Bakpao Goubuli, Bakpao Ter-ENAK di China

15:25:00



Bakpao "Goubuli" (狗不理) adalah salah satu jajanan terkenal di China. Bakpao ini berasal dari kota Tianjin yg terletak di China utara, dekat kota Beijing. Saking terkenalnya bakpao ini, banyak orang yg berkata "Kamu tidak bisa bilang pernah mampir ke Tianjin apabila belum makan Bakpao Goubuli"



Darimana kah asal nama "Goubuli" yg ini? Di China, selalu ada kisah unik yg menyertai setiap jenis makanan, begitu pula dengan Bakpao Goubuli ini.

Sejarah mencatat, Bakpao Goubuli ini diciptakan oleh seseorang bernama Gao Guiyou pada tahun 1858. Gao adalah seorang anak pedagang bakpao, dan setelah tumbuh dewasa, ia pun meneruskan kios bakpao milik ayahnya. Karena keseriusan dan kegigihannya menekuni usaha bakpao milik ayahnya, bakpao buatan Gao semakin lama semakin terkenal akan ukurannya yg besar, teksturnya yg lembut, dan rasanya yg gurih.



Makin hari, makin banyak orang yg membeli bakpao buatan Gao ini, bahkan antreannya pun mencapai ratusan orang. Gao terkenal sebagai seseorang yg sangat ramah dan menyenangkan, namun akibat membludaknya jumlah pembeli bakpaonya, kini ia sibuk bekerja siang dan malam membuat bakpao, sehingga tidak ada waktu untuk beramah tamah dengan para tetangga maupun langganannya. Akibat hal ini, orang-orang suka berkelakar, "Gouzi (狗子,nama kecil Gao Guiyou), kini hanya peduli pada bakpao, ia sudah tidak peduli terhadap kita lagi"

Dari sinilah nama Goubuli itu berasal. Gǒubùlǐ  (狗不理) berarti "Gou tidak peduli" 




Info : Dalam bahasa Mandarin, "tidak peduli" dilafalkan dengan "不理" (bùlǐ)

Lalu bagaimana Bakpao Goubuli ini bisa menjadi suatu brand nasional di China? Kabarnya, suatu hari Komandan Yuan Shikai (yg suka baca sejarah pasti udah ga asing sama nama ini) pernah membeli bakpao ini dan mempersembahkannya kepada Ibu Suri Cixi (nenek Kaisar Puyi, kaisar terakhir di China). Dalam satu gigitan, Ibu Suri pun jatuh cinta pada bakpao ini, dan sejak itulah, Bakpao Goubuli menjadi bakpao yg terkenal di seluruh daratan China.

Gua dan temen-temen Indonesia di Shijiazhuang dulu pernah merasakan sendiri Bakpao Goubuli (versi mini) ini di tempat asalnya, Tianjin, waktu kita pergi ke sana pada tahun 2012. Dan rasanya? Hmmmmmmm...sulit dilukiskan dengan kata-kata...





Dewasa kini, selain di Tianjin, teman-teman bisa menemukan Bakpao Goubuli (diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris menjadi "Go Believe Stuffed Buns") yg dijual dalam berbagai bentuk dan juga rasa ini di kota-kota besar di China seperti Beijing dan Guangzhou. Tapi hati-hati jangan sampai salah pilih restoran karena sama halnya seperti Brownies Kukus Amanda di Indonesia, merk Goubuli ini juga sangat sering dicatut oleh pihak-pihak yg tidak bertanggung jawab.

Ingat baik-baik, jika suatu hari pergi ke China, jangan lupa makan Bakpao Goubuli! =)

Setelah membaca, jangan lupa tinggalkan komentar ya. Ga usah punya accpunt Blogspot untuk bisa komen, cukup tinggalkan nama dan alamat email saja. Di post berikutnya, gua akan membahas mengenai jenis-jenis bakpau apa saja yg ada di China. Stay tuned, hanya di Emotional Flutter.  =)

You Might Also Like

31 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. kira kira ada yang isi daging ayam atau sapi nda ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sapi sih kayaknya ada, kalo ayam...mungkin jarang, hehe

      Delete
  2. Replies
    1. Udah coba Bakpao Liusha belum? Yg dalamnya saus custard kuning? Lebih enak daripada kacang hijau tuh...

      Delete
  3. Bakpao china, ini makanan ya. Waduhhhh, ngebacanya aja bikin laper, kapan ni Pangeran Wortel ngerasain bakpao terenak di china ya.

    Kunjungan pertama ni. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tungguin aja giveaway dari Emotional Flutter, siapa tau hadiah giveaway berikutnya adalah bakpau berisi wortel hehehe

      Delete
  4. sepertinya enak itu bang apalagi kalau halal hmhmhmhm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok yg halal, tapi memang yg paling enak adalah yg gak halalnya wkwkwk

      Delete
  5. Baca tulisan blog ini gue merasa lagi di negara China. *oke ini lebai*
    Nanti kapan-kapan, kalau pulang ke Indonesia, tolong bawain gue bakpaonya ya. :D

    Kunjungan pertama, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siappp. Gua bawain aja tepung bakpau nya terus kalian tar bikin sendiri ya, oke?

      Delete
  6. Wah, pengen pengen pengen...
    Mana buat guehh????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu gambarnya silakan di-print terus dijilatin menggunakan daya imajinasi yg terbaik hehehe

      Delete
  7. Pengen gitu nyobain bakpao nya tapi masalahnya engga ada yang deket apa gitu wkwk kalo nungguin kesana keburu abis mungkin duit gue mesen tiket buat kesananya wkwk yaudah nitip oleh" dari lo aja ya kalo kesana lagi bungkusin barang sekoper gitu haha, untuk sekarang gue print aja deh itu gambarnya gue cium cium aroma print nya siapa tau sama haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gua bawa sekoper, dijamin keburu disita sama petugas bandara dan dimakan rame rame hahaha

      Delete
  8. Pertama kali liat Goubuli sih tadi siang malahan, difilm kartun Marsha n the bear, Jadi tokoh Panda yang ada di episode itu mewakili China yah. Pas banget sama ulasan postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah? Di film kartun ada bakpao Goubuli?

      Delete
  9. Mau dong dikirimin satu bakpaonya...

    ReplyDelete
  10. jadi pengen makan bakpao
    emang berapaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakpau pada umumnya di sini ga mahal, satu biji sekitar dua-empat ribu rupiah lah kira-kira wkwkwk

      Delete
  11. enak banget kali ya tuh bakpao? gue belum pernah makan bakpao asli buatan orang tiongkok.

    tapi mungkin bagi muslim jadi pertanyaan koh, isinya apaan sih? halalkah? hehe

    ReplyDelete
  12. kok jadi laper ya liat bakpaonya anget-anget kayak gini...
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, gua aja yg nulisnya tiap kali liat selalu laper gitu hahaha

      Delete
  13. Aku lupa gimana rasanya Bakpao.. beneran deh..
    Udah lama gak makan soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya sehangat pelukan sahabat...hangat hangat gurih gitu deh wkwkwk

      Delete
  14. haiiiii Claude!!! hehehehe...buka web kamu jadi inget soal giveaway 31 hari yang dulu itu, aku berhasil lho! hehehehe

    waah, enak bakpaonya..aku juga penyuka bakpao..tapi isi coklat atau ayam..masih di China aja yaak, kapan balik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya??? Selamat ya udah berhasil menyelesaikan tantangan Emotional Flutter. Kapan kapan aku bikin tantangan lagi deh hehehe

      Delete
  15. hi,kev.. ini kali pertama gw komen di blog manapun...hehehe.. tadinya cuma baca2 soal hibernasi,sehubungan gw lagi hamil anak ke3 kok ya molorrr sepanjang hari,takutnya gw bangun2 udah jd beruang. kev, soal bapao ini, gw demen bgt. di tempat gw di makassar, bergelimang kuliner cina.. nah bakpau yg paling sering gw mkn tuh isi ba' dan tausa..hehehehehe... wenakkkk...sampe lupa besok hr apa..hahaha. btw tq tulisan2 lu yg slalu bikin ketawa dan bikin gw laper juga. gutlak n Gbu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you ya buat komentarnya. Semoga segalanya lancar dan sehat selalu ya. Salam buat semua anak anaknya hehehe

      Delete
  16. dari bentuknya aja dah keliatan enak tuh :D

    ReplyDelete
  17. mau juga dong daftar bakpau.. pecinta bakpau nii.. terutama bakpau yang mengapit hidung pesek cewekku haha #justkid (ngakak sampek salto 33x )

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe