Sedikit Intermezzo Mengenai Tampilan Baru Emotional Flutter

12:26:00



Bagaimana pendapat teman-teman pembaca mengenai tampilan baru Emotional Flutter ini?

Ada orang yg bilang, nyari template blog yg cocok di hati itu susahnya sama dengan kayak nyari jodoh, dan menurut gua, kata-kata itu bener banget.

Beberapa bulan terakhir ini gua sibuk ngotak-ngatik tampilan Emotional Flutter, dan setelah belasan kali bereksperimen di "blog kelinci percobaan" punya gua (ga usah tanya alamatnya, ga akan dikasih tau wkwkwk), akhirnya dua hari yg lalu gua memutuskan untuk mengganti tampilan Emotional Flutter dari yg dominan warna orange kemarin, menjadi dominan warna putih.

Dan gua puas sama hasilnya. 
Rapi, minimalis, simpel, elegan, dan ga berat. 

Memang gua belum beres ngerjain bagian slider di halaman utama dan juga button di menu bar, tapi so far, gua ngerasa sreg banget sama tampilan baru ini.

(Tampilan-tampilan lama Emotional Flutter bisa dilihat di sini, untuk perbandingan)

Tapi setelah beberapa hari, kekurangan-kekurangan template ini pun mulai terlihat.

Pertama, foto ukuran besar akan otomatis di-press menjadi kecil, dan kadang membuat gambar yg ditampilkan menjadi kurang enak dilihat.

Yang kedua, thanks kepada Armae untuk saran dan masukannya. Di template baru ini, tanpa gua sadari, default ukuran font yg menjadi lebih kecil daripada sebelumnya dan mungkin membuat temen temen yg baca blog ini melalui smartphone atau monitor layar kecil menjadi agak kurang nyaman. 

Untuk postingan di bulan Oktober 2014 dan seterusnya, semua ukuran fontnya udah gua perbesar, tapi postingan-postingan di bulan-bulan bahkan tahun-tahun sebelumnya, belum sempet gua perbaiki, karena keterbatasan waktu (total ada 600+ postingan...gua bisa botak duluan sebelum beres memperbaiki semuanya hahaha)

Tapi ya, meskipun template ini banyak kekurangan, secara garis besar gua suka sama tampilan baru Emotional Flutter ini dan mungkin tampilannya akan terus begini untuk beberapa waktu ke depan. Gua juga akan berusaha untuk lebih sering meluangkan waktu untuk update secara rutin, di sela sela kesibukan gua kuliah S2.

Oya, temen-temen juga sekarang bisa bebas komentar di blog lho. Cukup tulis nama dan email, dan komentar yg temen-temen tulis akan langsung ditampilkan, meskipun tanpa ga punya account Blogger/Google. 
Gua harap, dengan fitur ini, temen-temen silent reader bisa lebih aktif berkomentar di blog ini. Setiap komentar yg masuk, ga peduli isinya panjang atau pendek, sangat besar artinya buat gua lho hehehe.

Kalo temen-temen punya saran, kritik, atau masukan dalam hal apapun, baik tampilan maupun konten, silakan sampaikan ke gua, ga usah malu-malu hehehe. Semua saran dan masukan akan gua terima dengan senang hati. 

Temen-temen bisa mengontak gua lewat 4 cara di bawah ini :
1. Tulis di kotak komentar di bawah ini
2. Tulis di Fanpage Emotional Flutter di Facebook
3. Tweet ke @claudeckenni

Untuk yg sifatnya lebih pribadi :
4. Kirim email ke keppi_kun@yahoo.com
5. Tanya lewat ask.fm

Buat yg ngeadd account Facebook gua, mohon maaf, karena Facebook gua hanya untuk keperluan pribadi, jadi orang-orang yg ga gua kenal secara pribadi, ga akan gua accept. Kalo temen-temen ga pengen ketinggalan update terbaru dari Emotional Flutter, bisa follow blog ini langsung atau like Fanpage Emotional Flutter di Facebook.

Akhir kata, mohon maaf atas segala ketidaknyamanannya, dan tongkrongin terus Emotional Flutter ya. 

Stay tuned for the next update!

You Might Also Like

34 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. kalau yang punya suka aku juga suka kok hehehe. yang penting warna backgroundnya gak hitam jadi aku betah balik kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Oke, ga akan diganti jadi hitam kok hehehe

      Delete
  2. iya,,kalo seperti ini warna templatenya gak bikin sakit ke mata,,suka banget kalo seperti ini,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo brightness layar monitornya tinggi, warna putih juga bisa bikin sakit mata lho

      Delete
  3. suit on you :)

    keep it up kokoh keven!

    ReplyDelete
  4. Bagaimana pun, template blog emang akhirnya kembali ke selera si empunya blog. Syukur-syukur template yang disukai si empunya blog juga cocok dengan selera pembaca.

    Template ini menurutku cakep sih. Tingkat keterbacaannya sangat bagus karena spasinya agak renggang, dan warna dasarnya putih. Nyaman di mata.

    ReplyDelete
  5. Soal template, saya mah gak pernah ngerti. Terima beres aja deh dari Blogspot-nya. Mau utak-atik sendiri, ya itu tadi: gak ngerti. Hahaha...

    Btw, template-nya simple. Tapi, font-nya kurang cocok. Eh, ini mah kurang cocok menurut saya. Yowis dah, abaikan saja. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Font adalah salah satu yg bikin gua suka sama template ini. Tapi terima kasih ya untuk masukannya. Kalo nanti ketemu font yg lebih bagus, gua akan cobain =)

      Delete
    2. Bukannya kita bisa ganti font sendiri ya? :-?

      Delete
  6. anyway, dulunya saya juga sama suka dengan warna dasar hitam/gelap, namun setelah difikir2, ternyata utk tingkat keterbacaannya kurang makanya bagus diganti warna putih buat bagian artikelnya hehe, sippp bang, sudah lumayan ringan blognya :) Oh ya, kalau berminat, saya buka jasa order redesain blog sesuai keinginan :) Feby udah nyoba kali aja bang Kep mau juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, kalo gua butuh, nanti gua kontak deh. Sementara ini desainnya gua masih lebih suka bikin sendiri dan nyettingnya dibantu sama temen gua yg anak IT =)

      Delete
  7. anyway, dulunya saya juga sama suka dengan warna dasar hitam/gelap, namun setelah difikir2, ternyata utk tingkat keterbacaannya kurang makanya bagus diganti warna putih buat bagian artikelnya hehe, sippp bang, sudah lumayan ringan blognya :) Oh ya, kalau berminat, saya buka jasa order redesain blog sesuai keinginan :) Feby udah nyoba kali aja bang Kep mau juga hehe

    ReplyDelete
  8. Sekarang ini saya lebih suka font Arial.. ^_^
    Oh yaa, kalau masalahnya di ukuran font, kayaknya gak harus diubah dari postingan per postingan deh bang. Kan bisa atur dari template langsung tuh!
    Kalau gak salah ukuran font body template ini 15px, jadi iyaa tinggal ganti aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru itu masalahnya. Gua daritadi udah coba ganti di scriptnya, tapi ukuran font nya tetep ga berubah tuh, ga tau kenapa. Aneh.

      Scriptnya kayak gini :
      /* =Global
      ----------------------------------------------- */

      body,
      button,
      input,
      select,
      textarea {
      color: #4a4a4a;
      font-family: Garamond, "Hoefler Text",Times New Roman, Times, serif;
      font-size: 15px;
      font-size: 1.5rem;
      font-weight: 300;
      line-height: 1.615;

      Pas angka 15 nya gua ganti, ga ada pengaruhnya gitu ke postingan yg sudah ada. Aneh.

      Delete
    2. Iyaa gak ngaruh lah, kan sebagian postingan udah abng format dengan ukuran large. Jadi iyaa, kembaliin dulu ke ukuran normal. Postingan-postingan kemarin yg udah sempat dirubah. :D

      Oh yaa, disitu ada dua property font-size. Yang bekerja sebenarnya yg urutannya dibawah. Jadi 1.5rem juga harus dirubah. Kalau cuman 15 nya yang diganti iyaa jelas gak ngaruh.

      Sebenarnya agak beda sih penggunaan px dan rem. Untuk rem dia bergantung dengan font-size dari HTML yang 62.5% itu (coba cari). Jadi kalau ukuran HTML diganti dengan 65%, seluruh bagian yang makek rem ngikut berubah. Kalau piksel lebih statis untuk satu bagian aja. ^_^

      hehehe.. *kepanjangan

      Delete
    3. Masih agak ga ngerti.

      Jadi 15px harus diganti.
      Terus rem nya harus diganti? Diganti jadi berapa?
      62.5% diganti jadi berapa?

      Maaf merepotkan, saya bukan kuliah programmer soalnya, jadi masih agak ga ngerti soal HTML ini.

      Thanks untuk bantuannya.

      Delete
  9. wah, yang ini kelihatan lebih fresh, Ven. Kayak rumah yang baru aja di cat putih, bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you. Untungnya gua belum punya anak, jadi tembok putihnya aman, ga akan dicorat coret hahaha

      Delete
  10. Lebih Bagus kak Kenni, kesan putih itu elegan dan enak di baca blognya. Harus tetep rajin update blognya ya, saya jadi pembaca setia di sini. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you ya udah mau baca blog saya =)

      Delete
  11. Wah ini lebih asoy dibanding yang orange nih. Minimalis tapi cihui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg orange kemarin sering bikin saya laper di malam hari soalnya wkwkwk

      Delete
  12. Kunjungan pertama bang :D
    Bakpao Goubuli roman" mantap tuh brother nya nasi kebuli ya??
    Gue baca tulisan nya kecil banget bang dah kay liat contekan pas ujian :D

    ReplyDelete
  13. Ohh God,. Kev, ga harus ngeganti ukuran font postingan satu-satu donk. Masuk ke HTML aja, trus edit di post-body nya. Kalau pengen coba-coba font ukuran berapa yang pas, bisa pakai inspect element (khusus pengguna firefox, klik kanan di text trus pilih inspect element). Disitu ada menu rules di bagian kanan, dan kita bisa coba-coba ubah ukuran font serta line heightnya yang pas, sebelum benar-benar di edit di html. Jadi maksudnya kayak edit+preview sementara gitu.

    Fontnya udah pas nih, udah enak bacanya. Dan warna putih emang terlihat simpel, bersih, dan bersahabat dengan mata.

    Happy blogging :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you buat masukannya Armae. Sekarang udah diberesin masalahnya hehehe. Jangan bosen bosen kasih masukan buat aku ya =)

      Delete
  14. wah berasa pindahan ke rumah baru :)) penghuninya masih keven tapi interior dan tata letak perabotannya udah berubah. *komen ga penting demi nyobain fitur "komen cukup nulis nama dan e mail"*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ne, anggap aja lu maen ke villa gua. Penuh pemandangan indah yg asri hahaha

      Delete
  15. kunjungan pertama bang! menurutku tampilan blog abang kali ini cocok buat diliat. fresh sama minimalist gitu yang bikin adem. jadinya banyak yang suka, rajin rajin ya bang buat post biar ngga bosen disini :) kunjungi blog ane juga bang. baru bikin sih :v b

    ReplyDelete
  16. Lebih soft tampilannya. Bagus bang...

    ReplyDelete
  17. template yang ini lebih elegan, aku malah suka. cuma memang fontnya jadi kecil ya.

    ReplyDelete
  18. I'm really enjoying your writing! pertama kali gw nemu blog ini pas gw iseng-iseng nyari blog anak maranatha karna kebetulan gw taon ini mau jadi maba di maranatha, kepo-kepo ketemu deh blog ini. Tulisannya ringan, gak terlalu panjang en yang gue suka ada aja yang bisa dipetik dari tulisannya. Terus berkarya ko! I;m sure you have a lot of fans now

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuuu. Tar kalo gua pulang Indo, gua ke Marnat deh mencari dikau hehehe. Pengen kenalan =)

      Delete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe