa seorang cewe mau dicium adalah saat ia terus menerus menatap mata dan bibir lu. Pandangan si cewe akan beralih dari mata lu, ke bibir lu, terus kembali ke mata lu. Perhatikan tandanya baik-baik, itulah saatnya bagi lu untuk maju. 

Kalo bahasa tubuh cowo, karena gua seorang cowo normal dan pasangan gua selalu cewe, gua ga bisa bicara banyak. Tapi gua rasa, cewe-cewe sih feelingnya lebih kuat dan bahasa tubuh cowo tuh lebih gampang dilihat. Kalo gua pribadi, pada saat gua ngerasa kalo sebentar lagi bakal ciuman, gua suka secara kilat menjilat bibir gua supaya ga kering. Tanda-tanda laennya, gua sendiri mungkin ga sadar. Mungkin temen-temen pembaca ada yg bisa kasih masukan mengenai hal ini?

4. Ciuman adalah sebuah bentuk sentuhan yg sangat intim. Karena itu, supaya ga kaget, pastikan bahwa lu udah menyentuh bagian-bagian tubuh lainnya dulu sebelum berciuman, misalnya tangan atau bahu. Kalo misalnya belum, genggam tangannya sebelum lu tatap matanya. Lu ga usah ngelakuin apa-apa dengan tangan dia. Genggam dengan lembut, dan tatap matanya. Lu pasti bisa ngerasain kalo kemudian dia siap untuk berciuman.

5. Kalo sebelum ciuman lu udah pelukan, mulailah mencium dari pipi atau dahinya. Hal ini akan membuat dia lebih rileks dan siap untuk ciuman di bibir yg levelnya lebih intim. Ciuman lembut di pipi atau dahinya akan membuat pasangan lu ngerasa bahwa lu benar-benar menginginkan dia seutuhnya, bukan cuma pengen ciuman doank.

“It wasn't that long, and it certainly wasn't the kind of kiss you see in movies these days, but it was wonderful in its own way, and all I can remember about the moment is that when our lips touched, I knew the memory would last forever.” Nicholas Sparks, A Walk to Remember

6. Sama halnya dengan ciuman di pipi/dahi, sebuah bisikan lembut di telinganya bisa menjadi sebuah tanda yg lembut serta romantis bahwa lu menginginkan dia dengan lebih intim. Lu ga usah sibuk mikirin kalimat romantis, ngga. Malah, kalo lu ga tau mau ngomong apa, ga usah ngomong apa-apa, cukup letakkan mulut lu di dekat telinga dia dan bernafaslah dengan lembut. Ini akan menstimulasi rangsangan di dalam tubuh pasangan lu dan dia akan siap untuk berciuman.

7. Hal yg bikin cowo takut untuk berciuman adalah rasa takut jika pasangan mereka menolak dan situasi bakal jadi awkward. Lain halnya dengan cewe. Gini cara ngetestnya : setelah lu mencium pipinya, cobalah bergeser sedikit ke arah hidung/mulut, liat reaksinya, apakah dia ngerasa kaget, jijik, atau ragu-ragu? Pada umumnya, kalo si cewe ga segera menarik diri pada saat itu, itu tandanya dia siap untuk kemudian cium di bibir. Tapi inget, jangan buru-buru, terusin aja pelukan/cuddling sambil tetep maintain komunikasi dan juga sentuhan.

8. Saat kalian pertama mencium dia, JANGAN pake lidah (French Kiss)! Itu bisa bikin pasangan kalian shock atau trauma! Sentuhkanlah bibir kalian ke bibir dia dengan lembut selama 1-2 detik, kemudian kecuplah dengan lembut bibir atas/bibir bawahnya. That's all. Stop. Tatap matanya, liat reaksinya. Kalo reaksinya oke, kalian boleh lakukan sekali lagi, lagi, dan lagi, TAPI tetep TANPA LIDAH. Ciuman dengan lidah aka French Kiss hanya boleh kalian lakukan setelah kalian berdua berciuman satu sama lain dan BUKAN pada saat CIUMAN PERTAMA. Inget, yg terlihat oke di film, belum tentu oke pada saat kalian lakukan sendiri. Segala sesuatu butuh waktu.

9. Pada saat berciuman kalian boleh pegang pipinya, bahunya, tangannya, belai rambut/punggungnya tapi jangan sekali-kali menyentuh daerah intim seperti dada, bokong, atau selangkangan di hari yg sama pada saat kalian berciuman untuk pertama kali. Mungkin kalo di film-film oke, tapi di kehidupan nyata, itu bisa menyakiti perasaan pasangan kalian. Inget, kalian berciuman itu karena kasih, bukan semata-mata demi kepuasan nafsu birahi. Save the sex for after marriage, please.

Ciuman pertama adalah sebuah pengalaman yg indah. Seudah ciuman pertama, biasanya baik cowo maupun cewenya malemnya bakal susah tidur akibat senyum-senyum sendiri. Nikmatilah kenangan manis itu, jangan sampai rusak karena kalian serakah atau ga bisa menahan diri.

10. Inget, ciuman itu adalah sebuah main dish (menu utama), dan yg namanya main dish tidak akan lengkap tanpa appetizer (hidangan pembuka). Kalo kalian udah terbiasa berpelukan atau cuddling sebelumnya, hal itu akan sangat membantu daripada tiba-tiba langsung cium di bibir. Buatlah pasangan kalian terbiasa dengan sentuhan, dan jangan panik atau kecewa kalo pasangan kalian belum siap (ketawa, memalingkan muka, atau apapun cara penolakan halus lainnya) di saat pertama kali kalian mencoba mencium dia.

Kalo pasangan kalian belum siap, itu artinya lu butuh invest lebih banyak waktu dan komunikasi ke dalam hubungan lu. Segala sesuatu yg berharga itu butuh waktu dan proses, dan cara mengungkapkan kasih sayang tidak harus melulu dengan sentuhan fisik. Ibaratnya, pacaran itu bagaikan kalian makan sepotong cake dan ciuman itu bagaikan sepotong cherry di atas cakenya. Kalian tetap bisa menikmati pacaran tanpa ciuman karena ciuman hanyalah sebuah pemanis di dalam hubungan kalian.

So, take it easy, make it fun, dan akan tiba saatnya di mana ciuman itu terjadi tanpa harus direncanakan terlebih dahulu. 

And last but not least : inget, ciuman itu adalah hal sangat berharga yg hanya lu berikan bagi orang yg paling lu sayang =)

"Ciuman itu, kalo kamu lakukan dengan orang yg bener-bener kamu sayang, rasanya manis..." ~ My Mom (baca kisah lengkapnya di Emotional Flutter - First Kiss)


You Might Also Like

40 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. wah, sampe dibuat tutorialnya gini ya. haha.
    bisa deh nih dipraktekkan. tapi sama siapa ya? pacar gak punya. duh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tutorial soal itu juga udah pernah gua bahas di blog ini, hehehe
      http://claude-c-kenni.blogspot.de/2013/12/how-to-find-your-soulmate.html

      Delete
  2. tutorial ciuman a la Keven.

    aku sendiri perlu tutorial gini sejak "amnesia"... dari pihak perempuan, beneran aku nervous banget.

    apalagi diawali dengan LDR, dan aku perlu memastikan LOVE atau LUST.

    postinganku akhir akhir ini emang norak banget, ngebahas apply visa tunangan ke beberapa negara. dan speechless, blushing kalo si dia ngomong sesuatu yang dalem.

    sejak awal ngeblog akhir 2010 hidupku kayak diformat ulang, tutorial begini kena ke aku biarpin umurku udah kepala 4.

    tx buat artikelnya

    apalagi diawali dengan LDR.

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're welcome, Mbak Ami. Soalnya gua liat akhir2 ini banyak remaja yg karena pengen ikut2an adegan di film, lantas melupakan inti dari ciuman itu sendiri, yaitu masalah perasaan. Gua harap tutorial yg gua tulis atas dasar pengalaman pribadi ini, bisa jadi semacam reminder buat kita semua =)

      Delete
  3. Iya sih kalo di liat dari inti postingannya yang menag mengedepankan soal perasaan dan inti dari ciuman itu sendiri. Tapi ya, kalo belom nemu momen yang pas juga sama aja nggak dapet fell-nya kan? hehehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini kan diumpamakan kalo lu udah nemu orang yg tepat. Soal cari pacar, tutorialnya ada di postingan terdahulu...

      Delete
  4. Seindah indahnya ciuman...adalah cium pacar orang..
    eh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, harus dibikin tutorialnya tuh
      "Cara Mencium Pacar Orang" wakakaka

      Delete
  5. sekedar nambahin gan, semakin jarang kita cium pasangan kita, akan semakin luar biasa rasanya makna ciuman buat kita. sensasinya jadi lebih gitu... hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau jarang atau sering, selama dilakukan pada moment yg tepat dan pake perasaan, gua rasa sih bakal tetep berkesan hahaha ^^

      Delete
  6. hihihi, tutorial.. ciuman memang harus pake hati dan perasaan. biar terasa lebih indah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan juga harus hati hati. Temen gua pernah ada yg ciuman pertamanya tuh gigi terantuk gigi, sakit banget rasanya...

      Delete
  7. Dan lebih shocking soda lagi kalau ciuman pertama elu bukan karena initiative elu sendiri sebagai cowok #malahcurhat
    Tapi emang om, kalau lagi ciuman pikiran 'aneh-aneh' gegara pengaruh film-film (khususnya dari Barat) enggak kepikiran (apalagi buat 1st kiss).
    Lebih kayak dialog kita dengan pasangan :3

    *ini komentar macam apa coba Rid?*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah cobain ngobrol sambil ciuman lu? o_0

      Delete
    2. Ya enggak gitu juga om .___.

      Berasa kayak lagi baca pikiran pasangan gitu, ngobrolnya habis ciuman.
      Beda kasus kalau kayak di film atau di anime :v

      Delete
  8. ah, di indonesia cewek nya terlalu muna untuk menolak, engga ada rasa mau nolak, karena yang nama nya interaksi langsung, bakal buat suhu badan & panik itu naik, ini untuk yang cewek polos loh ya yang sangar-sangar ga tau deh. Gua sendiri ga mau ciuman diluar nikah, mending kalo udah nikah, baru gua ciuman sepuas nya gua, kapan aja, diamana aja, gaya apa aja & berapa lama aja HAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kita ngomongin ciuman pake bibir atas lho, bukan "bibir bawah" hahaha

      Delete
  9. Buat yang jomblo nyium guling pasti udah nikmat banget ya -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mah nyium bantal saja...

      Delete
    2. Sama manusia lebih seru lho rasanya wkwkwk...

      Delete
  10. Reading this making me a bit teary. haha. boleh ya berbagi sedikit. Gua umur 22 tahun, dan baru aja having my first kiss 4 months ago, sayangnya bukan sama pacar gua. Intinya ga tau kenapa hal ini terjadi, kata dia, cowo cewe dalam satu ruangan, malem2 dingin, bisa aja terjadi yang engga2.

    sebagai cowo yang punya banyak pengalaman, dia kaget waktu gua bilang itu ciuman pertama gua. Emang sih ciuman pertama berjuta rasanya. Gua ampe bingung kenapa cowo yang bukan pacar gua tiba2 nyium gua. Sebagai cewe yang ga pernah tahu hal beginian kecuali di film, immediately thinking, he has got something for me. fallen for me.

    well i was wrong. Di hari kedua setelahnya, gua tahu kalo dia sudah ada yang punya. Dan malam itu terang2an dia bilang, dia ga ada perasaan saat nyium gua. syok dong gua... dia bilang, dia udah punya pacar, sangat sayang sama pacar dia, dan dia cuma main2 aja ama gua.

    gua kaget banget dan sempet nangis di depan dia. Dan dia sangat menyayangkan kenapa gua musti nangis di saat dia lagi pengen main2.

    dan well, lucunya setelah pembicaraan itu, kita ciuman frenchy, lagi2 untuk pertama kalinya buat gua.

    ehm.. agak bingung aja. buat cowo apa sebenernya arti ciuman itu? apakah setiap ciuman harus ada rasa, atau beberapa cowo bisa2an aja anggap ciuman itu untuk main2?

    well, jadi panjang.. hehe. saya cuma sharing aja. ^^ well-written article, mate! untuk seseorang yang bener2 pengen ciuman, you should do it with feeling, seriously. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat setiap orang, artinya ga sama. Tapi ya, apapun pengalaman yg pernah lu alami, percaya deh kalo suatu hari nanti semuanya akan berakhir dengan indah. Lu akan menemukan seseorang yg bener-bener pas buat lu hehehe =)

      Delete
  11. Replies
    1. Belum. Seumur hidup akan terus belajar =)

      Delete
  12. *sedang meratapi umur yang belum diperbolehkan ciuman* --"

    saling visit kak http://dibawahselimutdinda.blogspot.com :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang lu umur berapa? Setau gua, ga ada undang-undang yg mengatur minimal umur untuk berciuman hahaha...or is it?

      Delete
  13. Duh kak kepppp >.<
    kata mama kakep kan,
    kalau ciumannya sama orang yg paling disayang pasti rasanya manis.
    Nah kalau belom punya pacar dan yg disayang itu masih setaraf orang lain yg ku anggep kakakku sendiri, gimana?
    Kalau ciumannya sama2 cewe gimana?
    Katanya yg disayang? x')

    #hah #iniapa #plak #laludikeplak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah saatnya terjadi, pasti terjadi, ga usah direncanain atau terlalu banyak dipikirin hehehe

      Delete
  14. #Nocomment
    tapi gue udah baca. Hehehe

    ReplyDelete
  15. Y A AMPUN

    *Buru-buru scroll down tapi kebaca juga*

    ReplyDelete
  16. wah saya udah pacaran 5 bulan belom pernah ciuman juga sama yang satu ini, sama2 cuek soale.
    tapi boleh juga dipraktekin jurus-nya nih my fren :D

    ReplyDelete
  17. bikin orang yang baca jadi pengen nyobain. hahaa..

    solusi buat doa anda. silahkan mampir sini.
    Doa Hikmah | www.doahikmah.com | Jeng Riska

    ReplyDelete
  18. boleh-boleh aja sih...
    tapi jagan keseringan. tar lama2 bosan. heee..

    virtuarchive.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. super cool posting. emang cuma ka kepen kayanya yang bisa bikin tutorial ciuman dengan amat sangat menarik dan kerasa wajar dan menyenangkan buat dibaca haha.
    well, first kiss ya? jadi inget masa masa jaman remaja waktu masih penasaran, buat gue pribadi sih ciuman itu bentuk rasa sayang ya, tentunya yang dilakuin dengan maksud buat nunjukin perasaan sayang kaya yang ka kepen bilang.

    pastinya jadi kenangan manis kalo dilakuin sama orang yang kita sayang hahaha.

    good posting ka kepennn (>___<)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditaaaa...udah lama ga ketemu sama dikau, hahaha

      Delete
  20. Replies
    1. Saya hanyalah seorang praktisi. Akhir-akhir ini banyak latihan sekalian mereview ulang ilmu saya hahaha *if you know what I mean*

      Delete
  21. Jadi bahan refrensi nih artikel tentang mencium pacar pertama kali, terima kasih master

    ReplyDelete
  22. Rasanya memang manis sampai gua kaga bisa tidur semaleman wakakak

    ReplyDelete
  23. Aku pacaran ma cowokku uda 2 taon.tepatnya kami LDR n kami ketemunya cuma 1-2x dalam setahun.kl sekedar cium pipi n dahi uda.tp blm pernah ciuman.normal ga c?kdg pengen juga ngerasain gmn ciuman ma dia.tp kayaknya dia pasif ��

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe